Apresiasi Kepada Lembaga Kemanusiaan Sebagai Media ‘Holopis Kuntul Baris’

Institut Fundraising Indonesia menyelenggarakan Apresiasi Kepada Lembaga Kemanusiaan Sebagai Media ‘Holopis Kuntul Baris’ walau di tengah Pandemi Covid 19.

Gotong royong adalah paham yang dinamis, bahkan lebih dinamis dari Kekeluargaan. Gotong-royong menggambarkan satu usaha, satu amal, satu pekerjaan, yang dinamakan satu karyo, satu gawe. Gotong-royong adalah pembantingan-tulang bersama, pemerasan-keringat bersama, perjuangan bantu-binantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Holopis kuntul baris buat kepentingan bersama! Itulah gotong-royong!” (Bung Karno)

Mengutip dari pidato bung karno di atas, “Holopis Kuntul Baris” ini juga merupakan bahasa Jawa, dimana jika diartikan dan dimaknai memiliki filosofi “Gotong Royong atau Kerjasama”.

Pernah suatu ketika, pada jam 10 malam pintu kontrakan saya yang berukuran 30 meter diketuk oleh Pak ketua RT ditempat saya tinggal. Setelah saya temui ternyata mengajak saya untuk melakukan ronda, karena pada saat itu ada motor yang hilang.

Banyak warga yang juga berduyun-duyun untuk melakukan ronda malam itu. Perilaku warga ini lah yang dimaksud dengan perilaku Holopis Kuntul Baris. dan dari sana lah saya memperoleh pemahaman bahwa gotong royong merupakan ciri dan karakter masyarakat kita yang masih kental akan budaya ketimuran.

Budaya tersebut juga dikenal dengan budaya tolong-menolong, budaya bahu-membahu, budaya saling membantu, budaya saling perduli dan budaya memanusiakan manusia.

 

.

Saya bangga dilahirkan dan dibesarkan di negeri ini yaitu Indonesia, karena di Indonesia inilah semua budaya yang saya sebutkan diatas semuanya ada dan lengkap. Ibarat sebuah Paket, maka Indonesia memiliki Paket yang sangat Komplit.

Begitu juga dengan semboyan bhinneka tunggal ika yang memiliki arti “Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua”. Semboyan tersebut seperti mantra yang selalu menggema di hati nurani masyarakat indonesia. Oleh sebab itu peranan vitalnya dapat menjadikan indonesia ini menjadi negeri yang penuh toleransi.

Namun Indonesia juga memiliki Problema

Memang diakui bahwasanya, Indonesia juga tidak luput dari berbagai macam permasalahan. Sebut saja misalkan masalah kemiskinan, masalah pengangguran ataupun masalah lain yang diakibatkan oleh bencana alam.

Banyak sekali permasalahan yang berkaitan dengan Kemanusiaan. dan masalah ini menurut saya tidak akan pernah berhenti selama dunia ini masih berputar pada porosnya.

Lho kenapa demikian? Cobalah untuk mentadabburi begini “Ada surga, ada neraka” , “Ada baik, ada buruk” , “Ada langit, ada bumi” , “Ada masalah, ada solusi”.

Semua memang ada pasangannya masing-masing. dan saya rasa jika semua orang memahami maksud saya diatas rasanya “Tidak akan ada lagi orang yang saling tuduh-tuduhan, Tidak ada lagi orang yang sikut-sikutan dan tidak akan ada lagi orang yang saling menyalahkan”. Namun sekali lagi, selama dunia berputar pada porosnya maka masalah diatas akan selalu muncul ke permukaan.

Lembaga Media Holopis Kuntul Baris menjadi Solusi

Dari berbagai masalah yang terjadi di negeri ini yaitu seperti yang terbesar adalah garis kemiskinan maka lahirlah Lembaga-lembaga yang kompeten sebagai media Holopis Kuntul Baris.

Lembaga Media Holopis Kuntul Baris ini bukan nama dari lembaga-lembaga tersebut, namun ini adalah istilah dari saya pribadi dimana merupakan sebuah wadah yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aksi Holopis Kuntul Baris seperti Gotong Royong untuk membantu, memberikan jalan keluar, menanggulangi bencana dan segala macam bentuk permasalahan kemanusiaan.

Dan tentu berkat adanya lembaga-lembaga kemanusiaan ini telah memberikan kontribusi penuh pada negeri ini untuk mengurangi berbagai macam masalah serta memberikan solusinya.

