Inilah Pengertian Oli Full Synthetic Motor, Semi Sintetik, Mineral dan Ester yang merupakan Kategori Base Oil (Bahan Dasar Pelumas).

Anda akan mengetahui juga perbedaan serta mana yang lebih unggul dan cocok digunakan untuk motor kesayangan anda.

Tahukah anda, bahwasanya setiap oli pada motor anda itu memiliki formula yang diseuaikan berdasarkan kategori bahan dasar pelumas atau yang dinamakan dengan kategori jenis base oil.

Apa itu Base Oil

Dilansir dari Wikipedia mengenai apa itu base oil? Base oil merupakan bahan dasar yang digunakan dalam produksi minyak atau pelumas motor.

Lebih tepatnya adalah oli motor serta digunakan sebagai cairan pemrosesan logam.

Setiap pelumas motor tersebut tentunya memiliki komposisi serta sifat yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan kecocokan suhu.

Kita ketahui bahwa di dunia ini di tiap negara itu memiliki suhu dan iklim yang berbeda pula. Khususnya di Indonesia sendiri yaitu beriklim tropis.

Nah, disitulah viskositas cairannya juga sangat disesuaikan karena merupakan faktor yang sangat vital (penting) demi performa kinerja mesin motor yang digunakan.

Supaya tetap aman, nyaman, awet, terawat dan tarikannya makin enteng.

Secara fungsinya sendiri, oli (pelumas) motor berperan penting seperti bekerja untuk melumasi secara detail pada bagian dalam mesin dan juga mendinginkan serta memindahkan panas.

Lantas apa saja kategori base oil pada oli motor tersebut?

5 Kategori Base Oil Pada Motor:

  1. Oli Mineral. Jenis Base Oil Grup 1
  2. Oli Sintetik. Jenis Base Oil Grup 2
  3. Oli Semi Sintetik. Kategori Base Oil Grup 3
  4. Oli Full Synthetic Motor. Kategori Base Oil Grup 4.
  5. Oli Full Sintetik Ester. Jenis Kategori Base Oil Grup 5.

Mari kita bahas satu persatu mengenai keempat kategori base oil tersebut. Temukan kelebihan dan keunggulannya.

Mana yang cocok untuk kebutuhan performa dan kinerja mesin pada motor kebanggaan anda.

Oli Mineral

Jika anda menemukan pada kemasan oli motor dengan label atau bacaan “Oli Mineral” dan anda bingung mengenai apa itu oli mineral? Maka begini penjelasannya.

Oli mineral itu merupakan kategori jenis base oil (bahan dasar pelumas) grup 1 dimana diolah dari yang namanya minyak bumi.

Kemudian disempurnakan lagi dengan formula zat aditif supaya dapat berfungsi dengan baik pada motor anda.

Namun perlu diingat, bahwasanya oli mineral ini tidak cocok jika motor anda dengan spesifikasi yang digunakan menggunakan teknologi yang baru atau keluaran baru seperti motor matic injeksi terbaru 2022.

Kenapa demikian? Karena tipe base oil mineral ini kinerjanya tidak mumpuni bagi motor terbaru yang notabene membutuhkan jenis oli yang encer.

Jika tetap menggunakannya maka kinerja oli ini akan tidak stabil dan seimbang. Namun selain itu, oli mineral ini tetap memiliki keunggulan dan kelebihan terutama jika piston dan blok piston dalam keadaan yang baru.

Seluruh komponen pada mesin baru motor anda akan mudah beradaptasi dengan sistem kerja dari oli mineral yang pada dasarnya memiliki struktur molekul tidak rata.

Oli Sintetik

Berbeda dengan oli mineral yang murni terbuat dari bahan minyak bumi, oli sintetik telah mengalami peningkatan terutama soal molekul yang lebih baik lagi dibandingkan dengan oli mineral.

Apa itu oli sintetik? Oli sintetik ini merupakan kategori base oil grup 2 dimana dibuat melalui rekayasa kimia. Tentunya ada pengoptimalan dan kinerja khususnya pada mesin motor yang menggunakan oli sintetis ini.

Memang dari segi harga, oli sintetik jauh lebih mahal dibandingkan dengan oli mineral.

Hal tersebut dikarenakan dengan fungsi dan manfaat yang akan didapatkan juga seperti usia pakainya lebih lama dan kandungannya juga lebih berkualitas.

Selain itu manfaat dan keunggulan dari oli sintetik ini adalah dapat melepas panas dengan lebih baik serta tidak mudah menguap.

Oli Semi Sintetik

Ingin kualitas oli yang bikin mesin motor lebih tangguh lagi? Maka hadir Oli Semi Sintetik yang merupakan kategori Base Oil Grup 3.

Apa itu oli semi sintetik atau synthetic blend oil? Oli semi sintetik merupakan campuran antara oli mineral dengan oli sintetik.

Campuran tersebut tentunya disesuaikan dengan beragam unsur sesuai persentase dimana akan dapat meningkatkan performa dari oli mineral.

Jadi oli semi sintetik ini ada proses penyulingan lagi seperti pada nitrogen, sulfur, oksigen, wax serta logam berat lainnya.

Mengenai keunggulan dan kelebihan dari oli semi sintetik ini yaitu lebih stabil dibandingkan oli mineral, tingkat viskositasnya juga lebih lebar di suhu yang rendah maupun suhu tinggi.

Kemudian untuk kadar penguapannya oli sintetik ini juga tergolong lebih rendah dan mampu melumasi elemen metal atau logam menjadi lebih baik lagi, tahan pada oksidasi sehingga akan tahan lama.

Oli Full Synthetic Motor

Jika ingin oli motor yang makin terbaik lagi yaitu berkenalan dan cari tahu mengenai oli full synthetic yang masuk pada kategori base oil grup 4.

Apa itu oli full sintetik? Oli full synthetic juga merupakan base oil melalui proses kimia yang di formulasikan untuk bebas terhadap yang namanya sulfur, oksigen, logam-logam berat.

Oli Full Synthetic Motor

Oli full sintetik ini tentu memiliki segudang manfaat dan keunggulan atau kelebihan yang diantaranya adalah menimbulkan dan menyeimbangkan suhu mesin agar selalu terjaga, lebih kuat terhadap berbagai gesekan dan suara yang dihasilkan atau dikeluarkan juga akan menjadi lebih halus.

Cocok sekali bagi anda yang memiliki motor matic sport dan motor yang lainnya. Dengan oli full synthetic ini tentunya bikin tahan lama, tarikannya enteng dan bikin mesin adem.

Oli Full Sintetik Ester

Nah, untuk yang terakhir yaitu oli full sintetik ester yang merupakan base oil grup 5. Oli full sintetik ester ini merupakan base oil paling tinggi.

Dimana untuk kandungan ester ini juga memiliki tingkat keausan 0% (minim), lebih tahan lama serta berbagai peningkatan performa mesin motornya yang akan jauh lebih lama.

Oli full synthetic motor memiliki kandungan persentase sekitar 95% oli sintetik dan 5% oli mineral.

Untuk fungsi esternya sendiri yakni dapat menjaga suhu lebih stabil dan saat motor yang digunakan semakin lama, maka output mesin yang dihasilkan juga akan menjadi lebih baik lagi.

Yang memiliki kandungan ester ini adalah Oli X-TEN. Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia X-TEN ini cocok untuk motor baru seperti honda vario, scoopy, beat, mio M3, Aerox dan Soul GT secara lengkap.

Orang Juga Bertanya

Apa perbedaan oli full sintetik dan semi sintetik? Perbedaannya terletak pada segi manfaatnya serta kategori base oilnya.

Untuk oli full synthetic motor merupakan base oil grup 4 yaitu kandungan lebih tinggi, sedangkan untuk semi sintetik masuk base oil grup 3.

Apa yang dimaksud dengan oli Full Synthetic? Oli full synthetic motor merupakan oli yang dicampur dari base oil mineral dengan oli sintetik dengan persentase 95 persen base oil sintetik + 5 persen base oil mineral.

Apa keunggulan oli Full Synthetic? Keunggulannya yaitu tahan lama, suara mesin motor akan lebih halus, mudah, kuat terhadap gesekan, bikin tarikan motor makin enteng dan harga yang cukup terjangkau.

Apa perbedaan dari oli mineral dan oli synthetic? Base oil (oli mineral) terbuat dari minyak bumi, sedangkan untuk oli synthetic merupakan proses kimiawi dengan campuran oli mineral.

Demikianlah postingan yang berjudul ” Pengertian Oli Full Synthetic Motor, Semi Sintetik, Oli Mineral & Oli Ester ” Semoga bermanfaat.

Tutup Iklan
Close Ads