Digital Marketing itu Penting dan Merupakan Raja di Zaman Internet of Things!

Apa yang terlintas dipikiran kamu saat aku menyebutkan kata “Raja”? Pasti kamu akan menjawab: Ini adalah hal yang besar, hal yang luar biasa, hal yang tak dapat tertandingi dan tak dapat dipisahkan.

Berwirausaha memang dianjurkan untuk memutus rantai pengangguran. Namun apa daya jika tidak menggunakan media internet? Kini kita memasuki zaman internet of things dan digital marketing adalah rajanya.

Jika dulu membuka outlet atau ruko adalah gambaran dari pebisnis yang sukses, namun berbeda dengan saat ini. Pasalnya, ada banyak kesuksesan yang diraih walau tidak memiliki outlet gede. Kesuksesan tersebut yaitu hanya berlandaskan online saja. Atau bahkan yang memiliki keterbatasan misal “Fisik” pun bisa sukses hanya dengan menjalankan yang namanya bisnis online.

Tentang Internet Of Things yang Berkolaborasi dengan Pesatnya

Kesuksesan tersebut juga tidak luput karena pada realitanya kini merupakan zaman internet of things. Sebuah zaman dimana semua perilaku dan gaya hidup sehari-hari ditopang hanya menggunakan media internet. Dimulai dari gaya hidup, mencari sumber informasi dan edukasi, menjalankan aktivitas belajar mengajar, berbelanja dan juga dalam hal berbisnis.

Gaya Hidup

Dimulai dari gaya hidup yang sangat dimudahkan berkat menggunakan mediasi internet seperti mencari tau tentang hal-hal unik, menarik, viral dan trendi untuk membuat hidup semakin berwarna. Hal unik tersebut seperti bagaimana menjadikan kehidupan yang awalnya biasa-biasa saja dan berubah 180 derajat menjadi kehidupan yang penuh makna.

Informasi dan Edukasi

Lagi-lagi internet menjadikan pedoman utama dalam mencari informasi terbaru dan juga edukasi. Dengan begitu peran internet sangat penting sekali untuk membuat pribadi menjadi lebih berilmu lagi dan juga dapat memproteksi diri dari berbagai macam hal yang tidak di inginkan seperti informasi menyesatkan misalnya.

Menjalankan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)

Dan ini adalah yang paling terasa dari manfaat kehadiran internet yaitu dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar (KBM) selama pandemi virus corona seperti saat ini. Sehingga dalam mencerdaskan anak bangsa juga tidak ada batasan yang benar-benar mengganggu. Lagi-lagi internet dapat menjadi Win win Solution di saat permasalahan dihadapi oleh bangsa kita.

Berbelanja Online

Begitu juga dengan hal berbelanja kebutuhan sehari-hari yang tentu sangat di mudahkan berkat kehadiran internet. Kita bisa menggunakan smartphone untuk melakukan berbagai macam transaksi dan tanpa repot-repot antri, ternyata barang sudah sampai ke rumah. Seperti yang memang benar-benar ajaib. Tapi inilah teknologi dan perkembangannya yang patut kita syukuri.

Berbisnis Online

Dan yang sangat vital peranan internet zaman ini yaitu menjembatani semua pelaku usaha seperti UMKM dalam berbisnis secara online. Semua berkat internet, internet dan internet. Patut bahwa internet of things sangat memiliki banyak faedah terutama dalam hal menciptakan hal-hal positif bagi kehidupan seluruh manusia di muka bumi ini.

Tidak heran jika mayoritas kawla muda di indonesia juga masuk dan ikut andil dalam perhelatan berbisnis secara online ini. Walau banyak yang gulung tikar disaat pandemi, ada yang bisnisnya menggantung seperti pepatah hidup segan mati pun tak mau, dan bahkan ada yang bisnis online nya melesat jauh kedepan bak busur panah yang tepat sasaran.

