Gak Harus Ngepet, Dengan Internet Ternyata Bisa Cuan Walau Kepepet!

Dengan Internet kita bisa totalitas. Menyalurkan hobi menjadi aktivitas. Gak Harus Ngepet, Dengan Internet Ternyata Bisa Cuan Walau Kepepet Walaupun diterjang masa pandemi Covid 19 yang belum tuntas. #LombaBlogExabytes #ExabytesID

 

PSBB lagi PSBB lagi. 4 hari yang lalu tepatnya 14 september 2020 di Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali. Ini dikarenakan melonjaknya kasus positif virus corona yang belum pernah mati.

Namun setelah kita bersama-sama mengamati, memang pandemi ini begitu menyesakkan hati. Ada banyak sekali dampak yang terjadi. Sebut saja saat kita menyoroti mengenai pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap berbagai macam profesi.

Nganggur lagi.. Nganggur lagi.. Ini adalah kata-kata yang sering aku dengar terutama di masa pandemi. Banyak juga temenku yang bukan hanya di PHK, tapi ada juga yang di rumahkan, bahkan kini memperoleh dampak pemotongan penghasilan atau gaji. Tentu ini membuatku sedih.

Temenku bilang begini “Ah kamu sih enak fen gak kerja sama orang lain, ajarin dong biar bisa ngasilin”.

Nah berbekal pertanyaan tersebut aku akan ngupas tuntas gimana aku bisa mendapat penghasilan terutama di saat pandemi yang belum tamat ini. Tentunya dengan internet. Oleh sebab itu, yuk dengerin cuap-cuapku tentang internet ini biar kamu paham dan bisa juga dapat cuan apalagi disaat kepepet tanpa harus ngepet. hehehe..

Internet Bisa Bikin Jadi Sultan

Pertama, aku akan bertanya dulu pada pembaca semua disini. memangnya apa itu internet? apakah sudah tau fungsi dan manfaatnya? jangan-jangan kamu cuma bisa beli kuota terus-terusan tapi belum paham makna dibalik internetan? hehe.. hayoo ngaku..

Baiklah, memang benar bahwa kalau mau internetan ya memang dibutuhkan kuota, terus dibutuhkan perangkat seperti smartphone maupun laptop untuk mencari dan mengolah data. Contohnya saat kamu mencari tugas kuliah, atau sedang belajar daring dirumah. Nah, itu semua butuh namanya internet yang ramah. Ya.. maksudnya gak lemot, apalagi koneksinya putus nyambung kayak pasangan yang lagi marah-marah. hehe..

Namun tidak berhenti disitu saja. Pasalnya, dengan internet kita juga bisa memperoleh penghasilan yang tidak disangka-sangka. Bahkan bisa juga kaya raya. Ya seperti si sultan-sultan yang ada di indonesia. Seperti misal: Raffi Ahmad dan Atta halilintar yang merupakan youtuber itu. Keren ya? Cuma modal internet terus bisa buat itu semua.

Dengan Internet Akupun pernah mendapatkan Manisnya Berbisnis

Jika banyak orang kaya mendadak berkat internet, maka aku pun juga pernah merasakan gimana manisnya berbisnis yang sempat meroket. Hal itu terjadi tepatnya sebelum pandemi COVID 19 ini sekitar dari tahun 2017 hingga 2019 akhir.

Selama 3 tahun bisa dibilang kebutuhan akan penghasilan tidak perlu kuatir. Karena omsetku tiap harinya juga gak bikin ketar-ketir. Bahkan saking lancarnya usahaku saat itu, aku selalu ngajak teman-teman untuk sekedar traktir.

Lantas bisnisku itu seperti apa? Bisnisku itu di bidang media alat promosi yang targetnya adalah event organizer, pameran, bazaar, pelaku usaha, instansi, perbankan dan yang lainnya yang sedang membutuhkan media promosi seperti diantaranya: rak brosur, booth portable maupun meja promosi.

Sedikit cerita bahwasanya saat itu ketika mendapatkan proyek dari event organizer jumlahnya pun fantastis. Mungkin inilah yang dinamakan manisnya berbisnis. Namun sejak corona COVID 19 masuk ke indonesia, secara perlahan manisnya bisnis berubah secara drastis rada miris.

Pandemi Datang Bisnis Melayang

Begitu miris kondisi bisnis yang aku geluti saat pandemi datang. Bisnisku bisa dibilang melayang. Ingin rasanya terbang. Namun aku masih sadar diri bahwa memiliki keluarga yang harus ditopang.

Bisnisku sepi karena gak ada satupun acara event, pameran, bazaar di gelar selama pandemi ini. Otomatis tidak ada pemasukan. Sementara kehidupan berkeluarga harus tetap berjalan. Terutama saat kebutuhan wajib seperti makan. Namun, aku masih mempunyai sandaran untuk sekedar bertahan yaitu TUHAN.

Beruntung Tuhan Memberikanku Skill atau Kemampuan

Walau kondisi seberat apapun, aku masih yakin dan percaya bahwa TUHAN tidak akan pernah meninggalkanku sedikitpun dan tidak pernah tidur sedetikpun.

Sebelum memulai bisnis secara mandiri, aku bekerja pada orang lain sebagai Web Masters dan juga SEO Specialyst yang tugasnya ngotak-ngatik coding sendiri. Ini adalah skill atau kemampuan yang TUHAN beri dan selalu aku syukuri.

Beruntung dengan kemampuan tersebut, aku dapat mengembangkan berbagai macam potensiku terutama dari segi kepenulisan. Dan pada tahun 2019 tepatnya bulan oktober, aku memutuskan untuk memiliki blog pribadi yang tujuan awalnya memang untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

Tahukah kamu, entah ini kebetulan atau tidak, ternyata aku membuat blog itu sebelum pandemi virus corona COVID 19 ini datang ke permukaan indonesia lho.. Nah, sejak itulah aku juga mulai aktif untuk membuat akun instagram, karena selain untuk berinteraksi dan menambah koneksi pertemanan, juga bisa aku gunakan untuk mengetahui berbagai informasi lomba yang akan diselenggarakan.

Demam Lomba

Saat blog fendiharis.com sudah dibuat, akupun antusias sekali untuk mengikuti lomba terutama lomba blog yang infonya aku dapati dari instagram. Mungkin bisa juga dikatakan lagi demam lomba. Rasanya, senang banget berkompetisi apalagi dengan blogger idola papan atas. Karena aku bisa mengikuti jejak, semangatnya agar dapat tampil totalitas.

Dan beruntung sekali, aku juga mendapatkan apresiasi dan prestasi. Terlepas dari itu semua tentu karena faktor penghasilan lah yang membuat bersemangat untuk berkompetisi. Hingga saat ini telah terkumpul 31 prestasi lomba blog yang bisa dibilang bergengsi.

Jika di nominalkan, mungkin pendapatan dari blog tersebut ada sekitar 50 jutaan selama 1 tahun. Sekali lagi alhamdulillah aku panjatkan. Ternyata melalui internet juga bisa mendapatkan cuan.

Berkat Menang Lomba, Urusan Kepepet Bisa Beres! Jangan Ngepet!

Pernah waktu itu ada urusan kepepet yaitu kebutuhan susu dan popok anak yang telah habis. Jika gak ada susu rasanya kasian bahkan bisa nangis. Beruntung pada malam harinya ada pengumuman pemenang lomba menulis.

Dan aku menjadi pemenang Juara 1 yang hadiahnya sekitar 2 juta kemudian langsung dibelikan susu dan popok anak untuk stok 1 bulanan. Lagi-lagi bagaimana peran TUHAN yang selalu memberikan sesuai kebutuhan.

Walau se kepepet apapun kondisi kita, usahakan selalu sandarkan diri kita pada TUHAN. Jangan ke dukun lalu ngepet. Itu sama halnya dengan mencopet. Dan dosanya juga sama dengan santet. Yuk saatnya berpenghasilan lewat Internet.

Macam-macam Penghasilan lewat internet Selama Pandemi

Sudah lah.. cari penghasilan yang baik-baik saja dan yang paling penting barokah manfaat. Ada banyak lho peluang untuk mendapatkan penghasilan di tengah pandemi terutama melalui internet.

Mengikuti Berbagai macam Lomba di Instagram

Selama kamu mempunyai kuota dan bisa internetan melalui smartphone, itu artinya kamu bisa untuk mengakses instagram. Nah, melalui instagram inilah kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mengikuti berbagai macam lomba yang diselenggarakan baik dari brand, perusahaan, instansi dan masih banyak lagi.

 Nominal hadiah yang bakal didapat pun bisa buat kamu geleng-geleng kepala. Dimulai dari uang tunai jutaan, gadget seperti kamera, smartphone maupun laptop, dan bahkan yang kini sedang viral adalah hadiah sepeda.

Dan tahukah kamu, bahwa perlombaan di instagram tersebut tiap harinya ternyata banyak sekali. Jadi sungguh disayangkan jika kamu lewati. Apalagi di masa-masa pandemi seperti sekarang ini. Lantas lomba apa saja yang bisa kamu pilih dan ikuti?

 

Lomba Foto, Video, Infografis, Poster hingga Giveaway

Lomba yang bisa kamu ikuti selama pandemi COVID 19 ini diantaranya adalah Lomba Foto, Video, Infografis, Poster hingga Giveaway. Baik, aku akan coba bahas sedikit mengenai lomba ini supaya kamu dapat mengira-ngira lomba dan hadiah seperti apa yang bisa kamu take away.

1. Lomba Foto

Untuk mendapatkan penghasilan di tengah pandemi dengan mengikuti lomba foto instagram ini biasanya panitia atau penyelenggara mensyaratkan beberapa poin seperti diantaranya: Tema lomba, pengambilan foto bisa melalui kamera atau ada juga yang smartphone, ada juga yang mewajibkan resolusi foto tinggi agar foto tersebut tidak pecah, mengirimkan file mentah foto melalui email dan juga memperhatikan jika memang foto tersebut harus di share di feed instagram terutama pada penggunaan hashtags dan caption penyelenggara.

Ada salah satu temanku yang kerap membawa pulang hadiah dari lomba foto. Dan saat aku tanya tips triknya ternyata memang dia telah menguasai banyak teknik fotografi terutama memahami angle mana yang dapat menjadikan potretannya memiliki makna tersendiri. Dan masih banyak faktor lainnya seperti faktor keberuntungan. Nah oleh sebab itu, jika kamu memiliki hoby fotografi dan memahami tekniknya maka bisa juga untuk mencoba peruntungan di lomba fotografi ini. Lakukanlah terutama seperti saat pandemi seperti ini.

2. Lomba Video

Selain lomba foto saat pandemi masih berlangsung, ada juga lomba video. Lomba ini juga sangat menarik karena kita semua memang dituntut untuk berkreativitas lebih. Lomba video biasanya seputar tentang edukasi, review produk hingga komedi. Biasanya untuk lomba video ini mensyaratkan minimal 1 orang dan maksimal kadang ada yang 5 orang.

Aku juga sering mengecek pemenang lomba video tersebut dan mempelajari sedikit banyak triknya. Ternyata untuk memenangkan lomba video memang dibutuhkan kualitas yang tinggi dalam pengambilan tiap sesinya dan paling penting adalah tokoh yang dapat memperagakan dengan sepenuh hati. Sehingga video tersebut memiliki makna tersendiri dalam menyampaikan sebuah arti. Namun jika kamu suka ngelawak dan lawakanmu gak garing, maka ikut lomba video komedi bisa jadikan pilihan. Selama pandemi kamu pun akan terhibur apalagi jika bisa membawa hadiah menarik lainnya. Menarik bukan?

3. Lomba Infografis dan Poster

Lomba yang sering diselenggarakan melalui instagram juga seputar infografis dan poster. Biasanya yang paling getol ngadain lomba jenis ini selama pandemi COVID 19 adalah dari kalangan instansi pemerintah. Karena pemerintah juga bertujuan sebagai kampanye publik yang mengedukasi. Seperti misalnya lomba dengan tema “Yuk pakai masker”. Aku juga sering iseng-iseng mengikuti lomba jenis infografis dan poster ini. Ya walaupun gagal hingga detik ini. hehe..

Biasanya para pemenang itu adalah seseorang yang hobinya memang desaign grafis. Nah bagi kamu yang memiliki hobi tersebut, bisa juga untuk mengikuti lomba infografis dan poster ini. Berusahalah terus dan pasti nanti juga ada rejeki. Selain kamu dapat menyalurkan hobi, kamu pun bisa juga hoki dan bahkan dapat meraih mimpi.

4. Lomba Giveaway

Untuk Lomba di instagram berikutnya selama pandemi berlangsung adalah lomba giveaway. Ini adalah jenis lomba yang paling mudah untuk diikuti. Bahkan yang gak punya skill dan teknik mumpuni sekalipun juga bisa ikutan lomba jenis ini. Tahukah kamu, lomba Giveaway adalah lomba paling digemari oleh para pengguna instagram. Bahkan ada banyak sekali yang geram saat pengumuman pemenang.

Maklum saja, yang ikut biasanya ribuan pengguna. Syaratnya mudah biasanya wajib follow, terus melakukan komentar spam. Dan pemenangnya biasanya diambil secara acak melalu software. Menurutku lomba jenis ini mengandalkan 1% keberuntungan. Jadi kalau beruntung ya kamu bisa mendapatkan penghasilan melalui lomba giveaway ini. Kamu dapat mengikuti lomba ini dengan santai dirumah kamu bahkan dengan rebahan sekalipun dan tentu melalui perantara internet juga ya.

Dapet 50 Juta lebih dari Blog

Untuk yang terakhir adalah yang aku lakukan selama 1 tahun terakhir terutama saat pandemi masih berlangsung seperti saat ini. Yaitu mendapatkan penghasilan dari Blog seperti mengikuti kompetisi lomba blog. Cocok sekali bagi kamu yang suka nulis dan juga mikir. Apalagi jika status kamu saat ini sedang di PHK akibat dampak pandemi COVID 19. Karena tiap bulannya itu ada banyak sekali lomba blog yang diselenggarakan oleh perusahaan, instansi atau bahkan brand yang ingin memperkenalkan teknologi termutakhir.

Mengikuti ajang lomba blog memang dibutuhkan keterampilan dan juga skill dalam menulis yang baik. Jika kamu hobinya menulis tentu ini adalah kesempatan terbaik untuk berpenghasilan menarik. Pengalaman pribadi, selama 1 tahun mengikuti lomba blog fendiharis.com telah berhasil meraih 31 prestasi. Bahkan jika di nominalkan telah berhasil memperoleh penghasilan kurang lebih 50 Juta dan tentu ini membuat dompetku terisi

Kontes SEO, Content Placement dan Jasa Content Review melalui Blog

Selain dari lomba blog, saat pandemi COVID 19 ini aku juga memperoleh penghasilan melalui internet yaitu dengan berhasil menjuarai beberapa kali kontes bergengsi yaitu Kontes SEO. Hadiah uang tunai yang di dapat tentu bernilai Jutaan dan bahkan dapat menambah portofolio.

Kemudian dengan portofolio tersebut aku juga membuka layanan content placement dan juga content review. Dari situlah aku mendapatkan penghasilan yang bisa dikatakan melebihi gaji para karyawan setiap bulannya. Karena aku mematok harga mulai dari 300 ribuan hingga 3 jutaan. Wow.. menggiurkan kan jadi blogger? hehe..

Walau Pandemi, Tapi merdeka dari Kontrakan hingga akan membangun Perusahaan

Gak hanya berhenti disitu. Walau saat ini Pandemi, kini aku juga berhasil merdeka dari rumah kontrakan. Bahkan dalam waktu kedepan aku ingin membangun perusahaan. Ya semua itu berkat internet sebagai sumber penghasilan.

Rugi rasanya jika menggunakan internet hanya untuk senang-senang tanpa memikirkan manfaat besar untuk berpenghasilan. Nah, oleh sebab itu jika kamu ingin mengikuti jejakku dalam berpenghasilan, maka kamu dapat terlebih dahulu untuk membangun sebuah blog atau website dan menetapkan satu tujuan. Apa itu? Ya penghasilan.

Lantas mulai dari mana? Berikut ini adalah caranya

Bangun Blog, Serahin Sama Exabytes.Co.Id

Untuk membangun sebuah blog yang profesional yang kamu butuhkan adalah Domain dan Hosting yang kinerjanya optimal. Kamu dapat memilih Exabytes Indonesia untuk membangun blog dari awal hingga maksimal.

Exabytes Indonesia ini merupakan salah satu layanan Hosting Terbaik Indonesia yang aku rekomendasikan. Dimana seluruh layanannya memiliki banyak sekali keunggulan. Tentu kamu dapat pertimbangkan dan menjadikannya pilihan.

Selain Hosting terbaik, Exabytes.co.id ini juga memiliki layanan Domain Murah. Dimana nantinya tentu kamu selaku pemiliki blog akan semakin bergairah. Sehingga tujuan kamu memperoleh penghasilan selama pandemi pun semakin terarah.

Lantas, apakah ada kelebihan lainnya yang dapat membedakan exabytes.co.id ini dengan penyedia layanan sejenis? Tentu ada..

Keunggulan Exabytes Indonesia yang perlu kamu ketahui

Jika kamu telah melihat video yang aku buat di atas, kamu akan menjumpai beberapa keunggulan dari Exabytes yang sangat berkualitas tanpa batas. Seperti diantaranya: Berpengalaman selama 18 tahun, memiliki 140.000 pengguna di seluruh dunia, layanannya yang uptime dan customer service yang melayani selama 24 jam non stop.

Berpengalaman 18 Tahun

Untuk menjadikan sebuah layanan itu terpercaya dan kredibel memang dituntut untuk mengenali sepak terjang perusahaannya terlebih dahulu. Dengan pengalaman 18 tahun rasanya perusahaan exabytes tidak main-main dalam memberikan pelayanannya yang terbaik. Ibarat sebuah hubungan dalam rumah tangga yang telah mengarungi kehidupan secara ciamik.