Bahkan saya meyakini bahwa tujuan didirikannya Lembaga-lembaga kemanusiaan yang ada di Indonesia ini, pasti tidak luput dari tujuan ingin membantu memanusiakan manusia. Dan itulah sebabnya kenapa lembaga-lembaga kemanusiaan ini menjadi sangat bermanfaat sekali bagi kita semua.

 

 

Institut Fundraising Indonesia (IFI) Hadir untuk mengapresiasi Lembaga Kemanusiaan

Saya meyakini bahwa Lembaga Kemanusiaan yang ada di Indonesia semuanya memiliki niat yang ikhlas dan tulus. Lembaga tersebut ingin menjembatani para dermawan yang notabene adalah masyarakat sekitar untuk saling membantu dalam memerangi berbagai masalah kemanusiaan.

Institut Fundraising Indonesia (IFI) berusaha untuk memberikan Apresiasi sebesar-besarnya terhadap Lembaga-lembaga kemanusiaan yang ada di Indonesia tersebut melalui Event bernamakan Indonesia Fundraising Award 2020.

Sebelum ke Event yang diselenggarakan IFI, Saya ajak anda untuk terlebih dahulu mengetahui apa itu Institut Fundraising Indonesia (IFI), Siapa pendirinya, apa misi tujuannya dan bagaimana sejarahnya?

Institut Fundraising Indonesia (IFI) ini didirikan oleh beberapa orang yang memang telah berpengalaman dan telah banyak makan asam garam terutama di dunia fundraising (kemanusiaan).

Pendiri Lembaga Institut Fundraising Indonesia (IFI) ini adalah Arlina F. Saliman dan M. Arifin Purwakanata. Lembaga yang kini telah berjalan sekitar 7 tahun ini memiliki misi dapat Menjadi lembaga yang mendorong terciptanya sustainable Development Indonesia.

Pada mulanya Arlina F. Saliman dan juga M. Arifin telah menyimak bahwa kenapa lembaga kemanusiaan saat itu tidak berkembang pesat? Padahal jika berkembang tentunya akan semakin optimal dan maksimal. Berbekal keresahan tersebut lah ide dan gagasan untuk mendirikan lembaga Institut Fundraising Indonesia (IFI) ini menjadi langkah awal agar kedepannya Lembaga kemanusiaan dapat melakukan strategi fundraising dengan baik dan mandiri.

Tentu jika ingin menjadikan Lembaga kemanusiaan ingin mandiri dan berkembang memang dibutuhkan banyak cara dan strategi. Oleh sebab itu Institut Fundraising Indonesia (IFI) juga menyediakan banyak Literatur Fundraising yang relevan untuk Indonesia baik dari jalur penerbitan buku, majalah, fasilitas mediasi online maupun metode media fundraising lainnya.

Tahukah anda, Institut Fundraising Indonesia (IFI) baru saja menggelar acara bernamakan Indonesia Fundraising Award 2020 untuk mengapresiasi Lembaga-lembaga kemanusiaan yang ada di Indonesia.

Apresiasi Lembaga Kemanusiaan Terbaik melalui Indonesia Fundraising Award 2020

Jika kita membahas tentang sebuah Lembaga-lembaga kemanusiaan, maka di Indonesia ini memiliki banyak Lembaga kemanusiaan yang kerap kita ketahui keberadaannya sehari-hari.

Bahkan kita cenderung menjadikan lembaga kemanusiaan tersebut jembatan serta wadah untuk kita untuk melakukan aktivitas Holopis Kuntul Baris.

Ada sebagian besar orang yang juga mengidolakan dan memfavoritkan keberadaan lembaga tersebut karena dinilai kredibel dan amanah terutama dalam menyalurkan titipan bantuan dana darinya.

Oleh sebab itu, acara ini yaitu Indonesia Fundraising Award 2020 memang ditujukan kepada Lembaga Kemanusiaan yang dinilai telah menjadi Lembaga terbaik diantara nominasi lembaga lainnya. Tentu Institut Fundraising Indonesia (IFI) juga melakukan beberapa penilaian yang dilakukan oleh beberapa juri yang kredibel dan netral termasuk dari Pendiri Institut Fundraising Indonesia (IFI) itu sendiri yaitu Arlina F. Saliman.

Dan Berikut adalah Juri yang akan menilai secara transparan diantaranya adalah Ahmad Juwani selaku direktur KNKS, Agus Budiyanto selaku direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ) dan Arlina F. Saliman selaku direktur Institut Fundraising Indonesia (IFI).

Dalam Award ini akan diambil 16 Kategori yang hendak dianugerahkan kepada para nominator yaitu Lembaga Kemanusiaan yang ada di Indonesia. 16 Kategori tersebut meliputi:

  1. Fundraising Zakat Terbaik
  2. Fundraising Infak Terbaik
  3. Fundraising Kemanusiaan Terbaik
  4. Fundraising Qurban Terbaik
  5. Fundraising CSR Terbaik
  6. Fundraising Digital Terbaik
  7. Platform Fundraising Digital Terbaik
  8. Fundraising Program Kesehatan Terbaik
  9. Fundraising Program Pendidikan Terbaik
  10. Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik
  11. Fundraising Bantuan Hukum Terbaik
  12. Fundraising Wakaf Produktif Terbaik
  13. Fundraising Komunitas Terbaik
  14. Fundraising Penggalangan Dana Langsung Terbaik
  15. Fundraising Oleh Peguruan Tinggi Terbaik
  16. Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising Indonesia

Dan berikut ini adalah Nominasi, Pemenang beserta Sambutannya terhadap kategori pemenang di acara Indonesia Fundraising Award 2020 yang diselenggarakan oleh Institut Fundraising Indonesia (IFI)

Kategori Fundraising Zakat Terbaik

  • Nominasinya: Yatim Mandiri, Dompet Dhuafa, Nurul Hayat, DT Peduli
  • Pemenang: Dompet Dhuafa
  • Sambutan: drg. Imam Ruliyawan (Direktur utama Dompet Dhuafa)
  • Terimakasih kepada IFI yang telah berkenan memberikan penghargaan sebagai Kategori Fundraising Zakat terbaik. Fundraising Zakat terbaik adalah bukan tujuan dompet dhuafa. tujuan dompet dhuafa adalah memastikan zakat yang dititipkan kepada dompet dhuafa dapat tersalurkan kepada yang berhak. Atas dasar itu kepercayaan makin tumbuh, kemudian lembaga zakat juga makin tumbuh tidak hanya dompet dhuafa.

Kategori Fundraising Infaq Terbaik

  • Nominasinya: Yatim Mandiri, BMH (Baitul Maal Hidayatullah), Laziz NU, PPA Daarul Qur’an,
  • Pemenangnya: BMH (Baitul Maal Hidayatullah)
  • Sambutan: T. Lukman Fitriansyah (Direktur Marketing BMH)
  • Terimakasih kepada Institut Fundraising Indonesia, Semoga menjadi Inspirasi dan Motivasi bagi syi’ar gerakan zakat di indonesia

Kategori Fundraising Kemanusiaan Terbaik

  • Nominasinya: ACT (Aksi Cepat Tanggap), Human Initiative.
  • Pemenangnya: ACT (Aksi Cepat Tanggap)
  • Sambutan: Ibnu Hajar (Presiden ACT)
  • Alhamdulillah Kami Bersyukur mendapat penghargaan ini, dengan ini akan menjadi Spirit bagi kami untuk terus memperbaiki setiap program yang kami lakukan, kreativitas yang kami ciptakan, mengajak sebanyak-banyaknya orang untuk peduli supaya memberikan bantuan atau solusi kepada problem kemanusiaan indonesia atau dunia secara umum.

Kategori Fundraising Qurban Terbaik

  • Nominasinya: Dompet Dhuafa, ACT (Aksi Cepat Tanggap), Laziz NU, Human Initiative.
  • Pemenangnya: Laziz NU
  • Sambutan: Achmad Sudrajat (Chairman Laziz NU)
  • Kami bersyukur atas penghargaan yang diberikan IFI, kami support terus untuk melakukan yang terbaik untuk bangsa ini, sekali lagi sukses selalu, berkah selalu buat insan-insan kemanusiaan dimanapun berada.

Kategori Fundraising CSR Terbaik

  • Nominasinya: Dompet Dhuafa, Human Initiative, BAZNAS.
  • Pemenangnya: Human Initiative
  • Sambutan: Tomy Hendrajati (Presiden Human Initiative)
  • Terimakasih kepada IFI yang telah mengapresiasi kami atas kinerja organisasi kami dalam melakukan penggalangan dana dari perusahaan (CSR), kami berpikir tidak sedikitpun untuk mendapatkan penghargaan dan ini sangat baik sekali.

