Kebaikan Berbagi di Tengah Pandemi, Ini Caraku Menebar Kebaikan di Era Digital

Kebaikan Berbagi di Tengah Pandemi, Ini Caraku Menebar Kebaikan di Era Digital melalui Lembaga Yayasan Dompet Dhuafa #MenebarKebaikan, #LombaBlogMenebarKebaikan

Berawal dari munculnya wabah virus corona Covid 19 yang pertama kali menyerang masyarakat di cina tepatnya di wuhan pada akhir 2019 lalu. dimana hampir semua negara di dunia kini juga mewaspadai tentang ancaman virus ini. Indonesia juga sedang di gempur oleh problema yang sama dimana berawal dari  2 orang yang terinfeksi virus corona di depok jawa barat pada awal maret 2020 lalu.

Dilansir dari Laman Resmi, 30 April 2020

Covid19.Go.ID

  • Positif Corona – 10.118 Orang 90% 90%
  • Sembuh – 1.522 Orang 15% 15%
  • Meninggal – 792 Orang 7% 7%

Pandemi di Bulan Suci Ramadhan

Pergerakan penyebaran virus corona ini ternyata sangat cepat sekali dan data yang aku dapatkan dari situs covid19.go.id pada hari ini yaitu tanggal 30 April 2020 menunjukkan bahwasanya ada sebanyak 10.118 orang yang Positif Corona Covid 19, kemudian Sembuh sebanyak 1.522 orang dan yang Meninggal dunia ada sebanyak 792 orang. Kini untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona COVID 19 pemerintah telah menjalankan berbagai kebijakan seperti diantaranya: “Kerja di rumah dan Ibadah Dari  Rumah”. Tugas kita bersama adalah wajib tunduk dan patuh kepada seluruh aturan pemerintah pusat tersebut demi kemashlahatan ummat khususnya di indonesia.

Menebar kebaikan di Dalam Rumah

Disaat Pandemi virus corona ini, ada banyak sekali perubahan yang terjadi misalnya ketidak normalan aktifitas seperti biasanya yang juga disertai dengan faktor – faktor lainnya seperti faktor ekonomi dan sosial. Faktor ekonomi seperti banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK), Sedangkan untuk sosial yaitu harus bisa menjaga jarak aman. yang biasanya bersalaman untuk bertegur sapa, kini di masa pandemi hal tersebut dibatasi atau tidak dianjurkan.

Namun dibalik problema tersebut, Ada banyak sekali hikmah yang terjadi saat semuanya dimulai dari rumah. seperti yang aku coba lakukan ini diantaranya adalah:

  • Membimbing Putriku Belajar Membaca dan Menghafal. aku berusaha untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berada di dalam rumah. menemani kedua putri-putriku adalah momen berharga di masa tumbuh kembangnya.
  • Sholat Tepat Waktu dan Tharawih bareng. Selain belajar membaca dan menghafal huruf hijaiyah, aku juga mengajak kedua putriku untuk melaksanakan ibadah sholat tepat waktu dan sholat tharawih bareng secara berjamaah. ya walau masih banyak bermainnya, terutama saat sholat namun ini lah kebaikan yang perlu dilatih dari ia masih berusia dini.
  • Berkreativitas dari Rumah. Salah satu hobi aku adalah di bidang Fotografi. nah di masa pandemi ini aku pun mengeksplorkan lagi tentang hobi aku tersebut seperti misalnya mengambil dan memotret gambar mainan. tentu semua foto tersebut akan aku komersilkan melalui situs jual foto di dunia. dan hasilnya pun bisa aku pergunakan sebagaimana mestinya.
  • Menulis untuk Menggalakkan Aksi Lawan Corona. Menebar kebaikan dari rumah yang aku lakukan adalah menulis. ya, aku menulis sekaligus memberikan informasi yang bermanfaat bagi khalayak ramai terutama berita tentang update terbaru mengenai virus corona, kemudian menggalakkan aksi “DIRUMAH SAJA” serta hal yang dapat mencegah virus yakni seperti Memakai masker, memakai Sabun atau hand sanitizer hingga informasi menjaga jarak aman. dan intinya adalah mengajak semua orang untuk bersama melawan pandemi corona covid 19 ini dengan sadar diri dan ikuti instruksi pemerintah.

