Upaya Memperkuat Pertamina untuk Berdikari dalam urusan Kelola Migas

Adakah Upaya Memperkuat Pertamina untuk Berdikari dalam urusan Kelola Migas? Berdikari “Berdiri di Kaki Sendiri”. Pepatah ini memang ditujukan untuk Pertamina Persero dimana Kekuatan Pertamina Selaku BUMN dalam Mengelola Migas Dalam Negeri Semakin Terbukti Baik dari waktu ke waktu dan Siap menjadi World Class Oil Company Perusahaan Kelas Dunia.

Siapa yang tidak ingin dan bangga jika nama Pertamina dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri? Ya, bukan hanya pemerintah saja, melainkan saya juga bangga dan mengapresiasi penuh agar pertamina selaku BUMN bisa berdikari dan bisa bersaing secara sehat secara global di kancah international.

Selaku Anak Negeri yang bisa kelola migas dengan baik dan mumpuni Pertamina juga telah melakukan banyak prestasi salah satunya adalah bagaimana dapat menyediakan energi secara merata pada masyarakat khususnya di indonesia. Baik yang perkotaan hingga pelosok pelosok.

Pertamina sendiri telah melakukan perbaikan diri kearah yang lebih powerfull lagi dengan mewajibkan sumber daya manusia harus berkompeten. tentu tingkat kompetensi dari tiap orang berbeda sehingga pertamina juga fokus dalam mengembangkan sumber daya manusia agar dapat bekerja dengan maksimal dan tentu dengan hati yang ikhlas untuk negara dan keluarga tercinta.

Untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri menurut saya itu tidak lah mudah. sangat sulit, terutama untuk meyakinkan semua pihak pemangku kepentingan yang benar benar paham dari sektor bisnis untuk mengelola migas secara nasional. Strategi, sumber daya manusia, Finansial serta teknologi terbarukan harus bisa di adaptasi secara cepat dan tanggap. itulah alasan mengapa pertamina mendapat kesempatan besar dalam mengelola migas dari yang biasa hingga yang terbesar di indonesia.

Sejarah Pertamina dalam menerima kepercayaan Mengelola Migas

  1. November 2013 Pertamina dipercaya untuk melanjutkan pengelolaan Blok Siak Aceh (dimana sebelumnya dikelola oleh PT Chevron Siak Inc)
  2. Januari 2018 Blok Mahakam dengan 10% kepemilikan pemerintah daerah juga berhasil dikelola oleh pertamina (dimana sebelumnya telah hampir 50 tahun blok mahakam tersebut dikelola oleh Total E&P Indonesie)
  3. Awal 2018 lalu Pertamina juga dipercaya untuk memperoleh dan mengelola 6 Blok migas terminasi yaitu Sanga – Sanga, East Kalimantan dan Attaka, Southeast Sumatera, Tuban, Ogan Komering dan NSO (North Sumatera Offshore)
  4. Pada Februari 2019, 2 blok migas yaitu Jambi Merang dan Raja/Pendopo juga diambil alih Pengelolaannya oleh PT Pertamina.
  5. Dan pada tahun 2021 nanti Blok Rokan Juga siap dialihkan Pengelolaannya kepada PT Pertamina (dimana sebelumnya hampir 50 tahun dikelola oleh PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI)
  6. Kemudian Pada tahun 2026 nanti pemerintah juga mulai percaya dan akan memberikan pengelolaan penuh untuk Blok Corridor yaitu blok gas terbesar kedua di Indonesia itu untuk dikelola oleh PT Pertamina (Dimana sebelumnya dioperatori oleh ConoccoPhilips (Grissik) Ltd), dan setelah 3 tahun masa transisi pasca kontrak berakhir di 2023.

Ya begitulah Pertamina. Butuh usaha ekstra dalam mengelola banyak blok migas untuk nasional. Untuk saat ini Kontribusi Pertamina dalam produksi minyak nasional masih sekitar 40%. Ketika pada tahun 2021 (2 tahun lagi) saat Blok Rokan dialihkan ke pertamina maka pertamina akan mengalami kenaikan persentase dalam Produksi minyak nasional sekitar 60%.

Pertamina juga memiliki fungsi sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dimana sebagai tangan kanan pemerintah dalam melahirkan dan pengambilan sikap kebijakan – kebijakan yang nilai nya sangat strategis serta berdampak langsung pada masyarakat luas.

Dibalik Reputasi dan Prestasi yang diraih pertamina, masih banyak yang belum tahu atas berita bahagia ini. sehingga menurut saya harus ada upaya dalam menyampaikan seluas-luasnya tentang Pertamina Selaku Anak Negeri yang Bisa Mengelola Migas Nasional. Dengan begitu masyarakat luas juga akan semakin erat berhubungan dengan pertamina dan memberikan asupan positif kepada perusahaan dalam negeri sehingga bersama-sama menuju Indonesia maju, berdaulat dan berdikari (Berdiri di Kaki sendiri)

Melalui Teknologi Kita Bersama Lebarkan Sayap Pertamina Agar semakin berjaya dan Kuat

Sumber daya manusia yang bekerja pada pertamina di bagian pemasaran harus bisa menjangkau banyak orang dalam menyampaikan kabar baik dan bahagia ini bahwa Pertamina bisa mengelola migas dengan baik dan bukan negara asing. Misal dengan cara melalui teknologi yaitu:

  • Memasarkan / kampanye kepada khalayak ramai
  • Ada anggaran khusus untuk beriklan di televisi, radio, koran
  • Ada biaya khusus untuk memasang iklan di sosial media seperti instagram, facebook dan google
  • Bekerjasama dengan Kominfo untuk menyebarkan berita seluas mungkin hingga ke daerah bahkan pelosok pelosok

Saya ikut bangga pada Pertamina, Langkah apa yang saya lakukan?

Saya tipikal orang yang selalu mengapresiasi hal hal positif dan membuang jauh jauh kabar hoax atau Palsu terutama dalam dunia teknologi digital melalui internet. setiap keberhasilan yang menjunjung tinggi negeri indonesia agar semakin maju, maka akan saya dukung sepenuhnya melalui jiwa, raga, kemampuan dan biaya saya sendiri.

Dalam hal keberhasilan Pertamina ini yaitu mengelola migas dengan baik, merupakan harga tinggi dalam menyampaikan kampanye ke publik karena berita ini memang bukan berita biasa. tujuannya adalah agar masyarakat luas tahu akan pertamina selaku BUMN yang telah berhasil mengelola Migas Nasional dengan performa luar biasa.

Saya akan melakukan:

  • Menulis berita dan kabar baik ini di blog saya seperti yang anda baca saat ini (ini merupakan upaya saya dalam memberikan informasi pada khalayak ramai).
  • Membagikan Postingan ini kepada media sosial seperti instagram sehingga banyak orang mengetahui informasi ini bahkan diharapkan agar menjadi Viral.
  • Membuat video yang memberitahukan akan keberhasilan Pertamina dalam mengelola migas (minyak bumi dan gas) secara nasional dan merata

Semua upaya diatas merupakan Literasi yang wajib dibudidayakan antara Semua pihak terutama jika berbau Positif, mendidik, dan memupuk karakter lebih baik lagi.

Baik, itu saja yang bisa sampaikan pada Bahasan Kali ini. Semoga bermanfaat. “Pertamina Kuat, Indonesia Hebat. NKRI Harga Mati”

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *