Bidiklah Aset Digital selaku Investasi Tepat di Masa New Normal

Semua wirausahawan di indonesia wajib tahu tentang satu strategi jitu berwirausaha ditengah pandemi COVID 19. Yaitu Bidiklah Aset Digital selaku Investasi Tepat di Masa New Normal Khusus Bagi Pelaku Bisnis dan UMKM. Berani go digital, bisnis pun di masa mendatang berjalan dengan sangat total. #Specta20thIndonetwork #HUTIndonetwork20  #IndonetworkMakinJaya #lombablog

Jika anda mendengar kata “Investasi”, maka yang ada di pikiran anda pasti adalah tentang “Reksadana, Saham, Rumah, Tanah atau bahkan Emas sekalipun”. Dan semua itu benar, karena memang semua itulah yang sering anda dengarkan atau bahkan sering juga bergema di ruang pikiran anda.

Namun bagi saya selaku seorang content creator (youtuber) maupun blogger, saya memiliki makna tersendiri dalam memandang sebuah kata “Investasi”. Maklum karena keseharian saya bekerja full non stop di dunia digital terutama saat membuat video youtube dan juga menulis di blog.

Berkenalan dengan kata “Investasi” dari kacamata seorang content creator

Jika di dalam kamus besar KBBI “Investasi” memiliki arti penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan, maka bagi saya yang notabene seorang content creator memiliki opini bahwasanya investasi merupakan hal yang dipersiapkan untuk masa depan gemilang dan tentunya juga bermuara pada satu kata yaitu “Keuntungan”.

Anggapan saya, jika content creator bergerak dibidang digital maka investasi yang dibutuhkan juga berupa penanaman bentuk digital alias bukan uang atau modal. Maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah Investasi tersebut berupa “video – video yang di upload di youtube” dimana di masa mendatang akan mendapatkan keuntungan dari iklan adsense yang ada pada video tersebut. Dan ketika telah menghasilkan keuntungan, maka investasi tersebut telah berbuah menjadi sebuah aset digital.

Namun Pertanyaannya, Apakah Investasi Digital tersebut Tepat?

Tentu saja investasi digital itu sangat tepat sekali. Darimana saya dapat mengukur semuanya ini? Kita lihat saja para anak-anak muda yang kreatif bahkan seorang yang doyannya main game online pun ada banyak sekali yang menjadi content creator youtube.

Subscribernya jangan ditanya. Dari ribuan, ratusan ribu bahkan jutaan pun ada. Sebut saja youtuber terkenal bernama Tobias Justin dengan akun channel youtube nya yaitu Jess no limit yang kini memiliki subscriber 19,8 juta. Siapa yang mengira ia masih berumur 24 tahun? Namun berkat investasi digitalnya yang ia geluti, ia sukses meraih berbagai macam keuntungan. Dan saya rasa walau pandemi sekalipun, tidak berdampak signifikan terhadap penghasilannya melalui youtube tersebut.

Itulah sebabnya kenapa Membidik Aset Digital itu sangat Penting Sekali

Dari contoh yang saya jabarkan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa semua yang berhubungan dengan aset digital itu sangat penting sekali. Kita harus benar-benar tahu bagaimana cara membidik yang tepat dan juga mulai beraksi untuk berinvestasi di dunia digital.

Lantas, siapa yang cocok dalam membidik investasi digital tersebut? Jawabannya adalah semua orang yang mau, kemudian ia juga bertekad untuk membuka diri dan mulai membuka pikiran tentang masa depan cemerlangnya. Tentunya yang akan didapat melalui digital.

Contoh kongkret yang dapat membidik investasi dan aset digital yaitu para UMKM yang ada di indonesia. Lho, kok bisa?

Masa New Normal, Pelaku Bisnis UMKM Harus Cerdas Membidik Aset Digital

Saya memprioritaskan pegiat UMKM di indonesia untuk membidik investasi digital maupun aset digital bukan tanpa alasan.

Pandemi Merupakan Krisis Bagi UMKM

Pertama, karena kondisi COVID 19 merupakan krisis bagi sebagian besar UMKM yang ada di indonesia.

