Gak Bikin Tekor, dan Ternyata Manajemen POAC Bisa diandalkan untuk meroketnya Ekspor!

Dalam proses jual beli antar negara memang wajib melakukan strategi yang Gak Bikin Tekor, dan Ternyata Manajemen POAC Bisa diandalkan untuk meroketnya Ekspor! Oleh sebab itu yuk bagi kamu para wirausahawan di indonesia untuk bersama-sama meningkakan potensi ekspor ini demi keberhasilan kita di kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara.

 

Sadar gak sih sebenarnya ada banyak sekali potensi ekspor yang ada di negara kita ini? Dan ternyata potensi tersebut bisa membuat ekonomi kita itu semakin maju dan berkembang. Namun dilain sisi, gak semua potensi tersebut bisa berkembang dengan baik. Dan tentunya ini juga berdampak pada ekspor kita juga menjadi kurang baik.

Makanya banyak juga usahawan yang gak melirik potensi ekspor ini atau bahkan menurutnya kurang menarik. Mereka biasanya hanya memikirkan tentang dagang lagi, dagang terus, tanpa putus dan yang lainnya aku gak ngurus. Padahal sejatinya di setiap dunia perdagangan itu ada skemanya. Jadi ada aturan yang dipakai untuk perekonomian bangsa dan negara. Jadi, apapun bentuknya dan sekecil apapun dagangan kita itu juga berdampak terhadap perekonomian bangsa ini.

Tahukah kamu, ternyata ada banyak hal yang sebenarnya bisa menyelamatkan posisi perdagangan kita seperti misalnya jika kita mengalami surplus perdagangan. Yaitu ekspor lebih besar daripada import. Oleh sebab itu, kita juga harus bisa sadar diri dan bersama untuk melakukan hal apapun yang sekiranya menurut kita dapat menyelamatkan perekonomian kita.

Mungkin kamu akan bertanya seperti ini “Memangnya kenapa ekspor kita itu harus ditingkatkan?” Nah, tahukah kamu bahwa dengan meroketnya ekspor maka bisa dipastikan pendapatan pengusaha akan ikut meningkat. Dan ternyata inilah yang justru akan berdampak pada kenaikan produksi yang tentunya juga akan semakin memerlukan tenaga kerja. Selain itu, dapat juga berdampak pada berkurangnya angka pengangguran di Indonesia. Dengan begitu jika pengangguran berkurang, maka pendapatan negara dari pajak juga ikut meningkat, sehingga pemerintah mempunyai banyak modal untuk pembangunan ekonomi secara tepat.

Oleh sebab itu kita juga harus bisa untuk menjaga kestabilan ekonomi. Bagaimana caranya? Yaitu dengan cara meningkatkan potensi ekonomi berskala ekspor.

Kalau kita berbicara mengenai ekspor, pasti akan tertarik bagaimana caranya untuk bisa bersaing di pasar internasional. Karena ada produk kita yang sudah ekspor namun tidak laku dipasar internasional. Selain itu, ada juga produk kita yang sudah punya nama di dalam negeri, namun ketika di ekspor malah gak laku di pasaran. Miris sekali kan?

Dan itulah yang menjadi salah satu dilema kita semua. Dan kenapa hal tersebut bisa terjadi pada produk kita? Ada apa yang salah? Nah, Untuk itu perlu kiranya diketahui apa saja faktor-faktor yang sekiranya bisa menaikkan skala ekspor kita. Berikut penjelasannya.

Produksilah suatu hal yang mencerminkan identitas/karakter bangsa

Ada banyak produk kita yang hampir sama dengan negara tetangga. Kita tidak perlu minder. Masih banyak hal positif yang justru bisa kita lakukan. Salah satunya adalah memproduksi produk yang dapat mencerminkan karakter bangsa yaitu bangsa Indonesia.

Sebenarnya ini yang mulai tergerus dan ditinggalkan oleh para pelaku ekonomi di indonesia. Dan mereka cenderung lebih bangga jika membeli produk dari Luar Negeri.

Menyediakan ruang yang bisa menggabungkan karya-karya anak bangsa

Produk anak bangsa sangat banyak yang potensial dan bermutu. Akan tetapi tidak adanya wadah yang bisa mengembangkan dan juga memasarkan produk, tentu akan menyulitkan para pelaku usaha khususnya yang baru berkembang untuk maju.

Di negara kita sebenarnya ada wadah bernama SMESCO, namun sayangnya tidak semua pengusaha dapat memasarkan produknya di sana dikarenakan beberapa kendala pada pemasaran dan juga yang lainnya. Nah, untuk itu maka diperlukan suatu wadah yang bisa merangkul mereka semuanya.

Pemasaran bisa terjangkau ke seluruh customer atau calon customer

Produk tidak akan dikenal oleh orang lain apabila tidak ada pengenalan terhadap produk tersebut. Oleh sebab itu perlu namanya pemasaran yang dapat terjangkau ke semua pelaku usaha di seluruh Indonesia.

Namun faktor ini juga kerap menjadi salah satu kendala yang di alami oleh wirausahawan. Terutama bagi mereka yang berada di pedalaman dan akses yang sungguh masih terbatas sekali.

Pemerintah membantu promosi

Dengan adanya promosi di berbagai bidang, maka akan membantu upaya pemerintah dalam memasarkan produk. Penguatan promosi dari hulu ke hilir ini juga akan memperkuat skala ekspor yang akan terjadi. Salah satu kendala umum yang sering ditemui dan dialami oleh para wirausahawan yaitu tentang promosi ini.

Semakin pemerintah memberikan layanan yang seluas-luasnya dalam menggemakan dan mempromosikan produk dalam negeri, maka ekspor pun akan meningkat dengan sendirinya. Oleh sebab itu, kolaborasi antara para wirausahawan lokal dengan pemerintah memang harus digawangi dengan baik. Di indonesia ada Kemenparekraf RI (Kementrian Pariwisata dan ekonomi kreatif Republik Indonesia) yang sepak terjangnya aku akui baik sekali.

Bantuan modal dari pemerintah

Selain kendala pemasaran dan promosi, ternyata faktor modal menjadi perhatian serius untuk meningkatkan ekspor kita. Kenapa begitu? Kita ketahui bahwa kadang ada masyarakat yang mempunyai lahan namun gak punya modal untuk membuat lahan tersebut produktif.

Dan ini banyak sekali ditemui. Modal memang menjadi salah satu kunci. Cikal bakal ekspor pun akan semakin digeluti. Oleh para usahawan yang berdikari. Oleh sebab itu, bantuan semacam modal dari pemerintah juga menjadi sarana dan fasilitas yang perlu disyukuri. Dengan begitu masyarakat dapat mengembangkan usahanya walaupun terbatas dengan pendapatan yang rendah.

Pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan potensi masyarakat

Untuk meningkatkan ekspor memang dibutuhkan banyak sekali strategi. Salah satunya adalah seperti mengadakan pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan potensi masyarakat yang sedang menggeluti dunia usaha. Dengan pelatihan dan pendidikan tersebut maka akan memacu masyarakat agar menjadi pribadi yang kuat dan bermartabat.

Kuat dalam menjalani berbagai macam usaha yang digelutinya. Baik secara fisik maupun mental. Memahami dan memiliki standar diri untuk senantiasa bisa ekspor produknya secara optimal. Dengan begitu, maka peningkatan ekspor di Indonesia menjadi semakin maksimal.

Perbaiki manajemannya yaitu dengan POAC

Nah untuk yang terakhir dalam membuat ekspor itu meroket atau mengalami kenaikan yang signifikan adalah dengan cara memperbaiki sisi manajemennya.

Salah satu cita-cita para usahawan adalah dapat mengekspor produknya ke luar negeri. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi manajemen bisnis seperti POAC sebelum terjun berbisnis kesana kemari. Ini adalah salah satu strategi yang di klaim telah berhasil dan juga digemari. Tentu ini juga dibutuhkan proses yang tidak semudah membalikkan ibu jari.

POAC sendiri merupakan singkatan dari Planning, Organizing, Actualing dan Controling. Metodenya juga beragam dan tergantung dari pola bisnis masing-masing. Apalagi mengenai teknik seperti pada marketing. Baik mari kita ulas sekarang juga daripada pusing. hehe..

Planning

Pertama ada namanya Planning atau Perencanaan. Aku yakin semua akan setuju terhadap quotes populer dari pak Jusuf Kalla yang berbunyi seperti ini “Pekerjaan yang baik tanpa perencanaan hanya akan menjadi sulit. Dan Perencanaan yang baik tanpa pelaksanaan hanya akan jadi arsip.”

Dari quotes tersebut memang benar secara logika bahwa jika kita merupakan wirausahawan yang kerjaannya selalu bekerja keras namun tidak dibarengi dengan perencanaan maka kita itu akan sulit dalam menentukan seperti apa dan bagaimana target kita selanjutnya.

Nah, oleh sebab itu dibutuhkan namanya Planning atau perencanaan yang mapan. Supaya kita bekerja keras juga bukan hanya sekadar untuk makan. Melainkan dapat melahirkan banyak karyawan. Planning apa yang bisa diterapkan? Merencanakan ekspor ke luar negeri produk jualan atau dagangan.

Organizing

Yang kedua ada Organizing atau Pengorganisasian. Sebesar apapun usaha kita selaku usahawan di indonesia, tanpa adanya organisasi yang baik di dalamnya maka itu semua hanyalah sia-sia. Lho kok bisa? Begini.. Misal kamu kini sedang mempunyai bisnis jualan yang terbilang besar sekali omsetnya, namun di dalam kantor maupun tempat kerja kamu pengorganisasiannya masih kalang kabut. Admin yang biasanya bertugas data surat masuk dan surat jalan juga merangkap kerja jadi customer service, sales juga atau cleaning service juga.

Kira-kira apa yang akan terjadi? Aku jamin perusahaan tersebut dalam waktu dekat akan cacat. Nah oleh sebab itu memang dibutuhkan namanya pengorganisasian secara tepat. Agar roda bisnis juga bisa selamat. Apa yang harus dilakukan? Mencari karyawan yang kompeten untuk mengisi pekerjaan sesuai dengan yang kamu tawarkan. Intinya tidak ada karyawan yang merangkap pekerjaan.

Hubungan dengan potensi peningkatan ekspor itu apa? Hubungannya adalah dengan pengorganisasian ini maka akan tercipta sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya dan fokus pada bidang pekerjaan tersebut. Dengan begitu, ekspor produk ke luar negeri tidak akan pernah kalang kabut.

Actualing

Yang ketiga ada namanya Actualing atau Penggerakan. Jika kita telah melakukan perencanaan dan juga pengorganisasian namun kita tidak melakukan penggerakan maka itu sama halnya dengan mimpi belaka.

Lho kok bisa? Iya karena sebuah perencanaan dan pengorganisasian itu sebenarnya adalah sebuah konsep. Dimana jika ingin berhasil dalam memenuhi misalnya namanya visi dan misa maka juga dituntun untuk gerak cepat atau gercep.

Dengan begitu maka akan ada kesinambungan antara apa yang telah direncanakan, kemudian di organisasikan dan juga bagaimana cara menggerakkannya atau melakukannya. Tentu dalam melakukan actualing ini akan selalu di monitor dan di koordinasikan seperti misalnya pada kamu selaku owner perusahaan.

Controlling

Untuk yang terakhir adalah Controlling atau Pengawasan. Penting sekali ini dilakukan agar kamu selaku pengekspor barang produk jualan kamu agar selalu tepat prosesnya. Misalnya adanya pengawasan dari hulu ke hilir yaitu dari tempat produksi atau pabrik atau bahkan tempat bahan mentahnya.

Kemudian pengawasan di bagian pendistribusiannya. Tentu kamu gak mau kan gara-gara ekspor barang produk eh malah tekor? Tekornya pun didapati misal ada karyawan yang curang dan tidak jujur dalam mendistribusikan barang dagangan kamu.

Bahkan pengawasan ini juga bisa kamu pertajam yaitu saat barang yang kamu ekspor benar-benar sampai ke tangan pelangganmu di luar negeri. Dan juga memastikan barang yang kamu kirimkan sampai ke pelangganmu dengan selamat.

Jika kamu lakukan dengan lancar pasti kamu akan hidup tenang tanpa harus tekor gara-gara ekspor. Namun ada satu lagi yang perlu kamu ketahui jika bisnis kamu meroket dan hendak mengekspor produk kamu keluar negeri dengan aman. Bagaimana caranya? saatnya Kamu harus tahu tentang Mister Exportir.

Mau Ekspor yang aman? Jadikan Mister Exportir Menjadi Pilihan!

Siapa yang tidak senang jika potensi eskpor di indonesia itu meningkat? Aku rasa, semua wirausahawan yang terlibat langsung dalam mengekspor produknya juga memiliki peranan yang sangat vital sekali. Namun bagaimana bagi para usahawan yang baru memulai? Dan lagi bingung bagaimana caranya ekspor barang ke luar negeri?

Tenang, ada Mister Exportir.

Kita ketahui bahwa dalam mengekspor barang ke luar negeri itu, kamu diwajibkan untuk mengetahui terlebih dahulu barang atau produk yang dilarang. Karena kalau tidak, maka produk yang kamu ekspor tidak akan dapat diterima walaupun kamu berteriak kencang. Oleh sebab itu kamu perlu ancang-ancang.

Selain dari sisi produk yang hendak di ekspor, kamu juga harus mempersiapkan beberapa dokumen penting untuk mendukung proses ekspor barang tersebut menjadi lancar. Lalu bagaimana jika masih belum punya? Karena untuk mengurus dokumen tersebut dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Nah itulah alasan kenapa kamu harus tahu tentang mister eksportir ini. Karena mister exportir akan membantu seluruh proses ekspor barang kamu dan tak terkecuali juga pada dokumen-dokumen penting yang memang harus dilampiri.

Lantas, apa saja sebenarnya keunggulan dari mister eksportir ini?

Undername Service

Keunggulan yang pertama dari Mister Exportir ini yaitu Undername Service. Dimana dapat menyediakan peminjaman lisensi ekspor yang terdiri dari banyak bidang atau komoditas barangnya.

Jadi dengan layanan ini tentu dapat membantu banyak sekali para usahawan yang ingin mengekspor produknya keluar negeri. Tanpa ngeri. Karena telah terbukti. Sehingga wirausahawan hanya cukup fokus pada quality dan quantity.

Custom Clearance

Keunggulan kedua dari Mister Exportir adalah dapat menyediakan layanan berbagai administrasi baik dari pengiriman barang atau pengeluaran barang.

Jadi, mau yang berhubungan dengan kepabeanan ataupun administrasi pemerintah sekalipun dapat dilakukan dengan gampang. Kamu mau ekspor barang atau produk sebanyak apapun itu pasti akan senang.

Find Out Suppliers

Keunggulan berikutnya atau yang ketiga dari Mister Exportir adalah dapat melayani kamu selaku wirausahawan lokal dalam mencarikan suppliers yang benar-benar tepat dan solid.

Jadi, selain kamu dapat ekspor barang dengan selamat maka kau juga mendapatkan rekomendasi calon suppliers yang bisa kamu follow up.

Contract Sales Export

Keunggulan keempat Mister Exportir adalah dapat menjalin kontak kerjasama dalam bidang penjualan barang yang erat hubungannya dengan namanya ekspor.

Jadi ini benar-benar menguntungkan bagi kamu karena ada peluang yang besar dalam memperluas relasi bisnis.

Land Transportation, Sea freight dan Air freight

Keunggulan kelima adalah mister exportir memiliki armada untuk logistic domestic di seluruh indonesia. Selain itu mode pengirimannya bisa via laut maupun via udara.

Jika melalui via laut yaitu via pelabuhan dan untuk via udara yaitu via bandara. Bisa untuk Full Container Load (FCL) maupun Less Container Load (LCL).

Nah bagaimana? Mister Exportir memang dapat membantu kan? Jadi silahkan untuk menjadikan Mister Exportir menjadi pilihan dalam memilih layanan ekspor terbaik di indonesia.

Sumber Referensi dan Backlink:

Demikianlah artikel ini telah tayang. Tulisan ini di ikutkan ajang Lomba Blog yang diselenggarakan oleh XPortir.com