Gak Perlu Pusing, Kini Popmama Parenting Academy 2020 Hadirkan Edukasi, Hiburan Hingga Shopping!

Punya smartphone canggih tapi masih gagap teknologi? Tenang dan Gak Perlu Pusing, Kini Popmama Parenting Academy 2020 Hadirkan Edukasi, Hiburan Hingga Shopping!

 

Saat ini kita semua berada di jaman serba digital. Apa pun aktivitas kita dilakukan dengan cepat dan efisien dengan bermodalkan aplikasi instal menginstall. Selain aplikasi, kita juga dapat memanfaatkan koneksi internet untuk mencari beragam informasi. Seperti misalnya tentang seputar edukasi.

Jangankan edukasi, urusan perut keroncongan di tengah malam juga bisa mendapatkan solusi. Tentu berkat adanya konektivitas internet dan perkembangan teknologi yang menjembatani. Kita semua mengenalnya dengan istilah Internet of things yang menjadikan segala sesuatu bisa dijawab dengan cepat melalui internet terutama pada kebutuhan sehari-hari.

Dan salah satu dari sekian banyak kebutuhan sehari-hari yang memang sangat perlu informasinya adalah di dunia parenting atau ke orangtuaan. Kita akan menemukan cara mengasuh dan membesarkan anak dengan baik dan benar.

Jadi Orang Tua memang dituntut untuk selalu mencari tau Pentingnya Edukasi Parenting

Aku yang saat ini merupakan seorang ayah yang memiliki 2 orang anak yang masih balita yakni anak pertama berusia 3 tahun dan anak kedua berusia 4,5 tahun memang diwajibkan juga untuk memahami berbagai keilmuan dalam mendidik, mengasuh dan membesarkan anak dengan metode yang tepat. Alias tidak sembarangan.

Sebagai kaum ayah muda, memang tidak perlu gengsi dan tidak perlu takut untuk mengakui pada publik dalam merawat buah hatinya. Jika memang harus mencari informasi edukasi parenting adalah solusi, maka lakukanlah dengan penuh percaya diri. Dan ini yang aku lakukan untuk kedua putriku yang merupakan buah hati dari janji suci.

Gak perlu Pusing hanya untuk sebuah Edukasi Parenting

Mungkin jika pada jaman orang tua kita dulu sangat minim sekali dalam mengakses informasi karena teknologi masih belum berkembang dengan pesatnya, maka berbeda dengan saat ini dimana kita terutama para ayah-ayah muda sedunia dapat dengan mudahnya menggali informasi yang tepat untuk mengasuh buah hati.

Mungkin dulu orang tua kita selalu pusing dalam membesarkan dan merawat kita ini. Karena edukasi parenting saat itu masih cenderung klasik dari mulut ke mulut dan dari turun temurun. Bahkan mitos lebih kental peranannya dibandingkan dengan fakta yang sebenarnya. Dan sepertinya jika jaman masih belum berkembang pesat seperti saat ini, rasanya kita semua akan merasa pusing tujuh keliling dalam membesarkan buah hati karena minimnya informasi dan edukasi.

Gak perlu Pening, hanya untuk sekedar Shopping

Mungkin juga jika kita masih berada di jaman yang belum pesat teknologi, urusan belanja atau shopping akan menjadi pikiran yang tak kunjung padam. Pening rasanya. Seperti misalnya: Lagi butuh-butuhnya beli susu anak di rumah dan mau gak mau harus keluar rumah mengunjungi toko susu, namun di jalan ternyata turun hujan dengan derasnya.

Kebayang gak tuh gimana peningnya? Anak pasti sudah nangis kencang, belum lagi sakit gara-gara menerobos hujan. Ya kan?

Beruntung sekali, kini kita berada di pesatnya teknologi digital, dimana semuanya dapat memperoleh solusi atas berbagai permasalahan diatas. Kini cukup akses smartphone terus shopping, barang pun langsung dikemas dan dilakukan pengiriman. Kita bisa terima beres di rumah tanpa pusing-pusing lagi.

Nah untuk menjawab semua itu supaya kita selaku orang tua gak pusing lagi dalam urusan parenting, maka dibutuhkan sebuah wadah tepat yang benar-benar penting. Wadah tersebut bernama Popmama Parenting Academy 2020.