Nah jika mengalami berbagai permasalahan dalam berbisnis online maka harus mengetahui strategi jitunya. Salah satu strategi yang menjadi raja dalam perkembangan bisnis online adalah “Digital Marketing”.

Digital Marketing Rajanya Bisnis Online

Apa yang terlintas dipikiran kamu saat aku menyebutkan kata “Raja”? Pasti kamu akan menjawab: Ini adalah hal yang besar, hal yang luar biasa, hal yang tak dapat tertandingi dan tak dapat dipisahkan.

Dan benar sekali jika kamu berpikiran seperti itu. Di dunia bisnis online memang sangat diperlukan namanya digital marketing atau yang kita kenal dengan istilah pemasaran secara digital.

Konsep Digital Marketing Dengan yang Klasik

Secara konsep sih sama dengan misalkan kamu membuka outlet gede di pinggir jalan dan bisnis kamu di bidang penjualan motor. Lalu kamu mempekerjakan sales yang berdiri di depan outlet toko kamu untuk hanya sekedar membagikan brosur kepada orang-orang yang lewat.

Ya, itu adalah pemasaran secara klasik yang hingga saat ini juga cukup memiliki efek positif.

Tapi pernahkah kamu berpikir, metode pemasaran secara klasik tersebut ruang lingkupnya masih relatif kecil atau hanya di sekitar daerah kamu saja. Bener gak? Karena brosur hanya bisa sampai pada orang yang mengambil brosur tersebut.

Dan tentu ini sangat berbeda dengan Digital marketing yang tentu targetnya juga sangat luas bahkan dunia bisa tau. Lho kok bisa? Ya tentu saja, karena semuanya telah berbasis online melalui mediasi internet. Lantas seperti apa Digital marketing yang dimaksud?

Mau Berbisnis Online? Kenali Dulu Macam – macam Digital Marketing Berikut Ini

 

Digital marketing yang dimaksud ternyata ada banyak sekali. Dan pantas jika aku menobatkan sebagai “Raja” bagi perkembangan bisnis online. Tentu semuanya harus berhubungan dengan internet dan juga bisnis yang akan kamu tampilkan atau jalankan.

Membuat Website Toko Online

Digital marketing yang pertama adalah kamu harus memiliki toko online sendiri. Ibarat kamu punya outlet, maka di online kamu juga harus punya toko online. Hal itu bertujuan untuk memasarkan produk atau barang yang hendak kamu jual. Dengan begitu seluruh dunia akan dapat mengetahui bisnis online kamu dengan mudah jika kamu telah memiliki situs website toko online kamu.

Website Toko online ini biasanya yang direkomendasikan itu memakai platform wordpress karena ada plugin khusus seperti woocommerce yang bisa dijadikan untuk memonitor seluruh data transaksi kamu nantinya. Kamu bisa menginput data customers dan bahkan hanya sekedar mencetak invoice pengiriman juga bisa. Keren kan? Punya bisnis online dengan website sendiri itu jauh lebih menguntungkan lho, sekaligus kamu dapat meningkatkan branding toko kamu lebih jauh tentunya.

Search Engine Optimisation (SEO)

Digital marketing yang kedua yaitu kamu harus berkenalan dengan fasih mengenai SEO (Search engine optimisation). Lantas apa gunanya? Tentu ini merupakan investasi jangka panjang untuk perkembangan bisnis online kamu yaitu dengan cara kerja membuat situs website toko online kamu akan masuk peringkat halaman pertama di google pencarian.

Kok bisa sebagai investasi? Karena semakin lama situs website kamu nongkrong di halaman 1 google pencarian, maka semakin besar kesempatan kamu memperoleh profit dari transaksi yang datang dari pencarian google itu sendiri. Dan SEO ini adalah resep ampuh supaya kamu bisa sukses dalam berbisnis online dengan menargetkan kata kunci pada produk barang yang kamu jual. Cuma ya untuk ini kamu butuh teknik khusus lho dan tidak sembarangan atau tidak mudah untuk dilakukan.

Jika kamu kesulitan untuk digital marketing SEO, maka kamu bisa menggunakan cara instant untuk menaikkan website toko online kamu seperti di Google Ads Search dan Google Ads Display. Jadi yang kamu butuhkan adalah memiliki budget khusus untuk mengiklankan produk barang kamu ke google pencarian itu.

Namun lagi-lagi kamu harus bisa mengatur dengan tepat biaya yang harus dikeluarkan. Dan ini juga bukan sembarangan. Karena kalau sembarangan maka kamu akan kehilangan banyak sekali biaya yang tidak tertarget. Itulah sebabnya diperlukan target dan riset terlebih dahulu yang mendalam mengenai produk dan barang yang kamu dijual.

Sosial Media Ads (Instagram, Facebook, Youtube)

Persis dengan Digital Marketing via Google, Digital marketing melalui iklan di sosial media seperti instagram, facebook dan youtube juga dibutuhkan biaya khusus yang harus dikeluarkan. Dengan begitu produk bisnis online kamu akan mudah ditemui dan kesempatan mendapatkan pengunjung serta pembeli juga semakin besar.

Namun sebagai catatan, ini lagi-lagi dibutuhkan trik khusus supaya bisnis online kamu itu cuan dan bukan malah boncos gara-gara ngiklan. Seperti misalkan kamu harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai apa saja yang sedang viral setiap harinya, mengecek kompetensi kata kunci produk kamu apakah banyak dicari atau tidak dan juga menentukan target usia serta negara. Jadi kembali lagi ini tidak sembarangan lho ya..

Landing Page

Digital marketing berikutnya adalah melalui Landing Page. Nah, ini sangat cocok bagi kamu yang tentunya tidak memiliki website toko online yang secara dinamis. Landing page ini hanyalah halaman yang menampilkan bisnis online kamu dan biasanya juga termasuk pada kontak person yang dapat dihubungi. Atau ini bisa juga seperti menampilkan halaman jualan kamu secara online.

Pada umumnya sih kebanyakan menggunakan gambar seperti halaman brosur aja, namun ada yang lebih baik yaitu menggunakan desain yang memang berformat html supaya juga kesempatan index juga bisa di dapati.

Email Marketing

Digital marketing yang tidak kalah dahsyat efeknya yaitu juga email marketing. Karena pasalnya, email dapat memperoleh banyak pelanggan tetap dalam bertransaksi secara online. Itulah sebabnya, kenapa kamu harus bisa juga untuk memperoleh alamat email dari pelanggan-pelanggan kamu. Tujuannya adalah kamu dapat mengelola dan memasarkan kembali produk yang baru kepada pelanggan tetap kamu itu. Keren kan?

Namun lagi-lagi ini juga dibutuhkan kiat-kiat khusus supaya email yang kamu kirimkan telah sesuai dengan cara yang benar. Bukan seperti para spammers tentunya yang justru akan mendapatkan reputasi jelek bagi pelanggan tetap kamu.

Kenapa semua Digital Marketing Diatas Sangat Penting Untuk Bisnis Online Kamu?

 

Jika ada pertanyaan “Kenapa semua Digital Marketing Diatas Sangat Penting Untuk Bisnis Online Kamu?” Tentu jawaban khususnya adalah “Biar Sukses dan Dapat Untung dari Internet”.

Dan tidak berhenti sampai disitu saja, tentu banyak sekali manfaat yang bisa kamu lakukan dengan kesuksesan kamu tersebut. Mungkin kamu akan melakukan hal berikut ini.

Menghidupi Keluarga Tercinta

Jika sukses dengan bisnis online kamu, kamu bisa menjadi mediasi untuk menghidupi keluarga kamu. Selain jihad, ini adalah faktor penentu atas keberhasilan kamu juga lho..

Meminimalisir Tingkat Pengangguran

Memiliki niat dan keinginan mulia seperti meminimalisir tingkat pengangguran dengan cara mempekerjakan banyak karyawan terhadap bisnis kamu. Tentu dengan begitu maka orang-orang disekitar juga merasa dibantu.

Ekspansi Bisnis

Dengan meraih cuan atas bisnis online kamu, kamu juga dapat berpikir untuk masa yang lebih panjang dengan cara ekspansi bisnis. Dengan begitu tentu kamu akan mendapatkan berbagai macam pelajaran berharga lagi dan tentunya proses yang terbaik lagi untuk menuju keberhasilan selanjutnya.

Membahagiakan Orang Lain

Tugas mulia dari seorang yang berakhlak baik yaitu dapat juga untuk membahagiakan orang lain yang ada disekitar kita dan juga tentu membutuhkan. Dengan sukses berbisnis online, aku rasa semua itu bisa terjadi dan kamu dapat menjadi mediasi untuk membahagiakan orang lain.

Wah, sungguh menarik sekali ya kalau misalkan berbisnis online itu bisa sukses. Nah, ayo saatnya bekali diri kamu dan bisnis online kamu ke tempat yang tepat.

Kembangkan Bisnis Online mu dengan Strategi Digital Marketing Terbaik Bersama Dumet School

Dan tahukah kamu, kini di zaman serba internet (internet of things) telah ada salah satu penyedia Kursus Digital Marketing yang aku rekomendasikan dan tentunya telah memiliki reputasi yang baik. Apa itu dan dimana itu? Jawabannya adalah di Dumet School.

Dengan mengikuti kursus di Dumet School tentu akan membuat kamu memperoleh bekal yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis online kamu terutama dari sisi Digital marketing seperti yang telah aku sampaikan diatas. Nah untuk kelebihannya sendiri ternyata banyak sekali lho..

Kelebihannya jika kamu ikut kursus di Dumet School

Ada beberapa keunggulan atau kelebihan jika kamu mengikuti kursus di Dumet School ini diantaranya adalah Privat, Jadwal Fleksibel, Akses Materi Terupdate selamanya, Gratis Konsultasi, Terbukti berhasil, Memiliki kantor resmi, Dipercaya oleh perusahaan bonafit.

Privat (Fokus pada 1 Murid)

Kelebihan Dumet school dalam memberikan layanan kursusnya yaitu Kamu akan dibimbing langsung oleh instruktur yang berpengalaman dan juga tidak akan pernah pecah fokus. Hal itu karena sang instruktur fokus secara langsung pada diri kamu sehingga kesempatan belajar lebih dalam akan kamu dapatkan. Kamu juga akan memahami materi yang diberikan dengan cepat lalu di praktekkan pada perkembangan bisnis online kamu.

Jadwal Fleksibel

Bukan Dumet School namanya jika malah membuat rumit para murid yang sedang ingin mengemban ilmu. Di Dumet School semua jadwal kursus nya dapat kamu sesuaikan dengan jadwal kamu. Jadi kamu dapat bebas menentukan hari apa, jam berapa untuk mengikuti kursus sesuai waktu kosong kamu. Keren kan? Jadi menimba ilmu itu tidak ada batasnya dan sangat dimudahkan berkat kursus di Dumet School ini.

Materi Terupdate Selamanya

Untuk kelebihan berikutnya adalah kamu dapat selalu mendapatkan materi yang tentu sangat update mengikuti perkembangan. Misal seperti Digital Marketing pada SEO website, dimana algoritma google selalu update dan tentu kamu juga akan bakal mendapatkan update materi tersebut. Jadi kamu akan mendalami materi yang baru.

Gratis Konsultasi

Dumet School tidak mengenal prinsip “Lepas begitu saja”. Maksudnya adalah jika kamu menjadi murid dan telah lulus kursus yang kamu ikuti, maka kamu akan selalu berkesempatan penuh untuk mendapatkan layanan konsultasi gratis selamanya. Jadi Dumet School akan selalu mendukung kamu ketika kamu telah mempraktekkan ilmu yang di dapat dari kursus di Dumet School ini.

