Strategi Menanam Benih Digital Untuk Kesuksesan Maksimal

Digitalisasi kini menjadi ladang penghasilan. Dari hobi hingga berujung profesi pun dapat dioptimalkan. Dan menanam benih digital merupakan cara tepat atau strategi untuk membidik masa depan yang gemilang.

Menanam benih digital memang sangat penting bagi semua orang dan apapun latar belakangnya. Tidak peduli bagaimana bentuk fisiknya, daerahnya atau hingga agamanya sekalipun. Selama berhubungan dengan peluang dan dapat memberikan dampak positif di masa mendatang, kenapa tidak?

Ngomong-ngomong soal masa depan yang cemerlang, aku sangat suka pada salah satu quotes dari wayne dyer yang merupakan seorang penulis spiritual dari swadaya amerika yang juga sebagai motivator. Ia mengatakan bahwasanya “Masa depan yang cerah tidak pernah dijanjikan pada siapa pun. Kamu harus mengejarnya sendiri.”

Benar sekali, terkait kesuksesan dimanapun ranahnya seperti mau sukses berkarier jadi karyawan di perusahaan bonafid atau mau sukses yang tidak terikat dengan melalui internet misalnya, itu memang dibutuhkan namanya keinginan yang kuat dari masing-masing personal untuk mengejarnya atau menggapainya.

Sukses melalui internet Bukan Pekerjaan Semalam

Sebelum aku ajak mengetahui menanam benih digital itu seperti apa saja, aku akan tekankan bahwa kesuksesan melalui internet itu bukan pekerjaan semalam atau bukan juga semudah membalikkan telapak tangan hingga mengedipkan mata.

Semua butuh proses. Semua butuh kerja keras. Semua butuh strategi tepat dan juga butuh pola pikir yang cerdas.

Jika kamu telah memahami makna diatas tersebut, maka saatnya kamu membidik dengan penuh kesungguhan yang namanya menanam benih digital. Ada apa saja? Berikut yang telah aku jalankan hingga detik ini.

Personal Branding melalui Blog dan Memperbanyak Portofolio

Menanam benih digital yang aku lakukan yang pertama adalah membidik personal branding dengan memiliki blog personal. Terkait personal branding, aku tidak sembarangan dalam mencari dan memakai nama domain. Namanya juga personal branding, jika kamu lihat blog saat ini yaitu fendiharis.com maka itulah yang aku maksud.

Sebuah nama domain juga sangat berpengaruh terhadap sebuah kepercayaan, baik dari brand hingga perusahaan yang hendak bekerjasama dengan blog kita. Namun, tidak semua nama domain personal itu dipercaya. Pasalnya, masih ada beberapa poin atau penilaian hingga metrik yang dijadikan penilaian atas sebuah keterpercayaan terhadap sebuah jasa blog.

Strategi menanam benih digital yang aku lakukan pada blog fendiharis.com ini adalah dengan cara mengikuti berbagai macam kompetisi dari blog, esai maupun kontes SEO. Benih digital tersebut berupa penulisan konten yang berkualitas dan didukung dengan infografis serta landing page yang menawan. Alhasil, jika berhasil menjadi Juara maka akan menambah portofolio. Dan semakin banyak portofolio kemenangan, maka brand pun semakin terkesima dan tidak ragu-ragu untuk bekerjasama. Hingga kini portofolio yang aku raih ada sebanyak 37 prestasi.

Dan tahukah kamu, semuanya itu berkat yang namanya koneksi internet. Apakah aku menjadi jutawan? Tentu jawabannya “Iya benar”. Semua diperoleh dari hadiah berbagai kompetisi yang diraih dan juga jenis layanan jasa yang aku tawarkan melalui blog personal aku seperti: Jasa content placement hingga content review yang dihargai mulai dari 300 ribu hingga 3 juta sesuai dengan spesifikasi yang aku tawarkan.

Strategi menanam benih digital untuk memperoleh penghasilan melalui internet yaitu dengan cara menulis di blog kemudian ikut lomba menulis untuk memperbanyak portofolio.

Fendi Haris

Blogger & Content Creator, fendiharis.com

Menjadi Youtuber dengan Membidik Penghasilan melalui Iklan Adsense

Menanam benih digital yang kedua adalah menisbatkan diri untuk terjun menjadi youtuber indonesia. Sejak pandemi yaitu awal tahun 2020 merupakan awal aku semangat membuat konten dan membangun channel di youtube.

Kamu dapat mengunjungi channel youtubeku disini Channel Youtube Fendi Haris. Tentu terjunnya aku ke dunia youtube ini bukan tanpa alasan atau hanya suka-suka belaka, namun ada target yang sangat potensial sekali di youtube ini yaitu dapat menghasilkan yang tentunya juga sangat fantastis nominalnya. Semua bisa diraih jika channelnya telah berkembang sangat pesatnya.

Menjadi youtuber merupakan cara cerdas, terlebih dimasa pandemi yang lebih banyak berada dan beraktivitas dirumah. Memang, untuk yang baru terjun ke dunia youtube ini membutuhkan semangat yang sangat luar biasa karena untuk memperoleh penghasilan melalui youtube membutuhkan perjalanan yang sangat panjang terutama syarat yang diberlakukan yaitu “Memperoleh 1.000 Subscriber dan 4.000 Jam Tayang”.

Apakah aku sudah menghasilkan melalui youtube ini? Jawabannya “Belum” dan akan menuju dalam waktu dekat ini. Oleh sebab itu aku menanam benih digital ke youtube ini setiap harinya. Dengan cara apa? Membuat konten dan konsisten upload merupakan cara smart untuk berkesempatan memperoleh penghasilan.

Dan tahukah kamu, semakin lama konten kita di youtube maka semakin besar pula untuk mendapatkan view hingga subscriber baik yang datang langsung dari mesin pencari youtube hingga mesin pencari google video. Benih digital yang kita tanam ini, di masa mendatang akan dapat kita tuai hasilnya. Jutawan dari youtube? Menarik sekali bukan?.

Strategi menanam benih digital untuk meraih cuan di internet di masa mendatang yaitu dengan cara membuat konten video dan konsistensi ngupload ke youtube setiap harinya. Semakin lama konten berada di youtube, semakin besar pula kesempatan memperoleh penghasilan melalui youtube itu sendiri. 

Fendi Haris

Blogger & Content Creator, fendiharis.com

Maksimalkan Pendapatan Melalui Internet Dengan Membeli Saham sebagai Investasi masa depan

Dari kedua aktivitasku dalam memperoleh penghasilan melalui internet, masih belum maksimal tanpa adanya sebuah investasi untuk tujuan masa depan yang cemerlang. Mungkin ini yang belum pernah dibahas di artikel manapun dalam menuai penghasilan melalui internet biar maksimal.

Jadi begini, setiap aku memperoleh penghasilan dari internet entah itu berupa hadiah kompetisi menulis atau jasa layanan yang aku tawarkan sebagian besar aku investasikan dalam bentuk reksadana saham yang syariah. Itu lagi-lagi bukan tanpa alasan, melainkan aku juga membidik yang namanya masa depan atau masa tua nanti. hehe..

Dan menariknya, semua tetap melibatkan yang namanya internet atau online. Hanya mengandalkan aplikasi dari perusahaan reksadana online tersebut, aku dapat memantau hasil dari investasi yang aku tanamkan. Lumayan, jika berjalan mulus maka masa depan pun bisa dikatakan tidak perlu ketar-ketir lagi.

Namun, ada yang harus digaris bawahi yaitu kamu harus benar-benar tepat memilih perusahaan reksadana online tersebut terutama soal legalitas dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) tentunya.

Strategi menanam benih digital yang terakhir yang aku lakukan adalah dengan cara berinvestasi saham syariah. Karena dengan berinvestasi saham kita dapat membidik masa depan atau masa tua yang dikategorikan mapan.

Fendi Haris

Blogger & Content Creator, fendiharis.com

Nah, itu dia semua cara menanam benih digital untuk memperoleh penghasilan di internet sekaligus membuatnya maksimal untuk hari tua mendatang.

Apakah kamu tertarik dengan strategi cerdas ini? Atau kamu telah bersemangat untuk mencoba beruntung melalui internet?

Jika kamu memiliki kriteria tersebut, sudah saatnya untuk melakukan dan mengeksekusinya. Lakukan saja langkahnya dari poin pertama diatas yaitu membidik personal branding dengan membangun blog personal yang berkualitas. Gimana caranya?

Langkah Membangun Personal Branding

Menyiapkan Domain Personal

Langkah pertama, kamu dapat mencari dan menyiapkan alamat domain personal kamu. Pakai saja nama kamu sendiri, karena nama merupakan sebuah doa dan faktor pemicu kamu supaya bersemangat untuk membangun blog kamu nantinya. Contohnya misalkan fendiharis.com yang merupakan namaku sendiri. Kamu dapat melihatnya disini : Domain Name Qwords

Membeli Hosting Murah Yang Tidak Murahan

Setelah mendapatkan alamat domain yang kamu inginkan sesuai dengan target personal branding kamu, selanjutnya kamu dapat membeli Hosting Murah yang bisa ditemukan di layanan Qwords. Selaku perusahaan Hosting indonesia, kamu akan mendapatkan hosting yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dan Barulah Bangun Blog Kamu Hingga Sukses

Setelah semuanya telah dibeli, maka saatnya kamu membangun blog personal kamu sampai sukses. Kamu dapat menggunakan CMS (Content Management System) yaitu wordpress. Persis dengan blogku fendiharis.com ini. Caranya juga sangat mudah dipahami dan platform wordpress juga merupakan platform yang sangat populer di kalangan blogger indonesia.

Menjadi Youtuber juga bisa dimaksimalkan lewat blog juga lho..

Untuk poin yang kedua yang aku lakukan yaitu menjadi youtuber, ternyata bisa kamu lakukan juga untuk memperoleh penghasilan lewat internet di masa mendatang. Dan keberadaan blog juga sangat mendukung sekali untuk profesi youtuber. Lho kok bisa?

Karena dengan memiliki blog, maka kita dapat melakukan berbagai macam strategi untuk mensinkronkan dengan channel youtube kita. Jadi kesempatan besar untuk mendapatkan trafik kunjungan juga berlipat ganda.

Kamu dapat melihat contohnya di blog aku fendiharis.com di menu Channel Youtube ini.

Kamu akan melihat seluruh video yang terkonfigurasi dengan sangat apik sekali untuk memperoleh kesempatan trafik berkali – kali lipat dari visitor di blog aku. Dan itu semua berkat platform WordPress yang aku gunakan, karena ada berbagai macam plugin yang sangat bermanfaat sekali dalam membidik namanya aset digital. Kamu dapat membeli layanan WordPress Hosting di Qwords karena aku merekomendasikannya.

Keren kan? Jadi bisa dibayangkan di masa mendatang seperti apa kesuksesan yang akan dituai. Namun sekali lagi, butuh kerja keras dalam menanam benih digital setiap harinya.

Persis dengan kalimat inspiratif dari Thomas Alva Edison yang dijuluki Si penyihir Menlo Park yang mengatakan “Alasan mengapa banyak orang yang tidak menyadari kesempatan adalah karena kesempatan selalu muncul dalam bentuk kerja keras.”

– Kesimpulan –

Ada banyak cara untuk sukses berpenghasilan melalui internet. Salah satu cara yang aku geluti dan tekuni hingga detik ini yaitu dengan strategi menanam benih digital. Seperti diantaranya membidik personal branding dan menambah portofolio dengan menulis di blog, mengupload video ke youtube setiap hari dengan konsisten.

Semua yang aku tanam benih digitalnya, akan membuahkan hasil di kemudian hari atau masa mendatang. Karena semakin lama konten itu berada maka semakin besar pula kesempatan untuk menuai penghasilan.

Langkah baru disaat kita telah memperoleh penghasilan lewat internet, yaitu berpikirlah secara maksimal untuk masa tua. Caranya menginvestasikan sebagian penghasilan yang di dapat melalui reksadana saham. Penghasilan lewat internet pun jauh lebih maksimal saat diukur dengan masa depan.

Terakhir aku mengutip kalimat inspiratif dari Pele yang mengatakan bahwasanya “Sukses itu bukanlah kebetulan. Ia terbentuk dari kerja keras ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan yang paling penting, cinta akan hal yang sedang atau ingin kamu lakukan.”

Jadi kalau mau sukses yang sebenar-benarnya sukses ya dibutuhkan semua hal diatas. Dan tidak ada kata mustahil untuk sukses melalui internet. Aku telah membuktikannya. Sekarang giliran kamu.

Sumber dan Referensi:

  • Aset Qwords
  • Olah Digital : Fendi Haris
  • Infografis : Fendi Haris

Demikianlah Artikel yang Berjudul “Strategi Menanam Benih Digital Untuk Kesuksesan Maksimal” ini telah Tayang. Artikel ini diikutsertakan Ajang Lomba Blog yang diselenggarakan Oleh Qwords.com. Semoga Bermanfaat.

Tutup Iklan
Close Ads