Kategori Fundraising Digital Terbaik

  • Nominasinya: BAZNAS, Dompet Dhuafa, Human Initiative, PPA Daarul Qur’an, Sedekah Online
  • Pemenangnya: BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)
  • Sambutan: Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA, CA (Ketua BAZNAS RI)
  • Saya selaku ketua BAZNAS RI mewakili seluruh amil zakat mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat selama ini, terimakasih juga kepada IFI atas apresiasinya. semoga dapat menguatkan BAZNAS seluruh indonesia dan lembaga amil zakat lainnya dalam mengabdi dan memberikan pelayanan terbaik bagi ummat.

Kategori Platform Fundraising Digital Terbaik

  • Nominasinya: KitaBisa.com, Dermawan.ID, Bawa Berkah.
  • Pemenangnya: KitaBisa.com
  • Sambutan: Alfatih Timur (CEO KitaBisa.com)
  • Terimakasih kepada IFI atas penghargaan kepada Kita Bisa, kita sering kerjasama bareng dalam memberikan edukasi seputar strategi fundraising, semoga IFI semakin berkembang dan semakin banyak orang yang ikut seminar, workshop, dan bisa melalui bukunya atau konten-konten lainnya.

Kategori Fundraising Program Kesehatan Terbaik

  • Nominasinya: BSMI, PMI, Laz Harfa, MER-C.
  • Pemenangnya: PMI (Palang Merah Indonesia)
  • Sambutan: Sunarbowo Sandi (Kepala Markas PMI)
  • Terimakasih atas apresiasi yang sangat tinggi yang diberikan oleh IFI kepada PMI, tanpa disadari kita dapat penghargaan ini adalah suatu kebanggaan yang sangat besar dan sebenarnya tidak diharapkan oleh PMI karena kita bekerja untuk kemanusiaan.

Kategori Fundraising Program Pendidikan Terbaik

  • Nominasinya: GNOTA, Yatim Mandiri, Mizan Amanah, RUmah Yatim
  • Pemenangnya: Yatim Mandiri
  • Sambutan: Ahmad Zaini Faisol (Direktur utama Yatim Mandiri)
  • Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada IFI yang telah melaksanakan Indonesia Fundraising Award dimana Yatim Mandiri salah satunya mendapatkan penghargaan fundraising program pendidikan terbaik. tentunya dengan ini kami menjadi semangat.

Kategori Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik

  • Nominasinya: ICW
  • Pemenangnya: ICW
  • Sambutan: Adnan Topan Husodo (Koordinator ICW)
  • Terimakasih kepada IFI yang telah menyelenggarakan Indonesia Fundraising Award 2020 imana pada tahun ini kami ICW mendapatkan penghargaan di kategori fundraising program anti korupsi terbaik. ini juga menjadi penyemangat bagi kami dan juga bagi kawan-kawan yang bergerak di gerakan anti korupsi di indonesia.

Kategori Fundraising Bantuan Hukum Terbaik

  • Nominasinya: LBH, PAHAM
  • Pemenangnya: LBH (Lembaga Bantuan Hukum)
  • Sambutan: Arif Maulana (Direktur LBH Jakarta)
  • Kami ucapkan terimakasih kepada IFI yang telah memberikan penghargaan kepada kami LBH (Lembaga Bantuan Hukum ) Jakarta yang telah mulai sejak 2012. mudah-mudahan penghargaan ini dapat meningkatkan semangat kami, kreasi dan inovasi kami untuk semakin memperkuat penggalangan dukungan publik kedepannya.

Kategori Fundraising Wakaf Produktif Terbaik

  • Nominasinya: Dompet Dhuafa, Sinergi Foundation, Wakaf Al Azhar
  • Pemenangnya: Sinergi Foundation
  • Sambutan: Asep Irawan (CEO Sinergi Foundation)
  • Terimakasih saya bersyukur kepada Allah SWT atas anugerah yang diberikan oleh IFI dalam ajang Indonesia Fundraising Award, mudah-mudahan ini menjadi petunjuk buat kami untuk senantiasa terus meningkatkan kreativitas dan inovasi sosial yang bergerak di bidang perwakafan.