Popmama Parenting Academy (POPAC) 2020 menjadi Wadah Penting

Mungkin sebagian besar dari kamu terutama para mama dan papa muda di indonesia tidak asing lagi mendengar Popmama Parenting Academy (POPAC). Popmama Parenting Academy ini merupakan tempat belajar untuk semua keluarga millenial yang ada di indonesia yang dikemas dengan berbagai macam acara setiap tahunnya.

Saat ini di tahun 2020, Popmama Parenting Academy kembali mengadakan acara rutin tahunan tepatnya tahun ketiga. Dimana di tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2018 dan 2019 acara diselenggarakan secara offline yang diikuti sebanyak lebih dari 7000 mama dan papa.

Di tengah Pandemi, Popmama Parenting Academy 2020 diselenggarakan Virtual

Berhubung hingga saat ini bangsa indonesia masih berada di tengah pandemi, tak menyurutkan tim dari popmama untuk tetap menyelenggarakan acara tahunan yaitu Popmama Parenting Academy 2020.

Namun ada perbedaan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan secara offline. Popmama Parenting Academy 2020 ini diselenggarakan via virtual. Namun, apakah tidak seseru tahun sebelumnya? Jawabannya adalah tetap seru, karena ada banyak sekali narasumber yang sharing mengenai edukasi parenting ini .

Keseruan acara Popmama Parenting Academy 2020 dilakukan selama 6 hari yakni dari tanggal 28 september sampai 3 otober 2020. Dan setiap harinya ada kegiatan seru yang rugi jika ditinggalkan. Lantas apa saja acara yang berlangsung selama Popmama Parenting Academy 2020 ini?

Jadwal Acara Popmama Parenting Academy 2020 Virtual ‘Gratis’

Kegiatan acara Popmama Parenting Academy 2020 ini memang tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis. Ada yang melalui webinar, kulwhap dan juga live streaming. Dan berikut ini adalah jadwal acaranya.

Pada pembukaan acara Popmama Parenting Academy 2020 yaitu pada tanggal 28 september 2020 ada beberapa kelas yang bisa diikuti secara gratis seperti:

  • Jam 1 siang sampai jam 3 sore ada kulwhap dari narasumber dr. Sylvia Haryeny, IBCLC yang merupakan Konsultan dan Konselor Laktasi di Brawijaya Hospital Antasari. Tema yang akan dibahas adalah MPASI Premium untuk bayi sehat dan cerdas – Prinsip MPASI Premium.
  • Jam 3 sore sampai 5 sore ada webinar yang akan diberikan oleh dr. Ameetha Drupadi, CIMI yang merupakan Konselor Laktasi RS Mayapada. Kemudian dilanjutkan dengan edukasi yang diberikan oleh Tantri Syalindri yang merupakan musisi dan vocalis band kotak. Tema yang diangkat juga cukup menarik yaitu Pijat Payudara, Agar ASI lancar Bayi Sehat.
  • Jam 6 sore sampai 6.30 dilanjut dengan Live streaming di youtube maupun website, yang diberikan oleh seorang Praktisi Pendidikan Anak yaitu Niesa Handayani, S.Psi, PGD dengan tema “Play Theraphy Untuk Solusi Tepat Atasi Strees pada anak saat dirumah saja”.
  • Jam 6.30 sampai 7 malam dilanjut dengan Live streaming dari Dokter Spesialis Anak RSPI – Puri Indah yaitu dr. Ellen Wijaya, Sp.A yang memberikan Tips pertolongan pertama untuk anak di masa pandemi.
  • Jam 7 malam sampai 7.30 malam dilanjutkan Live streaming oleh 2 narasumber keren yaitu Neha vaswani dan juga dr. Reza Fahlevi, Sp.A. Neha Vaswani merupakan Co-founder of happy teepee arts & mindfullness Atelier, Jakarta. Sedangkan dr.Reza Fahlevi Sp.A merupakan paediatrician klikdokter.com. Mereka berdua siap memberikan tema “Stimulasi untuk anak yang siap menghadapi masa depan”.
  • Jam 7.30 sampai 8.30 malam dilanjutkan dengan acara Popmama Exclusive Deals – Day 1. Nah disini dapat dengan mudah untuk berbelanja atau shopping tanpa harus pusing lagi.
  • Jam 8.30 – 9 malam dilanjutkan dengan acara Siasati pengelolaan keuangan di masa pandemi. Dengan narasumber yaitu Rista Zwestika Reni, S.SOS, AWP, CFP yang merupakan Financial Planner Finansialku.com

Keesokan harinya keseruan acara dari Popmama Parenting Academy 2020 digelar kembali. Dan pada tanggal 29 september 2020 ini merupakan hari kedua. Ada apa saja keseruan acaranya? Simak berikut ini.

  • Pukul 15.00 – 17.00 diselenggarakan acara via Webinar yaitu di Zoom dengan tema “Workshop Masak MPASI Premium”. Pembicara kali ini yaitu datang dari seorang chef sekaligus presenter yaitu Chef Amy Zein.
  • Pukul 18.00 – 18.30 dilanjutkan dengan “Bicara tentang Pola Asuh Alpha Generation” via Youtube Live Streaming Popmama atau via website. Narasumbernya yaitu seorang Psikolog anak dan remaja yaitu Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHPEd
  • Pukul 18.30 – 19.00 dilanjutkan dengan Live streaming seputar “Cerebral Palsy Awareness : Inspirasi dunia rana mengasuh anak berkebutuhan khusus” dengan narasumber Iis. R. Soelaeman yang juga merupakan Co-Founder Rumah Cerebral Palsy.
  • Pukul 19.00 – 19.30 dilanjutkan dengan Live streaming dengan narasumber Dr. dr. Nasrudin AM, SpOG(K), MARS yang juga merupakan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Membahas tema yaitu “Tips menjaga kehamilan sehat di saat pandemi”.
  • Pukul 19.30 – 20.30 seperti biasa dilanjutkan dengan acara Popmama Exclusive Deals – Day 2. Mama dan papa muda dapat shopping karena ada banyak promo menarik popmama yang bekerjasama dengan Tokopedia.
  • Pukul 20.30 – 21.00 acara dilanjutkan dengan Live Streaming Youtube oleh dr. UF Bagazi SpOG yang akan mengupas tuntas tema “Teknologi yang bisa membantu mama mendapatkan kehamilan sehat”.

Dihari ketiga tepatnya hari rabu, tanggal 30 september 2020 Popmama Parenting Academy 2020 siap melanjutkan acara serunya via virtual seperti melalui whatsapp, youtube, zoom maupun via website popmama. Untuk acara di hari ketiga ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pukul 14.00 – 16.00 acara berlangsung via whatsapp / kulwhap yang mengangkat tema 1001 strategi untuk generasi unggul: Membangun mental pantang menyerah”. Narasumber kali ini adalah seorang Psikolog Anak TigaGenerasi yaitu Fathya Artha Utami M.Psi., Psikolog
  • Pukul 16.00 – 18.00 dilanjutkan dengan acara webinar via zoom yang membahas tentang “Prenatal Yoga For Resilient Mama”. Dengan narasumber yaitu Jamilatus Sadiyah Amd, Keb yang merupakan Bidan, praktisi Hypnobirthting dan Prenatal Gentle Yoga dan juga Harumi PS yang merupakan beauty dan Lifestyle digital creator.
  • Pukul 18.00 – 18.30 saatnya menuju Live streaming youtube atau website popmama. Ada pembicara Irma Gustiana A, S.Psi, M.Psi, Psikolog yang merupakan psikolog anak, remaja dan keluarga. Tema yang dibahas adalah “Mencetak Anak Unggul dengan Cara Hidup Bijaksana dan Baik”.
  • Pukul 18.30 – 19.00 saatnya sharing bidang keuangan di Live streaming. Hadir sebagai pembicara yaitu Safir Senduk yang merupakan perencana keuangan dan juga Ariavita Purnamasari yang merupakan Head of Brand Marketing Communication Adira Insurance. Tema yang dibahas adalah “Tips dan Siasat Pengelolaan Keuangan Agar Masa Depan Anak Terjamin”.
  • Pukul 19.00 – 19.30 dilanjutkan dengan live streaming dari Lala Tangkudung. Seorang broadcaster dan Public Speaker yang siap untuk berbicara tentang “Tips dan Trik Berkomunikasi Efekstif dengan Anak”.
  • Pukul 19.30 – 20.30 dilanjutkan dengan acara Popmama Exclusive Deals – Day 3. Ini yang ditunggu-tunggu buat mama papa yang ingin belanja dengan mudah, aman dan menyenangkan.
  • Pukul 20.30 – 21.00 lanjut ke Live streaming dari Seorang Spesialis Kebidanan, Konsultan Fertilitas Endokrinologi Reproduksi yaitu dr. Yassin Yanuar MIB, SpOG (K), MSc yang memberikan pembahasan tentang “Siapkan Bayi unggul sejak dalam kandungan”

Memasuki bulan baru yaitu 1 oktober 2020, Popmama Parenting Academy 2020 siap untuk melanjutkan acara virtualnya untuk hari yang keempat. Ada apa saja jadwalnya? Silahkan simak berikut ini.

  • Pukul 13.00 – 15.00 diisi oleh dr. Margareta Komalasari, SpA yang merupakan dokter spesialis anak. Tema yang dibahas adalah “1001 Strategi untuk generasi unggul: Persiapan anak unggul di masa emas tumbuh kembang”. Dan bisa mama papa ikuti melalui via whatsapp / kulwhap.
  • Pukul 15.00 – 17.00 saatnya menuju webinar via zoom karena akan membahas seputar “Baby Massage Workshop” yang di isi oleh pembicara yaitu Bidan Shalsabila, AM.Keb selaku bidan, konselor laktasi dan baby massage certified. Kemudian ada juga Vicky Shu yang merupakan entertainer dan juga entrepreneur.
  • Pukul 18.00 – 18.30 saatnya pantengin Live streaming via youtube maupun website popmama karena akan ada tema yang membahas tentang “Pentingnya mengelola pola tidur sehat untuk ibu hamil dan ibu baru”. Pembahasan tersebut dilakukan bersama founder snoring and sleep disorder clinic pertama di indonesia yaitu dr. Andreas Prasadja, RPSGT
  • Pukul 18.30 – 19.00 di Live streaming popmama akan dilanjutkan membahas tentang “Tips dan Trik menjaga kesehatan anak di Masa Pandemi”. Dibahas langsung bersama dr. Rouli Nababan, SpA selaku Dokter Spesialis Anak.
  • Pukul 19.00 – 19.30 dilanjutkan dengan Live streaming yang membahas tentang “Tips Mencetak Anak Berprestasi”. Langsung dibahas oleh 2 orang yang kompeten dibidangnya. Pertama, ada Psikolog anak TigaGenerasi yaitu Saskhya Aulia Prima, M.Psi., Psikolog dan kedua ada dr. Attila Dewanti SpA (K) Paedritician Brawijaya Hospital, Antasari
  • Pukul 19.30 – 20.30 dilanjutkan dengan acara Popmama Exclusive Deals – Day 4 yang siap menemani mama dan papa untuk mencari kebutuhan si kecil.
  • Pukul 20.30 – 21.00 Lanjut membahas tentang tema “Anak Melek Teknologi, Memang Bisa?” di Live streaming youtube popmama maupun via website popmama. Narasumbernya adalah Najeela Shihab yang merupakan Head of @sekolah.mu

Pada hari Jumat yaitu 2 oktober 2020 akan memasuki Hari kelima dari acara Popmama Parenting Academy 2020. Dan berikut adalah jadwal atau Rundown.

  • Pukul 13.00 – 15.00 Digelar acara via whatsapp / kulwhap dengan narasumber Putu P.D Andani M.Pso., Psikolog yang siap membahas dan sharing seputar “Tips dan Trik Keluarga Sehat Mental di masa penuh tantangan 4.0”
  • Pukul 15.00 – 17.00 dilanjutkan dengan acara virtual Webinar via Zoom dengan tema ” Workshop DIY Toys for Toodler” yang ditemani oleh Ahmad Syahid Zakaria selaku Co- Founder & Headmaster Kalananti. Selain itu ada juga aktris cantik yaitu Fanny Fabriana.
  • Pukul 15.00 – 17.00 di Jam yang sama dengan webinar zoom, juga mengadakan acara melalui whatsapp / kulwhap dengan tema “A-Z Pregnancy Tips For Resilient MAMA”. Diisi oleh pembicara dr. febriansyah darus, SpOG, KFM dan juga Harumi PS selaku lifestyle digital creator.
  • Pukul 18.00 – 18.30 saatnya Live streaming di youtube dan juga website popmama dengan tema “Tren Produk Halal, Bagaimana Bijaksana dalam Berbelanja dan Cara menemukan barang yang benar-benar halal”. Di isi oleh Natalya Kurniawati seorang Peneliti YLKI.
  • Pukul 18.30 – 19.00 dilanjutkan dengan acara Live streaming oleh Rendra Yoananda, M.Psi., Psikolog dengan tema “Tips dan Trik Komunikatif Efektif Suami-Istri”
  • Pukul 19.00 – 19.30 dilanjutkan dengan tema “memahami cara anak berekspresi” yang diisi oleh Raisa Wirapersada selaku founder kim&klin dan juga Ajeng Raviando selaku Psikolog anak,remaja dan keluarga.
  • Pukul 19.30 – 20.30 dilanjutkan dengan acara Popmama Exclusive Deals – Day 5
  • Pukul 20.30 – 21.00 dilanjutkan Live Streaming seputar tema “Cara Kompak MAMA dan PAPA Agar anak tumbuh kembang dengan maksimal”. Dengan pembicara adalah Hertha Christabelle Hambalie, M.Psi., Psikolog yang juga merupakan Associate Psycologist ibunda.id

Dan ini adalah acara terakhir Popmama Parenting Academy 2020 yang diselenggarakan pada tanggal 3 oktober 2020. Ada apa saja acaranya? Simak dibawah ini.

