Select Page

Synonyms: Serempak, Bersamaan, Seiring, Bersinergi, Berpadu, Sejalan, Seirama, Berkesinambungan, Senada, Saling melengkapi

Arti Kata Sinkron

Kata “sinkron” berasal dari bahasa Yunani “syn” yang berarti bersama atau bersinambung, dan “chronos” yang berarti waktu. Secara harfiah, “sinkron” berarti “bersamaan dalam waktu” atau “bersamaan dalam waktu yang sama.”

Dalam penggunaan umum, “sinkron” mengacu pada keadaan di mana beberapa peristiwa atau proses terjadi secara bersamaan atau beriringan dalam waktu yang sama. Konsep sinkronitas sering kali digunakan dalam berbagai bidang, seperti sains, teknologi, musik, dan komunikasi.

Misalnya, dalam konteks teknologi, sinkronisasi mengacu pada proses memastikan bahwa dua atau lebih perangkat atau sistem berjalan pada waktu yang sama atau saling berkoordinasi dengan benar. Sinkronisasi juga dapat merujuk pada metode untuk menjaga waktu yang sama antara berbagai bagian dalam sebuah sistem, seperti dalam sinkronisasi sinyal dalam komunikasi data atau dalam sinkronisasi audio dan video.

Dalam musik, sinkronisasi mengacu pada tindakan atau proses memainkan alat musik atau vokal secara bersamaan, sehingga menghasilkan harmoni dan ritme yang koheren.

Secara umum, kata “sinkron” mengimplikasikan keberadaan keselarasan atau keseluruhan dalam waktu, baik dalam konteks teknis maupun konteks yang lebih luas.

Sinonim Sinkron

Persamaan Kata atau Sinonim Kata Sinkron

Beberapa persamaan kata atau sinonim dari kata “sinkron” antara lain:

  1. Serempak,
  2. Bersamaan,
  3. Seiring,
  4. Bersinergi,
  5. Berpadu,
  6. Sejalan,
  7. Seirama,
  8. Berkesinambungan,
  9. Senada,
  10. Saling melengkapi