Arti 3 Kode Oli Motor Yang Wajib Kamu Ketahui (SAE, API dan JASO). Untuk kekentalan oli yang cocok di indonesia yaitu SAE 10W-30, 10W-40, 15W-40.

Jangan salah pilih oli motor, kenali terlebih dahulu arti yang tertera pada kemasan. Supaya motor kamu seperti motor matic injeksi atau skutik (skuter matik) semakin enteng tarikannya dan tahan lama.

Pentingnya Mengetahui Kode Pada Oli

Memiliki motor memang sangat mudah sekali, karena di zaman sekarang membeli motor itu prosesnya tidak berbelit-belit.

Bisa cash maupun kredit. Namun, kebanyakan banyak orang terutama yang telah memiliki motor keluaran baru, masih enggan untuk mengerti dan mengetahui mengenai oli yang dipakai.

Kebanyakan orang di Indonesia langsung mempercayakan kepada bengkel motor atau dealer untuk urusan pergantian oli motornya.

Sebenarnya dengan mengetahui kode kandungan pada oli motor sifatnya juga sangat penting sekali lho.

Anda akan mengetahui tingkat kekentalan oli serta apakah sang oli motor tersebut cocok digunakan di Indonesia.

Kode Oli Motor

Pada dasarnya setiap kemasan pelumas atau oli pada motor itu akan terdapat sejumlah kode oli motor yang tertera.

Namun, kebanyakan orang mengabaikan informasi yang tertera dan bahkan tidak mengetahui mengenai arti kode tersebut.

Oleh sebab itu di artikel kali ini, saya akan membagikan info mengenai arti pada setiap kode yang tercantum pada pelumas tersebut. Dan berikut penjelasannya.

Arti dari 3 Kode Oli Motor:

  1. SAE. Arti kode SAE merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineer merupakan asosiasi international yang tugasnya mengatur standarisasi di banyak bidang seperti manufaktur dan rancang desain teknik. Pada kemasan oli motor anda akan menjumpai kode SAE seperti SAE 10W-30, 10W-40, 15W-40.
  2. API. Arti kode API adalah singkatan dari American Petroleum Institute yang merupakan suatu kode standar dalam menentukan kualitas dari oli atau pelumas tersebut.
  3. JASO. Arti kode JASO merupakan singkatan dari Japanese Automotive Standart Association dimana merupakan lembaga otoritas jepang untuk mengecek nilai standarisasi kualitas oli. Seperti pada oli motor matic injeksi skuter matik (skutik) dan motor lainnya.

Oke mari kita bahas satu persatu mengenai kode yang tertera seperti SAE, API maupun JASO yang tertera pada kemasan oli motor yang beredar di pasaran khususnya di negara beriklim tropis seperti indonesia.

Arti Kode Oli SAE Untuk Motor

Saat anda mengunjungi bengkel motor atau dealer motor resmi untuk melakukan pergantian oli, anda akan mendapatkan banyak sekali penawaran oli di bengkel tersebut.

Biasanya pada kemasannya akan bertuliskan kode dengan SAE 10W-30, 10W-40, atau 15W-40.

Apa maksud dari kode SAE 10W-30, 10W-40 atau 15W-40 yang tercantum pada kemasan oli motor tersebut? Kode yang bertuliskan huruf “W” itu merupakan singkatan dari “Winter”.

Kode oli ini telah di formulasikan untuk musim dingin maupun panas. Artinya jika pada musim dingin olinya tidak akan mengental.

Sedangkan angka yang tertera pertama kali (sebelum huruf W) seperti contohnya pada angka 10, 15 merupakan tingkat kekentalan pada suhu dingin.

Sementara angka yang tertera pada akhir (setelah huruf W) artinya tingkat kekentalan pada suhu panas. Nah, semakin besar angkanya maka olinya tentu juga semakin kental pada kondisinya.

Jadi Kode Oli SAE 10W-40 dengan SAE 15W-40 itu mana yang lebih kental? Jawabannya adalah SAE 15W-40 yang lebih kental saat digunakan pada suhu dingin.

Sedangkan kode oli motor SAE 10W-30 dengan SAE 10W-40 mana yang lebih kental? Jawabannya adalah Oli SAE 10W-40 yang memiliki kekentalan lebih saat digunakan pada suhu panas.

Nah, jika motor anda adalah matic seperti honda vario, beat, scoopy maupun yamaha seperti mio M3, Soul atau Aerox maka anda direkomendasikan menggunakan Oli X-TEN sebagai Oli motor matic terbaik di indonesia karena disitu akan tertera kode oli SAE yang cocok untuk motor matic anda.

Arti Kode Oli API Pada Motor

Baik, untuk selanjutnya yaitu mengenai kode oli API pada motor. Biasanya anda akan menjumpai kode API ini di kemasan pelumas atau oli motor yang anda beli saat mengganti oli motor anda.

Biasanya akan bertuliskan kode tambahan 2 huruf setelah “API”. Misalkan kode seperti API SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, dan API SL.

Lantas, apa arti kode tersebut? Huruf “S” artinya jenis motor memakai bahan bakar bensin, kemudian kode “Setelah huruf S” yaitu semakin tinggi hurufnya maka kualitas olinya juga semakin bagus.

Mudah sekali bukan untuk mengecek kualitas dari oli motor yang hendak kamu gunakan? Oleh sebab itu sekali lagi jangan sampai salah dalam memilih oli, demi performa motor anda semakin baik lagi.

Arti Kode Oli JASO Bagi Motor

Nah, untuk yang terakhir yang wajib anda ketahui yaitu mengenai arti dari kode oli JASO bagi motor.

Kode ini biasanya juga tercantum pada spesifikasi di kemasan pelumas / oli motor yang anda beli. Kode Oli JASO ini biasanya sering dijumpai dengan Kode JASO MA dan JASO MB.

Apa arti dari masing-masing tersebut? JASO MA merupakan kode yang formula olinya memang digunakan dan bekerja untuk melumasi mesin, kemudian transmisi dan juga kopling.

Biasanya oli dengan kode JASO MA ini digunakan untuk motor manual dimana kopling nya ikut dilumasi oleh sang oli tersebut atau dapat juga dikatakan dengan istilah “kopling basah”.

Sedangkan JASO MB merupakan tipe oli yang hanya boleh digunakan untuk melumasi mesin serta transmisi saja atau bisa dikatakan dengan “kopling kering”.

Oli dengan tipe kode JASO MB ini cocok digunakan untuk sepeda motor automatic (motor matic) injeksi maupun skuter matik (skutik).

Jadi seperti itu arti kode yang tertera atau tercantum pada kemasan oli motor.

Mulai sekarang jangan salah pilih dan salah pakai ya, supaya motor anda semakin awet terawat, tahan lama, enak dipakai kebutuhan harian. berkendara pun semakin aman dan nyaman.

kode oli motor

Kode oli motor ini masuk pada pencarian Google:

  • kode oli motor,
  • kekentalan oli yang cocok di indonesia,
  • arti kode oli 10w-30,
  • arti kode oli 10w-40,
  • sae oli motor honda,
  • arti kode oli 20w-50,
  • kode oli motor matic,
  • arti kode oli 15w-40,
  • oli sae 15w-40 untuk motor,

Demikianlah artikel informasi dunia otomotif seputar ” 3 Kode Oli Motor Yang Wajib Kamu Ketahui (SAE, API dan JASO) “. Semoga bermanfaat dan tidak salah pilih oli motor terkemuka.

Tutup Iklan
Close Ads