Select Page

Synonyms: Menyentuh, Menyobek, Menghujam, Menerobos, Mencakar, Melubangi, Menyusup, Menembus, Menyelusup, Menggurat

Arti Kata Menjolok

Kata “menjolok” memiliki beberapa arti tergantung konteks penggunaannya. Berikut adalah beberapa arti yang mungkin:

Secara harfiah, “menjolok” dapat merujuk pada tindakan memasukkan atau mengarahkan sesuatu ke dalam lubang atau celah yang sempit. Contohnya, “Dia menjolokkan kunci ke dalam lubang kunci.”

Dalam konteks pergaulan sosial, “menjolok” bisa berarti bertindak dengan cara yang mengganggu atau tidak sopan. Misalnya, jika seseorang “menjolok” seseorang yang lain, itu berarti mereka mengganggu atau mencoba mengganggu mereka dengan tindakan atau perkataan yang tidak pantas atau mengganggu.

“Menjolok” juga bisa digunakan dalam konteks mencari tahu atau menyelidiki secara rinci atau mendalam terhadap seseorang atau sesuatu. Misalnya, jika seseorang “menjolok” masalah atau pertanyaan, itu berarti mereka mencari tahu dengan mendalam atau mencari informasi lebih lanjut tentang subjek tersebut.

Harap diingat bahwa arti kata dapat berbeda tergantung pada konteks penggunaan dan bahasa yang digunakan. Penting untuk memperhatikan konteks saat menggunakan atau menginterpretasikan kata “menjolok”.

Arti Kata Menjolok dan Sinonim Kata Menjolok

Arti Kata Menjolok dan Sinonim Kata Menjolok

Sinonim Kata Menjolok

Beberapa sinonim kata “menjolok” adalah:

  1. Menyentuh
  2. Menyobek
  3. Menghujam
  4. Menerobos
  5. Mencakar
  6. Melubangi
  7. Menyusup
  8. Menembus
  9. Menyelusup
  10. Menggurat

Persamaan Kata Menjolok dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa kata atau frasa yang bisa digunakan untuk menggambarkan tindakan “menjolok” dalam arti yang umum. Berikut adalah beberapa contoh persamaan kata untuk “menjolok” dalam bahasa Inggris:

  • Prod: Prod memiliki arti yang mirip dengan “menjolok” dalam bahasa Indonesia. Kata ini menggambarkan tindakan memberikan dorongan atau sentuhan yang keras atau tajam.
    Contoh: He prodded me in the ribs to get my attention.
  • Poke: Kata “poke” bisa digunakan untuk menggambarkan tindakan “menjolok” dengan sentuhan ringan atau sedikit kuat. Kata ini juga bisa digunakan secara lebih luas untuk menggambarkan tindakan menyentuh dengan cepat atau secara mendadak.
    Contoh: She poked me in the arm to show me something interesting.
  • Jab: “Jab” digunakan untuk menggambarkan tindakan “menjolok” dengan cepat atau keras, terutama dengan menggunakan siku atau jari.
    Contoh: The boxer jabbed his opponent in the stomach.
  • Nudge: “Nudge” menggambarkan tindakan memberikan sentuhan ringan atau halus dengan tujuan memberi sinyal atau membangunkan seseorang.
    Contoh: She nudged me with her elbow to indicate that it was time to leave.
  • Stab: Meskipun kata “stab” secara umum menggambarkan tindakan menusuk dengan benda tajam, dalam konteks tertentu, kata ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan tindakan “menjolok” secara keras atau tiba-tiba.
    Contoh: He stabbed his finger at the map to show the location.

Perlu diingat bahwa persamaan kata ini dapat bervariasi tergantung pada konteks dan intensitas tindakan “menjolok” yang ingin digambarkan.