Select Page

Synonyms: Parodi, Karikatur, Ironi, Sarkasme, Plesetan, Sindiran, Humor satir, Pujian palsu, Kritik lucu, Komedi hitam, Satir

Arti Kata Satir

Definisi kata Satir merupakan sebuah gaya bahasa atau gaya tulisan yang menggunakan kecerdasan, keironian, dan sindiran untuk mengkritik atau mengolok-olok suatu keadaan, situasi, individu, atau kelompok. Arti dari kata satir mencakup penggunaan ironi, parodi, humor gelap, dan ejekan untuk menyampaikan pesan kritis atau mengungkap ketidaksempurnaan dalam masyarakat atau politik.

Satir sering digunakan untuk menyampaikan kritik sosial, mengungkap kebodohan atau ketidakadilan, serta mengekspos ketidakkonsistenan dalam perilaku manusia atau sistem yang ada. Tujuannya adalah untuk membuat orang berpikir, merangsang perubahan sosial, atau mengomentari secara tajam tentang suatu hal tanpa harus menyampaikannya secara langsung.

Namun, perlu diperhatikan bahwa satir seringkali bergantung pada konteks dan interpretasi subjektif. Apa yang dianggap satir oleh satu individu mungkin tidak dianggap demikian oleh orang lain. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan konteks dan niat penulis atau pembicara saat menginterpretasikan satir.

Sinonim Kata Satir

Beberapa sinonim kata “satir” antara lain:

  • Parodi,
  • Karikatur,
  • Ironi,
  • Sarkasme,
  • Plesetan,
  • Sindiran,
  • Humor satir,
  • Pujian palsu,
  • Kritik lucu,
  • Komedi hitam

Sinonim kata satir ini menggambarkan berbagai gaya atau jenis penggunaan humor yang melibatkan kritik atau sindiran terhadap suatu subjek dengan cara yang khas dan lucu.

Arti Kata Satir, Sinonim Kata Satir, Definisi Satir KBBI dan Bahasa Inggris

Arti Kata Satir, Sinonim Kata Satir, Definisi Satir KBBI dan Bahasa Inggris

Definisi Arti Kata Satir Menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia )

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “satir” memiliki arti sebagai berikut:

Sebagai adjektiva, “satir” berarti bersifat sindiran atau kritikan yang tajam, biasanya dengan menggunakan kecerdasan atau kejenakaan untuk mengungkapkan kekurangan, kesalahan, atau kelemahan dalam masyarakat atau individu.

Contoh kalimat: Film tersebut mengandung elemen-elemen satir yang mengkritik kehidupan politik saat ini.
Kartun tersebut menyajikan gambar-gambar satir yang menggambarkan kehidupan sehari-hari dengan cara yang lucu.

Sebagai nomina, “satir” merujuk pada suatu karya sastra atau seni yang menggambarkan kritik sosial, biasanya dalam bentuk sindiran atau ejekan yang cerdas dan lucu.

Contoh kalimat: Novel tersebut menjadi salah satu contoh karya satir terbaik dalam sastra modern.
Lukisan-lukisan satir pelukis terkenal ini sering kali menjadi sorotan dalam pameran seni.

Jadi, secara umum, “satir” merujuk pada kritik sosial yang diungkapkan melalui kecerdasan, kejenakaan, dan sindiran.

Persamaan Kata Satir dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa contoh persamaan kata satir dalam bahasa Inggris:

“Government intelligence” (Kepintaran pemerintah) – Istilah ini digunakan secara satir untuk merujuk pada kurangnya efisiensi atau kebijakan pemerintah yang kontroversial.

“Military intelligence” (Kepintaran militer) – Ungkapan ini mengacu pada stereotipe bahwa militer seringkali lambat atau tidak memadai dalam pengumpulan dan analisis intelijen.

“Corporate ethics” (Etika korporat) – Persamaan ini digunakan dengan cara yang mengolok-olok untuk menunjukkan ketidakpatuhan atau tindakan korporat yang tidak bermoral.

“Customer service” (Layanan pelanggan) – Dalam konteks satir, ungkapan ini dapat merujuk pada ketidakmampuan atau keengganan perusahaan dalam memberikan layanan pelanggan yang memadai.

“Political transparency” (Transparansi politik) – Persamaan ini digunakan secara satir untuk menyoroti ketidakjelasan atau ketidakjujuran dalam proses politik.

“Healthy fast food” (Makanan cepat saji sehat) – Ungkapan ini bertentangan, karena makanan cepat saji biasanya dianggap tidak sehat.

“Reliable bureaucracy” (Birokrasi yang dapat diandalkan) – Ungkapan ini mengacu pada persepsi umum bahwa birokrasi seringkali lambat, tidak efisien, dan sulit diandalkan.

“Honest politician” (Politisi jujur) – Persamaan ini digunakan secara satir untuk menyoroti stereotipe bahwa politisi seringkali tidak jujur atau manipulatif.

“Affordable luxury” (Kemewahan terjangkau) – Ungkapan ini bertentangan, karena kemewahan biasanya dikaitkan dengan harga yang tinggi.

“Educated ignorance” (Ketidaktahuan yang berpendidikan) – Persamaan ini mengacu pada seseorang yang memiliki pendidikan tinggi, tetapi tetap kurang berpengetahuan atau tidak berpikiran terbuka.

Harap dicatat bahwa persamaan kata satir ini dimaksudkan untuk mengolok-olok atau menyoroti keanehan, ironi, atau paradoks dalam bahasa Inggris.