Select Page

Ketahui ternyata ada 5 Buah Sehat Untuk MPASI Bayi yang bisa bunda persiapkan.

Memiliki buah hati merupakan anugerah terindah yang dikaruniakan tuhan kepada pasangan yang telah menikah. Hal itu membuktikan bahwa ada anggota keluarga baru yang akan siap menemani kebahagiaan ayah dan bunda di rumah. Oleh sebab itu kehadirannya harus ayah bunda jaga dan rawat dengan sepenuh hati terutama melengkapi kebutuhan nutrisinya.

Source Foto. Pixabay

Pemberian ASI Eksklusif

Kebutuhan nutrisi bayi berusia 0-6 bulan sebisa mungkin untuk memberikan ASI Eksklusif karena itu sangat baik untuk pertumbuhan sang bayi. ASI Eksklusif dari bunda tentunya lebih mudah dicerna oleh sang bayi, sehingga bayi dapat tumbuh dengan baik. Pemberian ASI Ekslusif tersebut tentu memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi bayi dan juga bagi bundanya.

Manfaat Pemberian ASI Ekslusif bagi bayi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Bayi akan lebih kuat dan tidak mudah sakit seperti yang sering menghampiri bayi yaitu diare, asma, infeksi telinga dan penyakit lainnya.
  2. Membentuk kecerdasan pada bayi. ASI Eksklusif bunda tentu akan bermanfaat untuk membentuk kecerdasan bagi bayi. Itu berkat kandungan asam lemak yang telah diteliti sangat bagus untuk kecerdasan sang bayi.
  3. Bayi memiliki berat ideal. Manfaat ASI berikutnya adalah sang bayi akan memiliki postur berat badan yang ideal alias normal. Hal itu karena ASI Ekslusif sang bunda tidak memicu pembentukan lemak.
  4. Tulang Bayi lebih kuat. Berikutnya adalah bayi akan memiliki tulang yang cenderung akan lebih kuat. Tulang tersebut yaitu tulang belakang dan juga tulang leher.
  5. Mengurangi sindrom kematian bayi mendadak. Menurut penelitian ASI Eksklusif dapat mengurangi tingkat kematian bayi secara mendadak. Oleh sebab itu berikanlah ASI Eksklusif 6 bulan.

Saat 0-6 bulan berjalan, bunda dapat mulai memperkenalkan kepada sang bayi yaitu Makanan Pendamping ASI (MPASI). Hal ini dikarenakan bayi membutuhkan gizi yang benar-benar cukup dan ASI pun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan ini.

Menurut pedoman dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), usia 6 bulan adalah waktu yang tepat untuk melakukan pemberian MPASI pada bayi.

Kenali MPASI Pada Bayi

Dalam memberikan MPASI pada bayi, bunda harus memahami terlebih dahulu jenis-jenis MPASI yang pas untuk bayi bunda. MPASI tersebut ada 2 jenis yaitu yang pertama adalah MPASI yang dibuat oleh bunda sendiri di rumah dan jenis berikutnya adalah MPASI yang memang diproduksi oleh pabrik dan industri yang di distribusikan dan bunda dapatkan seperti di supermarket, swalayan dan minimarket lainnya.

mpasi
Source Foto. Pixabay

MPASI Rumahan Buatan Bunda

Jenis yang pertama adalah MPASI yang dibuat bunda di rumah. Tentu bunda juga jangan sembarangan yah jika membuat menu MPASI pada bayi bunda ini. Bunda harus memperhatikan mengenai bahan kandungan di dalamnya seperti zat besi. Biasanya bayi cenderung tidak memperoleh kandungan mineral ini. Zat besi tersebut bisa bunda peroleh seperti melalui kuning telur, hati ayam, hati sapi, daging merah, makanan laut dan lain sebagainya. Ini sangat cocok diberikan pada bayi bunda sebagai Menu MPASI 6 bulan.

Sedangkan jika bayi telah memasuki usia 8 bulan, bunda dapat memberikan bahan makanan yang mengandung gandum atau campuran serealia.

MPASI Produksi Pabrik

Sedangkan untuk jenis MPASI yang kedua adalah MPASI yang diproduksi oleh pabrik. Saat bunda ke swalayan atau supermarket, bunda dapat memilih banyak sekali MPASI yang disediakan di rak khusus makanan bayi. Sebagai catatan, bunda lebih baik membaca terlebih dahulu kemasan baik dari kandungannya dan juga masa berlaku atau expired date MPASI tersebut.

Jika bunda ingin membuat menu MPASI rumahan, silahkan bunda untuk melihat resepnya dibawah ini serta cara membuatnya. Ada 5 Buah yang sehat untuk MPASI yang bisa coba bunda bikin. Buah yang bagus untuk mpasi 6 bulan diantaranya adalah Pisang, Alpukat, Pepaya, Tomat, Dan Kentang.

Source Foto. Pixabay

Resep MPASI dengan Buah Pisang dan Alpukat

Untuk membuat MPASI dengan buah pisang dan alpukat ini, bunda harus benar-benar menyiapkan buah pisang dan alpukat tersebut dengan kondisi matang sempurna. Bunda hanya butuh 1 buah pisang dan 1/2 buah alpukat. Gimana cara membuatnya?

Cara membuat MPASI dengan Buah Pisang dan Alpukat:

  1. Pertama, silahkan bunda kupas terlebih dahulu buah pisang dan alpukatnya.
  2. Kemudian bunda ambil bagian dalam alpukat tersebut dan pastikan bahwa yang bunda ambil adalah daging buahnya saja ya.
  3. Langkah berikutnya, silahkan bunda tumbuk atau jika ingin cepat dapat menggunakan blender untuk menghaluskan pisang dan alpukat tersebut. 
  4. Kemudian silahkan bunda campur dan aduk keduanya hingga benar-benar tercampur dengan rata.
  5. Langkah terakhir adalah bunda memastikan hasilnya tidak ada gumpalan kecil yang dapat membuat bayi bunda sulit menelannya. Bunda dapat menyaring puree terlebih dahulu supaya mendapatkan hasil yang sangat lembut dan bayi bunda senang menelannya.

Resep MPASI dengan Buah Pepaya California dan Biskuit Susu

Selain MPASI buah pisang dan alpukat, bunda dapat membuat variasi lainnya yaitu MPASI dari buah Pepaya yang dikombinasikan dengan biskuit susu. Sebelum membuat, bunda dapat mempersiapkan terlebih dahulu bahannya diantaranya adalah Pepaya California sekitar 30 gram, 1 keping biskuit susu dan ASI Eksklusif bunda atau susu formula. Bagaimana cara membuatnya?

Cara membuat MPASI dengan Buah Pepaya California dan Biskuit Susu:

  1. Pertama, silahkan bunda untuk mencuci sampai bersih terlebih dahulu Pepaya California tersebut.
  2. Jika sudah bersih, bunda dapat melumatkan Pepaya tersebut menggunakan saringan kawat.
  3. Saat sudah halus, langkah selanjutnya adalah mencampurkannya dengan 1 keping biskuit susu dan juga ASI Ekslusif atau susu formula.
  4. Terakhir, bunda dapat menghaluskannya semuanya dan benar-benar dapat dinikmati oleh sang bayi bunda.

Nah itu dia rahasia tips mengenai “5 Buah Sehat Untuk MPASI Bayi” yang bisa bunda coba secara mandiri lakukan dirumah. Semoga bermanfaat.