Terbukti Berhasil

Setiap materi yang diberikan oleh Dumet School merupakan materi yang sangat sesuai dan masih fresh untuk diterapkan terutama dalam hal bisnis online. Jika menerapkan sesuai maka akan terbukti berhasil. Seperti pada mantan murid yang bernama Defriansyah yang juga berprofesi sebagai digital marketer dimana kini ia bisa menghasilkan uang lewat internet.

Dipercaya Perusahaan Bonafit

Ada banyak sekali murid yang telah mengikuti kursus di Dumet School ini dan murid tersebut juga dari banyak kalangan. Itulah sebabnya Dumet School ini dipercaya oleh perusahaan bonafid seperti Djarum, BCA, Universitas Indonesia, Kompas.com , Detik.com, Telkomsel dan masih banyak lagi.

Memiliki Alamat Kantor Resmi

Dumet School bukan merupakan penyedia kursus ecek-ecek atau sembarangan. Karena Dumet School juga memiliki alamat kantor resmi yang bisa langsung di datangi jika ingin melihat aktivitas seluruh karyawan disana. Dan ini juga merupakan keunggulan dari Dumet School yang tentunya sangat valid dan bukan abal-abal.

Lantas untuk biaya kursusnya sendiri berapa? terutama pada kursus Digital Marketing tersebut?

Nah, gimana? Cukup terjangkau kan? dibandingkan dengan apa yang akan kamu dapatkan yaitu bekal dan materi belajar seputar Digital Marketing ini?

– Kesimpulan –

Sukses berbisnis online saat ini yaitu di zamannya internet merupakan suatu Pilihan. Antara mau atau tidak? Sanggup atau tidak? Konsisten atau tidak? atau bahkan Tau ilmunya atau tidak?

Jika siap untuk sukses berbisnis online, maka ada satu yang sangat penting yaitu bernama Digital Marketing. Dan Digital marketing itu sendiri merupakan Raja dari Pesatnya internet of things.

  • Tanpa Digital Marketing maka bisnis online kamu akan berjalan lamban
  • Tanpa Digital Marketing maka bisnis online kamu akan seperti kuburan yang sepi dari hiruk pikuk keramaian
  • Dan Tanpa Digital Marketing maka bisnis online kamu pun akan jauh dan gagal bersaing.

Itulah sebabnya, Digital Marketing Strategi sangat benar-benar Penting bagi perkembangan bisnis online kamu. Dan di Dumet School kamu akan memperoleh apa yang kamu cari dari sebuah makna tentang “Kesuksesan Berbisnis Online”.

Fendi Haris

Penulis

Silahkan kamu bisa juga untuk Follow akun Sosial Media Dumet School untuk mengetahui informasi teranyar seputar kursus dan tentunya juga berbagai promo menarik lainnya.

facebookinstagram

Kantor Jakarta
Ruko Permata Regensi Blok B – 18, Jalan Haji Kelik
Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat 11630
(Depan Hutan Kota Srengseng)
Telp: 021-5890-8355, 0812-9933-3913

Kantor Depok
Ruko Jalan Kartini Raya No. 53
Pancoran Mas, Depok 16436
(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)
Telp: (021) 7720-7657, 0812-9393-3210

Sumber dan Referensi:

  • Aset Dumet School
  • Olah Digital : Fendi Haris
  • Infografis : Fendi Haris

Artikel ini Original dan telah Lolos Uji di copyscape dan Artikel ini juga diikutsertakan ajang lomba blog yang diselenggarakan oleh Dumet School.

Demikianlah Artikel yang Berjudul “Digital Marketing itu Penting dan Merupakan Raja di Zaman Internet of Things!” ini telah Tayang. Semoga Bermanfaat.
Tutup Iklan
Close Ads