Select Page
Kekuatan Website Bagaikan Peluru UMKM Digital Dalam Memburu Pelanggan !

Kekuatan Website Bagaikan Peluru UMKM Digital Dalam Memburu Pelanggan ! Ini adalah cara baru versi pengalamanku tentang bagaimana aku mengembangkan Usaha Mikro aku di bidang penjualan dan sewa alat event dengan mengandalkan kekuatan website sebagai peluru untuk memburu pelanggan. Semua tips dan triknya akan aku kupas tuntas disini.

Jangan Pernah Takut Berbisnis, Selama itu Masih Gratis

Kira-kira apa yang ada di pikiran kamu tentang kalimatku ini “Jangan pernah takut berbisnis, selama itu masih gratis”. Pasti mayoritas akan bilang seperti ini “Di dunia ini mana ada yang gratis mas, apalagi soal bisnis? dan kalau pun ada, tentu hasilnya tidak fantastis”, namun ada sebagian lagi yang akan bilang “Bisnis zaman sekarang harus pintar mengambil kesempatan supaya berbuah manis”.

Kedua jawaban tersebut tentunya punya sudut pandang masing-masing yaitu untuk jawaban yang pertama biasanya adalah orang yang masih awam tentang seluk beluk bisnis di era modern saat ini, sedangkan untuk jawaban yang kedua adalah orang yang optimis dalam membidik masa depannya dengan melakukan bisnis di era modern atau digital.

Buat Akun Sosmed Gratis, Marketplace Juga Gratis, Semuanya Gratis

Apa sosial media favoritmu? Apakah instagram, facebook, twitter, youtube atau tiktok yang identik dengan kata viral? Aku rasa hampir semua sosial media tersebut pasti kamu memiliki akun. Betul tidak? dan itu gratis.

Begitu juga dengan marketplace seperti tokopedia dan shopee yang terkenal dengan sebutan si oren. hehe.. semuanya gratis untuk mempunyai akun tersebut. Lantas, apa yang kamu dapatkan dengan hal yang “Gratis” tersebut? Jika belum mendapatkan apa-apa alias sekadar hobi, maka lebih keren lagi jika kamu mulai untuk memperoleh penghasilan bukan?

Yaps.. Gratis tapi bisa menghasilkan.. itu baru keren.. Lantas bagaimana caranya untuk menghasilkan? Nanti aku jelaskan dan baca terus yah..

Kisahku Memulai Usaha Mikro

Untuk mempunyai penghasilan di zaman sekarang itu tidaklah sulit asalkan mau untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang membawa banyak sekali perubahan. Salah satu caranya ya berjualan atau menjadi pemasar afiliasi. Nah, izinkan aku untuk bercerita tentang pengalamanku dalam memulai UMKM jenis kriteria Usaha Mikro dari awal tahun 2015 hingga saat ini di tahun 2023.

Pada tahun 2015 aku menjalani jenis Usaha Mikro di bidang penjualan alat-alat event dan kebutuhan pameran seperti diantaranya: Meja promosi, Rak brosur, Standing Promosi dan seluruh produk untuk kebutuhan event.

Jalani Usaha Mikro Dengan Gaya Klasik atau Terbilang ” Kuno ”

Sejak awal pada tahun 2015, aku menjalani usaha mikro ini bisa dibilang tanpa strategi dan persiapan yang benar-benar matang. Di dalam pikiranku saat itu adalah ” Pokoknya aku harus berbisnis. Titik. ” Wajar saja, soalnya posisi aku saat itu baru selesai resign bekerja di salah satu perusahaan distributor alat rumah tangga di posisi bagian marketing.

Hal yang mungkin terbilang “bodoh” adalah aku langsung menyewa sebuah kios tepatnya di Mall wilayah ITC Permata Hijau Jakarta Selatan dan mulai untuk menyetok barang-barang alat event untuk dijual kembali di kios atau toko tersebut.

Dan apa yang terjadi satu bulan pertama? Usahaku bisa dibilang sia-sia dan tidak sesuai harapan, karena berharap pada trafik pengunjung toko di kios tersebut setiap harinya. Jika aku memprediksikan dapat menjual banyak produk, ternyata terbalik dan penjualan tidak sepesat yang aku pikirkan.

Setelah belajar sana sini baik dari internet maupun rekan yang telah mulai berbisnis lebih awal ternyata “Cara yang aku lakukan tersebut adalah gaya klasik atau kuno”.

Mulai Jalani Usaha Mikro Dengan Cara Modern Gaya Baru

Kegagalan di bulan pertama membuat aku semakin tertantang untuk mencoba cara lain. Cara tersebut yaitu mencoba memakai gaya baru yang lebih modern untuk jenis Usaha Mikro yang sedang aku jalani. Marketplace dan Sosial Media adalah salah satu cara baru yang pertama aku coba.

Ya, aku coba untuk memasukkan seluruh produk usaha mikro yang aku jual ke marketplace saat itu adalah TokoPedia dan BukaLapak. Sedangkan Untuk sosial media saat itu yang aku coba adalah menggunakan facebook. Dan syukurlah dari sanalah mulai ada penjualan demi penjualan dan kian hari semakin membaik melahirkan potensi penjualan dan penghasilan.

Usaha Mikro yang aku jalani bertahan hingga tahun 2019. Semenjak Covid 19, Usaha Mikro aku juga memperoleh dampaknya sehingga aku menutup sementara Usaha Mikro aku hingga akhir tahun 2022.

Apa pelajaran berharga yang aku dapati selama rentang waktu 2015 hingga 2022? Ternyata trafik melalui online adalah cara modern dan gaya baru untuk meningkatkan penjualan. Jadi jika kamu memakai cara kuno, bersiaplah untuk bertarung dan berjibaku dengan minimnya hasil. Ini menurut pengalaman pribadiku.

Website Menjadi Sumber Utama Kekuatan Usaha Mikro Saat Ini

Pada tahun 2023 disaat wabah Covid 19 sudah tiada dan roda ekonomi masyarakat mulai normal kembali, aku pun bertekad untuk melanjutkan Usaha Mikro yang aku jalani yang sempat tutup sekitar 2 tahunan tersebut. Namun tentunya dengan ide bisnis yang juga baru. Usaha Mikro yang aku jalani saat ini yaitu bukan hanya seputar penjualan produk saja melainkan ditambah dengan persewaan alat – alatnya khusus di area Jabodetabek ( Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ).

Cara baru untuk meningkatkan penjualan yang aku gunakan bagi Usaha Mikro aku yaitu dengan memakai website profesional. Bagi aku, website merupakan peluru untuk memburu dan menjadi kekuatan utama Usaha Mikro yang aku jalani saat ini.

Website Merupakan Peluru Untuk Memburu

Sejauh ini, keberadaan website profesional Usaha Mikro aku tersebut merupakan peluru yang digunakan untuk memburu pembeli dan penyewa produk Usaha Mikro aku. Jika kamu ingin mengetahui website usaha mikro aku bisa dilihat di https://sewa.asia

Alhamdulillah hampir setiap hari baik penjualan hingga persewaan alat event Usaha Mikro aku selalu berdatangan para pelanggan. Dan paling penting adalah menjangkau pelanggan baru, dimana potensi pelanggan baru umumnya kebanyakan akan melakukan repeat order dan repeat sewa jika pelayanan yang aku berikan maksimal. Inilah yang dinamakan dengan peluru atau senjata UMKM Digital.

Lantas, bagaimana caranya aku mengoptimalkan website sebagai peluru Usaha Mikro aku? Nah, ini sangat menarik karena aku akan membahas tentang tips dan caranya.

Cara Membuat Website Sebagai Senjata UMKM Digital

Ketahuilah terlebih dahulu, bahwasanya jika berbicara tentang UMKM Digital maka tidak akan lepas dari namanya digital marketing ( Pemasaran Digital ). Nah, dari semua yang aku bahas dari atas terutama mengenai cara modern gaya baru usaha mikro aku tersebut, masuk pada yang namanya digital marketing.

So, digital marketing merupakan pemasaran yang dilakukan secara digital atau metode online yaitu seperti yang aku lakukan diatas “Memasukkan produk Usaha mikro ke marketplace Tokopedia, Shopee, Memasarkan produk lewat akun facebook atau TikTok yang kini sedang digemari para pengguna hingga membuat Website”. Namun, dari semua tersebut tentu ada perbedaan dan metodenya walau sama-sama termasuk pada kategori digital marketing.

Lantas, apa perbedaannya? Perbedaan mendasar adalah mengenai jangkauan usernya serta metrik dan insight yang ditampilkan. Oke aku akan coba lakukan perbandingan ya, supaya kamu dapat memahaminya.

Perbandingan Marketplace, Sosial Media dan Website

Didalam marketplace kamu akan menjumpai banyak sekali listingan atau produk yang disajikan oleh seluruh penjual yang ada di Indonesia. Usernya sendiri adalah mayoritas penjual dan pembeli yang hendak mencari suatu produk.

Kalau Sosial media kamu akan menjumpai banyak orang yang berinteraksi seperti membuat status, video, foto dan usernya sendiri lebih banyak lagi.

Sedangkan website, kamu dapat menggunakan untuk menjangkau keduanya baik dari sisi Marketplace maupun Sosial media dan bahkan lebih luas lagi hingga ke seluruh dunia. Disinilah hebatnya sebuah website, yang tentunya kamulah yang memiliki kendali penuh terhadap website kamu.

Diantara ketiga cara tersebut, mengoptimalkannya menjadi satu kesatuan strategi marketing adalah langkah tepat dalam menuai keberhasilan secara online.

Lantas, apa saja yang aku lakukan terhadap website usaha mikro aku? Simak dibawah ini.

Website Digunakan Sebagai Senjata Utama Jangkau Pelanggan di Pencarian Google

Pertama, aku membuat website profesional dengan tujuan menjangkau banyak pengunjung atau pelanggan di pencarian google baik secara organik maupun non organik. Organik disini adalah kata kunci yang dibidik akan menempati posisi pertama halaman pencarian Google dan dengan begitu orang – orang yang sedang mencari produk aku dapat melakukan pemesanan produk.

Contohnya: Kamu dapat mengetikkan salah satu produk Usaha mikro aku di google dengan kata kunci “Sewa Rak Brosur”. Nah, disitu website Usaha Mikro aku berada di posisi halaman pertama google.

Contoh diatas adalah jika website di optimalkan dengan metode organik. Untuk non organik, bisa dengan melalui iklan di google.

Website Berguna Sebagai Peluru Jangkau Pembeli dengan Cara Membuat Landing Page Terpercaya

Untuk yang kedua, website dapat digunakan sebagai peluru untuk menjangkau pembeli yaitu dengan cara membuat landing page yang profesional dan terpercaya. Nah, biasanya Landing Page ini digunakan sebagai metode non organik dengan cara mengiklankan di Google pencarian.

Tentu disini harus memahami cara beriklan di google yang benar dan tentunya dengan memaksimalkan kata kunci supaya produk Usaha Mikro yang ditampilkan melalui Landing Page dapat secara potensial memperoleh banyak pelanggan dan melahirkan penjualan.

Website Dijadikan Ultimate Untuk Menjangkau Pembeli dari Marketplace dan Sosial Media

Ketiga, website dapat dijadikan sebagai ultimate untuk menjangkau pembeli dan pelanggan dari marketplace dan sosial media.

Tipsnya bagaimana? Memanfaatkan link yang ada di akun sosial media kita.

Jadi saat kita isi profil tentu memasukkan juga link website usaha mikro, sehingga berkesempatan untuk menjangkau pelanggan baru dari sosial media tersebut.

Website Memperluas Jangkauan dengan Email Marketing Yang Profesional

Keempat, dengan adanya website maka email pun akan profesional sesuai dengan domain website kita. Nah ini adalah salah satu cara email marketing yang juga dijadikan senjata bagi UMKM digital. Pada umumnya setiap handphone akan memiliki alamat email, jadi peluang memperoleh pelanggan yang masuk pada daftar email kita akan semakin besar kesempatannya.

Nah, bagaimana? sudah pada tahu tidak mengenai pengalaman pribadiku ini dalam menjalani Usaha Mikro hingga saat ini? Jadi sudah paham kan betapa pentingnya peran website dalam perkembangan UMKM digital era modern saat ini.

Kamu punya usaha baik jenis Mikro, Kecil ataupun menengah dan mau memperoleh peningkatan penjualan serta penghasilan sama seperti aku? Jika pengen, ya mulailah dengan menjadikan Website menjadi senjata UMKM Digital kamu. Aku punya rekomendasi yang terbaik untuk website profesional kamu lho..

Yuk Jadikan Usaha UMKM Digital kamu melalui Website Sebagai Senjata Penjualan Hanya Di Exabytes Indonesia

Bagi yang belum paham tentang website, website itu terdiri dari domain dan hosting. Domain itu adalah namanya dan hosting adalah tempat untuk menyimpan dan menampilkan data-datanya ( database ) domain tersebut.

Website usaha mikro aku itu menggunakan WordPress Hosting karena CMS inilah yang menurutku sangat cocok untuk mesin pencari seperti Google. Jika kamu ingin web hosting murah bisa langsung ke Exabytes.co.id ya. Ini sangat aku rekomendasikan karena memang web hosting indonesia terbaik 2023. Mau tau kenapa aku merekomendasikannya? Simak Ulasanannya berikut ini.

Punya banyak kelebihan

Solusi Web Hosting

Exabytes Indonesia adalah Salah satu Solusi Web Hosting yang telah dipercaya hingga lebih dari 160.000 pelanggan 

Lebih dari Sekadar Penyedia Web Hosting

Exabytes adalah tempat terlengkap bagi anda dapat bertumbuh dan berkembang lebih pesat

Layanan Produk yang disesuaikan

Exabytes menyediakan beragam produk dengan layanan yang disesuikan dengan bisnis kedepan

Kepuasan Pelanggan nyaris 100 persen

Exabytes terbukti memberikan layanan terbaik dan kepuasan pelanggannya nyaris 100 Persen

Dukungan Bantuan Teknis 24 Jam Non Stop

Exabytes Indonesia di dukung dengan layanan support teknis hingga 24 Jam Non Stop setiap harinya

Garansi Network Uptime Hingga 99,9 Persen

Exabytes.co.id Menjamin seluruh pelanggan dengan memberikan garansi uptime

Garansi Server Uptime

Selain garansi network uptime, Exabytes juga memberikan garansi server uptime hingga 99.9 Persen

SOLUSI UMKM DIGITAL

Exabytes Indonesia dapat dijadikan sebagai Solusi Bagi UMKM Digital yang ingin memperluas jangkauan pelanggan dengan Website

Sumber dan Referensi:

  • Aset Exabytes Indonesia
  • Olah Digital : Fendi Haris with Canva
  • Infografis : Fendi Haris
  • Pengalaman Pribadi
  • Aset Pribadi

Demikianlah Artikel yang Berjudul “Kekuatan Website Bagaikan Peluru UMKM Digital Dalam Memburu Pelanggan !” ini telah Tayang. Artikel ini diikutsertakan Ajang Lomba Blog yang diselenggarakan Oleh Exabytes Indonesia. Semoga Bermanfaat.