Sebenarnya jika berbicara tentang Menebar Kebaikan, pasti tidak akan pernah ada habisnya dan setiap manusia juga pernah mengalami entah itu pengalaman pribadi, kerabat maupun orang lain. Seperti yang terjadi pada salah satu kerabat aku yang kini telah meninggal dunia dimana memiliki kisah kebaikan yang sangat inspiratif yang bisa aku petik dan ambil hikmahnya. memangnya Apa Kebaikan yang telah Almarhum kerabatku lakukan?

Setiap Malam memberi Makan “Orang Gila”

Mungkin dari kamu semua akan tertawa dengan hal ini karena berhubungan dengan Orang Gila. namun jangan anggap remeh kebaikan ini. ini adalah kebaikan almarhum kerabatku yang aku abadikan di dalam relung hatiku. Almarhum tidak ingin sekali perbuatannya diketahui oleh orang lain dan pernah suatu ketika hanya mengajakku 1x untuk mengantarkannya. walau ia tidak memberikan informasi untuk apa ia ke lokasi tersebut.

Lokasi tersebut berada di tepi jalan taman bunga yang berada di tanah kelahiranku yakni di sumenep madura. pada malam itu  almarhum mengajak aku untuk makan, kemudian  setelah makan ia pun memesan 1 bungkus nasi untuk dibawa pergi.

Dan Barulah kami pergi menuju lokasi yang diminta oleh kerabatku. Setelah sampai di tepi jalan yaitu taman bunga, jujur aku risih banget sama penampakan malam itu yaitu sesosok orang gila.. karena yang ada di pikiranku adalah “orang gila itu bakalan gigit, bakalan mukul dan membahayakan”.. Namun seketika aku dibuat takjub oleh almarhum dimana ia dengan santainya duduk disamping orang gila tersebut dan memberikan makanan tersebut.

Tidak butuh lama kemudian almarhum mengajakku pergi dan kembali ke rumah. setelah berjalan sekitar 1 bulan lamanya  almarhum mengalami sakit paru paru dan harus di rujuk ke rumah sakit yaitu di Surabaya. Tidak berlangsung lama, selang 3 hari Kerabatku tersebut dikabarkan telah Meninggal Dunia.. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un..

Hikmah Kebaikan Berbagi pada Orang Gila

Setelah dikabarkan meninggal dunia, almarhum dibawa ke kampung halaman dengan mobil ambulance milik rumah sakit surabaya. Almarhum pun dikebumikan, namun masih tetap berada di area pemakaman “Aku melihat Orang Gila yang pernah di kasih makan oleh almarhum, juga berada di tepi jalan area pemakaman.” padahal jarak dari tempat nongkrong orang gila yakni di taman bunga menuju area pemakaman itu berjarak cukup jauh. (Pikirku ini mustahil..)

Penasaran, aku langsung bertanya kepada saudaraku serta kerabatku yang lain mengenai orang gila tersebut, dan salah satu dari kerabatku yang lain berkata bahwa “sang almarhum hampir setiap malam memberi makan orang gila tersebut”.

Sejenak aku menganggukkan diri dan bertasbih kepada Allah SWT mengenai Hikmah ini. Hikmah dimana sesosok orang yang gila atau tidak waras memiliki ikatan yang kuat kepada seseorang yang berbuat baik padanya dan bahkan mungkin juga mendoakan disaat terakhirnya. Insyaallah jika benar maka doa orang gila tersebut yang bakal dikabulkan melebihi amalan amalan yang lain. wallahu a’lam.. aku langsung menjadikan ini adalah pelajaran hidup berhargaku dalam menebar kebaikan di dalam masa masa kehidupanku.

Bill Gates Menjadi Inspirasiku Menebar Kebaikan

Selain Hikmah Kebaikan yang dialami oleh Almarhum salah satu kerabatku, aku juga mengambil inspirasi dari seorang Bill Gates. Siapa yang tidak mengenal Bill Gates? Rasanya semua pasti mengenal dan mengetahuinya. ia merupakan bos microsoft yang juga merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Dimana saat ini Bill Gates juga merupakan seorang yang gemar melakukan berbagai aktifitas kemanusiaan untuk menebar kebaikan pada dunia.

Yang terbaru adalah ia siap menyumbangkan dana yang fantastis melalui Gates Foundation yang ia pimpin untuk mendorong penemuan serta produksi vaksin virus corona SARS-CoV-2 (Covid-19) terutama di indonesia ini. Semua itu hanya untuk kemanusiaan. Dari sini aku sangat mendukung dan mendoakan bill gates agar senantiasa diberikan kesehatan serta umur yang panjang sehingga dapat bermanfaat bagi manusia lainnya.

Menurutku ada orang yang menebar kebaikan dengan raganya, ada yang menebar kebaikan dengan aksinya dan ada pula yang menebar kebaikan dengan hartanya. sebenarnya menebar kebaikan itu sangat indah sekali karena bermanfaat bagi yang mendapatkannya. selain itu juga kebaikan tersebut akan kembali kepada diri kita sendiri. Lantas seperti apa contohnya dalam menebar kebaikan tersebut?

Menebar Kebaikan dengan Raganya

Menebar kebaikan versi ini yakni menebar kebaikan yang dilakukan dengan mediasi raga atau tubuh. Kebaikan jenis ini menurutku adalah aktifitas spontan dan tanpa direncanakan. seperti misalnya: Membantu orang buta yang hendak menyebrang jalan, Menolong seorang pedagang yang dagangannya jatuh ke jalan, Menertibkan jalan disaat semuanya sedang sibuk diatas kendaraannya.

Seperti dengan hadits riwayat muslim tentang membantu kesusahan orang lain yang berbunyi:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ نَـفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُـرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا ، نَـفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُـرْبَةً مِنْ كُـرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَـى مُـعْسِرٍ ، يَسَّـرَ اللهُ عَلَيْهِ فِـي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ، وَمَنْ سَتَـرَ مُسْلِمًـا ، سَتَـرَهُ اللهُ فِـي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ، وَاللهُ فِـي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

Artinya: “Dari Abu Hurairah radliyallahu anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Siapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan, maka Allah memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Siapa menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allâh akan menutup (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya…” (HR Muslim)

Menebar Kebaikan dengan Aksinya

Hampir sama dengan menebar kebaikan melalui raga, kebaikan berbagi melalui aksi ini hanya berbeda dari segi spontanitas. kebaikan versi ini menurutku adalah perbuatan baik yang direncanakan. kebaikan jenis ini merupakan segala kebaikan yang bisa dilakukan dengan mudah. seperti misalnya: Suatu komunitas berbagi takjil di jalan raya, Membuat postingan ajakan untuk berbuat kebaikan entah itu melalui sosial media maupun langsung dari mulut ke mulut, dan mengangkat anak yatim menjadi anaknya atau bisa disebut dengan adopsi.

Seperti dengan Hadits Riwayat Ath Tabarani berikut ini:

أحبُّ الناسِ إلى اللهِ تعالى أنفعُهم للناسِ وأحبُّ الأعمالِ إلى اللهِ عزَّ وجلَّ سرورٌ يُدخلُه على مسلمٍ أو يكشفُ عنه كُربةً أو يقضي عنه دَينًا أو يطردُ عنه جوعًا ولأن أمشيَ مع أخٍ في حاجةٍ أحبُّ إليَّ من أن أعتكفَ في هذا المسجدِ ( يعني مسجدَ المدينةِ ) شهرًا

Artinya: “Orang yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain. Dan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberi kegembiraan seorang mukmin, menghilangkan salah satu kesusahannya, membayarkan hutangnya, atau menghilangkan rasa laparnya. Dan aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhannya itu lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid Nabawi selama sebulan.” (HR ath-Thabrani)

Menebar Kebaikan dengan Hartanya

Untuk kebaikan berikutnya adalah menggunakan harta untuk menebar kebaikan kepada sesama. ini merupakan hal yang banyak ditemui. karena selain mudah, semuanya bisa untuk melakukan kebaikan melalui harta ini. misalkan: Infaq dan sedekah ke masjid, memberi makan anak yatim dan dhuafa, dan berdonasi untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Tahukah kamu, Jenis menebar kebaikan versi ini sangat cocok untuk siapapun terutama bagi seorang yang ingin dengan mudah melakukan kebaikan dengan menggunakan media digital.

Seperti pada ayat Surat Al-Baqarah ayat 245. Allah SWT berfirman:

مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya, “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Era Digital Berbagi Kebaikan Pun Semakin Mudah

KisahMenebar Kebaikan diatas yang telah aku ungkapkan merupakan langkah dan penguat hati agar senantiasa selalu berbuat kebajikan. Karena pada dasarnya berbuat kebaikan ini konteks nya sangat luas sekali. terlebih pada zaman sekarang ini, dimana merupakan zaman modern yang dipenuhi dengan digitalisasi. hampir seluruh manusia saat ini dikarunia smartphone, dimana secara normal merupakan alat komunikasi yang dibarengi dengan kecanggihan sehingga dapat mengakses informasi serta ilmu pengetahuan secara mudah melalui konektifitas internet.

Kehadiran smartphone ditengah-tengah kita memang memberikan 2 sisi yang berbeda tergantung kita menyikapi dan menggunakannya. di satu sisi merupakan keberkahan dan disisi lain merupakan kemudharatan. untuk sisi yang mudharat tersebut dimana manusia telah menggunakan smartphone tidak sebagai mana mestinya dan bahkan merugikan orang lain seperti misalnya: membuat kabar palsu atau berita bohong, mencuri data pribadi orang lain atau bahkan ada yang menipu orang lain dengan embel-embel jualan online.

Sedangkan smartphone yang membawa berkah yaitu menggunakan media smartphone di jalan yang di syariatkan agama, seperti: Perduli pada sesama saat pandemi melanda dengan cara menggalakkan aksi pencegahan virus corona, menggunakan smartphone untuk beribadah serta menambah ketakwaaan kepada Allah SWT. Contohnya seperti: Membaca ayat suci alquran melalui smartphone hingga melakukan video streaming kajian islamiah. lantas gimana menebar kebaikan versi aku di era digital ini?

Caraku Menebar Kebaikan di Era Digital di Situasi Pandemi

Tentu setiap orang memiliki banyak kebaikan dan makna tersendiri di dalamnya. ada yang menyimpan rapat-rapat amal kebaikannya dan ada juga yang menampilkan kebaikannya kepada khalayak ramai agar dapat menjadi jembatan syi’ar agama untuk mengajak kepada kebaikan. kalau ditanya tentang gimana aku menyikapinya? aku tidak perlu pusing-pusing memikirkan hal ini. aku lebih cenderung terbuka dan lebih dominan untuk menampilkan kebaikan walau itu bernilai kecil sekali.

Eh, namun jangan salah,, aku juga menyimpan rahasia kebaikan lainnya yang tersimpan rapat-rapat juga lho ya.. hehe.. jadi intinya aku selalu menyeimbangkan keduanya dan atas ijin allah SWT. dan berhubung situasi terkini DIRUMAH memang lebih baik dibandingkan berada diluar rumah, maka menebar kebaikan pun bisa dilakukan di dalam rumah.

Lho kok bisa? ya tentu dong.. bukannya kebaikan itu memang sangat luas sekali dan tidak terbatas pula kadarnya? lantas gimana caranya? caranya adalah dengan Berdonasi kepada yayasan terpercaya dan kredibel khusus yatim dan dhuafa. dan aku memilih Dompet Dhuafa sebagai media menebar kebaikan yang aku lakukan.

Dompet Dhuafa menjadi Pilihanku Menebar Kebaikan

Ada banyak alasan kenapa aku memilih Yayasan Dompet Dhuafa untuk kebaikan berbagi terutama di era digital dan di masa-masa pandemi seperti saat ini. alasan utama aku adalah karena di dompet dhuafa ini lengkap pilihan berdonasinya seperti yang akan aku jelaskan dibawah ini.

Zakat Maal

Zakat Maal ini merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap individu muslim yang sesuai dengan nishab dan haulnya. zakat harta ini pun telah melahirkan beragam jenis zakat lainnya seperti misalnya Zakat penghasilan. perniagaan, zakat emas maupun zakat simpanan. semua zakat tersebut ada perhitungannya sendiri-sendiri lho ya dan gak sembarangan..

Infaq dan Sedekah

Selain zakat maal ada pilihan untuk Infaq dan sedekah juga lho.. nah disitu akan dibagi lagi menjadi pilihan lebih khusus dimana sesuai dengan program yang dijalankan oleh yayasan dompet dhuafa. Pilihan khususnya ada seperti: Untuk Program Pendidikan, Program Advokasi, Kesehatan, Ekonomi, Sosial, Program Lingkungan dan Juga Infaq Ramadhan.

Dan tidak berhenti sampai disitu, Didalam Program tersebut juga ada pilihan lagi misal untuk program pendidikan ada pilihannya seperti salah satunya adalah Membangun Sekolah di Pelosok .

wah keren ya, jadi kita bisa lebih khusus lagi mau melakukan infaq sedekah ke bagian yang mana. ya tentunya semuanya adalah kebaikan yang patut di syukuri.

Wakaf

Untuk yang ketiga ada pilihan Wakaf. Wakaf disini merupakan sedekah jariyah. dan wakaf ini jika berbentuk harta maka tidak boleh berkurang nilainya serta tidak boleh juga untuk dijual apalagi di wariskan. secara hakikat wakaf merupakan penyerahan kepemilikan harta manusia menjadi milik allah SWT dengan mengatasnamakan ummat.

Di Pilihan nya juga jelas yakni ada pilihan Wakaf masjid, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan wakaf aset produktif. jadi di dompet dhuafa ini sangat lengkap sekali kebaikan berbagi untuk ummat di dunia khususnya di indonesia.

Kemanusiaan

Selain Zakat maal, infaq dan wakaf dompet dhuafa juga sangat vital terhadap urusan kemanusiaan. terbukti di donasi jenis ini terdiri dari sub kategori khusus seperti indonesia siap siaga corona, serta dompet dunia islam yang terbagi lagi menjadi cinta palestina, bersama uighur, cinta syria dan berbagi harapan untuk palestina.

Dengan lengkapnya pilihan dan layanan di Yayasan Dompet Dhuafa ini, aku mengajak kamu semua untuk menebar kebaikan bagi sesama selama masa pandemi ini dengan cara yang mudah yakni melalui smartphone kamu. mau tau caranya gimana berdonasi di dompet dhuafa seperti yang aku lakukan di masa pandemi ini? Lihat caraku dibawah ini.

Intip Caraku Berdonasi Di Dompet Dhuafa

Disini aku tekankan lagi kepada kamu wahai para pembaca yang baik hatinya bahwa aku tidak “Riya’” aku hanya ingin menebar kebaikan sebagai syiar yang semoga diberkahi oleh Allah SWT. Aku memang berniat untuk berdonasi untuk melawan corona. Oleh sebab itu, jika kamu ingin berdonasi seperti aku ini, yuk intip caraku berdonasi di dompet dhuafa. dan berikut ini adalah Instruksinya:

  1. Mengakses Laman Donasi di Website Resmi Dompet Dhuafa yaitu di: https://donasi.dompetdhuafa.org/
  2. Memilih Donasi yang di niatkan untuk menebar kebaikan kepada sesama. dalam hal ini aku memilih layanan Jenis donasi “Kemanusiaan”
  3. Kemudian Pada Pengkhususan Donasi, aku memilih Pilihan “Indonesia Siap Siaga”
  4. Dan berikutnya di label keterangan donasi, aku memilih “Bersama Lawan Corona”
  5. Kemudian masukkan deh Nominal Donasi yang hendak di donasikan. (untuk ini aku tutupin ya,, biar hanya aku dan allah SWT aja yang tahu.. hehe..)
  1. Kemudian langkah selanjutnya adalah mengisi Profil Donatur. dalam hal ini adalah aku sendiri yakni dengan memilih Pilihan “Bapak”
  2. Masukkan Nama Lengkap
  3. Masukkan data Email aktif
  4. Masukkan juga nomor HP yang aktif
  5. Klik Informasi Tambahan. Informasi tambahan ini khusus bagi yang punya NPWP. dan kebetulan aku juga memilikinya jadi perlu sekali informasi tambahan ini.

Setelah semuanya lengkap dan tidak ada satupun yang terlewat maka saatnya menuju metode pembayaran dan bisa memilih metode transfer bank atau online payment. disini kalau aku memilih metode transfer bank.. Kemudian langkah berikutnya adalah menekan Tombol berwarna orange yaitu “DONASI SEKARANG !”. Setelah menekan tombol tersebut akan otomatis diarahkan ke dashboard pembayaran yang juga dilengkapi dengan Kode unik untuk proses verifikasi yang dilengkapi dengan kode referensi.

Kode unik tersebut langsung disatukan pada nominal yang hendak di transfer, sebagai catatan: aku juga mendapatkan SMS yang memberitahukan tentang berapa nominal yang harus di transfer beserta nomor rekening yayasan dompet dhuafa.

Setelah itu baru deh untuk melakukan Transfer. Setelah transfer harap menyimpan Struk atau Foto Bukti Transfer. Kalau aku dengan cara screenshoot bukti karena aku memakai Mobile Banking.. hehehe.. dan jangan lupa juga untuk melakukan Konfirmasi pembayaran. dan tampilannya akan seperti ini.

Setelah semuanya telah terisi maka tekan tombol Submit. dan tidak butuh waktu lama, ada respon SMS dari Yayasan Dompet Dhuafa Bahwa Konfirmasi telah diterima. Nah bagaimana? mudah sekali bukan untuk menebar kebaikan dengan mengandalkan sentuhan di gadget smartphone kita?

Jika sudah Konfirmasi dan Berhasil maka kamu akan mendapatkan lampiran pembayaran yang telah diterima melalui email. Seperti email yang aku dapatkan dibawah ini

Lantas ada pertanyaan seperti ini “Mas Fendi, itu kan harus ke laman web nya dompet dhuafa, nah ada nggak ya yang melalui marketplace semacam toko online gitu? karena aku cuma punya saldo untuk belanja online dan tiap isi saldopun aku biasanya ke minimarket.. karena aku gak punya rekening nih mas.. hehehe..”

Tentu jawabannya ada dong..

Gini.. ada kabar baik dari Dompet Dhuafa, dimana saat ini Dompet Dhuafa juga bekerjasama dengan marketplace bebas ongkir itu lho yang berwarna orange hehe.. iya shopee..

Dompet Dhuafa Mudahkan Zakat Fitrah melalui Shopee

Aman

Melalui Shopee Marketplace, Kamu tidak perlu khawatir karena 100 persen aman baik dari donasi yang dikirimkan maupun data data kamu

Cepat

Mau Donasi terlebih untuk Zakat Kini bisa dilakukan tanpa keluar Rumah, Di Shopee semuanya bisa dilakukan dengan Cepat.

Tepat Sasaran

Zakat Fitrah yang dikeluarkan dengan mudah dan cepat melalui Shopee juga tepat sasaran kepada yang membutuhkan

Mudah

Bayar Zakat tidak Perlu waktu yang lama karena di Shopee bisa juga pakai metode pembayaran saldo ShopeePay dan lainnya

Terpercaya

Bayar Zakat di Shopee yang telah bekerjasama dengan Dompet Dhuafa sudah terpercaya layanannya dan terbukti

Berpengalaman

Zakat Fitrah yang kamu keluarkan disini akan tersalurkan dengan benar karena telah berpengalaman bertahun-tahun menebar kebaikan

Nah.. saat ini kamu bisa kok untuk melakukan menebar kebaikan dengan melalui marketplace shopee ini.. jadi bukan hanya belanja saja, melainkan kebaikan pun bisa kamu lakukan seperti Berzakat Fitrah. Jadi kamu cukup dirumah saja, tak perlu kemana-mana. selain kamu memutus rantai penyebaran virus corona, zakat yang kamu keluarkan juga sah. Gimana caranya? yuk simak berikut ini.

  1. Pastikan kamu kamu telah menginstall aplikasi shopee ya. karena proses ini hanya bisa dilakukan di aplikasi shopee.
  2. Mengunjungi laman ini: https://shopee.co.id/m/zakat-fitrah
  3. Membaca Niat zakat Fitrah. Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an nafsii fardlal lillahi ta’aalaa.”
  4. Tekan Tombol “Bayar Zakat Sekarang”
  5. Memilih paket zakat fitrah yang hendak di pilih. Jika sendiri maka Pilih yang Paket 1 dan tekan tombol Lanjut
  6. Lengkapi Data Diri yaitu: Nomor Telepon, Alamat Email dan Nama lengkap kamu
  7. Masukkan kata “Dhuafa” setelah nama kamu. contoh. Fendi Haris Dhuafa (Hal ini agar zakat fitrahmu akan tersalurkan ke lembaga dompet dhuafa)
  8. Silahkan Pilih metode pembayaran: Bisa melalui ShopeePay lho untuk kamu yang sudah memiliki saldo di shopee
  9. Langkah Terakhir adalah “Bayar Sekarang”
  10. Selesai deh..

Akhir Kata:

Semua Kisah Diatas Mengajarkan Aku untuk senantiasa tidak memandang kepada siapa saja untuk menebar kebaikan. Dan mari bersama untuk Bijak menggunakan Media Digital untuk Berbagi Kebaikan terutama Kondisi Saat ini yaitu Kondisi “Dirumah Saja”. Bukan Berarti Kita tidak dapat melakukan Kebaikan. Melalui Dompet Dhuafa Aku dapat melakukan berbagai macam kebaikan yakni salah satunya dengan Donasi Kemanusiaan untuk Melawan Corona.

Oh iya, Apakah Kamu masih Bingung Tentang Manfaat Berzakat? Jika iya, maka silahkan tonton video dari Ustadz Muhammad Zein dibawah ini yang menjelaskan tentang Manfaat Berzakat.. dan kalau sudah paham, maka jangan lupa membayar zakat fitrah nya ya.. Sekali lagi bisa intip cara nya bayar zakat fitrah melalui Marketplace Shopee dan Dompet Dhuafa diatas tadi..

Aku Pribadi mengajak semua pembaca untuk senantiasa menebar kebaikan dan salah satunya melalui Yayasan Dompet Dhuafa. Aku juga telah mengulas di Google Bisnis Mengenai Yayasan Dompet Dhuafa ini.

Seluruh Artikel yang terkandung di dalam ini berdasarkan pada Pengalaman Pribadi, opiniku dan sumber referensi lainnya yang akan aku sebutkan sumbernya. 

Sumber Foto dan Infografis:

  • Foto Bill Gates (GalaMediaNews)
  • Foto Beri Makan Orang Gila (EraBaru.Net)
  • Aset Dompet Dhuafa Website
  • Aset Pribadi
  • Olah Digital. Fendi Haris

Demikianlah artikel yang berjudul ” Kebaikan Berbagi di Tengah Pandemi, Ini Caraku Menebar Kebaikan di Era Digital ” telah tayang. Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa. Semoga Bermanfaat

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *