Hindari Kecelakaan dengan Strategi Jitu yaitu Budaya Sadar Bencana

oleh Sep 17, 2019education2 Komentar

Hindari Kecelakaan dengan Strategi Jitu yaitu Budaya Sadar Bencana dari diri kita sendiri dan kesadaran dari elemen semua pihak. kita jaga alam, alam jaga kita ini adalah semboyan yang digunakan agar keberlangsungan hidup lebih berarti dan memiliki rasa kepedulian terhadap semua yang ada di alam bumi pertiwi ini.

Dilansir dari situs BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang dimaksud dengan Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Untuk artikel berikut ini saya akan membahas mengenai salah satu bencana yang disebabkan oleh faktor non alam yaitu Kecelakaan transportasi dan lebih tepatnya lagi Kecelakaan Kendaraan lalu lintas atau yang dikenal dengan kecelakaan moda transportasi yang terjadi di darat.

Kecelakaan lalu lintas menjadi perhatian khusus saya kali ini, karena kecelakaan ini merupakan suatu masalah yang paling umum dan sering terjadi di kehidupan kita sehari-hari. dengan mempelajari dan mengenali ancaman yang terjadi dari kecelakaan lalu lintas ini maka kita pun akan memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran penuh untuk siap dan selamat.

Pengetahuan mengenai suatu permasalahan akan memberikan sebuah solusi. berbeda dengan yang tidak memiliki pengetahuan bahkan berjalan dengan ala kadarnya.

Carl Gustav Jung (perintis psikologi analitik) mengatakan bahwa Pengetahuan tidak hanya didasarkan pada kebenaran saja, tetapi juga kesalahan.

Sehingga menurut saya Pengetahuan ini adalah tingkat tertinggi anugerah yang diberikan Allah SWT kepada seluruh umat manusia di muka bumi.

Jakarta dan Kesibukannya Tiap Hari

Tidak pernah lelah dan letih bumi jakarta selalu di lalui kendaraan baik itu motor, mobil, truk, angkot hingga bus dan kontainer. mereka semua itu berlalu lalang bahkan bisa dikatakan jakarta tidak pernah sepi dan mati. itu benar, mungkin jakarta akan mati ketika datang tiba waktunya min 3 hari raya lebaran. semua perantauan balik ke kampung halamannya. sehingga membuat jakarta seolah seperti kota mati.

Namun jangan pernah tanyakan lagi bagaimana tentang keseharian jakarta apalagi saat jam aktif. semua para pekerja keluar rumah, para anak didik keluar rumah, pedagang hingga deep kolektor pun juga keluar rumah untuk menagih hutang hutang para tukang kredit. ya seperti cicilan motor, cicilan mobil keren. alhamdulilah kalau saya masih diberikan kekuatan untuk tidak kredit sana sini. disini saya tidak menyalahkan para pengkredit ataupun deep kolektornya. karena pada umumnya semua orang memiliki kebutuhannya dan tuntutan kerjanya masing – masing. namun saya juga mau mengingatkan pada semua orang “ayolah sebisa mungkin untuk tidak kredit sana sini , atau anda sedang gengsi dan takut ketinggalan jaman jika tidak naik mobil keren hasil kreditan?”

Dominasi Alat transportasi terutama mobil dan motor yang ada di jakarta merupakan salah satu penyebab utama faktor kemacetan dan kecelakaan. semuanya bisa didapatkan dengan murah dan mudah dengan kredit yakni jika anda punya 300 ribu saja sudah bisa membawa pulang motor baru atau jika anda punya 5 juta saja sudah bisa memiliki mobil dengan cara kredit. begitulah jaman sekarang ini semuanya serba mudah dan komersil.

Tidak heran penggunaan mobil di jakarta meningkat dari tahun ke tahun dan begitu juga dengan pengguna kendaraan roda dua (motor). berangkat pagi dan pulang malam adalah trend gaya hidup pekerja di jakarta. jam 5 pagi jakarta sudah mulai menampakkan polusi dan lambat laun semakin bising, aktivitas tersebut tidak henti hentinya sampai jam pulang kantor. sehingga membuat jalanan membludak dan macet pun terjadi.

Kaum millenial memilih cara cepat agar segera sampai rumah kemudian mandi dan rebahan untuk menyiapkan aktivitas besok hari. namun mayoritas kadang tidak memperdulikan keselamatan berkendara di jalan raya yaitu tentu melanggar lalu lintas dan peraturan yang telah ditetapkan untuk keselamatan seluruh pengendara.

Banyak hal hal yang dianggap sepele padahal dapat memicu kecelakaan seperti dibawah ini.

Faktor yang menyebabkan

Kecelakaan Lalu Lintas

  1. Tidak bisa mengemudi
  2. Ugal ugalan / kebut kebutan
  3. Melawan arah
  4. Lewat jalur busway
  5. Rem blong
  6. Bensin tiba tiba Habis
  7. Pakaian terlilit
  8. Kelebihan muatan
  9. Menyerobot lampu merah
  10. Ban tipis dan selip
  11. Mesin tiba tiba mati
  12. Taruh HP di Jok motor
  13. Ngantuk
  14. Mabuk
  15. Bermain Gadget dan menggunakan Headset

Faktor yang menyebabkan Kecelakaan Lalu Lintas!

Ugal - ugalan

Kebut Kebutan di Jalan Raya
2
  •  Kaula muda yang ambisi dan libido nya tinggi namun masih labil menjadi perhatian khusus pemicu kecelakaan. Anak sepantaran seperti SMP dan SMA yang notabene psikologisnya masih labil yaitu ingin dikatakan hebat selalu dalam berkendara di jalanan itu diatas batas normal. banyak terjadi kecelakaan karena faktor ugal ugalan di jalan. ada banyak fasilitas dan media yang tepat untuk membendung gairah yang besar untuk balapan yaitu bisa terjun langsung mengikuti ajang balapan yang sebenarnya agar rasa penasaran dalam menaklukkan area serta tarikan full penuh ambisi terjawab di ajang perlombaan tersebut.

Faktor penyebab kecelakaan diatas adalah faktor yang telah saya teliti langsung dan memang sangat merugikan banyak pihak. lantas apakah ada solusi dan strategi khusus dalam menangani masalah dan problematika kecelakaan ini? Jawabannya adalah Mari bersama Budayakan Sadar Bencana.

Budaya Sadar Bencana Hindari Kecelakaan

Perilaku serta rasa malas terhadap sesuatu yang sepele menjadi faktor terbesar dalam berbagai permasalahan yang timbul seperti kecelakaan lalu lintas transportasi. ini telah menjadi budaya buruk semua orang. karena menurut penelitian saya, mayoritas orang akan berbondong – bondong segera Sadar ketika ia telah mengalami langsung bencana tersebut atau melihat secara langsung bencana yang telah terjadi seperti kecelakaan.

Ketika orang telah mengalami langsung bencana kecelakaan, maka ia akan mengalami shock akan kejadian tersebut. bahkan ia juga akan mengalami tingkat trauma yang tinggi. dan begitu pula bagi mereka yang sedang melihat langsung bencana kecelakaan tersebut.

Faktor utama dalam mengikis tingkat kecelakaan adalah Budaya Sadar Bencana. Setiap orang khususnya kaum millenial yang menjadi topik saya kali ini memang perlu untuk menyadari dari dalam diri sendiri betapa hal sepele dapat berakibat besar bahkan menyebabkan nyawa melayang sia sia. saya rasa tidak ada manusia seorang pun yang ingin celaka selama hidupnya. jika ingin selamat dalam berkendara maka harus mengenali berbagai macam ancamannya serta menyiapkan strategi dari sekarang. mari lihat lebih dalam tentang Strategi Hindari Kecelakaan ini.

Hindari Kecelakaan dengan Kenali Ancamannya, Siapkan Strategi, Siap untuk Selamat

Bencana kecelakaan memang memiliki dampak buruk terbesar. ancaman dalam kecelakaan itu sendiri yaitu jatuhnya korban jiwa, luka luka, kerugian material, serta akan berhubungan dengan hukum dan yang paling tidak diinginkan adalah hilangnya nyawa sia-sia.

Hal mendasar setelah budaya sadar bencana adalah menyiapkan strategi berkendara yang aman dan sangat mudah dijalani oleh siapapun masyarakat di indonesia.

Strategi Jitu Hindari Kecelakaan diantaranya

Silahkan dibuka Toggle dibawah ini untuk melihat Strategi dan tipsnya.

Pengendara Wajib Fasih

Pengendara wajib untuk fasih dalam mengendara. kemudian ditunjukkan dengan memiliki identitas SIM (Surat Ijin Mengemudi). jika masih belum bisa berkendara maka jangan sekali – kali untuk berkendara. untuk kaum millenial bisa untuk menggunakan jasa ojek online jika ingin bekerja.

Jangan Kebut Kebutan

Jika sudah fasih dalam berkendara, maka Janganlah melakukan aksi Kebut-kebutan di jalan. se fasih fasihnya orang berkendara namun jika ia ceroboh dan melakukan aksi kebut kebutan karena dituntut pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan maka akan berdampak kecelakaan. budayakan antri lebih baik daripada kebut dan ugal ugalan. utamakan selamat dan jangan merugikan yang lainnya. jika memang tuntutan waktu, maka silahkan memperbaiki waktu dalam berangkat agar tidak telat.

Jangan Melawan Arah

Strategi jitu berikutnya adalah jangan ikut-ikutan pengendara lain yang melanggar arah agar cepat sampai tujuan. tentu ini sangat besar sekali ancamannya. sekali lagi lebih baik bersabar dan antri daripada melawan arah.

Jangan Masuk Jalur Busway

Jangan menggunakan dan memasuki jalur busway. ini cuma tentang bagaimana mengatur waktu yang tepat. yang boleh masuk jalur busway adalah mobil ambulance, mobil jenazah serta mobil pemadam kebakaran. jika anda tidak ingin berada di ambulance atau menjadi jenazah maka jangan sekali-kali untuk masuk jalur busway.

Jangan Menyerobot

Point ini adalah hal sepele namun paling banyak kelalaian pengendara yaitu menyerobot lampu merah. ketika lampu merah maka anda wajib untuk berhenti dan tidak menyerobot lampu merah. ini paling bahaya di dalam jalan raya. karena pasti akan memicu kecelakaan jika anda tidak menyadari ancaman yang terjadi ini.

Cek Kondisi Rem

Periksalah semua elemen motor dan mobil anda terutama pada pengereman. jika anda merasa rem kendaraan anda bermasalah atau oblong maka silahkan anda langsung membawa ke bengkel untuk memperbaikinya terlebih dahulu dan jangan langsung membawa motor anda dalam keadaan rem oblong. lagi lagi kenali ancaman ketika rem oblong yaitu bencana kecelakaan.

Cek Kondisi Bensin

Selain pengereman, silahkan periksa bahan bakar kendaraan anda. apakah masih banyak atau sudah habis. dan ketika habis, maka silahkan anda isi terlebih dahulu bahan bakar kendaraan anda. jangan membawa kendaraan dalam kondisi kehabisan bahan bakar. karena ketika anda berada di jalur yang cepat dan seketika itu kendaraan anda mati, maka dipastikan akan menimbulkan kecelakaan yang parah.

Cek Pakaian

Jika anda adalah seorang millenial yang fashionable terutama saat hari raya dengan busana panjang dan kerudung panjang pastikan agar tidak berkendara dan berboncengan dengan roda 2. telah banyak kasus kecelakaan dipicu hanya masalah sepele yaitu pakaian terlilit pada ruci kendaraan dan membuat celaka. silahkan menggunakan mobil agar lebih aman atau ganti pakaian anda dengan melihat apakah ini sudah aman atau belum.

Cek Muatan

Jika anda supir truk atau pedagang yang sedang melakukan stock pembelanjaan dengan banyak maka pastikan agar kendaraan yang anda kendarai tidak melebihi muatan. kasus terbaru menewaskan banyak orang dipicu oleh kelebihan muatan yang membuat truk hilang keseimbangan dan menabrak objek lain di depan, disamping dan mobil mobil yang ada di sekitarnya. silahkan kurangi muatan sebelum mengemudi. pastikan muatan telah sesuai dengan ketentuan dan perundang undangan agar tidak menimbulkan kecelakaan maut.

Cek Kondisi Ban

Selain cek pengereman dan bahan bakar maka anda juga wajib mengecek kondisi ban kendaraan anda. ketika ban kendaraan anda sudah tidak dapat menggigit aspal dengan sempurna atau tipis , silahkan anda ganti ban kendaraan anda terlebih dahulu. jangan membawa kendaraan dengan kondisi ban tipis karena akan menimbulkan selip kemudian terjadi kecelakaan. terutama saat hujan turun yang membuat jalanan jadi licin.

Cek Kondisi Mesin

Cek pengereman, bahan bakar, kondisi ban dan kondisi mesin. mesin kendaraan adalah faktor penentu anda dapat berkendara secara aman. ketika anda merasakan mesin sudah tidak enak dan sering tiba tiba mati, maka silahkan anda service kendaraan anda terlebih dahulu. jangan sesekali membawa kendaraan dalam kondisi mesin yang sering tiba tiba mati atau jika tidak maka akan berakibat fatal.

Cek Letak HP

Silahkan Taruh HP smartphone anda di kantong, saku atau paling aman di tas yang anda bawa dan jangan sekali kali untuk menaruh HP di Jok motor. lebih baik berusaha menjaga sepenuhnya agar tidak memicu kecelakaan besar terlebih meledaknya motor.

Jangan Ngantuk

Jika semua elemen telah diperiksa dan sudah sangat memenuhi syarat untuk berkendara maka saatnya anda instrospeksi pada diri anda, jika anda sering ngantuk di jalanan. ini sungguh bahaya sekali. jangan sekali – kali membawa kendaraan dalam kondisi ngantuk. ini merupakan salah satu penyebab kecelakaan besar yang terjadi juga. silahkan anda tidur terlebih dahulu hingga betul betul fit dan konsentrasi dalam berkendara. atau silahkan anda atur kembali waktu tidur anda dirumah. kurangi begadang agar tidak ngantuk saat keesokan harinya.

Jangan Mabuk

Jangan coba coba mengendarai kendaraan dalam kondisi mabuk. jangankan saat berkendara, suruh jalan saja pasti tubuh akan oleng. apalagi jika berkendara? pasti akan menyebabkan kecelakaan besar hingga merenggut jiwa

Jangan Main Gadget

Ini yang terakhir adalah jangan pernah bermain gadget saat anda mengemudi di jalan raya atau sedang mendengarkan musik melalui headset. ini bahaya, karena ketika headset dicoloki pada kuping maka yang terdengar adalah suara musik saja dan tidak mendengarkan suara klakson kendaraan lain. ini juga dapat memicu kecelakaan. walau sepele, tapi ini sangat berpengaruh besar pada tingkat kecelakaan kaum millenial di indonesia.

Keterangan Warna:

  • Warna Merah: Tingkat Urgensi Paling Penting
  • Warna Kuning: Tips Sebelum Berkendara.
  • Warna Hijau: Strategi Ketika Berkendara Di Lalu Lintas

Itulah strategi jitu dan siap untuk selamat. semua ancaman akan teratasi dengan benar jika semua orang melakukan dan sadar akan bencana. memang butuh usaha ekstra dalam membudayakan sadar bencana. dengan begitu kita sebenarnya ikut andil dalam menjaga alam pertiwi ini. Hindari kecelakaan bersama-sama agar alam menjaga kita.

Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita

Dengan pembelajaran yang telah dibahas diatas saya selaku penulis berharap penuh agar kita semua dapat membudayakan sadar bencana. karena kita ingin bersama sama menjaga alam sehingga alam pun jaga kita.

Alam disini adalah jalan raya. ketika jalan raya telah sangat minimalis dalam tingkat kecelakaan, Berarti jalan raya telah berhasil menjaga kita yaitu dengan selamat dalam berkendara.

Penutup

Demikianlah tulisan saya mengenai “Hindari Kecelakaan dengan Strategi Jitu yaitu Budaya Sadar Bencana”. semoga dengan adanya tulisan ini kita dapat menjaga alam kita tercinta ini dengan sebisa mungkin hindari kecelakaan melalui strategi yang cenderung sepele namun kita masih malas melaksanakannya. Semoga Bermanfaat.

Pencarian dari Google

  • Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita
  • Kenali Ancamannya, Siapkan Strategi, Siap untuk Selamat
  • Budaya Sadar Bencana
Infografis, Foto dan Video

  • Pixabay
  • Fendi Haris
Referensi Data Pendukung:

  • https://bnpb.go.id/home/definisi
  • https://nasional.kompas.com/read/2019/06/08/15245501/jumlah-kecelakaan-lalu-lintas-hingga-7-juni-2019
  • https://ekonomi.bisnis.com/read/20190904/98/1144385/pemicu-kecelakaan-maut-cipularang-truk-kelebihan-muatan-300-persen
  • https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/03/14214071/55-persen-kecelakaan-lalu-lintas-terjadi-pada-kaum-milenial

2 Komentar

  1. Syafaatul H

    Jujur kalo saya biasanya menerobos lampu merah. ya ikut ikutan yang lain. hhehe

    Balas
    • R. Fendi Haris Syuhada

      Wah jangan dibiasain bu. lebih baik menjaga jaga atas resikonya. kalo naik abang ojol tinggal bilang aja supaya patuhi lalu lintas. 😀

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *