Berkat Kursus Online di GuruInovatif.id, Kini Sang Dosen Tidak Gaptek Lagi!

Oleh. FENDI HARIS – 07 November 2020

Di indonesia ada banyak sekali guru, tenaga pendidik maupun dosen yang masih gagap teknologi atau lebih dikenal dengan istilah gaptek. Hal itu dikarenakan minimnya daya serap ilmu di bidang teknologi dan perkembangannya. Teknologi di dunia pendidikan pun mengalami perkembangan yang sangat pesat sekali.

Kita mengetahui bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting dan harus diutamakan. Bahkan menurut aristoteles, Pendidikan merupakan bekal terbaik untuk perjalanan hidup. Nah, berbicara tentang perjalanan hidup saya mengingat dan mengenang sekali apa yang terjadi pada istri saya, dimana ia merupakan seorang dosen yang juga pernah mengalami predikat gagap teknologi.

Kisah Sang Dosen saat Gagap Teknologi

Sebelum menikah, tepatnya 8 tahun yang lalu ia telah menuntaskan jenjang pendidikan yang tinggi yaitu Magister Pendidikan di salah satu universitas yang ada di malang yaitu Universitas Malang (UM). Ia mengambil jurusan pendidikan ekonomi.

Saat berkenalan dengan saya, ia banyak bercerita bahwa hidupnya dipenuhi dengan buku-buku tebal untuk menemaninya dalam membuat tugas yang diberikan oleh dosen pengajarnya. Nyaris tidak pernah melibatkan atau mencari tahu di internet.

Saat ke warnet (warung internet) pun ia selalu mengajak temannya karena ketidak tahuannya bagaimana mengoperasikan internet dalam mencari dan mengolah data yang harus dihimpun. Dan sampai ia lulus dari S2 pun masih begitu minim pengetahuannya di dunia internet tersebut. Bahkan sampai menikah dengan saya.

Beruntung Menikah dengan Seorang yang Suka dengan Perkembangan Teknologi

Berbanding terbalik dengan saya dimana saya adalah seorang yang sangat menyukai perkembangan teknologi terutama yang berkaitan dengan internet. Saat menikahinya, saya berprofesi sebagai kepala marketing online di salah satu perusahaan alat rumah tangga yang ada di Jakarta Pusat.

Pekerjaan sehari-hari tak luput dari dunia internet. Online, online dan online terus. Dan sejak itulah saya selalu melakukan support pada istri saya supaya mau membuka diri dan mulai untuk belajar sedikit demi sedikit mengenai bagaimana mengoperasikan internet serta mengoptimalkannya.

Saya mengarahkan dan memberikan pemahaman bahwa dunia digitalisasi semakin hari semakin berkembang pesat. Jadi kalau misalkan kita telat maka kita akan tergerus dengan perkembangan zaman yang serba digital tersebut. Lebih baik telat daripada tidak memulai.

Tinggalkan HP Jadul dan Mulai Dengan Smartphone Yang Bisa Internetan

Angin segar ditunjukkan oleh istri saya dimana jika ia sebelumnya tidak mau melepas atau mengganti Handphone nya, maka ia sudah membuka diri untuk memiliki smartphone yang layak dan bisa internetan. Dan dari situlah semuanya dimulai.

Ia sedikit demi sedikit telah mengenal namanya Google Chrome untuk mengakses berbagai macam informasi dan mencari data yang akurat seperti misal Journal. Kemudian ia juga tahu fungsi whatsapp untuk melakukan chat dan panggilan video.

Dengan begitu, aplikasi aplikasi yang mendukung untuk pekerjaannya pun di install di smartphone. Dan ini adalah wujud bahwa istri saya ingin terlepas dari namanya gagap teknologi (gaptek).

Bekerja sebagai Dosen di Tangerang, Membuat Selangkah Lebih Maju Di Depan

Saat ia diangkat menjadi salah satu Dosen tetap di Universitas Pamulang yang ada di Tangerang selatan, Ia berambisi supaya benar-benar menguasai namanya teknologi tanpa harus tanya sana-sini. Alasan yang diberikan pun cukup masuk akal, yaitu ia tidak mau ditertawai oleh para mahasiswa didiknya.

Ia pun selalu giat dalam belajar dan belajar yang tentunya saya selaku suami selalu mendukung dan mengarahkannya jikalau ada hal yang tidak ia mengerti atau pahami.

Dan ia pun berhasil berkembang yakni telah dapat mengoperasikan alamat email kampusnya. Kemudian ia juga paham bagaimana melakukan pembelajaran via internet yaitu e-learning yang memang merupakan kewajiban bagi dirinya sebagai dosen.

