Select Page

Updated. February 19, 2024 1:01:00

Berikut adalah Tips tentang Manfaat Menabung Sejak Dini, Kelebihan dari Menabung dan pengertian menabung menurut para ahli.

Pengertian Menabung Menurut Para Ahli

Menabung adalah tindakan menyimpan sebagian dari pendapatan atau uang yang dimiliki oleh seseorang untuk digunakan di masa depan. Pengertian menabung umumnya mencakup tindakan menyimpan uang atau aset lainnya, biasanya dengan tujuan untuk menghadapi kebutuhan mendatang atau mencapai tujuan finansial tertentu.

Menabung penting dalam mengelola keuangan pribadi dan memastikan kesiapan finansial di masa depan. Para ahli memiliki berbagai pandangan tentang pengertian menabung.

Soekartawi (2000):

Menurut Soekartawi (2000), Menabung adalah “proses mempertahankan sebagian dari pendapatan yang diperoleh oleh individu atau rumah tangga dalam bentuk uang atau aset lainnya untuk digunakan pada masa mendatang.”

Prof. Dr. M. Sholeh Hidayat (1995):

Sedangkan menurut Prof. Dr. M. Sholeh Hidayat (1995) pengertian Menabung adalah “tindakan atau kebiasaan mengumpulkan sebagian pendapatan seseorang untuk disimpan sebagai cadangan untuk memenuhi kebutuhan mendatang.”

Mankiw dan Taylor dalam buku Principles of Economics:

Pengertian Menabung menurut Mankiw dan Taylor dalam buku Principles of Economics adalah “tindakan mengurangi pengeluaran saat ini untuk meningkatkan konsumsi di masa depan.”

Suryana (2001):

Menabung adalah “kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan atau penghasilan yang dimiliki individu atau rumah tangga dalam bentuk uang atau barang berharga lainnya untuk digunakan pada waktu yang akan datang.”

Brigham dan Houston dalam buku Dasar-dasar Manajemen Keuangan:

Pengertian Menabung menurut Brigham dan Houston dalam buku Dasar-dasar Manajemen Keuangan adalah “proses menyisihkan sebagian pendapatan untuk keperluan yang akan datang.”

Dari beberapa para ahli tersebut, tidak ada satupun yang mengatakan bahwa menabung adalah sebuah kekurangan. Justru sebaliknya, menabung memiliki banyak sekali manfaat dan kelebihan termasuk manfaat sejak dini.

Manfaat Menabung Sejak Dini
10 Manfaat Menabung Sejak Dini dan Kelebihannya

Manfaat Menabung Sejak Dini

Menabung sejak dini merupakan salah satu kebiasaan yang sangat baik dan memiliki banyak sekali manfaat untuk jangka panjang dan masa depan.

Berikut adalah beberapa manfaat menabung sejak dini:

  1. Keamanan Keuangan: Menabung dapat membantu kita untuk membangun cadangan dana darurat. Ini akan memberi perlindungan finansial jika kita menghadapi situasi yang darurat seperti kehilangan pekerjaan, kesehatan yang buruk, atau perbaikan yang mendesak.
  2. Menghindari Utang: Dengan menabung, kita akan memiliki sumber dana yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak tanpa harus berutang. Ini dapat membantu kita terutama dalam menghindari bunga tinggi dan beban keuangan yang berlebihan.
  3. Mengembangkan Kebiasaan Finansial yang Baik: Menabung sejak dini membantu kita untuk mengembangkan kebiasaan mengelola keuangan dengan baik. Termasuk diantaranya adalah pembuatan anggaran, perencanaan keuangan, maupun pemahaman tentang investasi.
  4. Mencapai Tujuan Finansial: Dengan gemar menabung di usia dini, maka kita dapat merencanakan pencapaian tujuan finansial yang sifatnya jangka panjang, seperti misalnya untuk membeli rumah, pendidikan tinggi, atau bahkan pensiun yang nyaman.
  5. Memahami Nilai Uang: Menabung sejak dini juga membantu anak-anak dan bahkan remaja supaya dapat memahami pentingnya nilai uang. Mereka akan belajar bahwa uang bukanlah sesuatu yang dapat dihabiskan seenaknya, melainkan sumber daya yang harus dikelola dengan bijak.
  6. Pemanfaatan Bunga: Menabung di bank atau lembaga keuangan memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan bunga. Semakin awal kita gemar mulai menabung, maka semakin lama pula uang kita di BANK tersebut dapat berkembang dengan bunga yang diperoleh dari tabungan tersebut.
  7. Pensiun yang Lebih Nyaman: Menabung sejak dini untuk pensiun memberi kita waktu yang lebih lama untuk mengumpulkan dana pensiun yang cukup besar. Ini dapat membantu kita untuk menikmati pensiun yang lebih nyaman dan bebas finansial.
  8. Mengurangi Stres Keuangan: Dengan memiliki dana darurat dan rencana keuangan yang solid, kita dapat mengurangi tingkat stres yang terkait dengan masalah keuangan.
  9. Memberi Anda Pilihan: Menabung memberikan kita pilihan dan fleksibilitas dalam hidup. Kita dapat membuat keputusan finansial berdasarkan apa yang kita inginkan, bukan hanya berdasarkan apa yang kita mampu.
  10. Mengajarkan Kemandirian Finansial: Menabung sejak dini juga merupakan cara yang baik untuk mengajarkan kemandirian finansial kepada anak-anak dan remaja. Mereka akan belajar tentang bagaimana mengelola uang mereka sendiri dan membuat keputusan keuangan yang bijak.

Dengan demikian, menabung sejak dini bukan hanya investasi dalam keamanan finansial kita sendiri, tetapi juga merupakan investasi dalam pendidikan finansial kita maupun generasi mendatang. Mulailah menabung sesegera mungkin, meskipun dengan jumlah yang kecil, dan tingkatkan tabungan seiring waktu untuk meraih manfaat jangka panjang yang lebih besar.

FAQs

Apa manfaat dan kelebihan menabung untuk pelajar?

Ada beberapa manfaat dan kelebihan menabung bagi pelajar:
1. Pembelajaran tentang nilai uang: Menabung membantu pelajar untuk memahami pentingnya mengatur dan menghargai uang. Ini membantu mereka mengembangkan sikap yang bertanggung jawab terhadap keuangan mereka sendiri.
2. Keamanan finansial: Dengan menabung, pelajar dapat membangun cadangan dana darurat. Ini memberikan rasa aman jika ada kebutuhan mendesak atau keadaan tak terduga.
3. Mengembangkan disiplin: Menabung mendorong pelajar untuk memiliki disiplin dalam mengelola uang mereka. Mereka belajar untuk menahan diri dari pengeluaran yang tidak perlu dan memprioritaskan penggunaan uang mereka.
4. Membantu mencapai tujuan: Menabung membantu pelajar untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, seperti membeli barang yang diinginkan atau mempersiapkan pendidikan lebih lanjut.
5. Memahami nilai kerja keras: Dengan menabung, pelajar belajar bahwa uang yang mereka simpan adalah hasil dari kerja keras mereka sendiri. Ini membantu mereka menghargai nilai kerja keras dan menghindari pengeluaran yang boros.

Mengapa kita harus bisa menabung sejak kecil?

Menabung sejak kecil memberikan peluang untuk membentuk kebiasaan yang baik dalam mengelola uang sejak dini. Ini membantu pelajar untuk memahami pentingnya mengatur keuangan, mengembangkan disiplin, dan mempersiapkan masa depan mereka. Menabung sejak kecil juga membantu pelajar untuk membangun kebiasaan yang kuat dan berkelanjutan dalam mengelola keuangan mereka sepanjang hidup mereka.

Apa kelebihan dari menabung di celengan?

Kelebihan menabung di celengan adalah:
1. Sederhana dan mudah digunakan: Celengan adalah alat yang sederhana dan mudah digunakan untuk menabung. Pelajar dapat dengan mudah menyimpan uang mereka di dalam celengan tanpa perlu membuka rekening bank.
2. Visualisasi progres: Dengan celengan, pelajar dapat melihat secara langsung jumlah uang yang mereka tabung. Ini memberikan motivasi dan kepuasan ketika mereka melihat tabungan mereka bertambah dari waktu ke waktu.
3. Mengajarkan kesabaran: Menabung di celengan membutuhkan kesabaran. Pelajar harus menunggu sampai celengan penuh sebelum mereka bisa menggunakan uang tabungan mereka. Ini mengajarkan mereka untuk menunda kepuasan dan mengembangkan kesabaran.
4. Menghindari pengeluaran impulsif: Dengan menabung di celengan, pelajar tidak memiliki akses langsung ke uang tabungan mereka. Ini membantu mereka menghindari pengeluaran impulsif dan membeli barang yang tidak perlu.