Select Page

Penting diketahui, Mau Investasi Properti di Indonesia? Yuk Simak Tips dan Caranya yang tentunya sebagai informasi untuk invest real estate di indonesia.

Pentingnya Investasi Properti

Di Indonesia ada banyak sekali pilihan untuk kita yang hendak ingin berinvestasi dimulai dari investasi saham, investasi emas dan paling banyak digemari yaitu Investasi Properti. Dengan berinvestasi tentunya kita dapat berharap memperoleh keuntungan jangka panjang atau di masa depan ( mendatang ).

Contohnya seperti jika hendak memilih Investasi properti karena investasi properti ini merupakan salah satu bentuk investasi yang sangat penting serta memiliki banyak sekali segudang manfaat.

Adapun alasan mengapa Investasi Properti itu sangat penting yaitu:

  1. Kenaikan Jumlah Nilai Aset. Alasan pertama karena Investasi Properti akan cenderung memiliki peningkatan nilai seiring dengan bertambah atau berjalannya dari waktu ke waktu. Dalam jangka panjang, nilai properti ini biasanya akan meningkat karena banyak faktor diantaranya pertumbuhan populasi, perkembangan infrastruktur dan juga permintaan dari waktu ke waktu yang justru terus akan mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, Dengan berinvestasi properti seperti real estate, maka kamu dapat memiliki kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang lebih dari kenaikan nilai aset tersebut.
  2. Dapat menjadi Pasif Income. Alasan kedua karena dengan investasi Properti maka kamu juga akan memperoleh pasif income ( Pendapatan Pasif ) yang justru akan stabil seperti jika Properti tersebut disewakan. Nah, Jika kamu sudah memiliki properti yang disewakan, maka dengan sendirinya kamu akan memperoleh keuntungan penghasilan dari penyewaan properti secara berkala yang tentunya juga dapat membantu kamu untuk menghasilkan aliran penghasilan secara konsisten. Nah, pasif income inilah yang dapat kamu gunakan untuk pendongkrak keuangan kamu. Kamu dapat melakukan pembayaran tagihan bulanan atau juga dapat digunakan untuk menabung di masa tua atau masa depan kamu.
  3. Diversifikasi Portofolio. Alasan ketiga yaitu karena dengan Investasi properti maka akan dapat memberikan diversifikasi yang sangat penting untuk berbagai portofolio investasi kamu. Dengan memiliki berbagai jenis aset investasi seperti investasi properti, maka kamu dapat mengurangi lagi berbagai risiko serta dapat meningkatkan potensi pengembalian investasi kamu. Investasi pada Properti akan cenderung mempunyai korelasi yang sangat rendah dibandingkan dengan pasar saham sehingga kamu dapat memberikan perlindungan terhadap adanya lonjakan fluktuasi pasar yang tajam.
  4. Proteksi Inflasi. Keempat, Properti dapat berperan penting sebagai perlindungan terhadap inflasi. Saat tingkat inflasi naik maka biasanya harga properti terutama di Indonesia juga akan mengalami kenaikan harga. Dengan kamu mempunyai aset dalam bentuk properti ini maka kamu juga dapat mempertahankan nilai kekayaan kamu serta dapat melindungi daya beli kamu dari efek inflasi yang merugikan.
  5. Manfaat Pajak. Alasan kelima yaitu karena dengan Investasi properti maka juga bermanfaat dalam memberikan nilai pajak tertentu. Di beberapa negara khususnya di Indonesia, kamu dapat mengurangi beban pajak yaitu dengan menggunakan pengurangan pajak yang tersedia untuk pemilik properti. Contohnya, kamu dapat mengurangi pajak penghasilan dengan memperhitungkan biaya-biaya operasional properti seperti perbaikan maupun pemeliharaan.
  6. Pengendalian. Terakhir yaitu yang keenam, Investasi properti dapat memberikan kamu kendali langsung terhadap aset kamu tersebut. Kamu dapat mengambil keputusan terkait perbaikan, renovasi, atau penyewaan properti kamu sendiri. Ini memberikan fleksibilitas dan kontrol yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa jenis investasi lainnya.

Dibalik keuntungan dalam Investasi properti, kamu juga harus dapat mengetahui beberapa resikonya diantaranya seperti misalnya harga properti yang turun, kemudian pembiayaan untuk perawatan dan perbaikannya supaya Investasi yang kamu pilih dalam properti ini juga dapat berjalan lancar maka dibutuhkan berbagai macam riset yang teliti sebelum memilih dan mengambil keputusan untuk berinvestasi Properti khususnya di Indonesia ini.

Oleh sebab itu, jika kamu telah tertarik dan minat untuk Investasi Properti maka ada baiknya kamu mempelajari secara detail dan rinci.

Tips Investasi Properti di Indonesia

Dengan mempelajari sebelum mengambil keputusan tentang Investasi Properti Real Estate di Indonesia ini, maka kamu akan semakin matang dan optimis lagi terhadap pilihan Investasi tersebut. Berikut ada beberapa Tips dan cara sebelum kamu berinvestasi Properti.

  1. Melakukan Riset Pasar. Pertama yaitu kamu dapat melakukan riset pasar secara menyeluruh sebelum berinvestasi. Kamu dapat mempelajari berbagai macam perkembangan tren seperti pada harga properti, permintaan serta potensi pertumbuhan aset properti tersebut di daerah yang ingin kamu investasikan. Kamu juga dapat mempelajari faktor-faktor lainnya juga seperti bagaimana infrastrukturnya, kemudian perkembangan ekonominya dan juga rencana pengembangan kota kedepannya seperti apa.
  2. Mencari Lokasi yang Strategis. Kedua yaitu kamu dapat mencari dan memilih lokasi yang sangat strategis untuk investasi properti tersebut. Kamu dapat mencari properti real estate di daerah yang memiliki kemudahan aksesibilitas seperti akses ke fasilitas umum, transportasi, pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit maupun area perkantoran atau tempat kerja. Nah, Lokasi yang strategis itulah yang justru akan meningkatkan daya tarik tersendiri terhadap properti kamu dan nantinya atau di masa mendatang akan dapat memberikan imbal hasil yang jauh lebih tinggi.
  3. Jangka Waktu Yang Dipilih Untuk Investasi. Untuk yang ketiga yaitu kamu dapat menentukan dan memilih jangka waktu investasi tersebut. Nah, Apakah kamu memiliki rencana untuk berinvestasi properti di jangka pendek atau pun jangka panjang? Perlu diketahui bahwa Jangka waktu investasi tersebut akan mempengaruhi jenis pilihan properti yang tepat untuk kamu beli. Namun, Jika kamu berencana untuk investasi jangka panjang maka kamu dapat mempertimbangkan adanya potensi apresiasi dari nilai properti serta potensi sewa nya.
  4. Memeriksa Kondisi Properti. Keempat, kamu harus dapat memeriksa kondisi properti secara keseluruhan sebelum kamu membeli properti tersebut. Pastikan bahwa properti tersebut tidak ada yang namanya kerusakan yang serius atau masalah pada konstruksi nya yang justru dapat mempengaruhi nilai properti tersebut. Nah Jika perlu, kamu dapat meminta bantuan inspektur properti profesional supaya dapat melakukan evaluasi terhadap kondisi propertinya.
  5. Periksa Aspek Hukum. Kelima yaitu kamu dapat periksa aspek hukumnya juga. Kamu dapat memeriksa surat sertifikat kepemilikan, izin, dan juga berbagai peraturan yang berlaku. Nah, Jika kamu tidak terbiasa dengan aspek hukum properti di Indonesia ini maka kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa seorang pengacara properti yang telah berpengalaman dan profesional.
  6. Menyesuaikan Kondisi Keuangan. Keenam yaitu kamu dapat menyesuaikan kondisi keuangan atau anggaran kamu. Kamu harus dapat menetapkan anggaran yang realistis dan juga memilih properti yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Kamu juga harus dapat mempertimbangkan mengenai adanya biaya tambahan seperti diantaranya pajak properti, biaya perawatan, dan juga biaya hukumnya. Pastikan kamu memiliki dana yang cukup untuk membayar uang muka dan juga mengatasi kemungkinan dari adanya perubahan suku bunga.
  7. Diversifikasi. Ketuju yaitu kamu harus dapat mempertimbangkan untuk mendiversifikasi portofolio properti kamu itu. Jangan hanya mengandalkan satu jenis properti atau satu lokasi saja. Dengan mendiversifikasi investasi tersebut maka kamu akan dapat mengurangi berbagai risiko dan juga meningkatkan adanya berbagai potensi keuntungan.
  8. Konsultasi dengan Profesional. Terakhir yaitu kedelapan adalah kamu harus bisa juga untuk berkonsultasi dengan ahlinya atau profesional terutama Jika kamu merasa tidak yakin atau kurang berpengalaman dalam berinvestasi di bidang real estat tersebut. Profesional tersebut dapat memberikan nasihat yang berharga dan dapat membantu kamu dalam membuat keputusan yang tepat dan lebih baik lagi.

Nah, Perlu diingat bahwasanya pasar real estat di Indonesia itu sifatnya adalah fluktuasi, dan jika ingin investasi properti maka tentunya akan melibatkan berbagai macam risiko. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset secara detai yang teliti sebelum membuat keputusan investasi yang bijak dan tepat.

Investasi Properti di Indonesia

Cara Memulai Investasi Properti

Saat kamu telah membuat keputusan dan ingin memulai investasi properti, maka ada beberapa cara bagaimana cara untuk memulainya. Paling penting yaitu mengenai Dana atau uang yang akan digunakan untuk membeli aset properti tersebut.

Cash atau Tunai

Pertama yaitu dengan cara pembayaran secara Cash atau Tunai. Jika kamu mempunyai dana anggaran yang cukup besar dan nominalnya telah cukup untuk membeli aset properti beserta pembiayaan lainnya maka kamu dapat membeli properti real estate tersebut secara tunai atau cash.

Dengan membeli secara cash ini tentu beban kamu semakin sedikit namun uang yang harus kamu gelontorkan harus benar-benar full dan bahkan nyaris habis. Sebagai catatan, jika kamu ingin membeli properti dengan cara cash, kamu pertimbangkan terlebih dahulu uang keseluruhan kamu. Apakah kamu masih ada uang simpanan? Apakah kamu masih punya dana darurat untuk kesehatan? dan uang dana untuk kebutuhan kamu sehari-hari.

Jika uang kamu mepet maka pertimbangkan untuk membeli properti dengan cara cash atau tunai. Kamu dapat membeli properti dengan cara pinjaman atau kredit.

Pinjaman atau Kredit

Cara kedua yaitu kamu dapat membeli aset properti yang kamu incar dengan cara pinjaman atau kredit. Dengan kredit ini, kamu tidak harus menggelontorkan uang yang banyak dalam sekali waktu untuk membeli properti tersebut.

Jadi uang yang kamu punya masih bisa ditabung dan fokus pada pembayaran setiap bulannya sesuai dengan jangka waktu pinjaman tersebut. Kamu juga dapat menggunakan tools atau alat secara online untuk mengetahui berbagai macam pinjaman kamu seperti alat kalkulator ini https://www.mortgagecalculator.uk/overpayment/

Mortgage Calculator

Alat Kalkulator Hipotek tersebut memiliki banyak fitur yang dapat menghitung Hipotek kamu seperti: Mengubah jangka waktu pinjaman, Lump sum ( Dampak pembayaran berulang secara teratur ), mengubah suku bunga dan bahkan menyesuaikan anggaran bulanan.

Nah demikianlah postingan mengenai ” Mau Investasi Properti di Indonesia? Yuk Simak Tips dan Caranya ” telah tayang. Semoga membantu dan bermanfaat.