Betapa tidak, semua lini bisnis loyoh semenjak kedatangan virus corona COVID 19 ini ke tanah air.

Banyak yang di PHK akibat tidak kuat membayar gaji karyawan dan juga karyawan yang dirumahkan karena kondisi usaha tidak berjalan normal.

Dengan alasan inilah pelaku bisnis UMKM harus segera bermain cerdas yaitu membidik aset digital untuk perkembangan bisnis kedepannya.

UMKM Pilar Penting Ekonomi Nasional

Kedua, karena UMKM sejatinya merupakan pilar penting dalam sektor ekonomi nasional. Disinilah peran penting UMKM kenapa harus digenjot selama pandemi ini supaya perekonomian nasional tidak melemah dan mengalami krisis.

UMKM berperan sangat vital sekali. Dengan begitu strategi jitu seperti aset digital mau tidak mau harus segera dibidik walau kondisi seperti saat ini yaitu New Normal.

Berkolaborasi dengan pemerintah juga merupakan langkah tepat untuk meningkatkan perekonomian nasional.

 

UMKM merupakan Penyelamat Krisis Moneter 1998

Dan yang ketiga adalah UMKM juga merupakan nafas penyelamat berbagai krisis seperti pada krisis moneter pada tahun 1998 lalu.

Jejak record ini merupakan jejak yang bisa dijadikan kekuatan agar UMKM di indonesia tidak goyah walupun di tengah kondisi sulit pandemi seperti sekarang ini.

Dengan bukti kekuatan UMKM di masa lalu yaitu saat krisis moneter 1998 bisa dijadikan patokan untuk selalu bersama bahu membahu dalam menyukseskan pelaku bisnis UMKM yang ada di indonesia.

 

Nah, itulah sebabnya kenapa UMKM yang ada di indonesia saat ini memang harus digenjot terus menerus supaya mendapatkan kekuatan demi terciptanya kestabilan ekonomi nasional.

Walau memang, kenyataannya mayoritas UMKM di indonesia masih belum sepenuhnya Go Digital dan masih banyak yang bergerak secara tradisional baik sistem maupun manajemen yang lainnya.

Salah satu cara dan strategi jitu terutama di masa new normal ini ya harus membidik aset digital. Karena memang merupakan investasi yang benar-benar tepat untuk masa kini dan mendatang.

Coba dilihat para pegiat UMKM yang telah jauh-jauh hari atau 2 – 3 tahun yang lalu dan telah melakukan strategi investasi digital, pasti saat ini usaha nya masih langgeng jaya. Karena metode yang diambil memang sesuai dengan perkembangan zaman yang serba digital. Bahkan kini ia telah menikmati hasil dari Aset digitalnya. Begitu menyenangkan bukan?

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan oleh UMKM di indonesia untuk membidik aset digital di saat new normal? Berikut ini adalah investasi digital yang bisa diterapkan untuk memperoleh aset digital dan keuntungan dalam berbisnis.

Website Company

Aset Digital yang pertama dimulai dari sebuah website company atau website perusahaan. Kehadiran website tentu akan memiliki banyak sekali keuntungan terutama pada zaman yang serba online. Semua bisnis bisa dikonfigurasikan penuh melalui website.

Sehingga bukan hanya lokal saja yang dapat mengetahui bisnis UMKM tersebut, melainkan dunia global juga bisa dapat mengetahui seputar usaha yang digeluti.

Ibarat sebuah outlet bisnis anda, keberadaan sebuah website ini merupakan hal yang serupa namun bedanya hanya di tempat dan pengoperasiannya yaitu secara online.

Lebih akurat lagi jika bisnis online anda juga didukung dengan outlet bisnis anda. Keterpercayaan pengunjung akan mulai anda dapatkan jika anda memiliki sebuah website perusahaan. Anda pun dapat menjaring segmen pasar semakin luas lagi.

Membidik Strategi SEO (Search Engin Optimisation)

Walau keberadaan website memiliki banyak manfaat perihal visitor entah lokal maupun global, namun tanpa strategi SEO pasti pengunjung ke website juga tidak akan berdatangan.

Sebagus apapun bisnis anda tanpa teknik SEO juga bakalan akan sepi pengunjung.

SEO sendiri merupakan teknik khusus yang dirancang atau dioptimasi untuk merangkak ke posisi pertama halaman pencari seperti mesin pencari Google, Yahoo, Bing atau peramban lainnya.

Dan SEO ini adalah organik, dimana dengan strategi SEO yang tepat maka kesempatan bertengger di halaman pertama mesin pencari juga bakalan semakin lama. Dan dari situlah visitor bisa anda dapatkan dengan banyaknya. Strategi SEO ini juga merupakan Aset Digital yang kedua yang bisa dilakukan oleh UMKM di indonesia.

Melakukan Strategi SEM (Search Engine Marketing)

Aset Digital yang ketiga yaitu melakukan strategi SEM (Search Engine Marketing). Dari namanya saja sudah kelihatan bahwasanya SEM ini merupakan pemasaran mesin pencari. Berbeda dengan SEO, SEM lebih ditekankan pada kategori non organik yaitu dengan cara beriklan di Google seperti adwords. Hal itu guna mendapatkan rangking halaman teratas sesuai dengan kata kunci yang dibidik untuk menampilkan bisnis anda.

Untuk melakukan SEM (Search Engine Marketing) ini anda harus menyiapkan budget dan juga harus melakukan riset kata kunci yang tepat. Alias semua dilakukan dengan terstruktur dan bukan sembarangan.

Strategi Sosial Media Ads

Aset Digital berikutnya yaitu periklanan di sosial media seperti facebook ads dan instagram ads. Aset digital ini memang banyak dampaknya bagi visitor. Karena pengguna sosial media seperti facebook dan instagram itu ada milyaran pengguna. Oleh sebab itu mengoptimalkan dengan cara beriklan di sosial media ini juga merupakan solusi dan strategi jitu untuk pelaku bisnis UMKM di masa new normal.

Namun bagaimana pelaku bisnis UMKM itu dapat memulai? Anda dapat memulai dengan secara mandiri untuk melakukan hal tersebut. misalkan anda merekrut karyawan yang kompeten, menginterview sesuai kemampuan dan prestasinya supaya pekerjaan mensukseskan bisnis anda juga bisa terealisasikan.

Lantas apa yang anda pikirkan? Pasti anda langsung berpikiran “Wah pasti membutuhkan biaya yang super gede yah?” Dan belum lagi tenaga dan pikiran. Hehe.. nah sebenarnya ada jika tidak mau ribet yaitu menggunakan jasa layanan tentunya. Layanan yang profesional, berkompeten di bidangnya dan telah memiliki banyak bukti perihal mengembangkan bisnis para pelaku bisnis UMKM.

Siapakah gerangan? Indonetwork.co.id jawabannya.

Indonetwork.co.id Merupakan Solusi Bagi Pelaku Bisnis UMKM di Indonesia

Mungkin dari sekian banyak anda yang berprofesi sebagai pelaku bisnis UMKM di indonesia ada juga yang pernah mendengar situs indonetwork.co.id ini. Indonetwork.co.id ini merupakan situs direktori perusahaan terbesar yang ada di indonesia. Darimana bisa disimpulkan seperti ini? Tentunya karena hanya yang memiliki SIUP dan NPWP yang dapat bergabung menjadi member di indonetwork.co.id ini

Jadi tidak sembarangan perusahaan yang telah teregistrasi di situs direktori perusahaan terbesar di indonesia ini.

Selain itu indonetwork.co.id ini merupakan sebuah marketplace direktori bisnis online bukan hanya B2B (Business to business), melainkan juga dikenal dengan B2C (Business to customer). Nah jadi seluruh yang ada di situs indonetwork.co.id ini merupakan supplier dan distributor yang legal dan berijin tentunya, sehingga membuat keamanan dan memperluas jaringan partner juga mendapatkan akses yang selebar-lebarnya.

Di Indonetwork.co.id Juga Gratis Dalam menjadi member

Di indonetwork.co.id ini sendiri sebenarnya adalah bersifat gratis. Anda dapat langsung membuat website di indonetwork namun dengan syarat yang saya sebutkan diatas yaitu memiliki SIUP dan NPWP perusahaan. Hal ini tentu untuk meminimalisir tingkat pebisnis yang abal-abal dan tidak berijin. Itulah sebabnya kenapa indonetwor ini dapat menjadi solusi bagi seluruh pebisnis UMKM yang ada di indonesia terutama di masa new normal ini.

Jika anda telah daftar sebagai member, maka anda akan direview terlebih dahulu oleh tim indonetwork mengenai kevalidan datanya. Dan jika semuanya telah valid, maka anda pun dapat memasukkan berbagai macam direktori produk anda seperti: Foto produk, deskripsi, harga dan informasi penting lainnya untuk menayangkan artikel bisnis anda di laman website anda yang berada di naungan indonetwork.

Namun sekali lagi, apapun yang bersifat gratis tentu ada batasannya. Kecuali bagi anda yang telah mengupgrade ke versi yang Premium atau berbayar. Tentu beda lagi ceritanya dan beda pula keuntungan yang bakal anda peroleh dari bisnis anda tersebut. Dan ini yang saya maksud dengan Aset Digital yang sebenarnya.

Paket Premium+ di Indonetwork Solusi Investasi Digital yang tepat bagi Pelaku Bisnis UMKM

Salah satu strategi tepat untuk mengembangkan bisnis anda di masa new normal yaitu membidik aset digital yang seluruh isinya tentunya sangat komplit sekali. Tentu ini sangat efisien dan membuat kerja anda semakin fleksibel dan keuntungan di masa depan juga bisa di dapatkan. Apalagi new normal? Harus benar-benar cerdas memilih keputusan.

Indonetwork.co.id menawarkan paket premium+ dimana dapat membantu pelaku bisnis UMKM di indonesia untuk mendapatkan leads pelanggan maupun pembeli dengan jangkauan yang jauh lebih luas. Dan berikut ini adalah daftar paketnya.

Paket Premium+ Indonetwork

– Kesimpulan – 

Masa New Normal merupakan masa yang begitu penuh tantangan terutama bagi para pelaku bisnis UMKM yang ada di indonesia. Beralih ke digital atau Go Digital merupakan langkah cerdas untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba online.

Memulai berinvestasi digital dan Membidik Aset Digital bersama indonetwork.co.id merupakan investasi yang benar-benar tepat untuk masa depan gemilang yang bernamakan “Keuntungan dan lancarnya bisnis mendatang”. Memilih paket premium+ di indonetwork dengan fitur yang lengkap tentu dapat membuat bisnis anda berjalan efisien. Bisnis anda akan banjir pengunjung karena di optimalkan oleh tim indonetwork yang berpengalaman, kompeten dan ahli dibidangnya seperti misalkan SEO, SEM maupun Sosial media ads.

Segmen pasar dan juga relasi partner yang luas akan bermanfaat untuk perkembangan bisnis anda secara berkesinambungan. Karena sejatinya seluruh perusahaan dan bisnis yang tergabung menjadi member di indonetwork.co.id adalah bisnis yang bukan sembarangan. Melainkan telah berijin, legal dan dibuktikan dengan syarat harus memiliki SIUP serta NPWP perusahaan.

Saatnya anda menentukan Pilihan sekarang juga mengenai investasi digital dan aset digital ini. indonetwork.co.id hadir bagi anda semua pelaku bisnis UMKM di indonesia.

Silahkan Follow akun sosial media indonetwork untuk mendapatkan berita teranyar dari indonetwork.

facebookinstagram

KANTOR PUSAT
Gedung Buncit 36, Jalan Warung Jati Barat
No. 36, Ragunan, Jakarta Selatan, 12550
0804-1787-878
021-30496101

KANTOR CABANG
Ruko Grand City Regency Blok A-10,
Jl. Rungkut Madya, Surabaya, Indonesia

Sumber dan Referensi:

  • Aset Indonetwork
  • Olah Digital : Fendi Haris
  • Infografis : Fendi Haris

Artikel ini diikutsertakan ajang lomba blog yang diselenggarakn oleh indonetwork.co.id selaku B2B Marketplace dan juga Direktori Bisnis terbesar nomor 1 di indonesia.

Demikianlah artikel yang berjudul “Bidiklah Aset Digital selaku Investasi Tepat di Masa New Normal” ini telah tayang. Semoga Bermanfaat.

22 Komentar

  1. Mporatne

    Kecil-kecil cabe rawit umkm tahan banting terhadap krisis ekonomi. Dengan perkembangan digitalisasi maka umkm akan hidup dan berkembang dan maju

    Balas
    • Fendi Haris

      Setuju sekali kak.. semangat untuk pelaku bisnis UMKM di indonesia..

      Balas
      • erinajulia

        wah bener2 lengkap yaaa bahasannya.

        iya loh, sekarang apa2 go digital, yang enggak mau ikutin itu ya akan ketinggalan pada akhirnya.

        Balas
  2. 3835info

    Setuju banget kak, raih peluang di saat yang tak terduga, jangan mengeluh, kita harus tetap semnagat dalam berkarya. Aset tak semata mata uang bisa juga berupa karya baik visual maupun tulisan

    Balas
    • Fendi Haris

      Betul sekali.. apalagi saat ini memang jamannya digital.. kita harus cerdas ambil peluang terutama bagi para pelaku bisnis UMKM di indonesia..

      Balas
  3. Emma

    Syukur ya sekarang mah UMKM di rangkul banyak pihak mulai dari non government sampai government semoga kedepannya UMKM lebih baik lagi.

    Balas
    • Fendi Haris

      Benar kak.. memang semuanya harus punya andil dan peran masing masing untuk UMKM lebih kuat lagi..

      Balas
  4. Mechta

    Keren artikelnya, Kak.. kumplit deh. Bisa kurekomkan ke rekan yg sedang mengembangkan UMKMnya nih.. TFS ya..

    Balas
    • Fendi Haris

      Sama sama kak.. mari bersama berjuang untuk nafas UMKM.. 😊

      Balas
  5. Elvina Yanti

    Wah! Sebagai warga yang baru mencoba untuk memanfaatkan dunia digital dibidang game, penting banget ini. Apalagi selama pandemi ini kebanyakan aktivitas dan kerjaan virtual semua.

    Balas
    • Fendi Haris

      Benar sekali kak.. semangat kak untuk mulai investasi digital dan membidik yang namanya aset digital..

      Balas
  6. Meilia Wuryantati

    Lengkap banget kak artikelnya,thank infonya, bisa buat rekomen ke saudara nih yang lagi memulai usaha. semoga lebih memacu semangat para pelaku UMKM yah ..dunia digital memang semakin berkembang pesat.

    Balas
    • Fendi Haris

      Semangat kak.. mari dukung terus UMKM di indonesia untuk semakin berkembang di era new normal ini..

      Balas
  7. nyi Penengah Dewanti

    Bang Fendi always komplit, dan memukau artikelnya wkwkwk aku jadi belajar banyak loh
    apalagi aku kan UMKM eheeh jadi ngena banget soal aset digital ini.

    Balas
    • Fendi Haris

      Semangat selalu berwirausaha kak.. sukses ya atas usahanya.. 👍

      Balas
  8. lendyagasshi

    Gak nyangka segitu besarnya efek dari dunia digital yaa..
    Memang kalau ditekuni, pasti bisa menghasilkan. Dan sudah saatnya kini UMKM juga mempelajari hal tersebut. Agar mampu bersaing.

    Balas
  9. Azzuralhi

    Dari pandemi ini kita dikasih pelajaran penting ya kak. Selain jaga kebersihan,jaga kesehatan, kita juga diharuskan untuk mengoptimalkan potensi dunia digital.

    Balas
    • Fendi Haris

      betul sekali.. digital memang potensi di masa new normal dan mendatang..

      Balas
  10. Mirwan Choky

    Bener banget… zaman makin canggih. Semua serba digital. Inilah saatnya kita berinvestasi dan memiliki aset di dunia digital.

    Balas
    • Fendi Haris

      bener bang.. saya banyak belajar dari channel youtube nya bang mirwan nih.. hehe

      Balas
  11. mutia nurul rahmah

    wah jadi tahu informasi baru nih.
    Wajib banget untuk go Digital sekarang yaa

    Balas
    • Fendi Haris

      Mantapp mba mutia.. langsung eksekusi hehe..

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *