Select Page

Cari Tahu Apa itu Aphelion? Temukan Arti Kata Aphelion, Sinonim, Lawan Kata Aphelion Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan Bahasa Inggris. fendiharis.com – ( Date. 8 Juli 2023 09:28:01 )

Apa itu Aphelion

Apa itu Aphelion? Aphelion adalah istilah dalam astronomi yang mengacu pada posisi terjauh sebuah objek dalam orbitnya mengelilingi Matahari. Dalam konteks Bumi, aphelion adalah titik terjauh di orbit Bumi dari Matahari. Pada saat aphelion, Bumi berada sejauh mungkin dari Matahari dalam orbit elipsnya. Jarak antara Bumi dan Matahari pada saat aphelion lebih jauh daripada saat perihelion, yang merupakan titik terdekat di orbit Bumi dari Matahari.

Ketika Bumi berada di aphelion, efeknya pada iklim Bumi tidak terlalu signifikan. Perbedaan jarak Bumi-Matahari antara aphelion dan perihelion hanya sekitar 3,1 juta mil (sekitar 5 juta kilometer), yang merupakan perbedaan kecil dalam skala tata surya. Meskipun jaraknya lebih jauh, efeknya pada iklim Bumi dapat diabaikan karena tidak langsung terkait dengan perubahan suhu global.

Aphelion terjadi setiap tahunnya dan biasanya jatuh pada bulan Juli. Namun, perubahan jarak ini bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi iklim Bumi. Iklim Bumi dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya, seperti inklinasi sumbu Bumi, peredaran atmosfer, dan distribusi panas di permukaan Bumi.

Arti Kata Aphelion

Arti Kata Aphelion adalah istilah astronomi yang mengacu pada posisi terjauh sebuah objek yang mengorbit benda langit pusat. Secara khusus, dalam konteks sistem tata surya kita, aphelion merujuk pada titik terjauh orbit sebuah planet atau benda lainnya dari Matahari.

Setiap planet dalam tata surya memiliki orbit elips dengan Matahari sebagai fokusnya. Ketika sebuah planet berada di aphelion, itu berarti planet tersebut berada pada posisi terjauh dari Matahari dalam orbitnya. Sebaliknya, ketika sebuah planet berada di perihelion, itu berarti planet tersebut berada pada posisi terdekat dengan Matahari dalam orbitnya.

Kata “aphelion” berasal dari bahasa Yunani kuno, di mana “apo” berarti “jauh” dan “helios” berarti “Matahari”. Jadi secara harfiah, aphelion berarti “jauh dari Matahari”.

Konsep aphelion juga berlaku untuk objek lain dalam tata surya, seperti komet. Ketika komet berada di aphelion, mereka berada pada posisi terjauh dari Matahari dalam orbit panjang dan elips mereka.

Aphelion dan perihelion memiliki signifikansi penting dalam astronomi karena jarak yang berbeda ini mempengaruhi suhu dan intensitas radiasi yang diterima oleh planet atau objek tersebut. Saat berada di aphelion, sebuah planet cenderung menerima radiasi matahari yang lebih sedikit dibandingkan saat berada di perihelion.

Aphelion Menurut KBBI

Apa arti kata dari Aphelion? Aphelion Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bukanlah sebuah kata dalam bahasa Indonesia.

KBBI adalah kamus resmi yang digunakan untuk mengartikan kata-kata dalam bahasa Indonesia, dan kata-kata yang dimasukkan ke dalam KBBI adalah kata-kata yang umum digunakan dalam bahasa Indonesia.

“Aphelion” sendiri adalah istilah dalam astronomi yang merujuk pada titik terjauh dalam orbit suatu benda langit yang mengelilingi Matahari.

Apa itu Aphelion - Arti Kata Aphelion - Sinonim Aphelion - Lawan Kata Aphelion
Apa itu Aphelion – Arti Kata Aphelion – Sinonim Aphelion – Lawan Kata Aphelion

Sinonim Aphelion

Sinonim aphelion adalah “apogee.” Keduanya merujuk pada titik terjauh dalam orbit suatu objek, seperti planet atau bulan, saat bergerak mengelilingi benda pusatnya.

Persamaan Kata Aphelion dalam Bahasa Inggris

Apa kata lain dari Aphelion? Persamaan kata “aphelion” dalam Bahasa Inggris adalah “aphelion” itu sendiri. “Aphelion” adalah istilah yang digunakan dalam ilmu astronomi untuk menggambarkan titik terjauh sebuah objek dari Matahari dalam orbitnya. Istilah ini digunakan secara universal dalam Bahasa Inggris dan tidak mengalami perubahan dalam terjemahan.