Reality Lagom Hingga Inspirasi ke Property Untuk Hidup Makin Happy

Selamat malam pak.. dengan saya andina. total belanjaan bapak semuanya 128.800.. mau nebus produk promonya pak hanya 10.000 bisa dapat 2, harga normalnya 8.000 lumayan hemat lho pak. pernyataan dan pertanyaan ini dilontarkan oleh punggawa minimarket saat saya belanja kebutuhan yang sedang urgent. kemudian saya jawab “Tidak Mbak.. Terimakasih..” dengan cepat saya mengeluarkan uang sebesar 130.000 dan punggawa tersebut berkata lagi “200 nya mau di donasikan pak?”. kemudian saya jawab “Boleh mbak..”.

Dalam perjalanan dan pengalaman saya berbelanja tersebut ada 2 peristiwa yaitu pertama, ketika saya menolak untuk menebus barang promo dan kedua adalah disaat saya mau mendonasikan uang kembalian.

Kedua peristiwa tersebut dapat dikatakan dengan istilah LAGOM. tentu istilah ini sangat awam (bagi yang belum tahu apa itu Lagom). Lagom itu berasal dari Negara Swedia dimana merupakan sebuah perbuatan dan aksi nyata dalam menyeimbangkan segala sesuatu agar tidak berlebih-lebihan. lebih tepatnya bisa dikatakan dengan PAS. Karena dengan melakukan aksi tersebut dapat membuktikan arti kebahagiaan “Happy” yang sebenarnya.

Lantas bagaimana kok bisa semua peristiwa diatas dikatakan Lagom? begini penjelasannya.. Aksi dan perbuatan saya ketika menolak barang promo tersebut merupakan aksi yang tepat karena yang dibutuhkan saya pada saat itu yakni hanyalah belanja yang sifatnya penting saja, sedangkan barang promo yang ditawarkan oleh sang kasir tersebut statusnya tidak penting dan tidak sedang saya butuhkan bahkan dari sisi kegunaannya pun juga tidak diperlukan pada saat itu. Daripada berlebih lebihan dalam belanja maka lebih baik mengeluarkan yang perlu saja.

Kemudian untuk peristiwa donasi tersebut bisa dikatakan Lagom juga karena pada dasarnya saya memang ingin mendonasikan uang kembalian itu. atau jika misal sang kasir tidak menawarkan untuk donasi pun, uang kembaliannya akan saya masukkan kedalam kotak amal yang berada di depan minimarket tersebut. dilihat dari tingkat efisiensi nya mendonasikan adalah hal yang paling tepat saat itu.

Contoh diatas adalah Penerapan Lagom di Tempat Pembelanjaan. menurut saya ini beberapa perbuatan lagom di minimarket diantaranya adalah:

  1. Membeli barang yang memang sangat perlu (Tidak menumpuk barang belanjaan yang tingkat keperluannya masih belum sepenuhnya sangat diperlukan).
  2. Jika bisa menggunakan tas belanjaan yang anda bawa dari rumah maka silahkan memakai tas tersebut.
  3. Jika belanjaan bisa dibawa dengan 1 plastik, maka jangan meminta pada kasir untuk membawa dengan banyak plastik.

Dengan menerapkan hal diatas maka anda telah berhasil menyeimbangkan gaya hidup Lagom (PAS) sesuai dengan keperluan dan tidak membuang buang hal yang tidak diperlukan.

Ada banyak sekali Reality Perbuatan dan Aksi Lagom dalam kehidupan sehari-hari lho.. seperti “Kehidupan yang seimbang dalam keluarga, persahabatan, karier, dan kesehatan”.

Reality Lagom Keluarga, Persahabatan, Karier & Kesehatan

#1. Reality Lagom dalam Keluarga

Keluarga menjadi pondasi utama dalam menerapkan keseimbangan hidup. karena bersama keluarga lah kita dibesarkan, dididik, dikasihi dan diarahkan ke arah yang lebih baik. namun kita harus siap menerima bahwasanya setiap anggota keluarga memiliki sifat yang berbeda-beda. ada yang introvet dan ekstrovet ketika diluar rumah. namun di dalam keluargalah semuanya menjadi satu wadah dalam pembelajaran dan hidup.

Wadah tersebut berupa rumah tinggal. seluruh anggota keluarga diberikan kebebasan dalam mengembangkan potensi, minat, bakat dan psikologis mereka dengan berbagai macam cara. misalnya: Sang anak yang introvet (atau cenderung menutup diri) ingin selalu berada di ruangan yang ia senangi biasanya dengan design interior cenderung agak gelap. begitu juga sebaliknya, untuk anak yang ekstrovet suka sekali dengan ruangan interior yang bernuansa cerah ceria.

Nah dalam penataan ruangan sang anak tersebut bisa kita terapkan aksi nyata LAGOM di dalamnya. lagi lagi harus menyeimbangkan ruangan agar anak betah dan nyaman dengan dirinya beserta ruangannya.

Bagaimana Penerapan LAGOM tersebut? Berikut penjabarannya:

  1. Untuk anak yang introvet. Mendukung mewujudkan design ruangan interior yang diinginkan yaitu cenderung gelap, maka silahkan orang tua dapat mendesain ruangan tersebut sesuai keinginan sang anak. kemudian berikan anak secarik kertas untuk menuliskan apa saja yang hendak ia isi di dalam ruangan tersebut. dan ingat, jangan melebih – lebihkan atau mengurangi porsi terhadap apa yang telah anak tulis tadi. seperti: kasur, lemari, rak display, meja belajar.
  2. Untuk anak yang ekstrovet. ia suka dengan ruangan yang ceria. maka silahkan orang tua dapat mewujudkan dengan memberikan nuansa cerah ceria pada interior kamarnya sesuai keinginan sang anak tersebut. kemudian isilah ruangan tersebut sesuai dengan keperluan sang anak tanpa harus mengurangi dan berlebihan. dengan begitu maka reality LAGOM pun telah diterapkan di lingkungan Keluarga.

Reality Lagom lainnya di ruang lingkup keluarga yaitu seperti:

  1. Tidak membeli perabotan, elektronik dan alat rumah tangga lainnya yang berlebih lebihan sehingga membuat kesan rumah tampak sempit.
  2. Tidak menumpuk pakaian bekas di lemari. ambil seperlunya yang sekiranya anda sukai, kemudian silahkan kemas tumpukan baju tersebut kemudian anda bisa menyedekahkan baju layak pakai tersebut ke panti atau mengirimkan bantuan ke tempat yang terkena musibah.
  3. Ketika hendak makan diluar rumah. Silahkan anda tentukan tujuan terlebih dahulu sebelum langsung berangkat dan memutuskan di jalan. karena jika itu dilakukan maka anda dapat memboros banyak seperti waktu dan bensin.

Setelah Reality Lagom dari Keluarga maka saatnya menerapkan Reality Lagom diluar rumah yaitu ruang lingkup persahabatan.

#2. Reality Lagom dalam Persahabatan

Manusia adalah makhluk sosial, dimana manusia tentu tidak bisa hidup dengan namanya sosialisasi. bentuk sosialisasi paling berkesan dan berharga adalah ketika kita memiliki seorang sahabat karib yaitu Sahabat terbaik yang selalu ada saat suka maupun duka.

Reality Lagom dalam persahabatan sebenarnya banyak sekali dijumpai. yaitu seperti Mendengarkan, Tidak memotong pembicaraan, Tidak membicarakan masalah yang sama-sama telah diketahuinya. untuk lebih jelasnya akan saya bahas satu persatu contoh reality Lagom “menyeimbangkan hidup dalam persahabatan”.

  1. Mendengarkan. Seorang sahabat sejati adalah sahabat yang bisa mengerti serta memahami situasi dan kondisi. Ketika salah seorang sahabat kita sedang mencurahkan isi hatinya akan peristiwa yang mungkin “Tidak mengenakkan” atau “Bikin Kesel” maka kita harus bisa Mendengarkan dan menjadi pendengar yang baik. hal itu termasuk Reality Lagom dimana yang sedang diperlukan oleh sahabat kita itu adalah mencurahkan isi hatinya. agar sedikit lebih rileks dan tenang.
  2. Tidak memotong Pembicaraan. Ketika sahabat sedang mencurahkan isi hati atas kekesalan yang terjadi maka dengarkanlah dan jangan sekali – kali untuk memotong pembicaraan. Saya rasa tidak ada seorang pun didunia ini yang senang saat kita sedang klimaks mencurahkan isi hati kemudian langsung dipotong.
  3. Tidak membicarakan masalah yang sama- sama diketahui masalahnya. ini adalah reality yang sering terjadi saat ini yaitu kita selalu membicarakan masalah yang sama – sama diketahui masalahnya ketika bersama sahabat kita. contohnya: saat kita hendak bepergian dan mengalami kemacetan, maka Reality LAGOM tersebut bisa diterapkan yaitu dengan cara tidak membahas kemacetan yang terjadi tersebut, atau bagaimana kok bisa macet, atau apa sebabnya macet dll. karena aktifitas tersebut cenderung tidak efisien dan membuang buang hal yang tidak perlu.

Itulah contoh dan Penerapan Lagom dalam persahabatan. setelah lagom persahabatan ada lagi nih penerapan lagom dalam kehidupan sehari hari yaitu yang dinamakan dengan Lagom dalam Karier.

#3. Reality Lagom dalam Karier

Siapa sih yang tidak ingin memiliki keluarga yang lengkap, kemudian sahabat yang bisa mengerti, kemudian teman terbaik di ruang lingkup pekerjaan atau Karir? pasti semua akan menjawab “Saya Mau.. Saya Mau..”

Dunia kerja juga merupakan suatu hal yang juga banyak berhubungan dengan Reality Lagom yang dinamakan dengan Reality Lagom Karier. seperti misalnya reality yang terjadi pada pengalaman saya sendiri seperti:

  1. Naik Busway. Menurut saya naik busway merupakan tindakan menyeimbangkan saat hendak menuju tempat kerja. hal itu karena dipicu oleh teman teman kantor saya yang suka dengan gaya hidup mewah yaitu mengendarai mobil. ya walaupun mobil tersebut dibeli dengan cara kredit alias angsuran. “oh my god..” tentu yang saya perlukan adalah bisa masuk kantor dengan tepat waktunya yaitu Jam 9 pagi sudah kerja. di dalam bus sendiri kita bisa melakukan banyak aktifitas positif seperti membaca berita terbaru dengan gadget yang saya genggam ini.
  2. Jangan Melebihkan Jam Kerja. Ketika kantor sudah tutup jam 5 sore, maka janganlah kita untuk menambah pekerjaan kita apalagi jika kita hanya ingin dikatakan “Pekerja yang royal”. oh tidak.. buang jauh – jauh hal itu, ini sangat tidak efisien. saatnya saya mengemas pekerjaan, kemudian pulang tepat waktu. istri dan anak saya sedang menunggu kedatangan saya untuk segera makan malam dengan mereka semua. ini yang saya perlukan.. mungkin urusan berprestasi di kantor juga bisa saya lakukan saat jam aktif bekerja.. betul tidak??
  3. Cintai Gadget yang kita miliki. Ketika teman – teman kantor saya sedang memamerkan gadget terbaru mereka dengan harga 7 juta dan sedangkan gadget saya hanya di harga 2 jutaan maka janganlah saya bersedih hati. ingat, yang saya perlukan saat ini itu apa? kalau hanya internetan, teleponan, whatsap masih bisa dijalani oleh gadget saya yang sekarang setia menemani. maka jangan lah berniat untuk mengganti dengan harga yang fantastis kecuali saya memang sangat urgent membutuhkannya.
  4. Berbaur dan memberikan kebahagiaan. pengalaman saya bekerja, saya suka sekali ketika jam istirahat untuk berbaur dengan temen saya Cleaning Service atau kurir dan berbagi kebahagiaan dengan cara membawakan snack.

Itulah gaya hidup lagom dalam dunia kerja / karier. nah untuk yang terakhir adalah Lagom kesehatan dimana ini juga sangat penting dan menarik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

#4. Lagom dalam Kesehatan

Menyeimbangkan agar tidak berlebihan alias sewajarnya dalam pola hidup sehat yaitu dengan cara mengontrol makanan yang hendak kita makan. contohnya: Ketika kita hanya perlu 1 piring makan, maka janganlah untuk mengambil bahkan memaksakan kehendak untuk makan sebanyak 2 piring atau lebih. hal itu dapat menyebabkan perut kekenyangan dan akibatnya juga bisa muntah apabila kebanyakan makan. dan kalau muntah, maka makanan tersebut tidak berguna jadinya.

Bukan dalam hal makanan saja lagom bisa diterapkan. apa saja yang lainnya yang bisa diterapkan Lagom dalam kesehatan? berikut ini adalah rinciannya:

  1. Tidur atau Istirahat Tepat Waktu. Dengan beristirahat tepat waktu saya mendapati tubuh terasa segar, fresh dan cenderung tidak stress ketika bangun dari tidur. ini yang dinamakan Reality Lagom kesehatan, karena saya telah berhasil menyeimbangkan waktu istirahat saya sehingga dapat produktif ketika semuanya terasa segar.
  2. Memakai Masker. Masker digunakan untuk menghindari dan meminimalisir polusi dan asap agar tidak masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap sehat. selain untuk masker juga digunakan saat saya sedang mengalami sakit flu dan bersin-bersin. oleh sebab itu disini peran Lagom kesehatan dimana saya tidak akan menularkan penyakit virus flu yang saya derita ke orang lain. dengan begitu saya berhasil untuk menyeimbangkan situasi tersebut.

Reality Lagom Diatas Terinspirasi Dari Lagom Skandinavia

Semua hal mengenai Reality Lagom diatas yaitu diantaranya Lagom dalam keluarga, persahabatan, Karier maupun kesehatan tersebut merupakan Reality Lagom versi saya selaku masyarakat indonesia.

Dan tahukah anda bahwa Lagom tersebut terinspirasi dari masyarakat skandinavia seperti Swedia. dan tidak heran jika swedia terkenal dengan 10 negara paling bahagia. tentu dengan menerapkan Lagom tersebut yang merupakan kebiasaan dari masyarakat skandinavia. 

Lagom meaning (Makna Lagom)

Lagom (diucapkan [lɑːɡɔm]) adalah kata Swedia yang berarti “jumlah yang tepat”.

Kamus Bahasa Swedia-Inggris Lexin mendefinisikan lagom sebagai “cukup, cukup, cukup, tepat”. Lagom juga secara luas diterjemahkan sebagai “dalam moderasi”, “seimbang”, “sempurna-sederhana”, dan “cocok” (dalam hal jumlah). Sedangkan kata-kata seperti cukup dan rata-rata menunjukkan beberapa tingkat pantangan, kelangkaan, atau kegagalan, lagom membawa konotasi kesesuaian, meskipun tidak selalu sempurna. Pepatah Swedia “Lagom är bäst”, secara harfiah, “Jumlah yang tepat adalah yang terbaik”, juga diterjemahkan sebagai “Cukup sebagus pesta”. Pepatah yang sama itu diterjemahkan sebagai “Ada kebajikan dalam jumlah sedang”

Secara Garis Besar Lagom tersebut adalah keseimbangan hidup yang tidak berlebihan dengan memberikan output kebahagiaan pada lingkungan sekitarnya. ya tentu sangat happy sekali menjadi masyarakat swedia terutama skandinavia.

Reality Lagom sendiri menjadikan Perusahaan Pengembang Bidik Property Hunian

Manfaat Lagom sendiri telah menjadi insprirasi bagi salah satu pengembang (developers) terkemuka yaitu PT. Pancakarya Griyatama dalam membidik property berupa hunian yang dinamakan dengan Skandinavia Lagom.

Skandinavia Lagom ini merupakan Hunian vertikal yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman No.1, Tangerang. Unit Skandinavia lagom ini sebanyak 200 Unit dan dan telah launching sejak 20 september 2019 bulan lalu. Unit skandinavia lagom ini terletak di lantai 21 sampai 36.

Skandinavia Lagom ini merupakan Produk terakhir dimana tersedia dalam dua tipe, yakni 1 bedroom suite dan 2 bedroom junior. Unit apartemen tersebut memiliki luasan semigross 44,81 meter persegi.

Produk Skandinavia Lagom

1 Bed Room Suite

Didalam Ruangan kamar ada keseimbangan dan kesederhanaan dan bebas dari elemen dan dekorasi yang tidak diperlukan. Penerapan lagom keseimbangan dalam ruangan ini ditonjolkan sehingga penghuni akan merasakan sensasi nyaman dengan suasana tenang..

2 Bed Room Junior

Didalam Varian 2 Bedroom Junior ini sungguh menyingkirkan dekorasi dan elemen yang tidak perlu. sehingga ruangan terlihat lebih minimalis, sederhana dan tidak bikin ruwet dalam penglihatan. Skandinavia Lagom hunian varian ini juga sangat cocok untuk dimiliki sekarang juga.

Nuansa Lagom di Hunian

Untuk hunian sendiri memang bernuansa filosofi lagom yaitu keseimbangan dengan suasana yang nyaman dan hangat. sehingga para penghuni akan betah berlama-lama di hunian tersebut. dan tak tanggung – tanggung di Skandivania Lagom unit ini juga mengadakan promo desain interior karya Bitte Design Studio yang sudah mendunia dengan berbagai penghargaan yang telah diterima.

PT. Pancakarya Griyatama selaku pengembang juga menyediakan 2 pilihan yaitu “Full Furnished” dan “Non furnished”. tentu untuk yang Full Furnished juga tidak main main dalam memberikan kenyamanan nuansa ruangan dan ini lah yang membuat Developers juga menyeleksi perusahaan sebagai partner dalam full furnished Skandivania Lagom ini.

Hunian Skandinavia Lagom Cocok Untuk Millenial

Anda kaum millenial atau generasi muda? tentu sangat cocok untuk memiliki hunian Skandinavia Lagom ini. karena selain harga yang bisa dibilang terjangkau yaitu sekitar 900 jutaan yang “Non Furnished” tersebut menjadikan Hunian ini primadona dan populer karena hunian ini berada pas di Tangcity superblock yang tentu memiliki tingkat keseimbangan dalam membuat kebahagiaan dengan nuansa huniannya yaitu Skandivania Lagom.

Lingkungan

  • Taman terbuka hijau
  • Rumah sakit
  • Universitas
  • Golf
  • Pusat perbelanjaan
  • Hotel

Fasilitas

  • Parkir ratio 1:1
  • Infinity Pool
  • Nordic Corner
  • Welness Center
  • Genius Home
  • Tangstations

Fasilitas di Skandinavia Lagom

Nordic Corner

Fasilitas 1 yaitu Nordic Corner dimana merupakan tempat khusus bagi penghuni yang ingin menikmati berbagai acara diluar unit yang dimiliki. Nordic corner juga bisa dijadikan tempat kumpul, arisan atau gathering. temukan keseimbangan interior ala skandinavia lagom membuat aktifitas semakin menyenangkan.

Skandifit

Fasilitas 2 yaitu Skandifit yang merupakan fasilitas dalam reality lagom kesehatan dan kebugaran. design interiornya juga sederhana namun dapat membuat penghuni nyaman dalam berolahraga fisik. jangan tunda kesempatan untuk menikmati fasilitas terbaik di skandinavia lagom ini..

Infinity Pool

Fasilitas 3 yaitu Infinity Pool yaitu Kolam renang yang dibuka mulai dari Jam 6 pagi hingga 9 malam. Fasilitas ini bisa digunakan untuk reality lagom kesehatan dengan olahraga renangnya sehingga badan terasa fresh dan segar kembali. posisinya juga sangat strategis langsung menghadap ke danau Kota Tangerang.

Genius Home

Tangstation

Surrounding

Skandinavia Lagom ini terletak di Lokasi Super Strategis dimana berdekatan dengan Tangcity Mall, Hotel berbintang seperti Novotel Tangerang dan Kawasan Bisnis seperti Business Park.

Benar – benar penuh keseimbangan dan semuanya ada untuk menjadikan hunian semakin diminati.

Selain letaknya yang strategis, Disekitaran area Apartemen Skandinavia Lagom ini dilengkapi dengan berbagai macam tempat khusus seperti: Taman bermain Hijau, Rumah sakit, Universitas, Tempat olahraga Golf dll.

Dan dilengkapi dengan tenant tenant lainnya seperti: Starbuck, Kopi soe, QQ Kopitiam, SB Bintaro, bank BRI serta Bank BCA.

Presentasi dan Maps Skandinavia Lagom

Dengan adanya berbagai macam, keunggulan dan manfaat atas hadirnya hunian Skandinavia Lagom ini dapat menjadikan lingkungan penghuni akan merasakan kebahagiaan / happy yang sebenarnya. Kebersamaan dalam menyeimbangkan hidup dari berbagai pilar dapat membuat arti bahagia tersebut bakal tersemat hanya bagi penghuni Hunian Skandinavia Lagom.

Mau happy ala masyarakat swedia? yuk Tunggu apalagi? Ayo miliki Hunian ini Sekarang juga. Ingat sekali lagi, Hunian ini adalah Hunian Proyek terakhir dan hanya dengan 200 unit saja. Sebelum kehabisan, langsung saja Miliki sekarang juga.