Benefit Migrasi Televisi Digital Untuk Kebutuhan Massal

Selamat tinggal televisi analog. Kini dengan melakukan migrasi ke televisi digital, masyarakat indonesia secara massal akan memperoleh benefit adanya tayangan yang berkualitas, suara jernih dan gambar yang bagus.

Menikmati tayangan televisi dengan kualitas jernih adalah impian seluruh masyarakat di indonesia. Baik dari wilayah perkotaan, pedesaan hingga pelosok yang memang membutuhkan hiburan dan bukan hanya sekadar tamasya.

Jika dahulu kita sering menjumpai antena yang menjulang tinggi hanya untuk sekadar memperoleh sinyal televisi, maka kini kita telah punya teknologi yang benar-benar canggih. Saat ini antena tersebut dapat dikombinasikan dengan teknologi canggih dari televisi digital.

Berhentilah Bayar Karena Siaran Televisi Digital ini Gratis

Apakah lokasimu saat ini sangat mudah untuk mendapatkan sinyal? Jika jawabannya adalah “tidak” berarti dapat dipastikan bahwa lokasimu saat ini termasuk wilayah blank spot atau wilayah yang sangat susah mendapatkan sinyal. Seperti misalnya di daerah Provinsi banten.

Wilayah dengan kategori blank spot ini biasanya harus mengeluarkan biaya-biaya lagi untuk mendapatkan sinyal dan juga untuk memperoleh siaran tayangan televisi yang jernih. Salah satu cara yang bisa dilakukan saat ini yaitu dengan menggunakan parabola atau berbayar dengan berlangganan TV kabel.

Cuma pertanyaannya seperti ini “sampai kapan kamu akan bayar hanya untuk memperoleh sinyal televisi yang jernih”? Mungkin alangkah baiknya jika seluruh biaya pengeluaran kamu untuk berlangganan tersebut dialihkan untuk kebutuhan sehari-hari. Betul tidak?

Oleh sebab itu penting sekali nih buat kamu, bahwasanya kini kamu tidak perlu bayar-bayar lagi hanya untuk mendapatkan siaran televisi yang jernih dan tayangan berkualitas. Pasalnya, kini kamu juga akan memperoleh semuanya itu secara gratis hanya dengan migrasi ke televisi digital.

Semua wilayah di indonesia akan dilakukan pemerataan siaran televisi sehingga walau kamu berada di wilayah blank spot sekalipun, akan dapat menikmati siaran televisi yang bagus dan jernih.

Pemerataan Siaran Televisi Digital Dengan Suara Jernih Untuk Seluruh Pelosok Negeri

Tahukah kamu, tayangan siaran televisi yang berkualitas, gambar yang bagus dan suara yang jernih ini juga bakalan kamu dapatkan walau kamu berada di daerah pelosok negeri sekalipun. Inilah yang dimaksud dengan pemerataan.

Jadi bukan hanya wilayah perkotaan saja yang dapat menikmati siaran televisi dengan kualitas gambar yang bagus dan jernih melainkan seluruh wilayah pelosok negeri akan memperoleh dampak positif serta manfaatnya. Keren kan?

Manfaat Siaran Televisi Digital Bagi Seluruh Masyarakat Indonesia

Pada dasarnya fungsi adanya televisi yaitu sebagai media publikasi yang bisa di akses dan dapat diolah kembali untuk banyak kebutuhan. Jika dilihat dari segi manfaatnya, tentu kembali lagi kepada target penonton misalkan berdasarkan usia, dimana ada usia anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Jika dirangkum menjadi sebuah kategori, maka manfaat siaran televisi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Media Hiburan

Manfaat televisi yang pertama yaitu sebagai media hiburan. Hal ini dikarenakan setiap tayangan televisi memiliki program dan acara-acara yang sangat beragam sesuai dengan minat dari para penonton setiap harinya.

Tentu jika sinyal tidak baik maka tayangan televisi akan menjadi buram dan bahkan tidak dapat menikmati tayangan dengan sempurna. Alih-alih menghibur maka yang ada justru makin kesal.

Nah, dengan migrasi ke televisi digital maka media hiburan yang ditayangkan tersebut tentu akan menghibur kamu dan fungsi serta peranannya sebagai media hiburan pun benar-benar telah berhasil.

Media Edukasi

Manfaat televisi berikutnya yaitu sebagai media edukasi atau media yang dapat menambah pengetahuan. Ini biasanya ditargetkan pada anak-anak yang menempuh jenjang pendidikan seperti di sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga universitas. Seperti tayangan mengenai berbagai macam tutorial cara membuat sesuatu yang unik kemudian memiliki nilai jual dan lain sebagainya.

Namun kembali lagi jika sinyal jelek atau tidak bagus, tentu akan menghambat semuanya untuk mendapatkan edukasi atau pengetahuan dari siaran televisi tersebut.

 Beralih menggunakan televisi digital tentu akan membuat semuanya menjadi lancar dan edukasi yang diperoleh pun akan mudah untuk diterapkan. Apalagi jika dengan menggunakan televisi digital suara yang dihasilkan akan jernih dan kualitas gambarnya juga bagus. Oleh sebab itu migrasi ke televisi digital akan menjadi solusi bagi masyarakat yang hendak mendapatkan edukasi atau pengetahuan melalui siaran televisi tersebut.

Menghilangkan Stress

Selain sebagai media hiburan dan edukasi, siaran televisi dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam menghilangkan stress. Apalagi di zaman pandemi seperti saat ini dimana semua masyarakat yang dituntut untuk lebih dominan berada di dalam rumah, dapat menghilangkan stress yang berlebihan.

Salah satu siaran televisi yang dapat untuk menghilangkan stress yaitu siaran musik. Dengan mendengarkan musik tentunya, akan membuat masyarakat dapat menjadi rileks. Namun jika gara-gara sinyal yang buruk maka tentu akan membuat tayangan musik tidak dapat didengarkan dengan baik.

Oleh sebab itu dibutuhkan siaran televisi yang dapat menghasilkan suara jernih dan salah satu solusi untuk memperoleh suara yang jernih yaitu dengan cara migrasi ke televisi digital. Dengan begitu maka akan diperoleh suara yang jernih secara total sehingga tujuan untuk menghilangkan stress dapat terpenuhi.

Update Berita dan Kabar Terkini di Indonesia

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh masyarakat terkait siaran televisi yaitu dapat mengetahui informasi terbaru dan terupdate mengenai berita terkini yang terjadi di indonesia. Seperti misalkan berita politik maupun berita viral yang bersifat membangun dan positif.

Namun semuanya akan tidak mengenakkan saat sedang seru-serunya nonton siaran televisi berita terbaru kemudian mengalami gangguan sinyal, sehingga berita yang disiarkan tidak dapat diterima dan dicerna dengan baik. Begitu merugikan sekali jika hal ini terjadi.

Oleh sebab itu dibutuhkan siaran televisi yang menghasilkan gambar yang bagus dan salah satu cara untuk mendapatkan itu semua yaitu beralih ke televisi digital karena dengan televisi digital seluruh siaran berita dan kabar terkini di indonesia juga akan menjadi bersih.

Selain itu untuk benefit migrasi televisi digital yang lainnya tepatnya dari ruang lingkup yang lebih luas akan bermanfaat bagi industri pertelevisian dan pertumbuhan industri kreatif di masyarakat.

Benefit Migrasi Televisi Digital di dunia Industri Kreatif

Pertumbuhan industri kreatif di indonesia juga akan mendapatkan sejuta manfaat diantaranya adalah pembukaan lapangan kerja baru di industri pertelevisian serta berpotensi untuk menambah keragaman kepemilikan lembaga penyiaran atau stasiun televisi baru karena dapat menambah karyawan dalam membuat konten tayangan yang berkualitas.

Jika saat ini menurut KPI ada sekitar 40 TV (lembaga penyiaran) yang telah memiliki izin resmi untuk siaran, maka nantinya akan berkembang pesat melahirkan stasiun televisi baru. Dengan begitu maka program televisi akan makin banyak, tayangan semakin variatif dan tentunya masyarakat secara massal akan semakin dimanjakan dengan tayangan yang penuh warna. Dan menariknya seluruh siaran televisi digital ini dapat diakses secara gratis dan tanpa bayar sepeserpun.

Nah, itulah manfaat yang akan didapatkan jika seluruh masyarakat di indonesia melakukan migrasi ke televisi digital. Lantas, pertanyaannya kenapa harus migrasi ke televisi digital? Bukannya dengan TV analog saja sudah cukup?

Alasan Kenapa Harus Migrasi ke Televisi Digital

Alasan utama kenapa masyarakat indonesia harus pindah atau migrasi ke televisi digital adalah karena pada tanggal 2 november 2022 siaran TV analog akan dihentikan atau di stop. Hal ini juga terkait dengan efisiensi. Dengan begitu, maka masyarakat yang masih belum migrasi dari TV analog ke TV digital tidak akan dapat menikmati siaran televisi dalam bentuk apapun.

Selain itu sebenarnya tren televisi digital ini telah jauh hari dilakukan oleh berbagai negara di dunia yaitu tepatnya pada tahun 2007. Banyak negara yang telah melakukan migrasi dari TV analog ke TV digital seiring dengan menjamurnya perkembangan teknologi dan pertumbuhan internet yang menanjak tajam.

Tren tersebut mulai diterapkan di indonesia dan beruntung perihal migrasi dari TV analog ke TV digital ini mendapat naungan berkat UU nomor 11 tahun 2020 cipta kerja. Migrasi ini juga dilakukan secara bertahap hingga 2 november 2022 guna seluruh pelosok negeri mendapatkan akses secara merata.

Lalu bagaimana dengan masyarakat yang masih memiliki TV analog? Apakah bisa untuk melakukan migrasi ke televisi digital? Jawabannya adalah “Bisa” yaitu dengan cara menambahkan STB (Set Top Box).

Cara Masyarakat Untuk Migrasi Dari TV Analog menuju TV Digital

Alat STB (Set Top Box) merupakan alat yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat indonesia secara massal untuk migrasi dari TV analog menuju TV digital. Apapun model televisi kamu seperti TV tabung maupun LCD/LED bisa untuk melakukan migrasi dari TV analog ke TV digital.

Alat STB (Set Top Box) ini merupakan dekoder yang menangkap sinyal televisi digital melalui antena pada TV analog kemudian menampilkannya dengan baik dan lancar. Antena yang dipakai pun tidak ada perbedaan baik antena indoor ataupun outdoor. Semua jenis antena televisi tersebut sama-sama bisa digunakan.

Nah, dengan alat dekoder STB (Set Top Box) ini seluruh masyarakat akan dapat menikmati siaran berkualitas yang ditampilkan oleh televisi digital dengan kualitas gambar yang bersih maupun suara yang jernih. Kamu dapat melakukan pengaturan atau setting dengan cara memilih auto scan. Kemudian televisi kamu akan secara otomatis menyimpan seluruh program siaran televisi digital yang ada di sekitar lokasi kamu.

Cek Sinyal Televisi Digital Terlebih Dahulu Di Lokasimu Melalui Aplikasi

Berhubung migrasi televisi digital ini dilakukan bertahap untuk proses pemerataan di pelosok negeri, ada baiknya bagi kamu yang berlokasi di pelosok-pelosok yang susah sinyal atau blank spot untuk melakukan pengecekan sinyal televisi digital yang tersedia di lokasi kamu.

Langkahnya cukup mudah, silahkan download saja melalui handphone aplikasi sinyalTVdigital melalui google playstore. Aplikasi ini dikembangkan oleh Bangunindo yang telah berhasil di download sebanyak 100.000 lebih pengguna di seluruh tanah air.

Setelah di download, silahkan akses aplikasi sinyalTVdigital tersebut dan memasukkan alamat terdekat atau domisili kamu. Pada dasarnya, aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi lokasi jangkauan di sekitar kamu dan menampilkan layanan siaran televisi digital yang tersedia beserta dengan tingkat kekuatan sinyalnya. Setelah memastikan bahwa ada siaran televisi digital, maka saatnya untuk melakukan scanning pada televisi kamu.

Itulah pentingnya alat dekoder Set Top Box (STB) untuk kelancaran migrasi dari TV analog menjadi TV digital. Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan STB ini? Dan STB jenis apa yang telah mendukung siaran televisi digital indonesia ini?

Cara Mendapatkan STB (Set Top Box) Untuk Kebutuhan Migrasi dari TV Analog ke TV Digital

Untuk mendapatkan alat STB (Set Top Box) ini, kamu dapat membelinya di toko-toko elektronik dengan rentang harga cuma 150 ribuan saja. Jika dilihat dari benefit yang akan kamu dapatkan, harga tersebut adalah harga yang sangat terjangkau apalagi hanya melakukan pembelian sekali seumur hidup dan tentunya berlaku selamanya.

Berbeda jika kamu adalah golongan masyarakat tidak mampu. Kamu akan mendapatkan STB (Set Top Box) secara gratis dari pemerintah. 

Seperti misalnya pada Pemerintah Provinsi Banten (Pemprov Banten), dimana telah menyiapkan alat dekoder STB (Set Top Box) secara gratis sebanyak 14.000 STB hanya untuk masyarakat kurang mampu dan dengan kondisi jenis TV yang masih jadul yaitu seperti TV tabung.

Untuk menyalurkan alat STB (Set Top Box) secara cuma-cuma ini tentunya juga harus tepat sasaran. Maksudnya adalah alat STB (Set Top Box) ini didistribusikan ke masyarakat tidak mampu sampai benar-benar dalam kondisi terpasang secara sempurna dan masyarakat tidak mampu dipastikan sudah dapat langsung menikmati siaran televisi digital tersebut.

Jenis STB (Set Top Box) yang telah Mendukung untuk Siaran Televisi Digital di Indonesia

MerekModel/Tipe
NEXMEDIANA1300/DVB-T2 MPEG4 HD
POLYTRONPDV 600T2
ICHIKO8000HD
AKARIADS-2230
AKARIADS-210
MerekModel/Tipe
AKARIADS-168
VENUSBrio
TANAKAT2
MATRIXAPPLE
EVERCROSSSTB1

Kamu dapat mendapatkannya di toko elektronik terdekat di sekitarmu dengan memastikan memilih merek dan tipe yang sesuai dengan data diatas supaya migrasi televisi digital yang kamu lakukan berjalan dengan lancar jaya, sehingga kamu dapat segera menikmati siaran digital secara gratis walau tanpa bayar sepeserpun apalagi menghabiskan kuota.

Lho, kenapa kuota? apakah siaran televisi digital ini terkoneksi dengan internet? Sama tidak dengan live streaming di youtube?

Siaran Televisi Digital ini Bukan Internet dan Berbeda dengan Youtube Streaming

Sebagai catatan bahwasanya seluruh siaran televisi digital ini bukan merupakan internet atau tidak ada sangkut pautnya dengan yang namanya kuota. Jika kamu suka nonton siaran langsung atau live streaming di youtube, maka itu sangat jelas sekali akan memakan banyak kuota internet. Inilah yang menjadi perbedaan antara televisi digital dengan channel youtube.

Siaran televisi digital semuanya gratis dan tanpa koneksi internet sedikitpun. Jika streaming pada youtube bisa dilakukan oleh semua orang hanya mengandalkan akun google, maka siaran televisi digital membutuhkan izin atau legalitas yang lebih detail lagi.

Mungkin kesamaannya adalah terletak pada pilihan berbagai jenis konten yang beragam dan ini akan secara bertahap di masa-masa mendatang. Oleh sebab itu, mari untuk seluruh masyarakat indonesia untuk bersama-sama ikut andil dalam menyukseskan migrasi dari televisi analog menuju televisi digital ini.

Kesimpulan

TV analog akan dihentikan siarannya pada 2 november 2022 sesuai dengan program digitalisasi dan efisiensi mengenai pemerataan frekuensi di seluruh pelosok negeri. Sehingga pada tanggal dan tahun yang ditetapkan tersebut, TV analog secara massal tidak akan dapat digunakan kembali.

Migrasi televisi digital merupakan cara supaya seluruh masyarakat khususnya di indonesia secara massal dapat memperoleh manfaat berkat teknologi canggih ini seperti memperoleh siaran hiburan yang dapat menghilangkan stress hingga siaran televisi sebagai media edukasi.

Migrasi televisi digital juga bertujuan sebagai pemerataan dan keadilan khususnya secara massal bagi seluruh masyarakat indonesia. Semuanya dapat menikmati siaran televisi dengan gambar yang bagus, suara jernih dan tayangan berkualitas. Bukan hanya di wilayah perkotaan saja, melainkan wilayah yang susah sinyal pun dapat memperoleh benefit saat migrasi ke televisi digital ini.

Semua benefit akan segera didapatkan secara massal oleh masyarakat di indonesia, jika telah sukses melakukan migrasi dari TV analog menjadi TV digital. Salah satu alat untuk migrasi yaitu menambahkan STB (Set Top Box) yang dapat dibeli hanya dengan harga 150 ribuan atau didapatkan secara gratis bagi masyarakat dengan golongan yang tidak mampu dan hanya memiliki TV yang sudah jadul.

Ayo saatnya migrasi televisi digital sekarang juga. Indonesia digital. Semakin digital, semakin maju.

Sumber dan Referensi:

  • Infografis. Fendi Haris
  • Olah Digital. Fendi Haris
  • https://siarandigital.kominfo.go.id/

Demikianlah artikel yang berjudul “Benefit Migrasi Televisi Digital Untuk Kebutuhan Massal” telah tayang. Tulisan ini sebagai sosialisasi mengenai manfaat dan pentingnya migrasi televisi digital bagi masyarakat diseluruh indonesia.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *