Cara Cerdas Cuan di Tengah Pandemi adalah dengan Berbekal Kreativitas. Simak artikel berikut bagaimana saya banting stir dari pebisnis online menjadi freelancer yaitu blogger.

Apakah sobat pembaca disini ada yang tau? Kecil, kasat mata, dan dapat membunuh secara perlahan?

Bahkan, orang tuaku menyebutnya sama seperti hantu yang tidak kelihatan oleh pandangan. Apa itu? Huft.. sebenernya aku kalau membahas tentang ini rada kesal lho..

Namanya Corona. Nama kerennya COVID-19. Dan sekarang si corona ini telah menguasai hampir seluruh belahan dunia termasuk Indonesia.

Aku kesal karena si Corona ini tidak pandang buluh untuk meluluh lantahkan tatanan yang telah berjalan mulus dan hingga kini pun keberadaannya selalu menjadi topik terhangat apalagi efeknya terhadap fulus. Pasalnya, semenjak pandemi ini telah banyak sekali yang mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan bahkan yang jualan pun turun drastis rada miris.

Itu lah sebabnya kenapa fulus tidak berjalan mulus. Sama seperti yang aku rasakan saat ini. Oleh sebab itu, aku membutuhkan stimulus cerdas yang benar-benar dapat merubah arus penghasilanku terutama saat masa karantina di rumah saja.

Dan jawabannya adalah dengan “Kreativitas”.

Kreativitas dapat memicu Hal yang Luar Biasa

Pekerjaan utamaku sejak 3 tahun terakhir adalah sebagai pebisnis online. Bidang usahaku yaitu di bidang digital printing, sekaligus menyediakan berbagai kebutuhan alat promosi. Sedangkan untuk target usahaku sendiri adalah Komunitas, Event Organizer, Bazaar dan Pameran.

Namun ya begitu, pandemi telah mengubah semuanya. Bahkan, pendapatan dan penghasilanku semakin menurun drastis pasca datangnya virus corona Covid-19 ini ke Indonesia.

bisnis onlineku

Bisnis Onlineku sebelum Pandemi – Dokumen PribadiLho kok bisa? Ya iyalah.. Selama pandemi ini kan kita diinstruksikan untuk selalu berada dirumah saja, menjaga jarak aman, dan hindari kerumunan. Lha.. sedangkan bisnisku ini berhubungan dengan keramaian yaitu seperti event pameran atau bazaar.

Sobat bisnis muda pasti tau lah.. Kini namanya event pameran maupun bazaar itu ‘blass kosong’ selama pandemi. Mall-mall ditutup, acara pameran juga banyak dibatalkan. Dan itu semata-mata untuk keselamatan kita semua dari ancaman virus corona ini.

Awalnya aku kesal sekali, kenapa bencana ini menerpa negeri pertiwi? Namun, aku harus bisa banting stir agar di masa pandemi ini “Aku dapat bertahan bahkan tetap mendapatkan cuan”. Barulah aku menstimulus diriku lagi untuk berkreativitas lebih, dibandingkan sebelum-sebelumnya yang berada di zona nyaman namun stagnan.

Menstimulus Diri untuk meraih Cuan melalui Internet

Jika bisnis utamaku sebagai pengusaha bisnis online sedang mengalami penurunan penghasilan, maka saatnya aku memprioritaskan pekerjaan keduaku sebagai narablog ‘blogger’.

Beruntung sekali, 1 tahun terakhir sebelum pandemi aku mulai mencoba-coba untuk mendapatkan penghasilan melalui ngeblog. Dimulai dari mengikuti berbagai macam kompetisi blog bergengsi, maupun kerjasama periklanan melalui situs blog pribadiku.

Dan alhasil, walau statusnya masih coba-coba, aku berhasil mendapatkan penghasilan yang bisa dibilang masih cukup lah untuk membeli susu, popok anak, maupun kebutuhan sehari-hari di rumah.

jadi blogger

Aku mengambil keputusan menjadi Blogger (Dokumen Pribadi)Berkat pandemi ini juga, aku pun harus mengubah semuanya. Termasuk mengambil keputusan yaitu menjadi narablog ‘blogger’ menjadi bisnis utamaku.

Karena bisnis ini sangat cocok untuk di terapkan di masa pandemi. Banyak yang tahu bahwa menjadi blogger juga merupakan pekerjaan freelancer yang sedang di mimpikan oleh kawula muda seperti misal pada generasi zillenial (Gen-Z) ataupun generasi millenial sepertiku ini.

Jangan Takut Jadi Freelancer Karena ini Cara Cerdas Cuan di Tengah Pandemi

Menjadi blogger yang sejatinya adalah pekerja lepas atau freelancer ternyata banyak sekali dipilih oleh kawula muda. Lantas, apa saja yang termasuk freelancer ini? Jawabannya adalah banyak sekali seperti diantaranya blogger, vLogger maupun youtuber.

Tinggal sobat pilih saja sesuai dengan passion. Jika sobat muda passionnya di bidang kepenulisan konten ya menjadi blogger sepertiku adalah pilihan terbaik, sedangkan jika sobat muda passionnya bikin video menarik maka menjadi youtuber adalah kunci sukses sobat.

Paling keren sih, kalau sobat punya passion di semuanya itu. Wow.. Pasti trafik akan naik dan meraih cuan melalui internet pun tak terelakkan. Pandemi belum tuntas pun rasanya akan tenang-tenang saja alias gak bocor pendapatan.

Tahukah sobat? ternyata menjadi freelancer ini pernah dilakukan survei oleh Sribu, selaku startup penyediaan jasa solusi dan konten pemasaran digital berbasis crowdsourcing.

Survey kepada 200 Freelancer oleh Sribu
Survei yang dilakukan sepanjang 10 hari, yakni dari tanggal 8 hingga 18 januari 2020 ini, ternyata melibatkan lebih dari 200 freelancer dari berbagai kota. Freelancer tersebut telah mengalami seleksi atau kurasi.

Dan ternyata hasil data survei Sribu tersebut mengejutkan sekali:

  1. 20 persen responden dapat menghasilkan sebesar 3,5 juta sebulan. Yang artinya juga sama dengan penghasilan UMR di Jakarta.
  2. 65,4 persen responden mengaku bahwa memiliki keleluasan waktu dan lokasi bekerjanya. Ini artinya menjadi freelancer itu bisa bekerja dimana saja, kapan saja dan tanpa tekanan dari siapapun.
  3. 56,7 persen responden mengungkapkan karena ingin menyalurkan minat dan bakatnya. untuk point ini biasanya tidak mengutamakan penghasilan melainkan kepuasan tersendiri dalam menyalurkan hobi minat dan bakatnya.
  4. 53 persen responden mengaku akan menekuni pekerjaan freelancer ini selama 5 tahun mendatang.
  5. 63 persen responden ternyata mengalokasikan 20 jam kerja per minggunya.

Gimana? Keren sekali kan jadi freelancer? Sobat bisa berkreativitas tanpa batas dan terlebih sobat dapat bangkit dari namanya pandemi yang belum tuntas ini.

Lantas, bagaimana caranya untuk selalu totalitas agar senantiasa berkreativitas tanpa batas? Berikut adalah caraku agar dapat menciptakan totalitas di setiap aktivitasku menjadi blogger. Simak tipsnya dibawah ini.

tips mengasah kreativitas

Tips agar totalitas dalam berkreativitas (Infografis. Fendi Haris)

Tips Menciptakan Totalitas untuk Berkreativitas

  1. Perbaiki Niat dan Memiliki Tujuan. Jika awal mula ngeblog hanya sebatas coba-coba, maka saatnya untuk membuatnya serius dan mulailah untuk memiliki tujuan mendapatkan cuan.
  2. Berpikir Out of the box. Blogger di Indonesia itu banyak sekali. Namun, tak jarang melihat kebanyakan blogger hanya seadanya baik dalam membuat konten hingga infografisnya.

    Nah, untuk menciptakan kreativitas yang benar-benar totalitas dibutuhkan skill ekstra yang bisa didapatkan saat kita rajin untuk mengasahnya lebih dalam lagi.
     
  3. Membuat Quotes. Jangan remehkan hal ini, karena dengan membuat quotes apalagi rutin akan membuat pikiran dan otak kita menjadi encer. Selain untuk pribadi, membuat Quotes juga berguna bagi mayoritas pembaca.
     
  4. Berikanlah waktu lebih. Jika blogger hanya dapat mengambil gambar dari situs lainnya, maka usahakan untuk membuatnya original. Dan itu dibutuhkan waktu lebih untuk menjadikan gambar menjadi berkualitas dan unik dibanding yang lain.
     
  5. Memasang Aplikasi Pendukung. Untuk berkreativitas memang dibutuhkan media atau sarana yang mumpuni. Dimulai dari komputer Laptop hingga gadget yang kita pakai.

    Minimal, ada aplikasi pendukung yang wajib menopang kreativitas kita di antaranya adalah Adobe Photoshop jika di Laptop, atau Canva jika ingin totalitas berkreativitas melalui smartphone.

Nah, Jika urusan kreativitas yang totalitas sudah beres dalam mengelola blog kita untuk mendapatkan cuan, maka cara cerdas berikutnya adalah Jangan lupa untuk mengatur keuangan biar tidak boncos.

Cara Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi

Tentu sobat bisnis muda disini semuanya tidak mau kan jika dapat cuan dari ngeblog namun karena keuangan tidak di manage dengan baik maka berakibat boncos? Betul tidak?

Oleh sebab itu, penting kiranya sobat semua memahami cara agar dapat mengatur keuangan terutama di saat pandemi seperti sekarang ini. Bagaimana caranya?

tips atur keuangan
Cara mengatur keuangan di tengah pandemi
  1. Persiapkan Mental Baja. Mental menjadi point utama. Keberadaan mental kadang dapat menjadi kawan dan kadang pula dapat menjadi lawan. Dalam menghadapi Pandemi ini, Kita harus dapat berkawan dengan namanya mental.

    Soalnya, ada banyak sekali gangguan-gangguan sepintas yang dapat membuat mental kita menjadi lemah seperti salah satunya adalah rasa bosan selama di rumah. Jika mental kita tidak sekuat baja, maka akibatnya akan mudah sekali kembali berkerumun. Lalu kalau terinfeksi covid 19 siapa yang rugi?
     
  2. Mengalihkan Pengeluaran yang tidak diperlukan. Jika sebelum pandemi sobat memiliki kebiasaan misalnya liburan, makan di restoran, menginap di hotel, travelling, punya member gym dan juga ke bioskop tiap weekend, maka saatnya dana tersebut dialihkan kepada kebutuhan yang memang diperlukan terutama di masa pandemi.

    Seperti apa? Kuota internet misalnya, atau listrik serta kebutuhan pokok lainnya. Tentu sobat membutuhkan catatan pengeluaran yang rinci supaya tidak rugi.
     
  3. Menahan Nafsu Berbelanja Online. Mungkin sobat pernah merasakan bagaimana ke khawatiran yang berlebihan saat awal-awal covid mencengkram negara kita ini?

    Mungkin sejak mendengar kabar tersebut sobat langsung melakukan pembelanjaan besar-besaran melalui online. itu yang dinamakan dengan Panic Buying. Dan di tengah pandemi ini stop lah melakukan aktivitas tersebut yang berlebihan.

    Kenapa? karena secara mendadak pengeluaran akan membengkak secara tiba-tiba. Tahan nafsu belanja online adalah langkah cerdas mengatur keuangan di tengah pandemi ini.
     
  4. Berinvestasi untuk Dana Darurat. Tidak ada ruginya untuk melakukan Investasi, apalagi jika investasi tersebut di dana darurat yang notabene sangat membantu sekali pengeluaran kita terutama saat pandemi ini.

    Gimana cara cerdasnya? Investasikan dana sobat tanpa harus full. Sobat dapat berinvestasi normal jika pandemi ini telah berakhir dan kehidupan berjalan normal kembali.

Bagaimana sobat? Tidak cukup sulit kan untuk menjalani kehidupan selama pandemi covid 19 belum tuntas ini?

Intinya adalah berinovasilah dengan kreativitas yang totalitas terutama jika bisnis sedang lagi sepi. Cari cuan di internet dengan menjadi Freelancer seperti blogger ternyata juga cukup menjanjikan saat ini. Namun dengan catatan selalu ingat cara cerdas dalam mengatur dan mengelola keuangan dengan tepat. Agar cuan dan tidak boncos selama pandemi covid 19 belum berakhir.

Sumber Referensi:

Tutup Iklan
Close Ads