Keakuratan dan kecepatan dalam menangani seluruh pelanggan menjadi salah satu keunggulan dari Group Perusahaan Exabytes. Walaupun pelanggan setiap harinya sering membludak dan gak habis-habis.

Memiliki 140.000 Pelanggan di Seluruh Dunia

Selain berpengalaman selama 18 tahun, Exabytes indonesia juga memiliki pelanggan yang tersebar di seluruh dunia sebanyak 140.000 Pelanggan aktif. Tentu ini juga berkat seluruh tim dari exabytes yang selalu komunikatif.

Jadi dengan banyaknya pelanggan tersebut, telah menjadi bukti shohih bahwa exabytes memang fokus dalam melayani seluruh pelanggan dari nasional hingga international. Urusan hosting serahin saja pada exabytes dan fokuslah pada blog untuk menjadi terkenal. hehe..

Layanan yang Uptime

Keunggulan berikutnya adalah seluruh layanan di exabytes itu selalu Uptime. Baik dari network hingga servernya yang bisa dibilang 99% selalu Uptime. Sehingga tidak heran jika blog kamu nantinya akan mengalami peningkatan kecepatan performa secara realtime.

Jadi tidak ada ceritanya blog kamu mengalami dikit-dikit down. Sehingga saat membidik penghasilan di tengah pandemi maka blog kamu dapat diandalkan 100 persen. Ini juga dapat membuat tidur kamu menjadi lebih tenang karena kerja yang sangat efisien.

Customer Service 24 Jam Non Stop

Kelebihan yang terakhir adalah memiliki Customer service 24 jam non stop. Dan itu semua dilakukan dengan profesional. Ini juga berguna saat kamu enak-enak sedang membidik penghasilan di tengah pandemi namun ada kekacauan yang terjadi pada blog kamu. Dan bisa dibilang itu juga kriminal.

Oleh sebab itu dukungan teknis exabytes ini dapat membantu kamu dalam menangani segala masalah yang terjadi pada blog kamu. Orang-orang jail tidak akan mampu melawan tim dari exabytes yang cukup berpengalaman dan tentunya profesional.

Gimana keren sekali kan exabytes indonesia ini? Namun pasti dari kamu akan bertanya seperti ini: Okelah mas fen.. kalo mas fen yang rekomendasiin aku mah ngikut aja mas.. Terus apa exabytes juga bagi-bagi penghasilan nih mas? Tentu saja dong.. Di Exabytes itu juga ada namanya Program Afiliasi. Nah ini juga sangat cocok untuk kamu yang mau nambah penghasilan di tengah pandemi.

Program Afiliasi Exabytes, ngasilin juga di tengah Pandemi

Setelah panjang lebar aku kupas tuntas bagaimana aku menghasilkan selama pandemi ini yang nominalnya mencapai 50 Juta dari ngeblog. Kemudian aku beberkan cara mendapatkan penghasilan melalui internet dari berbagai macam lomba di instagram. Maka ada satu lagi yang bikin kamu juga dapat penghasilan tambahan tanpa membuat kamu geram.

Caranya adalah dengan mengikuti Program Afiliasi Terbaik dari Exabytes Indonesia. Mudah kok dan tentunya Gratis 100%. Kamu cukup daftar untuk membuat akun di exabytes.co.id. Setelah itu kamu cukup masukkan kode afiliasi referal yang kamu dapatkan tersebut ke blog kamu. Nah saat ada pengunjung yang hendak membeli layanan exabytes melalui link afiliasi kamu, maka kamu akan mendapatkan profit atau penghasilan. Mudah sekali bukan? Cocok sekali deh di tengah pandemi seperti ini.

Dan jika blog kamu berkembang dengan pesatnya, maka saatnya kamu mengoptimalkan melalui email. Tentu kamu juga membutuhkan Email Bisnis Kapasitas Besar untuk menopang perkembangan bisnis kamu kedepannya. Dan menariknya, semua yang kamu butuhkan ada pada Exabytes.co.id ini. Seperti saat kamu ingin mendapatkan Solusi Email Marketing.

Sumber dan Referensi:

  • Aset Exabytes
  • Olah Digital : Fendi Haris 
  • Infografis : Fendi Haris with Canva
  • Youtube Video : Fendi Haris
  • Pengalaman Pribadi

Demikianlah Artikel ini telah Tayang. Artikel ini original dan telah lolos uji melalui copyscape. Artikel ini diikutsertakan Ajang Lomba Blog yang diselenggarakan Oleh Exabytes.co.id. Semoga Bermanfaat.