Kategori Fundraising Komunitas Terbaik

  • Nominasinya: Gerak Bareng, Dogeng Ceria Manajemen, Akhwat bergerak
  • Pemenangnya: Gerak Bareng
  • Sambutan: Ahmad Zaky (Pendiri Gerak Bareng)
  • Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada IFI yang telah memberikan apresiasi kepada kami sebagai pemenang kategori fundraising komunitas terbaik 2020, mudah-mudahan apresiasi ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat bukan hanya dari segi fundraising tetapi hasil penyaluran dari fundraising, kami doakan semoga IFI semakin sukses dan jaya.

Kategori Fundraising Penggalangan Dana Langsung Terbaik

  • Nominasinya: Yatim Mandiri, YSDF, LMI
  • Pemenangnya: LMI (Lembaga Manajemen Infaq)
  • Sambutan: Ozi Riyanto (Direktur marketing dan kemitraan Laznas LMI)
  • Terimakasih kepada IFI yang telah mengapresiasi kepada kami LMI, kami berharap acara yang diselenggarakan ini dapat memberikan inspirasi dan memicu semangat lembaga kemanusiaan lainnya untuk mengelola dana publik secara profesional dan transparan. Kami berharap IFI dapat hadir setiap tahun dalam mewarnai gerakan fundraising indonesia.

Kategori Fundraising Oleh Perguruan Tinggi Terbaik

  • Nominasinya: STF UIN, BAITUL MAL TAZKIA, STS SEBI
  • Pemenangnya: STF UIN
  • Sambutan: Prof. Amelia Fauzia, Ph. D (Direktur STF UIN Jakarta)
  • Terimakasih kepada IFI atas penghargaan Indonesia Fundraising Award 2020 yang mengapresiasi STF UIN Jakarta sebagai Fundraising Oleh Perguruan Tinggi Terbaik, bagi kami ini adalah apresiasi yang sangat tinggi dan menjadi penyemangat kami agar bisa untuk berkhidmat khususnya dalam bidang filantropi di wilayah pendidikan.

Kategori Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising Indonesia

  • Diberikan Kepada: DR (HC) Ir. KH. Salahuddin Wahid
  • Ia adalah tokoh yang merupakan seorang ulama, dimana sepanjang hidupnya ia gunakan untuk mengabdi terhadap dunia pendidikan seperti pesantren yaitu tebu ireng di Jombang, serta perkembagan islam di indonesia bahkan dunia.
  • Almarhum Gus Sholah juga terlibat aksi kemanusiaan bersama lembaga dompet dhuafa dalam mendirikan rumah sakit bernama RS. Hasyim Asyari yang berdiri di tanah wakaf dari keluarga besar hasyim asyari sekitar 1 hektar. Kehadiran Rumah sakit ini tentu sangat bermanfaat bagi sekitar terutama warga pondok pesantren tebu ireng jombang.

Nah itu dia nama-nama lembaga kemanusiaan terbaik yang telah berhasil mendapatkan Apresiasi dan penghargaan di Ajang Indonesia Fundraising Award 2020 yang diselenggarakan oleh Institut Fundraising Indonesia (IFI).

Acara penghargaan ini dilakukan secara online atau daring melalui zoom meeting, karena kondisi pandemi Covid 19 yang masih belum tamat khususnya di indonesia ini.

Harapan saya sebagai penulis, semoga di tahun mendatang akan lebih banyak lagi bermunculan Lembaga-lembaga kemanusiaan di Indonesia agar nominasi juga semakin banyak dan lebih ketat lagi untuk menentukan yang terbaik.

Saya ucapkan selamat kepada Lembaga Kemanusiaan yang telah terpilih menjadi pemenang di ajang Indonesia Fundraising Award 2020 ini. Semoga kedepan menjadi strategi tersendiri untuk senantiasa semangat dalam menjadi wadah bagi masyarakat dan publik untuk melakukan Holopis Kuntul Baris dengan profesional, transparan dan dapat dipercaya oleh publik.

Sumber dan Referensi:

Artikel Ini diikutsertakan Ajang Lomba Blog yang diselenggarakan oleh Institut  Fundraising Indonesia (IFI).

Demikianlah Postingan Tentang Dunia Kemanusiaan. Semoga dengan adanya Tulisan ini dapat membuat kita semakin peduli dan menanamkan Jiwa Holopis Kuntul Baris. Amin. Semoga Bermanfaat.

Tutup Iklan
Close Ads