Jika di persen kan mungkin istri saya telah mencapai 70% dalam menguasai perkembangan teknologi tersebut. Dan persentase ini menurut saya masih harus dilatih terus menerus agar semakin tinggi dan semakin menguasai teknologi. Terutama teknologi dan inovasi terbaru di dunia pendidikan.

Pandemi Datang, Ia pun Harus Memiliki Semangat Juang

Saat pandemi melanda negeri kita yaitu indonesia, semuanya berubah dan tak terkecuali dengan pembelajaran via online atau daring. Kini semua dituntut terutama bagi para guru, tenaga pendidik dan dosen seperti istri saya agar dapat berkolaborasi dan terbiasa dengan namanya pembelajaran online tersebut.

ia curhat pada saya dan ingin menguasai skill pembelajaran atau pelatihan terutama:

  • Cara menggunakan Aplikasi Zoom untuk mengajar
  • dan juga Cara membuat ujian online menggunakan Google Form

Hal itu dikarenakan di saat pandemi memang dituntut dan di instruksikan oleh Kaprodi (Kepala Program Studi) Tempat ia mengabdi menjadi Dosen di kampusnya agar melakukan kegiatan belajar mengajar via Aplikasi Zoom meeting. Dan juga harus pintar-pintar dalam mengkoneksikan ujian secara terstruktur melalui online juga yaitu dengan melibatkan Google Form. Sehingga jika dilakukan dengan tepat, maka kegiatan belajar mengajar juga akan berjalan lancar dan mahasiswa juga akan semakin cermat.

Untuk memahami segala macam pembelajaran tersebut, memang dibutuhkan semangat juang yang tinggi. Kalau misalkan gagap teknologi, rasanya bakal kesulitan dan akan berkendala di kegiatan belajar mengajar tersebut. Sehingga akan berdampak juga bagi para murid maupun mahasiswa, dimana harus layak dalam memperoleh pembelajaran terbaik.

Namun lagi-lagi kami beruntung, karena saya menemukan sebuah platform online dimana di dalamnya juga terdiri dari berbagai macam metode pembelajaran, tutorial dan cara untuk menjalankan pembelajaran online terbaik saat ini. Sehingga para guru maupun dosen benar-benar mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuannya.

Saya menemukan GuruInovatif.id dan Merekomendasikannya pada Istri saya yang merupakan Dosen

Entah kebetulan atau tidak, dimana GuruInovatif.id saat ini sedang mengadakan lomba blog, otomatis membuat saya mencari tahu lebih jauh tentang GuruInovatif.id ini. Dimulai dari seluk beluknya, layanan kursusnya, berapa banyak yang bergabung dan bagaimana cara menggunakannya.

Bahkan setelah saya mencari tahu dan mengetahui tentang GuruInovatif.id ini, saya membuat review atau ulasan di youtube channel saya. Saya pun bertujuan agar semakin banyak yang mengetahui tentang GuruInovatif.id ini, maka semakin banyak pula potensi-potensi besar para guru, pendidik dan dosen di indonesia ini. Ulasan tersebut bisa dilihat lengkap dibawah ini :

Setelah saya memahami semuanya tentang keunggulan dan manfaat dari Platform Online GuruInovatif.id ini, maka saya pun memberitahukan kepada istri saya untuk mencoba mengikuti kursus online yang tersedia di dashboard akun saya.

Kenapa tidak memakai akun istri saya? Karena sekali lagi istri saya masih awam dalam urusan ikut kursus online ini. Yang ia pahami hanya sekedar membuka email kampus dan melakukan elearning saja seperti yang telah saya bahas diatas.

Oleh sebab itu saya yang mengarahkannya dan memilah serta memilih kursus online apa yang cocok untuk istri saya. Dan alhasil di kategori Productivity Course tersebut ada kursus yang sesuai yaitu: Cara menggunakan Zoom di Kelas Sekolah dan Cara membuat Ujian Online menggunakan Google Form. Dan dibawah ini adalah ceritanya.

Cara menggunakan Zoom di Kelas Sekolah

Saat saya menunjukkan kursus online yaitu modul pembelajaran Cara menggunakan Zoom di Kelas Sekolah ini ternyata istri saya sangat antusias dan bersemangat sekali. Hal itu terlihat pada ketidaksabarannya untuk menonton video pembelajaran yang diberikan oleh para guru yang berpengalaman di bidangnya.

Respon pertama dari istri saya yaitu pembahasannya sangat mudah dicerna dan langkah-langkahnya juga tidak ruwet. Dilengkapi dengan tutorial cara dan suara yang tenang membuat pembelajaran bisa sangat mudah dipahami dan dipraktekkan walau yang gagap teknologi atau gaptek sekalipun.

