Ungkap Rahasia dan Fakta Metode Pengobatan Imunoterapi, Ayo Bersama Peduli dan Kalahkan Kanker

Kalahkan Kanker – Ungkap Rahasia dan Fakta Metode Pengobatan Imunoterapi, Ayo Bersama Peduli dan Kalahkan Kanker agar dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia di dunia ini. #KalahkanKankerdenganImunoterapi

Saat ini telah memasuki Jaman modern dimana semuanya dituntut serba praktis dan instan. Kedua hal tersebut memang tidak dapat dipisahkan yakni kata “Praktis” dan juga “Instan”. Di satu sisi manusia sangat menyukai kata Praktis dan disisi lain menyukai kata instan. Hal tersebut itulah yang saat ini sedang di lomba lombakan dari sisi industri seperti pada industri makanan.

Industri makanan yang aku maksud adalah Industri dalam kategori Berbahaya atau dikenal dengan Junk Food. Para pengusaha tidak perduli akan kesehatan para penikmat makanan tersebut. Dan ini juga tidak serta merta menyalahkan sepenuhnya para pengusaha tersebut. Kembali pada diri sendiri yang tidak dapat memberikan asupan makanan sehat pada tubuh kita ini dan alhasil dikenal dengan POLA MAKAN TIDAK SEHAT.

Tahukah kamu, bahwasanya Pola Makan tidak sehat tersebut dapat memicu penyakit Kanker Lho.. Bukan Rahasia tabu lagi bahwasanya Penyakit Kanker ini merupakan salah satu penyakit dengan tingkat kematian tertinggi di dunia.

Dilansir dari data WHO pada tahun 2018 yaitu ada sekitar 9,6 juta orang meninggal dunia yang disebabkan penyakit kanker. Bahkan 57% di antaranya berasal dari Asia. Kemudian Di Indonesia sendiri ada sekitar lebih dari 207.000 orang meninggal karenanya. Porsi paling besar diduduki oleh kanker paru-paru,kanker payudara dan kanker jenis lainnya.

Sedangkan menurut data Riskesdas pada tahun 2014, ada 1,4 per 1.000 penduduk yang telah mengidap penyakit kanker.Hal ini meningkat menjadi 1,8 per 1.000 penduduk di tahun 2018. Itulah alasan mengapa penyakit kanker ini sangat berbahaya sekali bagi seluruh umat manusia.

Dan bukan itu saja, penyakit kanker ini juga akan menguras pembiayaan yang tidak sedikit hanya untuk sebuah harapan dan kesembuhan. Pengobatan yang sering digunakan di Indonesia sendiri biasanya dengan pengobatan kemoterapi. Apa itu kemoterapi? Yuk baca lebih lanjut dibawah ini rahasia dan faktanya.

Rahasia dan Fakta Pengobatan Kemoterapi

Mungkin kata “Kemoterapi” Tidak asing ditelinga hampir seluruh masyarakat Indonesia. Betapa tidak? Kemoterapi sering disematkan pada penyintas kanker seperti khususnya para artis atau publik figure yang menderita penyakit kanker. Jadi semua orang tahu akan kata tersebut melalui media televisi dan mungkin media sosial atau bahkan berita online melalui koneksi internet.

Namun apakah sobat tahu bagaimana sistem pengobatan kemoterapi tersebut? Pasti jawabannya adalah “TIDAK”.. oleh sebab itu aku akan membeberkan rahasia dan faktanya mengenai pengobatan kemoterapi tersebut.

Pengobatan Kemoterapi itu memiliki cara kerja yaitu dengan cara menyerang semua sel aktif di tubuh dimana tidak hanya sel kanker saja, namun sel-sel aktif lainnya yang tidak berbahaya pun juga ikut diserang. Sel tersebut seperti sel rambut, kuku, atau sel kulit.

Dalam penghancuran sel tersebut metode Kemoterapi menggunakan bahan atau zat kimia. Dan Kemoterapi dalam menghancurkan sel kanker itu bertujuan agar berkembangnya kanker serta kambuhnya kanker dapat dicegah. Namun dibalik penyembuhannya, seperti yang aku paparkan di atas bahwasanya Kemoterapi dapat menyerang sel sehat sehingga dapat menimbulkan dan mengakibatkan efek samping.

Rahasia dan Fakta lain seputar pengobatan kemoterapi yang didasari pada penelitian mengungkap bahwa Harapan Hidup dan Kualitas Hidup Penyintas (Pasien)  Kemoterapi itu sekitar 16,7 Bulan.

Begitulah Kemoterapi dalam mengobati penyakit mematikan di dunia ini. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, medis dan kesehatan saat ini, ada cara dan revolusi terbaru dalam mengobati Penyakit Kanker. Apa itu? Metode Pengobatan dengan Imunoterapi. Lantas bagaimana Imunoterapi itu bekerja dan rahasia serta faktanya seperti apa? Stay Tuned dibawah ini..

Rahasia dan Fakta Pengobatan Imunoterapi

Imunoterapi Kanker merupakan salah satu metode terbaru dalam mengobati penyakit berbahaya di dunia yaitu Kanker. Imunoterapi Kanker juga di klaim lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan kemoterapi. Mengapa demikian? Karena fakta nya, Imunoterapi kanker bertujuan untuk menstimulasi sistem imun untuk secara spesifik menargetkan dan membunuh sel kanker.

Pada kondisi normal, sistem imun tubuh berfungsi untuk mendeteksi dan menghancurkan sel “asing”  atau abnormal di dalam tubuh dengan mengerahkan pasukan sel T. Lantas bagaimana cara kerja sel imun tersebut?

Begini cara kerjanya: Pertama yaitu Mencari yaitu Sel T itu mencari semua hal yang berbahaya bagi tubuh, Kedua, Memindai yaitu Sel T dapat membedakan sel yang normal dan abnormal (asing), dan yang Terakhir adalah Menyingkirkan, yaitu ketika Sel T telah menemukan dan mendeteksi Sel yang Abnormal tersebut maka langsung Sel T langsung melakukan penyerangan untuk menyingkirkan sel abnormal.

Pada dasarnya Dalam melawan Kanker, Tubuh memiliki Siklus Imunitas/Kekebalan terhadap kanker. Namun, PD-L1 yang menjadi penghambat Sistem Imun (Sel T) dalam menyerang dan menghancurkan sel kanker tersebut.

Pasti kamu bingung tentang apa itu PD-L1 yang aku sebutkan tersebut. PD-L1 itu semacam Kamuflase Sel Kanker untuk menghindari Sistem Imun. Dan PD-L1 ini sebenarnya merupakan Protein yang terdapat di permukaan sel Kanker yang keberadaannya menghalangi dan menjadi faktor penghalang atau dikenal dengan sebutan immune checkpoint dalam sistem imun di tubuh kita terhadap kanker.

Saat berkaitan dengan protein yang lain seperti B7.1 dan PD-1, keberadaan Protein PD-L1 ini hanya menghambat proses pembentukan serta aktivasi pasukan sel T di kelenjar getah bening, dan juga PD-L1 ini selalu menghalangi proses penghancuran terhadap sel kanker oleh Sel T di dalam tumor.

Nah, dengan pengobatan Imunoterapi kanker inilah yang bertugas mengembalikan fungsi sistem imun kemudian memblokir ikatan PD-L1 dengan protein yang lainnya, sehingga Sel T dapat mengenali sel kanker kemudian menghancurkannya.

Imunoterapi kanker bekerja pada tahap pembentukan dan aktivasi pasukan sel T di kelenjar getah bening dan menghancuran sel kanker di dalam tumor, berbagai contoh imunoterapi kanker yang telah berhasil dikembangkan yakni anti PD-L1, anti PD-1, dan anti CTL4.

Sebagai Informasi: 

Penting sekali untuk semua pembaca saat ini mengetahui bagaimana Siklus Imunitas Kanker tersebut? Sehingga dapat membantu menjelaskan bagaimana tumor dapat berinteraksi. Seperti yang telah berhasil dirancang oleh Dr. Dan Chen dan Dr. Ira Mellman, dan pertama kali dipublikasikan dalam jurnal tentang imunitas pada tahun 2013.2

Rahasia dan Fakta lain seputar pengobatan Imunoterapi yang didasari pada penelitian mengungkap bahwa Harapan Hidup dan Kualitas Hidup Penyintas (Pasien) Imunoterapi itu sekitar 30 Bulan.

Fakta lain bahwasanya Pengobatan Imunoterapi ini di Indonesia Obatnya sudah ada, Pakarnya Sudah ada, namun yang menjadi permasalahan yakni di faktor Harga. Nah ini merupakan tugas bersama antara Kementrian , BPOM dan JKN tentunya.

Kesimpulan bahwasanya: Imunoterapi Kanker lebih efektif daripada Kemoterapi. Dan dari segi Harapan Hidup juga lebih lama, sehingga penyintas dapat melakukan hal yang sangat berkualitas. Dan metode yang digunakan juga minim dampak atau efek samping.

Lantas apakah ada hal yang lebih penting lagi? Menurut aku Hal paling penting dari itu semua adalah kembali pada diri kita sendiri terutama mulai membiasakan dengan Pola Hidup Sehat dan Mulai sejak dini pula langsung berkonsultasi dengan dokter mengenai Gejala Kanker. Sehingga penanganannya juga semakin cepat. Hindari makanan Praktis atau Instan namun berbahaya atau yang dikenal dengan JUNK FOOD serta hindari untuk merokok karena dapat memicu penyakit Kanker Paru.

Sebagai akhir aku akan menjawab jika ada pertanyaan seperti ini: Bagaimana Peran Mas Fendi Haris Selaku Blogger dalam Menggalakkan Pengobatan Imunoterapi Kanker? Aku akan menjawab:

  1. Pertama, akan memberitahukan pada diri sendiri, sanak keluarga, family dan kerabat dengan cara memberikan edukasi secara langsung.
  2. Memberitahukan kepada khalayak ramai atau publik melalui tulisan di blog. Ya seperti yang sedang kamu baca saat ini, ini adalah upaya aku dalam menggalakkan Imunoterapi kanker sebagai metode pengobatan yang efektif dan minim dampak efek samping.
  3. Mengajak semua orang untuk hidup sehat dengan mengatur Pola makan serta tidak merokok. Ayo lah berhenti untuk merokok karena merokok dapat memicu penyakit kanker paru, makanan JUNK FOOD juga harap dihindari
  4. Memberitahukan semua orang baik keluarga, family dan netizen (para pembaca) bahwasanya harap selalu koordinasi dengan dokter apalagi mengenai penyakit Kanker ini. Penanganan sedini mungkin sangat baik dibandingkan dengan yang berlarut-larut.
  5. Aku ingin ibadah. Karena menurut keyakinan di agamaku bahwasanya “Jika membagikan hal yang baik kepada banyak orang, maka kita akan mendapatkan hal positif tentang kabar baik tersebut dan ini merupakan ibadah”. Sama dengan membagikan tentang Imunoterapi yang dapat memberikan kesempatan hidup lebih lama sehingga dapat digunakan untuk hal yang berkualitas.

Jadi ayo semuanya.. ayo bersama untuk peduli dan memerangi kanker dengan cara yang kamu bisa. Kalahkan Kanker dengan Imunoterapi sekarang juga. Karena semakin banyak yang peduli dan memerangi kanker maka akan memberikan rasa perhatian lebih terutama pada penyintas kanker agar senantiasa berpikir positif serta menghargai hidup.

Demikianlah artikel seputar “Kalahkan Kanker dengan Imunoterapi” sebagai wawasan dan edukasi di dunia medis dan kesehatan. Semoga bermanfaat.

Artikel ini diikut sertakan ajang Lomba Blog yang dilaksanakan oleh KalahkanKanker.com Periode Februari 2020.

Sumber Referensi:

  • www.kalahkankanker.com
  • https://kalahkankanker.com/imunoterapikanker/
  • https://www.roche.co.id/id/sekilas_tentang_roche/lingkup_usaha/farmasi/onkologi/imunoterapikanker.html
  • https://nova.grid.id/read/051987936/diklaim-lebih-efektif-dari-kemoterapi-yuk-kenalan-dengan-pengobatan-imunoterapi-secercah-harapan-bagi-penyintas-kanker?page=all
  • https://www.inews.id/lifestyle/health/mengenal-anti-pd-l1-imunoterapi-untuk-pengobatan-kanker-stadium-lanjut
  • https://lifestyle.bisnis.com/read/20190726/106/1129311/imunoterapi-inilah-obat-kanker-terbaru-di-indonesia-

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.