Meneropong Jejak Kontribusi Freeport Indonesia untuk Masyarakat Papua dan Sumbangsih nya Bagi Negeri Pertiwi

PT Freeport Indonesia yang juga termasuk salah satu Perusahaan pertambangan terkemuka di dunia. Saya akan mengulas secara detail tentang Jejak Freeport Indonesia, Bagaimana Kontribusinya untuk Masyarakat Papua dan apa saja Sumbangsih nya bagi Negeri pertiwi yaitu indonesia.

Perusahaan PT Freeport Indonesia merupakan Perusahaan Tambang Tembaga mineral affiliasi dari Freeport McMoran (FCX) dan Mining Industry Indonesia (MIND ID). 

Freeport McMoran (FCX) itu sendiri merupakan sebuah perusahaan tambang international yang terkemuka di dunia dan berbasis di Amerika Serikat tepatnya di Phoenix, Arizona. Sebagai informasi bahwasanya FCX itu sendiri juga merupakan penghasil tembaga terbesar di dunia dimana sahamnya yaitu dengan symbol “FCX” telah di perdagangkan di New York Stock Exchange.

Sedangkan Mining Industry Indonesia (MIND ID) ini merupakan Holding Industri Pertambangan yang ada di Indonesia. Meliputi PT. Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (Inalum), PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia sebagai anggota holding.

Sejarah tentang akuisisi Freeport Indonesia yaitu jatuh pada hari Kamis tanggal 27 Desember 2018. Dimana Pemerintah Indonesia melalui PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) yang juga merupakan BUMN telah berhasil mengakuisisi sebesar 51% Saham Freeport McMoran (FCX). Tahukah anda bahwasanya dalam lika liku proses mengakuisisi saham Freeport MacMoran ini bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan ketelitian, ketepatan serta kebijakan dalam bernegosiasi.

Berita bahagia tersebut juga merupakan kabar gembira bagi seluruh rakyat Indonesia, terlebih lagi bagi masyarakat Papua sebagai basis pertambangan Freeport Indonesia yaitu di Mimika.

Betapa tidak, Freeport Indonesia tersebut telah memberikan banyak sekali sumbangsih kepada negeri pertiwi. Sumbangsih tersebut hampir 50 tahun berjalan seperti kontribusinya dalam meningkatkatkan Pertumbuhan Ekonomi Lokal maupun Nasional. Selain itu juga Freeport Indonesia juga berkontribusi memberikan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Nasional yang jumlahnya bekisar US$ 60 Miliar yang dilakukan sejak tahun 1992 hingga kini 2020 (Kurang lebih 28 Tahun). Dan Berikut adalah Sumbangsih Freeport Indonesia Untuk Indonesia.

Sumbangsih PT Freeport Indonesia Untuk Indonesia

Manfaat Langsung PT. Freeport Indonesia dari tahun 1992 hingga 2018 diantaranya:

  1. Dividen Pemerintah.
  2. Royalti.
  3. Pajak dan Pungutan Lainnya seperti
    PPH Badan, PPN, PBB, Iuran Tetap, Pajak Penghasilan Karyawan, PDR Bea Masuk,
    Pajak dan Retribusi Daerah.

Data menunjukkan bahwasanya Freeport Indonesia melalui berbagai manfaat langsung diatas telah memberikan sumbangsih pada negeri pertiwi sebesar 59% dan lebih besar dibandingkan dari Dividen untuk Freeport McMoran (FCX) yang bekisar 41%.

Itu artinya keputusan Pemerintah Indonesia mengakuisisi sebagian besar saham FCX pada desember 2018 adalah langkah yang tepat dan strategis tentu untuk kebutuhan terbaik bagi negeri dan masyarakat khususnya masyarakat PAPUA.

Selain manfaat langsung, ada manfaat tidak langsung yang diberikan oleh PT Freeport Indonesia ini. Seperti Kajian yang telah dilakukan oleh LPEM-UI  yang mengulas dari sisi Dampak Ekonomi pada tahun 2015. Manfaat tidak langsung tersebut diantaranya adalah:

Dari PDB yang di sumbangkan pada negeri yaitu sekitar 0,6%. Kemudian Dari PDRB yang disumbangkan pada Provinsi papua sebesar 48%, dan PDRB Mimika sebesar 94%. 

  • PDB Pada Negeri 0,6% 0.6% 0.6%
  • PDRB Pada Provinsi Papua 48% 48% 48%
  • PDRB Mimika 94% 94% 94%

Semua Kontribusi Benefit berkat adanya Freeport Indonesia tersebut dapat digunakan seperti:

  1. Pembayaran Gaji Karyawan dan Pembelian Dalam Negeri. Dapat digunakan untuk membayar 1,7% dari total APBN
  2. Pengembangan Masyarakat. Dapat digunakan untuk membiayai Sebesar 50% Program pengembangan masyarakat sektor tambang di Indonesia
  3. Pembangunan Daerah. Dapat membentuk 0,8% dari semua pendapatan rumah tangga nasional, dan membentuk 44% dari pemasukan rumah tangga provinsi papua.
  4. Investasi Dalam Negeri. Dapat menciptakan kesempatan kerja yakni sekitar 230.000 yaitu 122.000 dari Papua dan 108.000 dari luar papua.
  • Digunakan pada APBN 1,7% 1.7% 1.7%
  • Digunakan Pengembangan Masyarakat 50% 50% 50%
  • Dapat Digunakan Membangun Daerah 44% 44% 44%

Dengan berbagai macam manfaat yang telah di sumbangkan Freeport Indonesia untuk Negeri Pertiwi ini, maka penting kiranya untuk membahas Kontribusinya bagi masyarakat Papua sebagai basis pertambangan Freeport itu sendiri. Karena bagi saya ini adalah hal paling penting dan memiliki kasta tertinggi di dunia pertambangan ini. Hal itu disebabkan karena mayoritas masyarakat papua menggantungkan perekonomian tertingginya berdasarkan pertambangan inilah.

Berikut adalah Kontribusi Freeport Indonesia Untuk Papua

1. Ketenagakerjaan

PT Freeport Indonesia dapat menyerap tenaga kerja dengan Porsi asli masyarakat papua adalah sekitar 40,73% atau 2.890 pekerja yang telah bekerja di PT Freeport Indonesia entah sebagai pekerja langsung maupun sebagai Kontraktor. Dan PT Freeport Indonesia juga memiliki komitmen untuk menambah sebanyak – banyaknya masyarakat asli papua untuk menempati posisi yang strategis seperti Vice President maupun Manajer dan Karyawan dengan Level Senior.

Disadari bahwasanya keanekaragaman tanpa mengurangi potensi masyarakat papua juga menjadi porsi terpenting PT Freeport Indonesia seperti misalnya Pekerja WANITA. PT Freeport Indonesia juga memiliki program bernamakan Papuan Bridge Program (PBP) dimana program tersebut hanya memiliki durasi 3 bulan dan sudah dijalankan sejak tahun 2012. Dan ini juga sangat membantu Calon Pekerja Wanita yang berpotensi untuk menempuh jenjang karier bersama PT Freeport Indonesia.

2. Kesehatan

Mendaftarkan Seluruh Pekerja Termasuk Asli Papua Ke BPJS Kesehatan 

Selain itu juga, PT Freeport Indonesia juga mengutamakan Kesehatan dan sangat perduli kepada seluruh karyawan terutama bagi masyarakat papua. Oleh sebab itu PT Freeport Indonesia ini melibatkan dan ikut ambil bagian dalam mendaftarkan seluruh pekerjanya dalam program jaminan kesehatan nasional sepeti BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Dalam hal ini, Bukan hanya Pekerja Papua yang mendapatkan manfaatnya, melainkan secara langsung telah menyumbang kontribusi ke negara juga sekitar Rp. 147,5 Milyar Periode dari tahun 2015 hingga 2018.

Membangun Rumah Sakit dan Klinik

Selain bagi pekerja di ruang lingkup PT Freeport Indonesia, Perusahaan ini juga sangat memperdulikan kesehatan bagi seluruh masyarakat papua. Oleh sebab itu keberadaan Rumah Sakit maupun klinik memang harus ada di papua. Dan alhasil PT Freeport Indonesia telah berhasil berkontribusi membangun 2 Rumah sakit, 3 Klinik umum, dan 2 Klinik Spesialis. Dan dengan adanya itu pula selama 3 tahun terakhir telah berhasil menurunkan kasus penyakit malaria yaitu sebesar 70% dan tentu ini sangat berharga sekali.

3. Pendidikan

Selain Ketenagakerjaan dan Kesehatan, PT Freeport Indonesia juga sangat perduli dengan faktor pendidikan. Karena dengan pendidikan maka sumber daya manusia akan tercetak dan dengan hal itu juga akan memberikan manfaat kedepannya bagi PT Freeport Indonesia itu sendiri. Dan berikut Kontribusi PT Freeport Indonesia untuk Pendidikan.

  1. Membangun Asrama. Ada sekitar 5 Asrama yang telah didirikan dan dikelola. Dengan adanya asrama pendidikan
    ini sangat membantu untuk menampung berbagai macam generasi emas masyarakat papua.
  2. Memberikan Beasiswa. Ada sekitar 10.736 beasiswa pendidikan yang telah diberikan oleh PT Freeport Indonesia untuk mendukung potensi, bakat dan minat para generasi emas anak papua agar nantinya dapat mandiri dan berdaya saing tinggi.
  3. Membangun Balai Latihan Kerja (BLK). Melalui Institut Pertambangan Nemangkawi BLK telah dibangun dengan program Pra magang, Pendidikan untuk dewasa, dan administrasi Niaga D3. Dimana untuk siswa asli papua sendiri ada sekitar 91%.

4. Ekonomi

Kontribusi PT Freeport Indonesia juga merambah bidang Ekonomi dimana mengadakan Program Ekonomi mandiri serta dana bergulir LPMAK dengan total bantuan mencapai Rp. 256, 7 Miliar yang dibagi menjadi berbagai macam kelompok usaha, pendampingan UMKM serta pengembangan masyarakat berbasis desa.

Kelompok usaha sudah berhasil dicetak sebanyak 6.683, dengan persentase membanggakan yakni adalah Perempuan sebesar 55% yang melahirkan 179 pengusaha.Kemudian ada sebanyak 210 Ha Kakao, 30,4 Ha Kopi dan 80.000 ayam ternak. Semuanya untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

5. Infrastruktur

Kontribusi paling besar PT Freeport Indonesia terhadap Papua juga bisa dilihat dari pembangunan Infrastruktur yang telah dibangun sejak tahun 1997 yang meliputi 3.200 Rumah, Fasilitas Umum, Fasilitas Sosial. Karena bagi PT Freeport Indonesia berbagai Infrastruktur tersebut sangat penting untuk menopang masyarakat papua dalam keberlanjutan dan potensinya di masa mendatang.

Selain itu juga PT. Freeport Indonesia juga telah berhasil membangun 2 Lapangan terbang Perintis yaitu di desa Tsinga dan Aroanop. Kemudian berhasil membangun Komplek Olahraga yang berlokasi di Timika dengan total anggaran US$ 33 Juta.

Dengan berbagai macam Kontribusi besar yang dilakukan oleh PT. Freeport Indonesia maka dengan sadar diri saya menyebutkan bahwasanya Masyarakat Papua sangat terbantu sekali dalam menggerakkan roda ekonomi di kehidupannya.

Akhir Kata:

Langkah Pemerintah Indonesia dalam Mengakuisisi 51% saham Freeport McMoran adalah langkah yang tepat dan membanggakan bagi negeri, karena dengan saham yang dimiliki oleh PT. Freeport Indonesia maka secara langsung dapat mensejahterakan sebagian besar Masyarakat papua untuk berdikari dan mandiri yang juga memberikan output positif bagi negeri pertiwi ini. Dan kini masyarakat papua dapat tersenyum bahagia menikmati berbagai sumbangsih dan kontribusi besar yang telah PT. Freeport Indonesia Berikan.

Demikianlah tulisan saya mengenai “Kontribusi Freeport Indonesia untuk Papua” yang diikutsertakan ajang Lomba Blog yang diselenggarakan oleh PT. Freeport Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.. Salam satu Jiwa dari Saya kepada Seluruh Masyarakat Papua semuanya. 

#FreeportIndonesia #NarasiDariPapua #MiningForLife

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *