Jadikanlah Konten Lokal Sebagai Raja, Tanpa Harus Manja!

Katanya mau biaya internet yang murah? Katanya mau buat website harga dibawah rata-rata? Jadikanlah Konten Lokal Sebagai Raja, Tanpa Harus Manja! dan Semua keuntungan bakal kita semua dapatkan secara optimal khususnya di dunia digital. #blogcontestindowebsite #hostingindonesia

 

Sadar gak sih kita ini? Saat buka mata, langsung pantengin facebook berita. Berangkat ke kantor naik angkot, langsung pantengin kabar viral terbaru di twitter dengan mata melotot. Atau jam istirahat di kantor pun, langsung pada main instagram dengan berfoto riang bersama janitor.

Dan tanpa disadari kita itu semuanya telah di bikin manja. Dibikin enak dan menghibur tanpa mengetahui konten dari manakah ia berada. Bahkan kita bisa dibilang telah kecanduan hiburan yang kini telah melanda.

Tahukah kamu, Facebook, Twitter, dan Instagram itu adalah Konten Digital dari luar negeri yang berupa sebuah aplikasi. Dan benar bahwa konten luar negeri ini telah membuat hampir seluruh manusia di dunia ini dibuat jatuh hati.

Tanpa Sadar Kita Telah menjadikan Konten Luar Negeri menjadi Raja

Bahkan tanpa sadar, khususnya masyarakat indonesia ini ternyata telah membuat konten luar negeri ini menjadi raja dengan sendirinya. Kenapa itu bisa terjadi? Ya tentu karena kamu dan banyak orang telah menggunakannya secara realtime yaitu 24 jam sehari.

Dan wajar saja, ternyata total pengguna aktif sosial media ada sebanyak 160 juta jiwa atau sekitar 59% dari total penduduk di Indonesia. Dan sebanyak 99% pengguna media sosial tersebut bernavigasi dengan melalui ponsel genggamnya.


Lantas aku mau tanya begini. Kamu itu mengakses konten luar negeri itu pakai kuota internet apa gak? Kalo iya, terus kuota itu apakah beli? atau langsung turun dari langit?

Jika jawabanmu adalah membeli kuota untuk akses internet dengan uang jajan sehari-hari, maka tanpa sadar pun ternyata uang kamu itu dibelanjakan untuk konten luar negeri. Dimana perusahaan luar negeri itulah yang mendapatkan keuntungan besar bak royalti. Dan jika kita coba kaji lebih dalam maka kita lah yang gigit jari.

Saatnya Menyadari Bahwa Konten Lokal Adalah Raja!

Jika kamu sudah memperoleh gambaran mengenai konten luar negeri yang dapat membuatmu gigit jari, maka saatnya kamu itu menyadari bahwa masih banyak konten lokal yang dapat kita jadikan raja.

Contohnya misalnya:

  • Menginstall aplikasi buatan orang indonesia. Ini memang perlu sekali untuk dijadikan raja pada smartphone kita. Misalkan dengan adanya aplikasi finansial, aplikasi games, aplikasi menyanyi atau edit video maupun foto yang tentu memiliki banyak faedah.
  • Mengakses seluruh website atau blog yang dari lokal yaitu indonesia. Biasanya banyak sekali masyarakat yang suka menonton atau berselancar di website luar negeri. Nah untuk saat ini perlu utuk menjadikan konten lokal sebagai pengganti.

Konten Lokal sendiri bermaksud adalah sebuah konten yang semua elemen dan pendukungnya adalah dari dalam negeri. Seperti misalnya pada elemen website tersebut: server dan hostingnya dari lokal indonesia. Nah oleh sebab itu dengan menjadikan konten lokal adalah rajanya maka kita juga dapat ikut andil untuk meningkatkan pemanfaatan dari konten lokal.

Beberapa Manfaat Konten Lokal, Ternyata Bisa Bikin Murah Apa Aja!

Ngomong-ngomong soal manfaat yang bakal di dapatkan kalau misal kita telah mengandalkan konten lokal secara optimal, maka aku telah membagikannya dengan beberapa hal penting dan vital. Diantaranya adalah:

  1. Bisa internetan, membuka Konten Lokal dengan Cepat.
  2. Devisa negara akan meningkat, Tentu ini begitu memikat.
  3. Menurunkan angka pengangguran, Terbuka lebar Lapangan pekerjaan.
  4. Internetan bisa lebih murah, Server dan hosting juga akan banting harga.
  5. Bersama-sama membangun bangsa, terutama identitas bangsa indonesia.

Bisa internetan, Akses Konten Lokal pun secepat Kilat!

Siapa yang gak suka nunggu? antri? lelet? lemot dan semacamnya? Aku rasa semua pengguna internet di seluruh dunia akan menyukai koneksi yang kencang dan juga stabil.

Sama juga dengan disaat kamu mengakses konten lokal yang aksesnya memang pasti akan benar-benar cepat dibandingkan luar negeri. Bahkan bisa secepat kilat.

Kenapa bisa terjadi? Karena konten lokal itu di dukung dan ditunjang oleh banyak hal di dalam negeri ini. Seperti misal lokasi servernya yang ada di dalam negeri, platform domain hosting yang digunakan juga membidik indonesia seperti pada: My.ID, Web.ID, Co.ID, Go.ID, .ID

Devisa negara akan Meningkat, Tentu ini begitu Memikat

Selain kecepatan yang didapatkan oleh konten lokal, ternyata ada juga yang bikin negara ini semakin memikat. Yakni dapat menimbulkan Devisa negara.

Karena sejatinya, jika konten lokal ini telah mendunia dan berhasil menjadi raja bagi semua orang terutama di indonesia, maka sang perusahaan dari konten lokal tersebut akan membayarkan pajak dari penghasilannya tersebut.

Oleh sebab itu, semakin tinggi penghasilan perusahaan konten lokal ini, maka semakin tinggi pula penghasilan yang di dapatkan oleh negara. Dan tentu dengan pajak itu sendiri bisa digunakan kembali untuk membangun bangsa ini menjadi lebih maju dan berkembang. Terutama bagi daerah yang masih masuk daftar daerah tertinggal. Supaya segera terlaksana pembangunan yang sedang berlangsung dan semoga optimal.

Menurunkan angka Pengangguran, Terbuka Lebar Lapangan Pekerjaan

Selain menyumbang ke devisa negara, keberhasilan konten lokal ini juga akan berdampak terhadap penurunan tingkat pengangguran yang ada di indonesia. Sehingga lapangan pekerjaan pun akan terbuka selebar-lebarnya.

Lho kok bisa? Ya tentu saja, karena konten lokal yang berhasil lambat laun akan menambah karyawan hingga bercabang-cabang.

Misalkan kamu liat konten lokal indonesia yaitu okezone.com dimana adalah portal berita online yang kini di peringkat alexa juga menduduki peringkat ke 22 secara global. Data yang diperoleh pada hari ini 30 september 2020. Coba bayangkan kira-kira ada berapa karyawan? Aku rasa ada ratusan hingga ribuan karyawan. Wow.. jadi semakin konten lokal kita berhasil maka akan semakin besar pula lapangan pekerjaan yang tersedia.

Internetan bisa lebih murah, Server dan hosting juga akan banting harga

Siapa sih yang gak pengen biaya internetan itu murah banget? apalagi jika saking murahnya, biaya beli server dan hosting seakan banting harga? Aku yakin semua orang indonesia akan pada ngacung tangan semuanya.

Dan tahukah kamu bahwa untuk mewujudkan itu semua dibutuhkan banyak konten lokal yang berhasil dan menjadi raja bagi orang-orang khususnya di indonesia.

Intinya adalah dapat beralih dari konten luar menjadi konten lokal. Misalkan adalah perihal server dan hosting dimana konten luar mengklaim menjual dengan harga yang murah dibandingkan konten lokal. Tentu saja karena konten luar sudah berhasil membuat masyarakat lokal telah mengalami kecanduan atau ketergantungan pada layanan dari konten luar.

Coba saja jika konten lokal porsinya lebih banyak dibandingkan konten luar, nah disitulah nanti skema-skema internet murah dan biaya server hosting juga akan dimulai. Intinya yang bisa kita lakukan adalah menyukseskan konten lokal sesukses-suksesnya.

Bersama-sama membangun bangsa, terutama identitas bangsa Indonesia

Nah untuk manfaat konten lokal yang terakhir adalah kita itu ternyata dapat bersama-sama untuk membangun bangsa ini terutama bagaimana identitas bangsa indonesia akan bergema di luar negeri.

Bagaimana bisa itu semua terjadi? Karena jika ada konten lokal yang sukses misal dibidang startup bisnis marketplace seperti shopee, maka dengan mudah membidik identitas bangsa indonesia. 

Seperti pada saat membuat iklan dengan pesepak bola terkenal dan berkharisma yaitu Christiano Ronaldo dimana di iklan kan juga menyebutkan sepatah dua kata menggunakan bahasa indonesia. 

Keren kan? jadi dunia pada tau bahwa shopee itu dari indonesia.

Sekaligus juga memperkenalkan platform pada situsnya yang menggunakan identitas indonesia lagi yaitu . co.id menjadi shopee.co.id

Nah, bagaimana? Sudah cukup jelas kan bahwasanya dengan mengakses Konten Lokal ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat? Kamu juga dapat mengetahui konten lokal di bidang digital yang telah sukses dengan cara melihat pada statistik alexa menggunakan top sites in indonesia. Kira-kira ada siapa saja ya? berikut adalah daftarnya.

Daftar Konten Lokal Yang Sukses, di Top Sites Alexa Indonesia

Setelah aku cek dan ricek ternyata Konten Lokal indonesia di dominasi oleh situs berita dan juga marketplace. Siapa saja? Ini dia Listingnya:

  1. okezone.com
  2. google.com
  3. tribunnews.com
  4. youtube.com
  5. kompas.com
  6. detik.com
  7. grid.id
  8. tokopedia.com
  9. liputan6.com
  10. sindonews.com

Nah oleh sebab itu bagi kamu, saatnya saling mendukung untuk mengakses dan menggunakan platform di listing atas tersebut. Karena semakin banyak, nanti akan mempengaruhi statistik di peringkat global pada alexa.

Atau kamu ingin sukses dan mandiri mendirikan konten lokal karya kamu? Bisa. Tentu bisa sekali. Bukannya situs berita diatas itu juga pernah mengalami awal-awal lika-liku? Oleh sebab itu kamu pun juga dapat mendirikan Konten Lokal kamu sesuai dengan minat dan bakat kamu. Seperti misalnya membuat blog personal. Karena kamu mau melangkah serius dan profesional. Sehingga target kamu juga masuk pada deretan listing terbaik untuk kategori global.

Mau buat Konten Lokal punya Kamu? Serahin sama Indowebsite.co.id

 

Untuk membuat Konten Lokal versi kamu misal website personal, maka kamu itu butuh namanya: Domain, Hosting, Dan Alamat Email perusahaan. Semua diperlukan supaya kamu dapat go digital. Bermain, bekerja, melepaskan kejenuhan bisa melalui website personal.

Kamu juga dapat melihat ke peramban sekarang, apa yang kamu lihat? Kamu akan melihat nama fendiharis.com. Ya itu adalah sebuah nama yang dinamakan dengan domain. Sedangkan jika kamu melihat gambar, kemudian teks pada situs website ku ini maka itulah yang dinamakan dengan hosting.

Dan diantara keduanya yaitu Domain dan Hosting ternyata tidak dapat dipisahkan. Semuanya bersatu padu layaknya pasangan.

Nah ngomong-ngomong pasangan, ada nih yang aku rekomendasikan jika kamu ingin membangun konten lokal kamu ini. Kamu bisa memulainya dengan indowebsite.co.id . Dimulai dari Domain, kemudian hosting.

Domain

  • Pertama silahkan kamu kunjungi laman ini > https://www.indowebsite.co.id/domain/
  • Masukkan rencana nama konten lokal kamu di kolom “cari domain”
  • Kamu dapat memilih platform khusus indonesia atau lokal seperti: .id, my.id, web.id, co.id atau go.id
  • Jika tersedia, maka silahkan lakukan proses checkout dengan sempurna supaya domain kamu telah aktif.

Hosting

Untuk perihal hosting, di indowebsite memiliki banyak paket dan pilihan. Karena tentu speknya juga ada yang kecil hingga besaran. Dan berikut adalah pilihan hosting yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan diantaranya adalah:

  • WEB Hosting
  • WordPress Hosting
  • Cloud Hosting
  • Suite Hosting
  • Reseller Hosting
  • Email Hosting
  • Hosting Murah

Kesimpulan:

Jika kamu dan para pembaca disini ingin gimana caranya untuk mendapatkan biaya internet yang murah, terus buat website juga dibawah harga rata-rata alias murah banget, maka penting untuk menyadari akan kekayaan yang tersimpan oleh Konten Lokal yang ada di Indonesia ini. Kemudian kamu menjadikan konten lokal tersebut adalah Raja.

Bukan sebaliknya. Bukan menjadikan Konten Luar Negeri sebagai sandaran, acuan bahkan pangeran. Karena setiap keberhasilan Konten luar maupun lokal, pasti ada anggaran penggunanya yang dikeluarkan.

Jangan pernah manja atas konten luar negeri. Karena kita tidak pernah tahu apakah keuntungan perusahaan konten luar negeri atas trafik pengguna kita yaitu indonesia dapat memberikan timbal balik yang setimpal?

Justru mari kita bersama-sama untuk bangga atas Konten Lokal Indonesia. Dan mendukung sepenuhnya supaya seluruh konten lokal dapat melesat naik dan memberikan dampak terbaik bagi negeri ini.

Demikianlah artikel ini telah tayang. Tulisan ini diikutsertakan ajang lomba blog yang diselenggarakan oleh Indowebsite.co.id. Semoga bermanfaat.