Select Page

Updated. July 5, 2023 12:27:58

Yuk Kenali dahulu Trading Saham: Pengertian, Cara Kerja & Tips Trader Pemula Ini Supaya tahu prinsip dan perbedaannya dengan investasi saham yang populer di indonesia tahun 2022.

Pengertian Trading Saham

Trading Saham memiliki definisi atau pengertian yaitu suatu transaksi jual beli surat kepemilikan atas perusahaan maupun perseroan terbatas (PT) dalam jangka waktu yang relatif singkat atau pendek.

Secara umum, waktu pendek tersebut dapat dilihat dari perubahan harga pasar setiap harinya yang sifatnya dinamis atau berubah-ubah. Ada yang naik dan ada pula yang turun.

Pada prinsipnya trading saham juga dapat diartikan sebagai aktivitas memperjualbelikan saham dimana bergantung pada fluktuasi harga pasar.

Para trader yang profesional akan selalu aktif dalam kegiatan trading saham ini. Karena bagi para trader tersebut, trading saham juga merupakan salah satu peluang bisnis terbaik di indonesia. 

Itulah sebabnya para trader yang sukses dapat dengan cermat dalam menganalisa harga pasar setiap harinya dan bahkan sangat rutin supaya dapat meraup untung yang maksimal. Itu sangat potensial.

Para trader yang berhasil sangat pintar menentukan pilihan saat menjual saham miliknya dengan harga yang tinggi.

Sekali lagi, para trader dapat menentukan waktu terbaik dalam kegiatan jual beli saham setiap harinya.

Lantas bagaimana dengan cara kerjanya sendiri? Itu penting kamu ketahui bagi trader pemula supaya lambat laun kamu dapat menjadi trader yang profesional.

Cara Kerja Trading Saham

Tahukah kamu, bermain trading saham ini juga sangat digemari oleh para milenial dan kawla muda yang ingin mengubah kehidupan mereka dengan menuju kebebasan finansial.

Oleh sebab itu, aktivitas trading saham juga sangat populer di indonesia dan tidak kalah keren dibandingkan dengan investasi saham online.

Karena antara trading saham dengan investasi saham memiliki pengertian dan definisi yang berbeda satu sama lain walau keduanya memiliki kata berakhiran yang sama yaitu “saham”.

Cara kerja trading saham:

  1. Jangka waktu relatif singkat
  2. Analisa Teknikal dibandingkan Fundamental
  3. Prinsipnya yaitu Buy and Sell

1. Jangka waktu relatif singkat

Perlu diingat bahwasanya trading saham itu berbeda dengan investasi saham. Jika kamu suka menabung maka investasi saham sangat cocok untuk kamu jalani sebagai investor.

Investasi saham memiliki jangka waktu yang panjang sedangkan untuk trading saham jangka waktunya relatif singkat.

Jadi keuntungan maksimal akan mudah kamu dapatkan jika kamu jago menganalisa harga pasar secara realtime. Kamu dapat menjual saham yang kamu miliki saat harga sedang melambung tinggi.

Begitu juga saat harga pasar sedang turun, maka kamu dapat membeli slot saham di perusahaan tersebut dengan segera namun tentu dengan melakukan analisa teknikal lainnya serta metrik lainnya juga.

2. Analisa Teknikal dibandingkan Fundamental

Kamu yang saat ini merupakan trader pemula, penting sekali mengetahui dan memahami bahwasanya untuk menjadi trader profesional harus membutuhkan banyak waktu dalam menganalisa pasar setiap harinya.

Artinya adalah kamu harus lebih aktif dan jangan pasif. Dalam menganalisis tersebut kamu juga harus dapat mengimbangi dengan jangka waktu yang kamu pilih.

Itulah sebabnya cara kerja trading saham dengan analisa teknikal sangat dibutuhkan dan bahkan wajib peranannya dibandingkan dengan fundamental perusahaan.

Analisa teknikal yang kamu lakukan juga harus lebih hati-hati dan teliti serta mendetail. Karena mau trading saham ataupun investasi saham pasti ada yang namanya resiko.

Dengan pandai menganalisa, maka kamu akan berpeluang mendapatkan capital gain terbaik dari selisih harga yang terjadi saat kamu pertama membeli saham lalu saat kamu menjualnya kembali.

3. Prinsipnya yaitu Buy and Sell

Cara kerja trading saham yang terakhir yaitu menggunakan prinsip buy and sell (Beli dan Jual). Itu artinya para trader tidak boleh menahan asetnya terlalu lama.

Para trader harus pintar membeli saham pada saat tertentu, kemudian dalam jangka yang relatif pendek dan singkat tersebut juga ia jual kembali namun dengan kondisi harga sahamnya sedang naik atau tinggi.

Seorang trader tersebut juga pandai mengetahui peluang dan kesempatan waktu terbaik untuk menjual aset sahamnya tersebut.

Dari aktivitas buy and sell itulah para trader akan memperoleh keuntungan yang maksimal. Sekali lagi itulah pentingnya secara realtime menganalisa harga pasar.

Tips Sukses Trader Pemula

Bagi kamu yang ingin bermain trading saham ini, ada beberapa tips sukses trader pemula yang dapat kamu coba.

Tips ini juga merupakan rekomendasi karena telah sesuai untuk mendapatkan peluang penghasilan yang maksimal dari kegiatan trading saham.

Tips Sukses Trader Pemula

Belajar Trading Saham

Tips sukses menjadi trader pemula yaitu kamu dapat belajar trading saham lebih dalam dan lebih lanjut lagi baik pada ahlinya atau komunitas.

Sebaik-baik guru adalah pengalaman. Semakin kamu belajar trading saham dan memahaminya maka kesempatan untuk menjadi trader yang sukses dan berhasil juga semakin lebar.

Kamu dapat meningkatkan skill kemampuan kamu dalam belajar trading saham secara khusus seperti tentang prosedur trading dasar, trader harian, update berita dan peristiwa pasar saham terbaru dan terkini dimana dapat mempengaruhi harga saham dan juga prospek ekonominya.

Siapkan Modal

Untuk menjadi trader pemula yang sukses dalam kegiatan trading saham, belajar trading saham pun tidak cukup. Kamu juga harus menyiapkan modal untuk membeli saham.

Tanpa adanya modal, kegiatan trading saham akan mustahil dapat kamu lakukan dan jalani. Kecuali jika sebuah platform aplikasi yang menyediakan dana virtual secara gratis untuk belajar trading saham (Itu pun hanya untuk pembelajaran).

Jadi meyiapkan modal adalah syarat yang tidak boleh kamu lewatkan. Pentingnya menyiapkan modal juga diperlukan saat kamu menemukan resiko.

Wajar, karena setiap trading saham maupun investasi saham pasti ada resikonya. Banyak sekali trader harian yang sukses namun memiliki resiko kurang dari 1% hingga 2% dari akun mereka setiap melakukan trading saham.

Contohnya jika kamu memiliki dana Rp. 4.000.000 dan bersedia mengambil risiko 0,5% dari modal pada setiap trading, maka kerugian maksimum per transaksinya adalah Rp. 20.000 (0,5% x Rp. 4.000.000).

Jadi sekali lagi persiapkan modalnya ya sahabat.

Mulai Trading dari Modal kecil

Faktor yang menentukan trading berhasil yaitu kesabaran, karena dengan bersabar kamu dapat meningkatkan kemampuan kamu secara berkala.

Untuk itu bagi kamu yang masih trader pemula sangat tidak direkomendasikan melakukan trading saham dengan modal yang besar.

Saya sarankan mulailah trading dari modal kecil terlebih dahulu. Sembari belajar dan kamu dapat meningkatkan modal kamu untuk trading saham secara berkala dan bertahap.

Disaat itulah kemampuan kamu juga akan bertambah. Awalnya pemula, maka lambat laun akan menuju profesional. Predikat trader sukses pun terbuka lebar untuk kamu.

Pilih Aplikasi Trading Saham Terbaik

Untuk melakukan aktivitas trading saham, kamu juga membutuhkan yang namanya platform online yang dikembangkan oleh perusahaan sekuritas yang telah terpercaya dan direkomendasikan.

Setiap perusahaan sekuritas tersebut akan menyajikan aplikasi yang berbeda-beda dan mengunggulkan fitur terbaiknya masing masing untuk kebutuhan para trader.

Oleh sebab itu kamu wajib untuk memilih aplikasi trading saham terbaik yang ada di indonesia ini supaya trading saham kamu aman, transparan dan terpercaya.

Cara memilih aplikasi trading saham tersebut bisa melihat ulasan pada aplikasinya seperti di android maupun iOS.

Jika ulasan aplikasinya semua positif maka itu layak anda pertimbangkan dan menggunakannya.

Menjadi trader pemula yang sukses adalah idaman karena dapat menghasilkan cuan yang maksimal. Dengan mengetahui dan memahami pengertian dan definisi trading saham ini tentunya kamu juga akan tertarik menjadi seorang trader. Silahkan kamu memilih dan menggunakan aplikasi saham terbaik untuk kebutuhan trading saham kamu tersebut.

trading saham

Demikianlah artikel tentang ” Trading Saham: Pengertian, Cara Kerja & Tips Trader Pemula ” telah tayang. Semoga bermanfaat dan menjadikanmu trader profesional.