Select Page

Apa itu RP ( Role Player ), Inilah Pengertian dan 4 Jenis Permainan Game RP yang sedang viral di Sosial media seperti TikTok Saat ini.

Pengertian Apa itu RP ( Role Player )

RP adalah singkatan atau kependekan dari ” Role Playing ” yang jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan “peran”.

Dalam konteks permainan atau aktivitas tertentu, RP merujuk pada tindakan atau praktik memerankan karakter atau peran tertentu.

Biasanya, orang-orang terlibat dalam permainan peran untuk mengambil peran karakter fiktif atau nyata, dan berinteraksi dengan lingkungan atau karakter lain dalam narasi yang dibuat.

RP dapat terjadi dalam berbagai bentuk dan lingkungan.

Beberapa contoh termasuk permainan peran berbasis meja seperti Dungeons & Dragons, permainan peran daring (online) seperti World of Warcraft, permainan video berbasis peran seperti Skyrim, dan permainan peran di dunia nyata seperti larping (live-action role-playing).

Dalam RP, peserta sering kali menciptakan karakter dengan latar belakang, sifat, dan tujuan yang unik.

Mereka kemudian berinteraksi dengan karakter dan dunia di sekitar mereka sesuai dengan kepribadian dan tujuan karakter yang mereka mainkan.

RP juga dapat melibatkan aspek improvisasi di mana peserta harus berpikir dan bertindak seperti karakter yang mereka perankan.

Selain dalam konteks permainan, RP juga dapat merujuk pada praktik memerankan karakter dalam konteks hiburan seperti film, teater, atau cosplay, di mana seseorang berdandan dan berpakaian seperti karakter tertentu untuk menghidupkan mereka dalam situasi yang tidak nyata.

Nah, gimana? Sudah paham kan tentang Apa Itu RP ? Oke saatnya ketahui juga mengenai apa saja sih Jenis RP itu. Silahkan simak dibawah ini.

Jenis Permainan Game RP ( Role Player )

Permainan RP ( Role Player ) atau permainan peran adalah jenis permainan di mana peserta memainkan peran karakter fiktif dalam sebuah skenario atau narasi tertentu.

Dalam permainan game rp ini, peserta akan memerankan karakter dengan background, sifat, dan target tujuan yang unik.

Mereka pun akan berinteraksi dengan karakter sekaligus dunia di sekitarnya sesuai dengan kepribadian dan tujuan karakter yang mereka hendak mainkan.

Apa itu RP dan Inilah 4 Jenis Contoh Permainan Game RP ( Role Player ) :

  1. Permainan RP Peran Berbasis Meja
  2. Permainan Role Player Peran Daring (Online)
  3. Permainan Game RP Peran di Dunia Nyata (LARPing)
  4. Permainan Game Role Player Video Berbasis Peran
Apa itu RP ( Role Player )
Ilustrasi: Apa itu RP ( Role Player ) – Sumber Ilustrasi Desain by Canva.com

1. Permainan RP Peran Berbasis Meja

Permainan Peran Berbasis Meja ini adalah jenis permainan game RP (role player) atau peran yang biasanya dimainkan di atas meja dengan menggunakan buku aturan, dadu maupun lembaran karakter.

Contohnya seperti Dungeons & Dragons (D&D), Pathfinder, dan Vampire: The Masquerade.

Peserta akan memiliki lembaran karakter dengan atribut dan keterampilan yang dapat mereka tingkatkan.

Mereka akan menggunakan sistem peraturan yang ditentukan untuk menentukan hasil dari tindakan mereka.

2. Permainan Role Player Peran Daring (Online)

Permainan game RP (Role Player) bermain peran secara daring atau online ini mengacu pada permainan yang dimainkan melalui koneksi internet.

Contohnya adalah World of Warcraft, Final Fantasy XIV, dan Elder Scrolls Online.

Peserta akan dapat membuat karakter mereka dan menjelajahi dunia yang lebih luas kemudian berinteraksi dengan pemain lain, dan menyelesaikan misi atau tantangan dalam game permainan tersebut.

3. Permainan Game RP Peran di Dunia Nyata (LARPing)

Permainan Game RP (Role Player) atau bermain Peran di Dunia Nyata (LARPing) Ini merupakan jenis permainan peran di mana peserta berinteraksi dalam kehidupan nyata dengan memerankan karakter mereka.

Mereka akan berpakaian sesuai dengan karakter dan berperan dalam skenario yang telah ditentukan.

Contohnya adalah berperan sebagai karakter dalam acara larut malam di pusat perbelanjaan, kemudian berpartisipasi dalam permainan game RP peran berbasis horor, atau berperan dalam acara reenactment sejarah.

4. Permainan Game Role Player Video Berbasis Peran

Permainan Game RP (Role Player) Video Berbasis Peran Ini adalah jenis permainan video di mana pemain mengendalikan karakter dalam lingkungan virtual serta memainkan peran dalam alur cerita.

Contohnya adalah seri seperti The Elder Scrolls, Fallout, Mass Effect, dan The Witcher.

Nah, Pemain tersebut dapat memilih jalur cerita kemudian mengembangkan karakter mereka sekaligus berinteraksi dengan karakter yang non-pemain dalam permainan tersebut.

Permainan Game RP ( Role Player ) ini biasanya akan dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan, berharga dan imajinatif.

Itu dikarenanakan dapat memungkinkan bagi peserta untuk menjelajahi dunia fiksi serta berinteraksi dengan karakter dan lingkungan yang menarik.

Demikianlah Pengertian ” Apa itu RP ( Role Player ) Beserta Jenis Permainannya ” . Semoga bermanfaat.