Penjualan Makin Santer di Harbolnas BliBli.com Ini Kiat Untuk Seller

Kamu seorang seller di blibli.com dan ingin penjualanmu makin santer? Apalagi sebentar lagi memasuki event tahunan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional)? baca dan persiapkan kiat khususnya disini.

Memimpikan menjual produk dengan jumlah besar adalah impian semua para penjual terkhusus di blibli.com, karena pada hakikatnya, jika jualan laris maka pendapatan dan penghasilanpun juga tidak akan miris. Sehingga membuat penjual sedang mengarahkan seluruh tenaga dan kemampuannya untuk berjualan online.

Namun ada suatu ketika penjualan dan transaksi akan meningkat hingga 12 kali lipat dibanding hari biasanya yaitu karena diperingatinya Hari Belanja Online Nasional atau yang disingkat dengan HARBOLNAS.

Harbolnas sendiri dalam setahun diperingati sebanyak 3x yaitu setiap tanggal 10 Oktober, 11 November, dan 12 Desember.

Penjualan Makin Santer Dengan Memperhatikan Hal Berikut ini

Untuk menjadikan Penjualan santer selain datangnya harbolnas adalah memperhatikan faktor berikut ini seperti:

  1. Produk Fast Moving. Produk ini merupakan produk yang paling banyak dicari dan dibeli oleh konsumen dan pergerakan barang juga sangat cepat.
  2. Harga Bersaing. Memperhatikan harga juga sangat penting, jangan mematok harga yang tinggi dan jangan pula mematok harga yang terlalu rendah. Pasanglah harga yang sangat sesuai dengan nilai dari suatu barang yang hendak dijual tersebut.
  3. Perhatikan Packing. Pengemasan juga menjadi faktor penentu keberhasilan penjualan makin santer. secara umum pengemasan produk yang baik akan meminimalisir adanya tingkat kerusakan pada barang dagangan kita dan menjauhi namanya retur dan komplain produk.
  4. Description and Review is a King. Produk tanpa deskripsi, ibarat masakan tanpa garam yang kurang pas rasanya. Deskripsi yang menarik serta detail kemudian dipadukan dengan bahasa yang menarik minat konsumen akan membuat sebagian besar konsumen akan langsung melakukan pembelian. kemudian konsumen akan memberikan ulasannya. ulasan sangat penting karena dapat mempengarui secara psikologis calon konsumen lain yang hendak membeli produk yang kita jual.
  5. Berdaya Saing. Ketika toko online telah popular dan ngetrend dengan terbukti penjualan telah santer maka membuktikan bahwa toko online memiliki daya saing sehingga konsumen tanpa ragu lagi untuk langsung melakukan transaksi.

Sebentar lagi akan memasuki hari Harbolnas. dan ini kabar bahagia bagi seluruh seller. dengan begitu penting bagi seller untuk mempersiapkan lonjakan yang akan terjadi pada toko online.

Harbolnas menjadi Tradisi Belanja Online Kekinian

Para pembeli di seluruh indonesia sedang menunggu datangnya harbolnas. dan mungkin saat ini sedang mempersiapkan berbagai macam kiat dan upaya saat tiba belanja online nasional nanti.

Banyak barang idaman yang akan diburu dan tentu juga mempersiapkan budget dari jauh – jauh hari. kaum millenial mendominasi tingkat pesatnya pembelian saat harbolnas, hal itu dibuktikan dengan tingkat dari tahun ke tahun datangnya harbolnas pergerakan ekonomi melalui transaksi online melesat hingga triliunan rupiah.

Harbolnas sendiri kini telah menjadi trend gaya hidup dan tradisi masyarakat indonesia. dan paling menarik pada saat harbolnas nanti banyak barang dengan harga murah namun tetap berkualitas. bahkan barang dan produk yang original pun akan banting harga pada periode khusus harbolnas.

Kehadiran harbolnas sendiri sangat menguntungkan banyak konsumen yang sedang memburu besar-besaran barang promo selama harbolnas. konsumen yang mayoritas kaum millenial dan kekinian, mungkin saat ini sedang menyusun draft / list mengenai barang yang akan diburu. konsumen yang cerdas pun biasanya memperhitungkan barang tersebut dapat memenuhi kebutuhannya secara berkelanjutan dan jangka panjang serta barang yang dibeli juga bermanfaat baginya.

Saat harbolnas nanti, banyak marketplace yang ikut andil besar-besaran untuk memperingati acara tahunan yang menggiurkan itu. dan Blibli.com juga merupakan salah satu marketplace di indonesia yang sedang menggencarkan strateginya untuk menghadapi kehadiran event tahunan HARBOLNAS nanti. saat ini telah dilakukan kampanye kampanye yang juga menguntungkan para seller yang berjualan di BliBli.com.

Mau tau, bagaimana langkah dan tips cara seller (penjual) dalam menghadapi event tahunan harbolnas tersebut?

