Ternyata Permainan bisa juga bermanfaat untuk Mengasah Ketelitian & Kejelian Berpikir Di Tengah Pandemi virus corona.

Pandemi virus corona khususnya di Indonesia memang mengalami penurunan kasus. Hal ini dikarenakan proses vaksinasi yang digencarkan oleh pemerintah indonesia sebagai metode khusus.

Bisa dilihat dari statistik kasus baru pada periode hari ini artikel ditayangkan yaitu mengalami penurunan yang sangat drastis. Tentu ini juga merupakan harapan bagi seluruh dunia yang memperoleh dampak dari virus corona yang sifatnya dinamis.

Berpikir Kritis Harus Selalu Bisa Walau Pandemi

Dampak dan pengaruh virus corona memang begitu dahsyat terutama pada sendi-sendi kehidupan. Baik itu di dunia perusahaan yang di dalamnya tentu memiliki banyak karyawan, maupun bagi orang-orang yang ingin memenuhi berbagai kebutuhan.

Ada banyak sekali kasus karyawan yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau dirumahkan dan juga ada perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk selalu bekerja di dalam rumah atau dengan istilah work for home.

Namun terlepas dari dampak dan pengaruh pandemi tersebut tentunya tidak serta merta untuk mengurangi porsi dalam tetap berpikir kritis atau melatih ketelitian dan kejelian. Pasalnya, dengan berpikir kritis tentunya akan melahirkan berbagai macam ide maupun gagasan yang dapat berguna sehingga aktivitas di rumah pun kian menyenangkan alias tidak merasa kebosanan.

Cara Melatih Ketelitian Berpikir Dengan Game

Salah satu cara yang kerap digunakan dan benar-benar ampuh dalam melatih ketelitian berpikir yaitu dengan game atau permainan. Permainan yang aku coba untuk menajamkan pikiran yaitu game solitaire. Game yang dikembangkan bisa dimainkan kapanpun dan dimanapun ini menurutku memang benar-benar dapat mengasah ketelitian aku dalam berpikir dan menyelesaikan masalah.

Sebenarnya ada banyak permainan melatih ketajaman berpikir yang bisa kita gunakan dan pilih melalui internet sesuai dengan kesukaan. Ada permainan teka-teki, permainan angka dan juga permainan mencocokkan sesuatu seperti pada game solitaire yang aku mainkan.

Game Solitaire Spider Memang Butuh Konsentrasi

Aku mencoba untuk memainkan game solitaire spider karena memang membutuhkan konsentrasi penuh dalam menyelesaikannya. Dan tentu hal yang seperti ini yang bersifat menantang memang selalu membuat aku ingin mencobanya. Mungkin karena aku tipikal orang yang memiliki tingkat “Penasaran” yang tinggi. hehe..

Oh iya tahukah kamu, padahal aku memilih kategori yang paling mudah atau easy lho. Namun permainan solitaire spider ini benar-benar membuatku harus berpikir terutama pada saat mencocokkan kebawah yang tentunya kartu-kartunya juga berada secara acak. Menurutku sih tetap sangat sulit walau kategori mudah. Kalau tidak percaya, coba saja kamu mainkan game solitaire spider ini.

Ada 3 Mode di Game Solitaire Spider

Game solitaire spider ini memiliki 3 mode yang bisa kita pilih diantaranya adalah :

  1. Mode easy atau mudah yaitu 1 suit (wajik)
  2. Mode medium atau menengah yaitu 2 suit (wajik dan hati)
  3. Mode hard atau sulit yaitu 4 suit (wajik, hati, sekop dan keriting)

Benar-benar seru dan kamu bisa coba mainkan seperti yang aku mainkan yaitu yang mode easy saja dan dilihat berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk berpikir menyelesaikannya. hehe..

Cara Melatih Pikiran dengan Solitaire Spider Mode Easy

Pertama-tama kamu bisa langsung ke situsnya yaitu solitaire.org kemudian di bagian menu atas ada menu spider. Nah itu bisa kamu pilih dengan cara klik. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman permainannya.

Saat telah terbuka, silahkan tekan icon play untuk langsung bermain secara gratis. Namun sebelum itu, kamu dapat menentukan mode apa yang akan kamu mainkan seperti mode easy, medium atau hard. Contohnya yaitu pada saat aku mencoba mode easy.

Setelah itu kamu akan dihadapkan dengan 10 kolom yang berisikan kartu wajik semuanya yang sedang terbuka dan secara acak. Kamu juga menemukan tumpukan kartu yang berlum terbuka pada kanan bawah.

Cara Bermain Solitaire Spider Mode Easy

Untuk cara bermainnya yaitu kamu harus mengurutkan kartu-kartu secara tersebut secara berurutan kebawah dengan urutan kartu seperti ini:

  • K
  • Q
  • J
  • 10
  • 9
  • 8
  • 7
  • 6
  • 5
  • 4
  • 3
  • 2
  • 1
  • A

Contoh yang aku mainkan yaitu seperti gambar diatas. Itu kan sudah berurutan sampai kartu angka 3. Nah, saat digeser kartu angka 2 yang dibawahnya ada kartu A nya maka otomatis akan menang dan menyelesaikan permainannya.

Saat aku berhasil menyelesaikan permainan ini dengan baik dan benar maka aku dapat memperoleh kemenangan yang secara otomatis di layar komputerku menampilkan pop up berwarna hijau yang bertuliskan “You Win” kemudian disertai dengan hasil “Score” kemenangan yang aku dapatkan.

Latihan Berpikir dan Lama Waktunya

Tahukah kamu, aku dalam memainkan mode easy game solitaire spider ini membutuhkan waktu sekitar 30 menitan. Dan tentu waktu ini sangat berbeda-beda setiap orangnya. Kamu juga dapat mencoba kemampuan berpikir kamu dengan permainan game solitaire ini.

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kriteria berpikir cermat dan teliti? Atau tidak? Bisa mencobanya sendiri dan buktikan sendiri di rumah kamu secara gratis. Ini adalah hiburan di tengah pandemi supaya pikiran kita tetap berjalan dan semakin tajam dalam melahirkan ide ide brilian di kehidupan nyata.

Dengan berlatih ketajaman berpikir dengan media permainan solitaire ini menurutku kita akan cenderung lebih kuat dalam menganalisa sesuatu, mengambil keputusan yang tepat dan juga dapat menyelesaikan masalah dengan baik di kehidupan sehari-hari. Menarik kan?

Tutup Iklan
Close Ads