Di dalam kursus cara menggunakan zoom di kelas sekolah ini ternyata pematerinya adalah ibu Rosaliana Intan Pitaloka , M.Pd dengan durasi video 20 menitan.

Bersyukur bahwasanya kini Istri saya dapat secara mandiri dalam :

  • Membuat akun di Zoom.
  • Mendownload Zoom Cloud Meetings ke Laptop.
  • Dapat menggunakan fitur-fitur Zoom untuk pembelajaran.
  • Membuat virtual meeting untuk melakukan pembelajaran online dengan para mahasiswanya.

Dan semua itu Berkat metode dan cara yang telah GuruInovatif.id berikan melalui kursus online nya. Istri saya dengan perlahan tapi pasti belajar step dan stepnya, sehingga ia mampu melek teknologi dalam urusan pembelajaran via Zoom ini.

Cara Membuat Ujian Online Menggunakan Google Form

Setelah berhasil mengasah kemampuannya di Zoom Cloud Meeting, Berikutnya adalah belajar dan berjuang membuat ujian online dengan menggunakan Google Form. Istri saya juga merasa senang, karena kursus modul ini memang yang sedang dibutuhkannya saat ini. Karena selain ujian online, katanya google form juga dapat melakukan survey terhadap audiens.

Di kursus online Cara membuat ujian online menggunakan google form yang GuruInovatif.id sajikan, ternyata pematerinya adalah Bapak R. Dida Hutama S.T. Kemudian terdiri dari 4 buah video yang siap untuk dipelajari yakni:

 

  1. Cara membuat Ujian Online Menggunakan Google Form Bagian 1
  2. Tutorial Pembuatan Soal Ujian Sampai Preview
  3. Tutorial Mengundang Peserta Ujian.
  4. Membuat Ujian Online Bagian 4.

Materi pembelajaran tersebut hanya berdurasi total 46 menit yang tentunya dapat bermanfaat bagi yang belum terbiasa sama sekali dengan pengoperasian Google Form seperti pada istri saya ini.

Dan dengan mengikuti step by step yang disajikan, kini istri saya dapat berhasil :

  • Mengenal sebuah formulir online bernama Google Form
  • Membuat Ujian online kepada mahasiswanya
  • Menggunakan dan melihat data ujian yang tersimpan di Google Spreadsheet
  • Dapat membagikan Link formulir untuk mengundang para mahasiswanya mengikuti ujian.

Tanggapan dari istri saya mengenai kursus yang kedua yakni Pembelajaran Google Form ini adalah “Sungguh luar biasa GuruInovatif.id ini dan temen-temen Dosen di kampusku wajib tahu platform bermanfaat ini.”

Dan akhirnya istriku dapat menemukan solusi yang jitu. Kini ia dengan semangat memonitor kursus-kursus lainnya yang sesuai dengan minat keahliannya agar dapat berkembang dan berkualitas lagi dalam menjadi Dosen. Terpenting adalah semakin hari, semakin jauh dari predikat Gagap Teknologi atau Gaptek.

“Itulah kisah dari sang Dosen yang awalnya gaptek hingga menjadi tidak gaptek”. Lantas, apa saja poin yang bisa dilakukan agar tidak gagap teknologi?

Berikutnya ijinkan saya untuk membahas GuruInovatif.id ini semakin mendalam. Supaya para pembaca dapat menentukan pilihan dan semakin yakin atas apa yang telah saya rekomendasikan ini.

GuruInovatif.id Platform Online Learning Bersertifikat Untuk Guru Dan Dosen

Jika anda telah melihat review ulasan saya di youtube di atas, maka anda akan mengetahui betapa bermanfaatnya Platform GuruInovatif.id ini. Di dalam video tersebut saya membahas mengenai banyak sekali kategori yang ditawarkan oleh GuruInovatif.id ini seperti diantaranya adalah :

Online Certification

Kategori Online Certification ini merupakan kategori pembelajaran yang disajikan dengan kualitas video yang telah FHD (Full High Definition). Jadi video yang dibuat dan disajikan disini adalah kualitas pro yang dilengkapi dengan pembahasan yang mudah dipahami, dicerna serta di praktekkan.

Di Online Certification ini anda akan mendapatkan sertifikat elektronik dari kursus ini e-sertifikat 32 JP. Dan durasi video yang ditayangkan adalah minimal 2 jam, yang juga akan mendapatkan materi belajar. Dengan harga investasi yang sangat terjangkau yaitu mulai dari 65 ribu rupiah.

Di modul video pembelajaran ini juga banyak sekali pilihan yang dapat dipilih untuk anda yang hendak mengikuti kursus dan mengembangkan kemampuan anda sebagai guru, tenaga pendidik, maupun dosen.

Mini Course

Kategori kursus berikutnya ada yang bernama Mini Course. Dari segi penamaan sudah jelas yaitu mini yang artinya lebih kecil dibandingkan dengan kategori pada Online certification. Namun ada kesamaan yaitu di kualitas video yang disajikan juga telah Full HD.

Yang membedakan adalah e-sertifikat kursus yang didapatkan adalah 16 JP dan juga durasi tonton video pembelajaran tersebut adalah minimal 30 menit. Dan juga akan mendapatkan materi belajar. Dengan biaya investasi mulai dari 25 ribu rupiah. Tentunya dengan harga tersebut adalah sangat terjangkau sekali, apalagi manfaat lebih yang akan didapatkan.

Productivity Course

Untuk Kategori Productivity Course ini ternyata disajikan secara Gratis tanpa biaya sepeserpun. Seperti yang istri saya coba ikuti yaitu kursus cara belajar zoom dan google form yang telah dibahas itu adalah modul pembelajaran di kategori Productivity Course ini.

Dari segi video penayangan atau yang disajikan pun telah berkualitas Full HD. Sama dengan yang telah disajikan di kategori online certification maupun mini course tersebut. Dan untuk durasi nya yaitu minimal 10 menit kemudian di dukung untuk mendapatkan e-sertifikat kursus 4 JP. Kategori ini cocok bagi anda yang ingin mencoba terlebih dahulu mengenali kualitas dari GuruInovatif.id ini.

Sedangkan untuk cara belajar di GuruInovatif.id tergolong tidak susah. Dengan beberapa langkah, siapapun akan mudah menggunakan Platform pendidikan ini. Bagaimana Langkahnya?

  1. Membuat akun. Hal ini ditujukan sebagai identitas saat digunakan untuk mencetak sertifikat kursus dan juga agar mendapat akses untuk masuk ke halaman dashboard GuruInovatif.id
  2. Memilih Kursus atau Kelas. Setelah login, anda dapat memilih banyak sekali kursus yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan anda.
  3. Melakukan Pembayaran sesuai dengan kursus yang dipilih. Setelah menemukan kursus yang cocok, maka saatnya untuk memesan dan melakukan pembayaran serta jangan lupa untuk konfirmasi pembayaran.
  4. Mulai untuk Kursus. Setelah pembayaran di konfirmasi, maka saatnya anda mengikuti jalannya kursus pembelajaran yang diberikan dengan mengikuti langkah demi langkahnya jika berupa tutorial.
  5. Dapatkan Fasilitas. Setelah anda selesai kursus online, maka saatnya anda mendapatkan layanan sertifikat elektronik atau e-sertifikat sesuai dengan kursus yang dipilih.

Lantas, mengenai Cara pembayarannya bagaimana? Nah, untuk pembayaran sendiri sangat mudah sekali dan tentunya aman. Ada beberapa langkah dalam melakukan pembayaran di GuruInovatif.id ini yaitu :

  1. Memilih dan Checkout. Dapat melihat pada keranjang di akun anda mengenai total yang harus dibayarkan.
  2. Lakukan Pembayaran. Untuk saat ini pembayaran secara manual yang di konfirmasi selama 1×24 Jam oleh tim GuruInovatif.id
  3. Konfirmasi Pembayaran dengan cara mengisi formulir Konfirmasi pembayaran.

Nah, bagaimana? Benar-benar mudah sekali bukan? Untuk itu, silahkan bagi anda yang ingin mengembangkan minat dan kemampuan anda selaku Guru atau Dosen, bisa mulai mengikuti kursus online di GuruInovatif.id ini. Mari bersama-sama menuju kebebasan dari jeratan Gagap Teknologi sekarang Juga.

HAFECS dan GuruInovatif.id ini telah dipercaya oleh Guru, Pegiat Pendidikan, Dosen, Sekolah dan Instansi dibawah ini :

50.000 Guru & Pegiat Pendidikan

10.000 Sekolah & Instansi

300 Pelatihan

300 Kota / Kabupaten

Jika ada Pertanyan, Anda dapat menghubungi Langsung HAFECS atau Follow Akun Sosial Medianya.

facebookinstagram

Sumber dan Referensi:

  • Aset GuruInovatif.id instagram
  • Pengalaman Pribadi
  • Gambar : Pixabay
  • Infografis. Fendi Haris with Canva
  • Youtube Review. Fendi Haris Channel

Artikel ini original dan diikutsertakan ajang Lomba Blog yang diselenggarakan oleh HAFECS serta GuruInovatif.id.

Demikianlah artikel tentang ” Berkat Kursus Online di GuruInovatif.id, Kini Sang Dosen Tidak Gaptek Lagi! ” telah tayang. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *