Select Page
Mentari Harapan Baru Dari Timur Spesial Sukseskan PON XX Papua 2021
Mentari Harapan Baru Dari Timur Spesial Sukseskan PON XX Papua 2021 walau di tengah pandemi dan masa sulit ini. #PondemiKompetisiBlog #PONDEMI #MentariHarapanBaruDariTimur
Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan ajang yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh warga indonesia. Baik dari sabang hingga merauke. Dan tidak menutup kemungkinan, ajang PON di indonesia juga menjadi sorotan hangat di kancah international atau dunia.

Memang, kondisi saat ini terutama negeri kita tercinta yaitu Indonesia sedang mengalami bencana wabah virus covid 19 yang tidak kunjung henti-hentinya. Lantas apakah kita harus kalah dengan bencana ini? Apakah kita harus diam membisu seribu bahasa? Atau bahkan kita menganggap masalah ini hanya lelucon belaka?

Saya rasa, kita semua harus menyadari bahwa bencana covid 19 merupakan bencana serius. Berjuang sekuat tenaga melawan bencana ini dengan sekuat dan sebisa mungkin apa saja yang bisa kita lakukan, merupakan langkah bijaksana dalam memerangi covid 19 ini. Karena yakinlah, ada mentari dan harapan baru setelah wabah virus ini sirna.

Olahraga merupakan salah satu faktor terbaik dalam memerangi covid 19 selain dari segi makanan dan minuman yang mengandung vitamin. Sebut saja olahraga di rumah dengan melakukan aktivitas sehari-hari seperti senam.

Selain dengan olahraga, dalam memerangi covid 19 yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan imun tubuh kita. Ada banyak cara untuk meningkatkan imun. Dan yang paling mujarab adalah menghibur diri agar senantiasa bahagia. Jika kita suka olahraga, maka hiburan olahraga pun menjadi solusi untuk meningkatkan imun pada tubuh kita ini.

Mentari Harapan Baru Dari Timur

 

Bicara tentang hiburan olahraga, beruntung sekali bahwa Indonesia telah resmi akan menyelenggarakan perhelatan akbar yakni PON (Pekan Olahraga Nasional) 2021. Dan yang menjadi tuan rumah kali ini yaitu Provinsi Papua. Tentu ini juga merupakan sebuah Mentari Harapan Baru Dari Timur Indonesia.

Kita tentu sangat mengenal Provinsi Papua sebagai daerah dengan sumber daya mineral logam seperti tembaga, emas, dan perak. Selain itu, banyak orang di indonesia hingga dunia mengenal provinsi papua ini dengan julukan “Bumi Cenderawasih”.

Dari berbagai keunggulan tersebut, sangat wajar jika di Provinsi Papua memang memiliki daya tarik tersendiri dari berbagai macam hal. Terlepas dari keindahannya dan kekayaannya, Provinsi Papua kini ditunjuk menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan dan mensukseskan acara Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 20.

PON XX PAPUA 2021 di Tengah Pandemi

PON ke 20 atau PON XX Papua 2021 memang cukup berbeda dengan PON sebelum-sebelumnya. Perbedaannya terletak pada situasi dan kondisi yang belum normal seperti sedia kala. Situasi Pandemi yang membuat PON di provinsi papua kali ini harus bisa sukses dengan usaha yang benar-benar membutuhkan pemikiran, kebijakan yang terbaik dan juga kolaborasi semua pihak baik dari instansi pemerintahan dari pusat hingga daerah setempat.

Namun, Provinsi Papua telah mengupayakan usaha yang maksimal dalam menyambut PON XX Papua 2021 yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2021 yakni tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2021. Telah banyak yang dipersiapkan seperti: Jadwal dan Hasil Pertandingan, Medali, Kontingen, Disiplin Olahraga dan Juga Venue Pertandingan yang bisa juga kalian akses dan ketahui update informasinya hanya di situs resminya yaitu di ponxx2020papua.com

Selain itu yang paling bersifat urgensi dalam penyelenggarakan PON XX Papua 2021 ini yaitu mengenai cara dalam menangani membludaknya orang-orang yang akan mengunjungi Papua baik itu ribuan atlet, official dan bahkan para pendukung.

Bukankah saat ini memang sedang marak-maraknya penyebaran virus corona? Oleh sebab itu, pemerintah terkait pun tidak hanya diam.

Dukungan Pemerintah Terkait Untuk Kesuksesan PON XX Papua 2021

 

Dukungan dari Pemerintah terkait PON XX Papua 2021 ini semakin digencarkan terutama bagaimana supaya acara tersebut sukses dan berjalan lancar tanpa harus menambah kasus terpaparnya COVID19 saat PON XX Papua di selenggarakan.

Berikut ini adalah spesial bentuk dari dukungan pemerintah pusat untuk mensukseskan PON XX Papua 2021 diantaranya adalah:

Kementrian Kesehatan

Dukungan Pemerintah terkait acara PON XX Papua 2021 ini yang pertama datang dari Kementrian Kesehatan. Kementrian Kesehatan siap mendukung dan membantu penuh dengan menyediakan 16 Ambulans, Pelatihan tenaga kesehatan dan juga menyediakan vaksin khusus warga papua yang berada di sekitar venue.

Dengan begitu, maka menanggulangi kasus terpaparnya kasus COVID 19 pun diharapkan bisa diminimalisir sedemikian rupa sehingga acara PON XX Papua 2021 bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)

Berikutnya dukungan datang dari Kementrian PUPR. Kementrian PUPR mendukung dengan membantu mempersiapkan apa yang sangat dibutuhkan saat PON XX Papua 2021 ini diantaranya seperti : Wisma Atlet, Venue Pertandingan, Fasilitas Lingkungan dan Lain sebagainya.

Dukungan Kementrian PUPR ini tentu juga sebagai bentuk dukungan demi kesuksesan PON XX Papua 2021 agar senantiasa berjalan dengan lancar dan tanpa ada kendala yang berarti.

Kementrian Perhubungan

Selain Kementrian Kesehatan dan Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Kementrian Perhubungan juga bersedia untuk membantu mensukseskan acara PON XX Papua 2021 ini. Dan Kementrian Perhubungan juga akan mendukung sangat serius dengan menyediakan kendaraan sebagai alat transportasi.

Kendaraan dari Kementrian Perhubungan tersebut akan dikirimkan dari Jakarta dan juga Surabaya menuju Klaster penyelenggaraan PON ke 20 Papua ini pada tanggal 1 September 2021. Kendaraan dukungan tersebut juga akan di alokasikan di 4 Daerah yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke dan juga Kabupaten Jayapura.

Kementrian Kominfo (Komunikasi dan Informatika)

Banjir dukungan pemerintah lainnya yaitu dukungan dari Kementrian Kominfo (Komunikasi dan Informatika). Dimana akan membantu menyediakan Jaringan dan juga Publikasi saat acara PON XX Papua 2021 berlangsung tepatnya yang akan resmi dibuka pada tanggal 2 Oktober 2021.

Jadi dengan bantuan Kominfo ini maka tentu akan membuat PON XX Papua menjadi sangat seru untuk tidak dilewatkan sedikitpun, sehingga PON XX Papua 2021 dapat berhasil diselenggarakan dengan sukses.

Selain Dukungan dari Pemerintah Pusat, Ajang PON XX Papua 2021 ini juga mendapatkan perhatian serius dari instansi teknis pendukung utama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua.

Upaya Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua

 

Dinas Kominfo Papua mengupayakan agar ada integrasi antara aplikasi PB PON dan PB Peparnas Papua dengan aplikasi Peduli Lindungi yang dikelola oleh Tim Pusat Data dan Teknologi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Sebagai informasi, Aplikasi Peduli Lindungi besutan Pemerintah dalam hal ini Kemenkes RI telah berhasil di unduh oleh jutaan orang di indonesia. Karena di dalam aplikasi Peduli Lindungi sangat lengkap sekali menu dan fiturnya. Paling penting adalah informasi seputar Riwayat dan Tiket Vaksin serta Sertifikat Vaksin. Dengan begitu, aplikasi ini sangat cocok untuk berintegrasi dengan aplikasi PON dan PB Peparnas Papua.
Upaya Dinas Kominfo Papua ini pun tujuannya juga sangat bagus sekali yakni dapat membantu instansi pemerintah dalam hal melacak serta menghentikan laju penyebaran COVID 19. Dan upaya ini pun merupakan ide yang cemerlang dalam mensukseskan PON XX Papua 2021 ini.
Dari segi kejuaraan sendiri, kontingen dari papua tentu menjadi suntikan positif untuk menggondol berbagai macam pertandingan. Hal itu tentu juga dapat menjadi mentari harapan baru dari timur.

Mentari Harapan Baru Dari Timur Optimis Raih Medali Emas

Selaku tuan rumah PON ke 20 di Papua ini, seluruh atlet papua mempersiapkan diri dengan penuh semangat diantaranya adalah dengan cara berlatih dengan sungguh-sungguh bersama pelatih. Cabang olahraga yang ditargetkan untuk membawa medali emas yakni olahraga layar.

Persiapan latihan ekstra juga digalakkan untuk meraih medali emas di ajang PON XX Papua 2021 ini seperti melatih teknik dan strateginya, kemudian fisiknya dan paling penting adalah memperkuat mental untuk menjadi juara.

Kontingen papua dalam ajang olahraga layar ini tentunya tidak sembarangan peserta, melainkan telah memiliki segudang pengalaman dan bahkan di ajang kejuaraan international layar regata 2020 sempat menggondol 2 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu di empat nomor yang dipertandingkan di regata 2020.

Oleh sebab itu, sangat wajar jika papua diunggulkan dan bahkan dapat mentari harapan baru dari timur dengan membawa penuh medali emas.

Kesuksesan PON XX Papua 2021

 

Tingkat kesuksesan di ajang PON XX Papua 2021 ini dinilai dari berjalannya acara dengan lancar walau berada di kondisi situasi pandemi. Karena ini memang masa-masa sulit untuk diselenggarakan terutama bagaimana “Membuat acara secara sempurna namun penyebaran covid 19 bernilai nihil”.

Saya sangat mengapresiasi seluruh elemen yang terlibat terutama dukungan dari pemerintah diantaranya adalah Kementrian Kesehatan (Kemenkes RI), Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( Kementrian PUPR), Kementrian Perhubungan, Kementrian Kominfo, Dinas Kominfo Papua, KONI dan instansi terkait lainnya.

Dan selain kesuksesan secara teknis, kesuksesan PON XX Papua 2021 ini dapat mengangkat atlet papua dalam membawa medali emas dengan pertandingan yang adil tentunya. Dengan begitu Mentari Harapan Baru Dari Timur dapat menjadi sorotan dunia terutama dunia olahraga.