Meneropong Jejak Insan Bumi Mandiri Sebagai Sahabat Pedalaman Untuk Mengatasi Permasalahan Bangsa

Refleksi 4 Tahun Insan Bumi Mandiri – Mari Kita Bersama Meneropong Jejak Insan Bumi Mandiri Sebagai Sahabat Pedalaman Untuk Mengatasi Permasalahan Bangsa. Apa saja Bukti nyatanya dan ayo bersama berdonasi sekarang juga. #IBMBlogCompetition , #SahabatPedalaman

Saat kita membuka mata, saat kita bekerja, saat kita berkeluarga serta saat kita kembali ke pangkuan sang pencipta, tanpa kita sadari bahwa kita sedang berada di NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) atau dikenal dengan Bangsa. Oleh sebab itu mencintai bangsa Indonesia merupakan kewajiban dengan kasta tertinggi dan merupakan bagian dari iman.

Berbicara tentang bangsa yang besar seperti Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Baik dari segi keunggulannya, keberkahannya, atau bahkan beragam bentuk permasalahannya. Dan disetiap permasalahan bangsa, kita selaku masyarakat yang cinta tanah air memang harus memiliki rasa seperti empati dan simpati. Hal itu memang harus disadari oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia agar permasalahan bangsa dapat di minimalisir secara bersama-sama atau yang kita kenal dengan sebutan Gotong Royong.

Saya terenyuh dengan pernyataan pemimpin pertama bangsa Indonesia ini yakni Bung Karno mengenai Gotong Royong. Dimana Beliau mengatakan bahwasanya Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-membantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Ho-lobis-kuntul-baris buat kepentingan bersama.

Bangsa ini terlahir dan merdeka karena seluruh elemen masyarakatnya dalam memperjuangkan bangsa ini yaitu dengan Gotong Royong. Dan Gotong Royong tersebut merupakan Kearifan Lokal yang sejatinya telah diwariskan pada generasi ke generasi hingga generasi saat ini. Dengan Gotong Royong tersebut pula kita akan mengentaskan secara bersama-sama problematika bangsa Indonesia.

Beragam Bentuk Permasalahan Bangsa Indonesia

Ada banyak sekali permasalahan bangsa yang hampir selalu melanda negeri pertiwi seperti bencana banjir, kebakaran, kecelakaan, pengangguran, kemiskinan dan lain-lain. Mari kita kenali permasalahan bangsa tersebut satu persatu.

  1. Banjir. Bencana banjir cukup terasa dari awal tahun 2020 ini. Ada banyak rumah tergenang banjir dan juga korban. Seperti yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Dimana selain koraban jiwa, ada banyak kerugian materi juga yang disebabkan oleh bencana banjir ini.
  2. Kebakaran. Kebakaran juga menjadi permasalahan bangsa yang cukup pelik seperti kebakaran hutan di tahun 2019 lalu. Dimana pada saat itu kebakaran hutan tersebut memberikan efek tidak mengenakkan. Kabut asap bahkan memberhentikan aktifitas sekolah dan perekonomian setempat.
  3. Kecelakaan. Faktor kecelakaan ini sangat luas sekali, dan yang paling menjadi perhatian serius baik diberita dan media lainnya yaitu kecelakaan maut yang terjadi di berbagai tol.
  4. Pengangguran. Untuk permasalahan bangsa berikutnya adalah mengenai pengangguran, dimana pengangguran ini menjadi perhatian serius dari jaman dahulu kala. Walau kenyataannya saat ini pengangguran dapat ditekan dengan berbagai kebijakan serta pengoptimalan SDM yang Unggul, Maju dan senantiasa Produktif.
  5. Kemiskinan. Faktor Kemiskinan juga merupakan permasalahan bangsa Indonesia, karena dengan kemiskinan dapat membuat masyarakat semakin terpuruk dan kian tertinggal. Sehingga kemiskinan juga menjadi perhatian serius elemen semua pihak.

Dari beragam permasalahan bangsa tersebut, ada juga permasalahan yang sangat serius dan juga butuh kebersamaan dalam memberikan solusi tepat terutama di daerah pedalaman. Ya, daerah pedalaman kadang kala dilihat setengah mata dan setengah hati. Semua karena keterbatasan baik seperti dari media yang jarang untuk mengekspose permasalahan yang terjadi di pedalaman tersebut. Seperti apa permasalahan bangsa yang mayoritas terjadi di pedalaman? Permasalahan tersebut bernamakan “KETIDAKBERUNTUNGAN” dan “KEKURANGAN”.

Ketidakberuntungan yang saya maksud seperti salah satunya adalah “Terlahir Tidak Sempurna”, dan Kekurangan yang saya maksud adalah “Kurangnya Sumbangsih atau Donasi untuk sebuah bangunan seperti Pendirian Masjid, Kurangnya dan Minimnya Air Bersih, Permasalahan Lingkungan, Maupun bantuan usaha”.

Untuk memberikan solusi terhadap masyarakat dengan permasalahan di Daerah Pedalaman tersebut memang dibutuhkan sebuah wadah yang terorganisir dengan baik, terstruktur dan terbukti seperti yang dilakukan oleh Lembaga Insan Bumi Mandiri. Lantas apa itu Insan Bumi Mandiri? Apa Bukti Nyata yang telah Lembaga Ini lakukan? Dan Kenapa kita semua harus Berdonasi di Insan Bumi Mandiri? Simak selengkapnya dibawah ini.

Insan Bumi Mandiri adalah Lembaga yang Khusus dan Fokus di Daerah Pedalaman

Apa itu Insan Bumi Mandiri? Insan Bumi Mandiri merupakan Lembaga Filantropi yang fokus untuk membangun Daerah Pedalaman di Wilayah Indonesia Timur. Semua Permasalahan akan dibenahi secara gotong royong, sehingga dapat menjadi jalan keluar / Solusi terhadap masalah yang terjadi.

Wilayah Pedalaman tersebut seperti Nusa Tenggara Timur (NTT) yang pada umumnya termasuk pada kategori daerah yang tertinggal serta banyak yang harus di entaskan. Insan Bumi Mandiri ini memang sangat bisa Dipercaya karena semuanya dilakukan secara Transparan. Seperti sejak dimulainya kampanye bantuan, penyaluran donasi hingga update hasil yang telah dilaksanakan.

Insan Bumi Mandiri Juga telah berpengalaman dimana berdiri sejak 4 tahun lalu tepatnya pada tahun 2016 dan berhasil menyalurkan dana donasi untuk daerah pedalaman NTT, NTB dan Sumatera selatan sekitar 26 Milyar. Sehingga Insan Bumi Mandiri memiliki rekam jejak yang positif di mata seluruh masyarakat Pedalaman tersebut.

Insan Bumi Mandiri juga turun langsung terhadap sang penerima bantuan yang dijembatani oleh para relawan setempat yang telah bekerja sepenuh hati dan jiwa raganya. Dan Insan Bumi Mandiri dalam penyaluran donasinya tersebut juga dilakukan secara terstruktur dimana ada bagian monitoring dan evaluation yang bertugas mengawasi jalannya penyaluran bantuan tersebut.

Selain rekam jejak dan cara kerja Lembaga Insan Bumi Mandiri yang terpercaya, lantas apa saja yang berhasil dilakukan oleh lembaga ini khususnya dalam memberikan Solusi terhadap permasalahan di pedalaman tersebut? Berikut adalah keberhasilan Insan Bumi Mandiri diantaranya:

  1. Membantu sebanyak 49.339 Orang
  2. Memperbaiki 179 Fasilitas Umum
  3. Menyalurkan Alat transportasi seperti Perahu dan Motor kepada Guru di pedalaman

Ini adalah Hasil Nyata “Jejak Kebaikan” yang telah Sahabat Pedalaman Lakukan Selama 2019

1.495 Daging Qurban Tersalurkan

Ada sebanyak 1.495 Daging Qurban yang berhasil disalurkan ke 3 Provinsi yakni: Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Selatan Pada Hari Raya Idul Adha 2019 lalu. Dan Seluruh masyarakat tersebut bahagia karena dapat menikmati Daging Qurban

Aidil dan Putri kembali tersenyum

Sahabat Aidil ini telah sejak lahir memiliki Wajah yang tidak sempurna, yang mengakibatkan banyak inderanya tidak berfungsi dengan baik. Berkat Donasi dari Sahabat semua yang berjumlah 700 Juta kini Aidil sudah di operasi dan betapa sahabat kecil kita ini sangat bahagia. Begitu Juga dengan Putri yang juga memiliki kasus serupa dengan aidil. Kabarnya Putri akan di operasi pada februari.

Renovasi dan Pemberian SEmbako untuk ramadin yang dari kecil tidur dengan kambing

Ramadin merupakan seorang yang dari kecil hanya dapat tidur bersama kambing karena sempitnya rumah. Namun berkat Sahabat Pedalaman Alhamdulillah sedikit demi sedikit kini atap telah di renovasi

Renovasi Masjid satu satunya di desa pelosok sumatera selatan

Semenjak Mesjid ini dilahap si jago merah dan menyisakan reruntuhan dan puing bangunan, ada kerinduan dari masyarakat setempat untuk menunaikan ibadah. Namun alhamdulillah berkat bantuan dan donasi dari para sahabat pedalaman kini masjid tersebut berdiri dengan megahnya. sehingga masyarakat tidak sabar untuk beribadah kembali.

Bagaimana? Sudah tahu dan percaya kan pada Lembaga yang hanya Fokus pada daerah pedalaman ini? Namun tunggu dulu.. jika Sahabat mau donasi harap perhatikan beberapa hal berikut ini.

Masyarakat Harus Pintar dalam Berdonasi Yang Tepat

Saat ini memang telah banyak kasus penipuan yang berkedok Donasi yang sering kita Jumpai di sekitar kita atau dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya: Yang biasa datang ke rumah-rumah, metode jual produk dan sebagian hasilnya untuk donasi, atau yang sering seliweran di media sosial seperti Whatsapp dll.

Namun masyarakat harap waspada atas penipuan berkedok donasi tersebut. Saya akan paparkan bagaimana agar Sahabat dapat berdonasi dengan aman dan jelas dan nyata tersalurkan. Begini caranya:

 

  1. Identitas. Paling utama tanyakan dahulu identitasnya. Dari lembaga mana, dan sebagai apa atau bagian apa. Ini memang terlihat sepele, tapi dari sini lah kita akan dapat mengetahui bahwa orang tersebut Jujur atau bohong.
  2. Program Donasinya. Langkah kedua, Sahabat harus menanyakan tentang program donasi yang di ajukan atau ditawarkan tersebut. Tanyalah selengkap dan se detail mungkin seperti: butuh anggaran berapa? Lokasinya dimana? Sistem penyalurannya bagaimana?
  3. Keberhasilan Program. Langkah ketiga, Sahabat bisa menanyakan juga tentang berbagai macam keberhasilan dari program program yang telah terlaksana. Dengan begitu sahabat dapat menarik kesimpulan atas point lebih lanjut mengenai donasi tersebut.
  4. Alamat Kantor. Langkah keempat, Sahabat dapat menanyakan Alamat Lengkap Kantornya dimana? Berapa nomor customers service nya? Tanyakan selengkap mungkin, agar sahabat dapat dengan tepat menyalurkan bantuan donasi sahabat di tempat yang tepat.
  5. Alamat Website. Langkah terakhir, Sahabat bisa menanyakan juga perihal halaman resmi kantornya di Website. Ini adalah faktor yang juga menjadi referensi apakah orang tersebut merupakan utusan lembaga yang resmi atau oknum yang berkedok donasi.

Jadi mulai sekarang Sahabat harus pintar pintar ya ketika mendapatkan informasi mengenai donasi, agar sahabat tidak masuk dan terkena kasus penipuan berkedok donasi. Jika sahabat ingin berdonasi yang aman dan pasti tersalurkan, saya merekomendasikan lembaga Insan Bumi Mandiri tempatnya. Baiklah, lantas bagaimana caranya berdonasi?

Berikut adalah Cara Berdonasi di Insan Bumi Mandiri

Ada kemudahan dalam berdonasi di Lembaga Insan Bumi Mandiri ini yang memang dibuat sangat mudah agar seluruh masyarakat dapat berdonasi dengan nyaman dan aman. Berikut jika sahabat ingin berdonasi:

  1. Melalui Website. Sahabat dapat berdonasi dengan mengakses website resmi Insan Bumi Mandiri kemudian pilih donasi yang tersedia di laman website, terutama berbagai program donasi yang telah ditampilkan di website. Dengan begitu sahabat dapat memilih ingin membantu di Program yang mana.
  2. Transfer langsung. Jika sahabat lebih suka untuk melakukan transfer langsung, maka sahabat dapat mentransfer ke rekening atas nama: INSAN BUMI MANDIRI
  3. Datangi Kantor. Untuk berdonasi dalam bentuk barang seperti: Buku bacaan anak, kebutuhan sekolah, atau baju layak pakai, sahabat dapat langsung saja mendatangi kantor Insan Bumi Mandiri yang beralamatkan di Kompleks Setra Dago, Jl. Setra Dago Barat No. 25, Antapani, Bandung.
  4. Langsung Menyalurkan sendiri donasi ke penerima. Jika sahabat ingin menyalurkan donasinya langsung pada penerima bantuan, sahabat dapat menghubungi call centre Insan Bumi Mandiri dan nanti akan diberitahukan langkah selanjutnya.

Nah itulah kemudahan dalam berdonasi di Lembaga Insan Bumi Mandiri. Dan Video dibawah ini adalah Rekam Jejak Kebaikan yang telah semua sahabata berikan untuk Daerah Pedalaman.

Kesimpulan:

Dengan jembatan media Insan Bumi Mandiri yang Fokus untuk membenahi Daerah Pedalaman yang juga merupakan Sahabat Pedalaman, maka Bangsa Indonesia secara langsung mendapatkan Solusi tepat, sehingga Daerah Pedalaman yang menjadi bagian dari Bangsa Indonesia pun dapat mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi dengan tetap pada prinsip Gotong Royong.

Demikianlah artikel ini telah tayang. Semoga bermanfaat. Terimakasih