  • Pukul 13.00 – 15.00 seperti biasa dilakukan acara virtual via whatsapp / kulwhap. Dengan narasumber adalah Yusandi Rezki Fadhli S.Psi selaku Konselor Psikologi Aku Pintar. Siap sharing seputar tema “1001 Strategi Untuk Generasi Unggul: Profesi Harapan di Masa Depan, Mama Sudah Tahu?”
  • Pukul 16.00 – 17.00 dilanjutkan dengan acara Webinar via Zoom yaitu acara Nussa dan Rara. Sebuah edukasi digital bagi keluarga yang benar-benar keren dan edukatif.
  • Pukul 18.00 – 18.30 saatnya untuk menuju Live streaming youtube atau website popmama karena ada acara dengan tema “Ulik Bakat dan Kecerdasan si kecil sejak dini” dengan pembicara yaitu Pritta Tyas Mangestuti, M.Psi., Psikolog selaku Associate Psychologist ibunda.id dan juga founder dari Sekolah bumi nusantara montessori.
  • Pukul 18.30 – 19.00 dilanjutkan dengan Live streaming dari Dr. Caroline Tirtajasa SpOG (K) yang membahas tentang “Metode Terapi Kesuburan dan Efektivitasnya Untuk Mendapat Keturunan”. Cocok sekali nih bagi mama dan papa muda yang sedang program hamil.
  • Pukul 19.00 – 19.30 dilanjutkan dengan Live streaming bersama Hilyani Hidranto selaku Instruktur Pound Fit yang siap untuk berbagi seputar “Tips dan Trik Keluarga Sehat di Tengah Pandemi dengan Olahraga Bersama”.
  • Pukul 19.30 – 20.30 dilanjutkan dengan acara Popmama Exclusive Deals – Day 6
  • Pukul 20.30 – 21.00 dilanjutkan dengan Acara Live Streaming tentang “Trik Belanja Cermat dan Hemat agar masa depan keuangan terjamin”. Selaku pembicara yaitu Ligwina Hananto yang merupakan Lead Financial Trainer QM Financial.

Kesimpulan

Salah satu wadah atau tempat untuk menimba edukasi seputar parenting, hiburan dan juga shopping adalah Popmama Parenting Academy 2020. Jika dilihat dari Rundown atau acaranya ternyata diisi dengan narasumber yang kompeten seperti Dokter, Psikolog, Entertrainer, Entrepreneur, Musisi, Content Creator dan Para Founder berpengalaman di bidangnya yang siap berbagi edukasi terutama seputar Parenting dengan tema yang berkualitas sekali.

Acaranya juga seru walau secara virtual. Karena Panitia atau Tim telah membagikan dengan 3 cara seperti Misal siang yaitu melalu Whatsapp / Kulwhap, Sore melalui Webinar Zoom dan juga saat malam yaitu Live streaming melalui Youtube dan juga di Website Popmama. Tentu ini sangat memudahkan sekali bagi mama dan papa muda yang ada di indonesia untuk menimba ilmu dan wawasan serta tak lupa untuk shopping.

Jadi Kehadiran Popmama Parenting Academy (POPAC) 2020 ini telah memberikan banyak sekali manfaat terutama dapat mengedukasi yang butuh dan minim informasi. Dengan begitu semoga tahun-tahun berikutnya acara popmama parenting academy dapat memberikan lebih banyak lagi manfaat terutama jika indonesia telah bebas dari pandemi.

Sumber dan Referensi:

  • Aset Popmama Parenting Academy Instagram
  • Olah Digital : Fendi Haris
  • Infografis : Fendi Haris

Demikianlah atikel tentang Gak Perlu Pusing, Kini Popmama Parenting Academy 2020 Hadirkan Edukasi, Hiburan Hingga Shopping! ini telah tayang. Semoga Bermanfaat.