Inilah Pengertian Jejaring Sosial, Media Sosial dan Contohnya. Apa saja teori, konsep dan manfaatnya? Baca Lengkap Ulasannya. Siapa yang tidak suka bersosialisasi di zaman kekinian saat ini? Aku rasa mayoritas orang ingin terlihat eksis.

Hal tersebut dipicu karena adanya perkembangan pesat khususnya di dunia internet. Semua orang dapat terkoneksi dengan sangat mudah dan bahkan menjangkau seluruh dunia. Semua berkat yang namanya jejaring sosial.

Pengertian Jejaring Sosial, Media Sosial dan Contohnya

Perkembangan jejaring sosial

Seiring dengan bertambah pesatnya dunia teknologi, perkembangan jejaring sosial juga semakin pesat. Terbukti dengan pengguna yang hampir setiap detik melakukan aktivitasnya dengan mengakses jejaring sosial di handphone miliknya.

Karena bagi mereka yang berpikir cerdas dan smart mereka akan tahu betapa berharganya jejaring sosial yang mereka akses tersebut. Terutama jika difungsikan sebagai alat berbisnis online, menjangkau fans, membangun branding dan masih banyak lagi.

Teori dan konsep jejaring sosial

Konsep jejaring sosial yakni menghubungkan atau mengkoneksikan dengan banyak user atau pengguna dari berbagai belahan dunia. Misalnya user indonesia dapat terhubung dengan user luar negeri seperti pengguna jejaring sosial yang berlokasi di Amerika serikat.

Secara teori, mengkoneksikan dengan user di mancanegara juga sangat mudah dilakukan. Cukup menggunakan fitur yang tersedia di platform jejaring sosial yang digunakan seperti misalnya fitur “Add friend, Follow”. Yang paling penting adalah dapat mengerti mengenai bahasa yang digunakan user mancanegara tersebut. hehe..

Manfaat jejaring sosial

Tentu disaat memiliki banyak sekali teman baik lokal maupun luar negeri, maka akan menambah juga beragam manfaat jejaring sosial tersebut.

Manfaat jejaring sosial

  1. Menambah banyak teman. Dengan begitu dapat bertukar wawasan keilmuan atau bertukar informasi dengan teman-teman kamu.
  2. Branding. Dapat membangun branding saat kamu memiliki prospek yang jauh kedepan mengenai bisnis kamu.
  3. Berbisnis Online. Kamu dapat menawarkan bisnis online kamu kepada teman kamu melalui internet.
  4. Mencari banyak Fans. Jejaring sosial dapat kamu andalkan untuk mendapatkan banyak fans atau penggemar.
  5. Meluapkan ide dan hobi. Kamu juga dapat meluapkan hobi kamu, bebas berekspresi dan kreatif tanpa henti.

Lantas, apa saja contoh dari situs jejaring sosial tersebut?

Contoh jejaring sosial

Berikut adalah contoh jejaring sosial yang dapat kamu coba untuk jadi penggunanya. Ada beberapa contoh situs jejaring sosial yang telah menjadi raksasa diantaranya adalah:

Facebook

Pertama, ada Situs Jejaring sosial Facebook. Kamu dapat dengan mudah untuk menjadi user atau pengguna di facebook ini dengan mendaftarkannya melalui alamat email yang valid, serta nomor handphone yang bisa digunakan untuk metode keamanan akun kamu nantinya.

Twitter

Situs jejaring sosial raksasa berikutnya yaitu Twitter. Disini kamu dapat melakukan registrasi user akun dengan mudah. E-mail dan Nomor HP yang harus kamu persiapkan untuk mendaftar di Twitter ini. Twitter ini tergolong sangat ringan, karena mempopulerkan tweet atau kicauan yang dipadukan juga dengan pemakaian hashtag.

Instagram

Contoh jejaring sosial selain FB dan Twitter yaitu Instagram. Salah satu situs jejaring sosial dengan mengedepankan Foto pada Feed, Story kemudian yang terbaru yaitu video pendek yang dinamakan IG Reels. Ada banyak sekali selebgram yang sukses berkat situs jejaring sosial instagram ini.

Youtube

Pernah dengar istilah youtuber, ya itu dia jenis content creator yang menggunakan situs jejaring sosial bernama youtube. Youtube merupakan bagian dari Google lho. Makanya tidak heran kita bisa memperoleh banyak sekali passive income melalui youtube. Pengen jadi youtuber? Simak tutorial youtuber pemula

Nah, dari contoh jejaring sosial diatas, masih banyak diantara kamu yang belum mengetahui perbedaan antara jejaring sosial dengan media sosial. Padahal keduanya memiliki perbedaan dan arti.

Jejaring sosial dan media sosial

Perbedaan antara jejaring sosial dan media sosial yaitu terletak pada medianya. Media sosial jika di bahasa inggris itu disebut dengan Social media. Merupakan suatu media atau platform online yang dijadikan sebuah komunitas untuk berinteraksi.

Pengertian jejaring sosial dan contohnya

Contoh media sosial yaitu forum komunitas, blog, aplikasi chatting dan jejaring sosial. Sedangkan contoh dari jejaring sosial itu sendiri yaitu seperti yang telah aku sebutkan diatas diantaranya facebook, twitter, instagram, youtube.

Jadi, pengertian jejaring sosial itu merupakan bagian dari media sosial. Ibarat kategori yaitu media sosial sebagai kategorinya dan jejaring sosial adalah sub kategorinya.

Atau silahkan lihat tabel contohnya dibawah ini untuk mengetahui perbedaannya.

Media SosialJejaring Sosial
Forum Komunitas OnlineFacebook
Twitter
Instagram
Youtube
Linkedin
BlogMedium
Kompasiana
Blog Pribadi
Aplikasi ChattingWhatsapp
Telegram
Line
jejaring sosial

Pencarian dari Google

contoh situs jejaring sosial
jejaring sosial adalah pdf
perkembangan jejaring sosial
konsep jejaring sosial
pengertian jejaring sosial dan contohnya
teori jejaring sosial
manfaat jejaring sosial
jejaring sosial dan media sosial

Demikianlah artikel tentang ” Pengertian Jejaring Sosial, Media Sosial dan Contohnya ” Semoga bermanfaat.

Tutup Iklan
Close Ads