Startup Studio Indonesia siap mendukung Startup Indonesia untuk Siap Gapai Product Market Fit Biar Berkembang !

Bicara tentang sebuah startup terutama yang ada di indonesia ini tentu sangat menarik sekali. Sejatinya di indonesia ini, banyak sekali ide segar dari warga indonesia yang membidik kesuksesan terutama berkembangnya sebuah startup yang diinginkannya.

Yang pertama kali terpintas di pikiran kita saat mendengarkan kata startup yaitu marketplace tokopedia, bukalapak, dan marketplace yang memiliki karakter berwarna orange dan yang suka menggembar gemborkan gratis ongkir yaitu shopee. Kemudian ada lagi yang bergerak memberikan solusi di urusan transportasi yaitu gojek dan grab.

Namun, apakah kalian tahu bahwa selain semua yang disebutkan diatas ternyata banyak perusahaan startup serupa yang sedang tahap mengembangkan usaha dan perusahaannya tersebut. Ada yang gugur, stagnan dan bahkan ada juga yang tidak berkembang.

Beberapa Tantangan Startup di Indonesia

Dan itu semua merupakan sebuah tantangan dari perusahaan startup untuk bisa lolos dari problematika tersebut. Beberapa tantangan yang sering dihadapi oleh startup di indonesia seperti misalkan rendahnya sumber daya manusianya, pendidikan yang jauh tertinggal, kemudian urusan pendanaan dan investor hingga product market fit.

Rendahnya Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah faktor penting untuk membuat startup indonesia itu bisa dapat berjalan bahkan hingga mulus. Kenapa? Karena tanpa sumber daya manusia yang mumpuni tentu akan membuat perusahaan Startup itu berjalan tidak seirama. Artinya, ada kesinambungan dan hubungan erat antara Sumber Daya Manusia dengan kesuksesan sebuah startup.

Dan untuk mendapatkan sumber daya manusia atau talenta yang mumpuni, juga tidak semudah membalikkan telapak tangan atau mengedipkan mata. Butuh banyak proses seleksi yang tepat dan akurat. Dan salah satu yang bisa dipakai yaitu mengenai Pendidikannya. Namun lagi-lagi pendidikan yang rendah di indonesia juga menjadi kendala.

Pendidikan yang Jauh Tertinggal

Itulah sebabnya kenapa sumber daya manusia di indonesia ini masih dibawah rata-rata, karena disebabkan dengan pendidikan yang masih jauh tertinggal. Suatu misal dibidang komputasi. Masih banyak yang belum memahami atau hingga ekspert di dunia teknologi komputer.

Sementara itu, Perusahaan Startup di Indonesia harus mengoptimalkan atau menjadikan garda terdepan soal komputerisasi. Tenaga profesional inilah yang nantinya dapat mengembangkan perusahaan startup menjadi berhasil dan menguntungkan tentunya. Kita coba lihat startup indonesia yang telah berhasil menjadi Unicorn indonesia, pasti semuanya melibatkan teknologi komputer di setiap sistemnya.

Pendanaan Hingga Investor

Selain Sumber daya manusia dan pendidikan yang masih jauh tertinggal, faktor dan tantangan lain bagi perusahaan startup di indonesia ini adalah mengenai Pendanaan hingga mendapatkan investor. Ada yang bilang “Tanpa Dana Besar, mana mungkin bisa berjalan dan berkembang?” Ya, itu benar sekali. Kenapa? Karena sejatinya perusahaan Startup di indonesia ini untuk bisa menghasilkan dan menguntungkan itu harus semua sisi dapat memadai.

Terutama soal peralatan yang digunakan dan dibutuhkan misalnya mengenai Server tingkat tinggi dan juga komputer dengan akses internet yang super cepat. Dan semuanya itu dibutuhkan dana yang tidak sedikit alias seadanya. Oleh sebab itu salah satu cara untuk mendapatkan dana segar memang dibutuhkan namanya investor.

Namun lagi-lagi, untuk mencari investor itu tidak lah mudah. Perusahaan startup dituntut untuk meyakini calon investor mengenai potensi besar usaha yang dirintisnya dan tentunya bisa memiliki keuntungan. Oleh sebab itu tantangan berikutnya yang harus bisa dijelaskan kepada calon investor yakni mengenai Product Market fit nya.

Product Market Fit

Mari kita telaah apa itu Product Market Fit? Product Market Fit ini adalah mengenai pasar tersendiri dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan startup tersebut. Artinya, Produk yang ditawarkan tersebut telah memiliki pangsa pasarnya sendiri, dimana perusahaan tersebut dan dalam hal ini yakni foundernya bisa juga untuk mengoptimalkan usahanya dalam menyebarkan produk yang dijualnya. Sehingga konsumen yang membeli produknya, juga mau untuk memasarkan produk yang dibelinya dalam jumlah yang besar.

Product Market Fit Ini adalah tantangan besar dari sebuah startup indonesia dan merupakan faktor penting untuk membuat perusahaan startup dapat berkembang dengan pesat dan tentunya berada di jalan yang benar. Jika telah berada di jalan yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah mencoba untuk mencari solusi dan salah satunya adalah dengan program di Startup Studio Indonesia (SSI).

startup indonesia

Solusi Product Market Fit di Startup Studio Indonesia Bersama Kominfo

Jika para founder dari perusahaan startup digital telah berkembang dan mencapai Product Market Fit, maka bisa juga untuk mengikuti program dari Startup Studio Indonesia yang diselenggarakan bersama Kominfo.

Program tersebut memang di design dan dibuat sedemikian rupa untuk memfasilitasi seluruh perusahaan Startup Digital untuk mencapai Product Market Fit yang telah menjadi tantangan tersendiri tersebut untuk berkembang. Apalagi jika anda para founder yang benar-benar sangat potensial, penting sekali mengikuti program ini supaya bisa menjawab berbagai tantangan yang telah disebutkan diatas seperti mengenai Sumber Daya Manusia yang kompeten dan berkualitas hingga mengembangkan bisnis ke arah yang tepat.

Program ini digalakkan bagi semua founder startup di indonesia untuk dapat membuat dan menciptakan ekosistem digital Indonesia ini yang sebenarnya kaya akan sumber daya potensial. Kemudian bisa juga diakses oleh para founder untuk berinovasi serta mendorong transformasi digital Indonesia.

Demikianlah artikel “Startup Indonesia Harus Siap Gapai Product Market Fit Biar Berkembang !” ini telah tayang sebagai pembelajaran buat anda para founder startup di indonesia.

Sumber Referensi

  • Foto dan Gambar: https://startupstudio.id/
  • https://startupstudio.id/tantangan-perkembangan-startup-di-indonesia/
  • https://startupstudio.id/apa-pentingnya-product-market-fit-buat-startup/