Select Page

Cari Tahu Apa itu Antraks? Temukan Arti Kata Antraks, Sinonim, Lawan Kata Antraks Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan Bahasa Inggris. fendiharis.com – ( Date. 8 Juli 2023 10:33:01 )

Apa itu Antraks

Apa itu Antraks? Antraks (anthrax dalam bahasa Inggris) adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri bernama Bacillus anthracis. Penyakit ini umumnya mempengaruhi hewan ternak seperti sapi, domba, dan kambing, tetapi dapat juga menyerang manusia.

Bacillus anthracis menghasilkan spora yang sangat tahan lama di lingkungan dan dapat bertahan dalam tanah dan produk-produk hewan yang terkontaminasi. Manusia biasanya terinfeksi melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi atau dengan produk-produk yang terkontaminasi, seperti daging, wol, atau kulit hewan yang terinfeksi.

Ada tiga bentuk utama antraks pada manusia:

  • Antraks kulit (cutaneous anthrax): Ini adalah bentuk paling umum dari antraks pada manusia. Infeksi terjadi ketika spora masuk ke dalam kulit melalui luka terbuka atau lecet. Gejalanya termasuk pembentukan lepuh berisi cairan yang kemudian membentuk keropeng yang menghitam, disertai dengan pembengkakan dan nyeri.
  • Antraks paru (pulmonary anthrax): Ini adalah bentuk yang paling berat dan mematikan dari antraks. Infeksi terjadi ketika spora ditarik ke dalam paru-paru melalui pernapasan. Gejala awalnya mirip dengan flu biasa, tetapi kemudian berkembang menjadi demam tinggi, sesak napas, dan batuk berdarah.
  • Antraks usus (gastrointestinal anthrax): Bentuk ini terjadi ketika spora antraks tertelan melalui makanan yang terkontaminasi. Gejalanya meliputi demam, mual, muntah, sakit perut, dan diare yang berdarah.

Antraks dapat diobati dengan antibiotik seperti penisilin, tetrasiklin, atau sefalosporin. Pengobatan harus dimulai sesegera mungkin setelah terjadinya infeksi untuk meningkatkan peluang pemulihan. Vaksin antraks juga tersedia dan dapat diberikan kepada individu yang berisiko tinggi terpapar bakteri ini, seperti peternak hewan atau personel militer.

Arti Kata Antraks

Arti Kata Antraks merujuk pada sebuah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri bernama Bacillus anthracis. Bakteri ini dapat ditemukan di tanah dan hewan yang terinfeksi antraks. Manusia dapat terinfeksi melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi atau produk-produk hewan yang terkontaminasi, seperti daging hewan yang tidak diolah dengan baik.

Infeksi antraks pada manusia dapat terjadi melalui tiga jalur utama: melalui kulit (antraks kulit), melalui saluran pernapasan (antraks inhalasi), atau melalui saluran pencernaan (antraks usus). Gejala antraks tergantung pada jalur infeksi yang terjadi.

Antraks kulit adalah bentuk paling umum dan biasanya ditandai dengan lesi kulit yang dapat berubah menjadi borok atau bisul yang nyeri. Antraks inhalasi terjadi ketika seseorang menghirup spora bakteri Bacillus anthracis dan dapat menyebabkan gejala seperti demam, batuk, sesak napas, dan kelemahan. Antraks usus terjadi jika seseorang mengonsumsi daging hewan yang terinfeksi dan dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, diare, dan demam.

Antraks dapat diobati dengan antibiotik yang tepat, terutama jika diagnosis ditegakkan sejak dini. Pengobatan dini sangat penting karena antraks memiliki tingkat kematian yang tinggi jika tidak diobati. Selain itu, vaksin antraks juga tersedia untuk melindungi orang-orang yang berisiko tinggi terpapar bakteri ini, seperti pekerja di laboratorium atau sektor pertanian.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kata “antraks” juga digunakan secara lebih umum untuk merujuk pada senjata biologis atau serangan teroris yang menggunakan spora Bacillus anthracis dengan maksud menyebabkan penyakit dan bahaya bagi manusia.

Antraks Menurut KBBI

Apa arti kata dari antraks? Antraks Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri bernama Bacillus anthracis. Penyakit ini dapat menyerang manusia maupun hewan, terutama hewan ternak seperti sapi, kambing, dan domba. Bakteri antraks biasanya masuk ke dalam tubuh melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi, produk dari hewan yang terinfeksi, atau melalui lingkungan yang terkontaminasi.

Antraks pada manusia dapat memengaruhi beberapa bentuk penyakit, termasuk antraks kulit (melalui kontak langsung dengan bakteri), antraks paru (melalui inhalasi spora bakteri), dan antraks usus (melalui konsumsi daging yang terkontaminasi). Gejala antraks pada manusia dapat bervariasi tergantung pada jenis infeksi dan cara masuknya bakteri ke dalam tubuh.

Penyakit antraks pada manusia dapat sangat serius dan bahkan berpotensi mengancam jiwa jika tidak diobati dengan tepat. Oleh karena itu, jika ada kecurigaan terkena antraks, segera konsultasikan dengan tenaga medis untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Apa itu Antraks - Arti Kata Antraks - Sinonim Antraks - Lawan Kata Antraks
Apa itu Antraks – Arti Kata Antraks – Sinonim Antraks – Lawan Kata Antraks

Sinonim Antraks

Beberapa sinonim antraks adalah:

  • Bacillus anthracis.
  • Penyakit charbon (dalam bahasa Prancis).
  • Wool sorter’s disease (dalam bahasa Inggris).
  • Milzbrand (dalam bahasa Jerman).
  • Woolsorters’ sickness (dalam bahasa Inggris lama).

Harap dicatat bahwa antraks adalah penyakit serius yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis dan dapat mempengaruhi manusia dan hewan.

Persamaan Kata Antraks Dalam Bahasa Inggris

Apa kata lain dari Antraks? Sinonim atau Persamaan kata “antraks” dalam Bahasa Inggris adalah “anthrax“.

Lawan Kata Antraks

Apa lawan kata dari Antraks? Antonim Antraks atau Lawan kata “antraks” adalah “sehat”.