Berikut adalah Kiat Khusus Seller Dalam Menghadapi Harbolnas

1. Memperhatikan Elemen dalam Produk.

Elemen tersebut diantaranya adalah menambahkan produk paling laris yang hendak dijual saat harbolnas, kemudian memastikan kuantitas jumlah produk sangat banyak sehingga stock pun selalu tersedia saat harbolnas dan yang terakhir adalah aktif dalam diskusi produk yang dilayangkan konsumen pada saat harbolnas berlangsung.

2. Mengatur Harga Produk.

Seller harap bisa mengetahui harga saing dari kompetitor lainnya saat harbolnas, kemudian seller memasang harga dibawah harga minimal dari harga kompetitor. Itu berguna saat filter harga di website seperti blibli.com dan memungkinkan akan berada di halaman atas pencarian dan dengan begitu kesempatan untuk mendapatkan pembeli juga semakin besar.

3. Mengatur Promosi.

Mengatur Promosi. ya ini adalah fitur terbaru blibli.com untuk seller yang memungkinkan menggunakan fitur ini. fitur promosi tersebut meliputi: 

  • Promosi Kode Voucher,
  • Promo Grosir dan Combo, atau
  • Ikuti Promosi bersama blibli.com. 

Namanya juga fitur promosi, berarti ada efek besar jika menggunakan fitur tersebut pada saat harbolnas berlangsung.

4. Mengatur Pengiriman.

Mengatur Pengiriman. Pengiriman juga menjadi faktor utama dalam membuat konsumen menjadi suka berbelanja di toko lapak kamu. pengiriman yang cepat mewakili bahwa layanan juga sangat cepat. Saya pun jika membeli produk di blibli.com juga selalu ingin barang yang saya pesan cepat sampai atau bahkan saya juga ingin langsung sampai hari itu juga. oleh sebab itu bagi seller atau penjual silahkan juga mengaktifkan fitur same day dan COD. Kemudian penjual juga bisa menambahkan tenaga tambahan. Karena efek melonjaknya pesanan saat harbolnas juga semakin repot dan keteteran ketika masih dikerjakan dengan tenaga yang terbatas. oleh sebab itu tambahan pekerja adalah solusinya. dan yang terakhir bisa gunakan fitur fullfillment by blibli (FBB)

5. Perhatikan Koneksi Internet.

Memperhatikan Koneksi Internet. Ini juga menjadi faktor penting selama harbolnas. pesanan melonjak namun ada masalah pada koneksi internet maka itu akan percuma saja dan akan membuat konsumen akan kecewa.

Pastikan selalu terkoneksi dengan internet dan ketika ada pesanan maka langsung di respon begitu juga jika ada diskusi serta pertanyaan lainnya seputar barang yang dijual. semata – mata agar pelayanan baik di mata konsumen.

5. Update Transkasi ke Sosmed IG Story.

Mengupdate Aktifitas Transkasi Ke Sosial Media yang dimiliki. Transparan dan update sangat disukai oleh para konsumen apalagi jika belanja online nasional tiba. betapa senangnya konsumen jika pesanannya diproses dan di screenshoot ke sosial media seperti instagram melalui Instastory nya.

Dengan mengikuti Kiat khusus untuk seller terutama yang berjualan di Blibli.com maka dipastikan akan berpeluang besar untuk mendapatkan Penjualan yang makin Santer.

Saya membayangkan kesuksesan besar saat harbolnas sedang berlangsung didapati oleh seluruh seller / penjual di BliBli.com. dan dengan begitu peluang besar untuk membuka outlet dan cabang baru bisa terealisasikan berkat Harbolnas. Sungguh indah dan menarik melihat kesuksesan para penjual. Harbolnas pun menjadi ladang berkah untuk seluruh Penjual di BliBli.com jadi seller akan Jualan untung ga tanggung-tanggung lagi.

Dan bagi kamu yang belum berjualan online di BLiBli.com maka saatnya kamu membuka Lapak di marketplace tersebut. mumpung selagi ada waktu menuju Harbolnas 2019 ini.

Dan yang terakhir dari tulisan saya ini adalah saya ingin mengutip singkat mengenai kutipan dari Christopher Reeve (Seorang Aktor, Sutradara maupun Produser Film dari Amerika serikat) yang mengatakan bahwa “Sukses adalah mencari kepuasan dalam memberi lebih daripada yang Anda dapatkan”. Kutipan ini sangat bermakna sekali bagi kamu yang saat ini berprofesi sebagai seller / penjual di BliBli.com. Semoga bermanfaat.

Penulis: R. Fendi Haris Syuhada

Blogger, Disclaimer: Artikel Ini diikutsertakan Lomba Blog dari BliBli.com

2 Komentar

  1. Amir

    Udah gak sabar nunggu harbolnas di Blibli.com. Pasti banyak banget promo menariknya

    Balas
    • R. Fendi Haris Syuhada

      Betul sekali kang.. bikin hysteria dan iklan di TV sudah gencar mengenai harbolnas blibli 😀

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *