Pandemi COVID 19 adalah Tantangan Bagi Pengusaha Restoran dalam Melangkah Lebih Baik!

Bencana Global yaitu Pandemi COVID 19 merupakan salah satu tantangan unik bagi para pengusaha supaya tetap tegar melawan virus dan menjaga stabilitas keuangan. Langkah jitu yang dapat dilakukan adalah dengan Asuransi Kesehatan bagi seluruh karyawannya. Dengan begitu para pengusaha dapat bersama karyawannya untuk melangkah lebih baik lagi.

Memang bencana global pandemi virus COVID 19 dapat terbilang masalah yang cukup serius selama tahun 2020 ini. Betapa tidak, semua lini memperoleh dampak yang cukup signifikan. Terutama pada para pengusaha nasional yang banyak sekali memangkas karyawan seperti dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) serta pengurangan gaji karyawan.

Namun dari sekian banyak dampak yang diakibatkan oleh pandemi virus COVID 19 ini, ada juga perusahaan yang masih strong dalam menggempur bencana global ini. Para pengusaha dituntut berpikir keras dan tentunya harus berpikir kreatif supaya memperoleh solusi secara bertahap. Ada beberapa kiat khusus yang saya rangkum dalam menjaga kestabilan bisnis di tengah pandemi COVID 19.

Memastikan Keselamatan Pelanggan

Jika anda sebagai pengusaha yang bergerak di bidang makanan cepat saji yang memiliki gerai untuk proses bisnis anda atau yang dikenal dengan restoran, maka anda harus menjamin seluruh keselamatan pelanggan selama pandemi COVID 19 ini.

Anda dapat menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan ditempat gerai restoran anda tersebut. Dimulai dari Pengecekan suhu tubuh pada pelanggan, Wajib memakai masker sebelum memasuki restoran anda, dan seluruh karyawan anda wajib menerapkan protokol kesehatan tersebut. 

Anda juga harus menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di setiap sudut yang mudah dijangkau pelanggan agar mudah melakukan protokol kesehatan tersebut. Tidak hanya itu, anda melalui karyawan anda juga harus memastikan bahwa setiap pelanggan telah meninggalkan area tempat duduk dan meja makan yang di pesan, maka karyawan wajib membersihkan serta menyemprotkan disinfektan pada meja dan kursi tersebut.

Dengan penerapan protokol kesehatan ini, maka pelanggan anda tadi tidak segan-segan untuk kembali ke gerai restoran anda dan dengan begitu anda akan mendapatkan pelanggan tetap yang tentunya dapat mewujudkan bisnis dan usaha anda tetap berjalan di tengah pandemi COVID 19 ini.

Pintar mengadakan Promo Besar-besaran

Selaku pengusaha, anda pasti tidak asing dengan kata “Promo”. Ya, karena promo ini memang sangat vital peranannya untuk menarik calon pembeli untuk datang dan berkunjung ke gerai restoran anda.

Promo yang begitu menarik jika di usaha restoran adalah seperti : Buy one Get one (Beli satu gratis satu), atau anda juga dapat kreatif dengan menghubungkan situasi COVID 19 dengan cara “Beli Paket 1 dapat Handsanitizer) misalnya. Dengan promo seperti itu, maka pelanggan akan selalu memprioritaskan gerai restoran anda dalam catatan harian mereka. 

Hal itu tentu karena Jaminan kebersihan, penerapan protokol kesehatan dan promo yang sangat menarik untuk di kunjungi bagi calon pembeli. 

Nah, dengan metode cara pemberian “Promo menarik” ini, maka gerai restoran anda akan tetap mendatangkan pelanggan tetap atau bagi yang baru berkunjung sekalipun. Ini juga berdampak pada bisnis usaha anda yang tentunya akan tetap berjalan manis ditengah pandemi COVID 19 ini.

Pengusaha Harus Kreatif dengan Membuat Website Penjualan Untuk Delivery

Strategi jitu yang ketiga yang dapat dilakukan adalah anda harus bisa semakin kreatif untuk melayani pelanggan dengan layanan delivery. Dimana layanan delivery ini adalah layanan pesan antar makanan dan minuman dari gerai restoran anda ke pelanggan yang tidak ingin makan ditempat dengan alasan “Keamanan Diri dari tertularnya virus corona”.

Untuk mewujudkan hal ini, anda dapat dimulai dengan membuat website restoran anda yang dikhususkan untuk layanan delivery tersebut. 

Jadi disini anda harus siap melek teknologi dan harus siap berkolaborasi dengan pesatnya teknologi seperti website ini.  Karena dengan website, maka kemudahan pelanggan akan diutamakan. Terlebih lagi, anda dapat berperan aktif dalam mengurangi tingkat kerumunan dan mendukung pelanggan anda yang ingin stay di rumahnya. Menariknya, layanan delivery makanan restoran melalui website peningkatannya semakin signifikan.

Jadi jika anda telah melakukan metode ini, maka kesempatan anda memperoleh keuntungan juga akan terbuka lebar. Dan bisnis usaha anda tentu juga akan berjalan dengan baik berkat teknologi ini. Pandemi COVID 19 akan bisa anda lalui dengan lancar.

Utamakan Kebersamaan Bersama Karyawan

Anda selaku pengusaha wajib tahu bahwa “Tanpa karyawan, anda bukanlah siapa-siapa karena pada umumnya anda tidak dapat bekerja sendirian” apalagi jika berbisnis di gerai restoran.

Memang, saat pandemi banyak yang kalang kabut dunia bisnis seperti restoran misalnya. Hal itu jika diresapi dengan teknik dan cara yang tepat, pasti tantangan terhadap bencana global COVID 19 ini akan terlewati. Jika anda masih bisa mempertahankan karyawan yang produktif, maka pertahankanlah segenap jiwa raga anda.

Anda dapat memulai dengan melakukan pendekatan yang humanis bersama seluruh karyawan anda seperti dalam menghadapi pandemi virus COVID 19 ini, dimana tidak perlu panik dan harus bisa semaksimal mungkin bekerja demi perusahaan anda dan jaminan karyawan anda tentunya.

Anda juga dapat menyadari bahwa karyawan adalah tulang punggung anda dalam berbisnis dan menjamin seluruh karyawan mendapatkan perlakuan yang baik seperti misal menjamin Asuransi Kesehatan bagi seluruh karyawan anda. Dengan begitu karyawan akan memantapkan diri setiap hari dalam bekerja.

Untuk Kehidupan Lebih Baik Lagi Asuransi Kesehatan Karyawan Sangat Penting Bagi Bisnis Usaha Resto Anda

Seperti yang saya sebutkan, karyawan anda itu adalah aset bagi bisnis dan perkembangan usaha restoran yang anda kelola. Karena, setiap karyawan yang produktif, kreatif dan juga inovatif tentu akan membuat usaha gerai restoran anda semakin berkembang terutama saat pandemi COVID 19 ini.

Realitanya, masih banyak karyawan dan pekerja kantoran yang masih takut yang berlebihan alias panik terhadap namanya penularan COVID 19 ini. Jika anda dapat memberikan pemahaman yang benar dan tepat maka dengan sendirinya karyawan akan menjadikan anda panutan sebagai pemimpin atas usaha dan bisnis anda.

Saat anda memberikan Asuransi Kesehatan pada karyawan anda, maka sang karyawan akan merasakan kebahagiaan tersendiri karena hak nya diperoleh saat berkontribusi pada bisnis restoran anda. Dan perlu anda ketahui bahwa mayoritas karyawan yang hak nya terpenuhi maka akan bekerja lebih maksimal dibandingkan karyawan yang tidak memperoleh hak nya.

Untuk mewujudkan Asuransi Kesehatan pada karyawan anda, anda juga harus selektif terhadap perusahaan layanan yang memberikan layanan asuransi kesehatan tersebut. Dan salah satu yang bisa anda pilih adalah Tugu Insurance.

Asuransikan Kesehatan Karyawan Anda Pada Tugu Insurance

Anda selaku pebisnis restoran pasti tidak asing dengan nama Tugu Insurance ini. Perlu anda ketahui bahwa Tugu Insurance ini berdiri sejak 25 November 1981 atau tepatnya telah berjalan melayani selama 39 tahun. Dan sejak 2018 Tugu Insurance ini telah mendapatkan izin pernyataan dari otoritas tertinggi yaitu OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam membuka Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) kepada masyarakat luas.

Selain itu Tugu Insurance juga terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) dengan kode saham TUGU. Dan hingga saat ini ternyata lebih dari total saham Tugu Insurance dipegang oleh perusahaan:

  1. PT. Pertamina (Persero) sebesar 58,50%
  2. UOB Kay Hian Pte Ltd sebesar 15,75%
  3. Siti Taskiyah sebesar 10,93%
  4. Samsung Fire and Marine Insurance Co., Ltd sebesar 5,29%
  • PT. Pertamina 58.50% 58.50%
  • UOB Kay Hian Pte Ltd 15.75% 15.75%
  • Siti Taskiyah 10.93% 10.93%
  • Samsung Fire and Marine Insurance Co., Ltd 5.29% 5.29%

Dan dari lini bisnisnya sendiri Tugu Insurance telah memantapkan diri menawarkan sebanyak 10 jenis produk Asuransi Umum diantaranya adalah:

  1. Asuransi Energi
  2. Asuransi Kebakaran & properti
  3. Asuransi Penerbangan dan satelit
  4. Asuransi Rekayasa
  5. Asuransi Kelautan
  6. Asuransi Kredit & penjaminan
  7. Asuransi Aneka
  8. Asuransi Tanggung gugat
  9. Asuransi Kesehatan
  10. Asuransi Retail dan syariah

Nah, jika anda pengusaha restoran maka anda dapat mengasuransikan karyawan anda pada Asuransi Kesehatan di Tugu Insurance ini.

Program Asuransi Kesehatan bagi Komersial ini bernama Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dimana memang ditujukan bagi karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Langkahnya juga cukup sederhana yaitu perusahaan terlebih dahulu membayar premi 1 tahun. Maka nantinya akan mendapatkan banyak sekali manfaat medis sesuai dengan jenis yang ada pada daftar manfaat atas resiko-resiko yang dijamin dalam polis.

Asuransi Kesehatan di Tugu Insurance akan dilayani dengan baik dan maksimal apalagi dengan berjalannya BPJS kesehatan. Nantinya, akan dilakukan koordinasi manfaat, premi, data kepesertaan, data klaim keuangan, administrasi dan sosialisasi lainnya yang tentunya sangat bermanfaat sekali bagi karyawan anda.

Dan berikut ini adalah program Asuransi Kesehatan yang tersedia diantaranya adalah :

 

  1. Jaminan Perawatan Rumah Sakit dan Pembedahan (Rawat Inap)
  2. Jaminan Rawat Jalan
  3. Jaminan Rawat Bersalin
  4. Jaminan Rawat Gigi
  5. Jaminan Kacamata

Semua program asuransi kesehatan yang ditawarkan benar-benar untuk karyawan anda dan memang telah disesuaikan. Jadi karyawan akan semakin yakin untuk mengabdi pada perusahaan restoran anda. Bukan hanya itu, ternyata ada banyak juga keuntungan jika menggunakan Tugu Health. Apa saja keuntungannya?

Kebebasan menggunakan penyedia jasa pelayanan

Untuk yang pertama, karyawan nantinya akan bebas dalam menggunakan penyedia jasa pelayanan. Tentu ini tidak ada batasan ruang gerak yang diambil oleh karyawan anda.

Tidak ada batasan teritorial dan waktu

Selain ruang gerak yang tidak dibatasi dalam memilih penyedia jasa layanan, ternyata juga tidak dibatasi mengenai waktunya. Tentu ini membuat karyawan memiliki kebebesan penuh dalam menjalani dan mengabdi pada perusahaan restoran anda.

Pelayanan kesehatan independen

Manfaat yang ketiga yaitu karyawan akan dijamin dengan pelayanan kesehatan yang benar-benar independen atau tidak sembarangan dalam melayani kesehatan.

Kemudahan penambahan provider Rumah Sakit

Keempat adalah dapat dengan mudahnya dalam menambahkan jenis atau macam-macam provider rumah sakit. Ini karena disesuaikan dengan lokasi terdekat tentunya. Dengan begitu memang terasa manfaatnya.

Sistem pembayaran klaim berupa:

  • Penggantian Pembayaran
    Karyawan anda nantinya dapat membayar terlebih dahulu seluruh biaya pengobatan di penyedia layanan di luar jaringan Rumah Sakit, Klinik dan Apotik Tugu Insurance.
  • Non Tunai
    Karyawan anda cukup menunjukkan kartu, maka karyawan anda akan dapat langsung mendapatkan pengobatan tanpa membayar terlebih dahulu, sepanjang perawatan dan pengobatan yang dilakukan di jaringan Rumah Sakit, Klinik dan Apotik Tugu Insurance.

Kelebihan biaya (excess) dijaminkan terlebih dahulu.

  • Masa tunggu dihapuskan.
  • Keadaan yang Sudah Ada Sebelumnya langsung dijamin.
  • Pelayanan klaim terpadu 24 jam.
  • Laporan utilisasi pemakaian klaim komplit yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Co-Branding with BPJS

Hospital Cash Plan yaitu Karyawan anda nantinya akan mendapatkan santunan tunai sesuai dengan manfaat kamar peserta.

Pengganti Excess:

  • BPJS sebagai penjamin pertama untuk fasilitas kesehatan.
    BPJS hanya menjamin sesuai hak kelas kamar peserta jika ada kelebihan biaya yang akan dibayarkan, maka akan kembali kepada pihak asuransi.
  • Asuransi Kesehatan sebagai penjamin pertama fasilitas kesehatan dengan kartu yang sudah di co-branding. Hal ini agar pihak Asuransi dapat menjamin jika terjadi insan pelayanan di Rumah Sakit.

Nah, bagaimana? Benar-benar bermanfaat sekali ya Asuransi Kesehatan di Tugu Insurance ini? Dengan begitu seluruh karyawan anda akan mendapatkan hak kesehatan yang tentunya juga akan berdampak pada kinerja dan produktifitas sang karyawan anda tersebut.

– Kesimpulan –

Jadi kesimpulannya adalah Jika anda pengusaha restoran yang bijaksana dalam menatap bisnis anda kedepan, maka anda harus berkolaborasi atau bersama dengan karyawan anda dalam mewujudkan tantangan pandemi global COVID 19 ini supaya tetap bertahan dan mendapatkan cuan di tengah pandemi. Karena hak kesehatan seluruh karyawan adalah salah satu kunci dalam bertahan di tengah pandemi ini. Anda dapat bersama menjadi Berani Lebih Baik dengan mengansuransikan kesehatan seluruh karyawan anda ke perseroan yang tepat yakni Tugu Insurance. Tugu Insurance merupakan Asuransi Umum di Indonesia.

Sumber dan Referensi:

  • Aset Tugu Insurance
  • Gambar Pixabay
  • Infografis. Fendi Haris
  • https://www.merdeka.com/jabar/7-cara-menjaga-bisnis-tetap-bertahan-di-tengah-pandemi-virus-corona-kln.html

Artikel ini telah lolos uji plagiat dan sedang diikutsertakan ajang Lomba Blog yang diselenggarakan oleh Tugu Insurance.

Demikianlah artikel yang berjudul Pandemi COVID 19 adalah Tantangan Bagi Pengusaha Restoran dalam Melangkah Lebih Baik! Telah tayang. Semoga Bermanfaat.

Tutup Iklan
Close Ads