Trend Digital Marketing Ala Selebrity

Ini Dia Trend Digital Marketing Ala Selebrity yang Perlu kamu tahu di tahun 2019 ini. #JalanBarengDomaiNesia #LangsungBikinAja

instagram adalah Jendela Ummat dalam menghubungkan para netizen dengan selebrity maupun tokoh terkenal lainnya. dan pasti jika kamu adalah netizen sejati, kamu akan mengetahui artis mana yang memiliki jumlah followers terbanyak di indonesia bahkan tembus di global. Dan setiap pengguna instagram pasti memiliki sosok idola selebrity yang sangat digandrunginya sesuai dengan hobi dan kesukaannya. misalnya: jika kamu suka traveling, maka pasti kamu akan menjadi yang terdepan untuk follow sang artis yang suka jalan – jalan.

Dengan begitu, ada interaksi hebat antara kamu dengan selebrity panutanmu itu. namun selalu diingat ya “Jadilah Netizen yang smart, cerdas, terbebas dari Hoax dan selalu berenergi positif”. eh, tapi apakah kamu mengetahui bahwa Sang selebrity tersebut juga sangat optimal sekali dalam membuat konten dan memasarkannya? nah untuk itu kamu perlu untuk berkenalan denganku terlebih dahulu untuk membahas pemasaran digital selebrity yang ngetrend saat ini.

Perkenalkan, aku Fendi Haris seorang Blogger Aktif daerah Jakarta Barat tepatnya di Kebon Jeruk. 2 tahun bekerja di Marketing Online (Pemasaran Online) dan 3 tahun bekerja sebagai Web Master, kemudian saat ini aku BERDIKARI (Berdiri di Kaki Sendiri) dengan cara berwirausaha serta menjadi Blogger, Influencer dan SEO Specialist di Situs Pribadiku.

Aku sangat senang sekali jika berbicara soal topik Digital Marketing, karena memang ini adalah bagianku dan telah berpengalaman. Perlu kamu ketahui bahwa Semua yang berhubungan dengan Website itu dibutuhkan Konten kemudian Digital Marketing. Ibarat: Tanaman yang membutuhkan Air setiap hari kemudian dibutuhkan cahaya matahari yang cukup, agar tanaman itu bisa tumbuh dan memberikan manfaat.

Dan Pengalamanku saat bekerja dahulu menjadi bahan bagaimana Digital Marketing tersebut bekerja sebagai eksposur kekuatan sebuah objek.

Bekerja Sebagai Marketing Online

Jika dilihat dari Namanya saja adalah “Marketing Online”. Pemasaran via Online yang dilakukan oleh karyawan dalam memasarkan sebuah produk yang kantor jual. ini yang aku kerjakan dari jam 9 pagi hingga 5 sore saat pengalaman pertama bekerja di ibu kota Jakarta sang metropolitan ini.

Yang aku lakukan adalah memasarkan produk melalui:

  • Situs Forum Komunitas terbesar dengan User paling banyak di indonesia. Dengan cara membuat thread.
  • Situs Jual beli Online. Dengan cara pasang iklan baris
  • Situs MarketPlace. Dengan cara memasukkan Produk

Dan alhasil hanya berlandaskan Pemasaran Digital ditempat tersebut, penjualan produk perusahaan meningkat dan semakin banyak dikenali. Setelah 2 tahun, aku memutuskan untuk mencari pengalaman baru untuk melamar pekerjaan ditempat lain dengan Posisi WEB MASTER.

Bekerja Sebagai Web Master

Setelah diterima di perusahaan alat rumah tangga menjadi Web Master aku diberikan tugas dan wewenang penuh untuk mengakses situs perusahaan. pimpinan memberikan keleluasan padaku agar gimana caranya Website Perusahaan menjadi “Bagus, SEO Friendly, Banyak Mendatangkan Trafik”.

Aku sebenarnya memahami betul bahwa tujuan Pimpinan adalah “Bagaimana Aku membuat Digital Marketing yang sangat efisien untuk jangka waktu lebih lama”. Hal yang aku lakukan dan prioritaskan adalah dari sisi Search Engine Optimisation.

  • Menurut Pengalamanku, SEO adalah bentuk Digital Marketing yang sangat ampuh dalam jangka waktu yang lama. yang aku lakukan tiap hari adalah membuat 2 artikel produk perusahaan dengan kata kunci terbidik. sehingga efisien dan 2 minggu sudah bisa berada di Top 10 pencarian.
  • Selain SEO, aku juga menggunakan SEM (Search Engine Marketing) yaitu dengan cara beriklan di Google dengan Kata Kunci Terbaik yang aku dapati berdasarkan Riset (Bukan sembarangan lho ya..)
  • Facebook Pages. Aku juga mengelola FanPages Facebook Perusahaan dimana saat aku membagikan artikel ke Fanpages, itu diarahkan ke Link yang bisa di track olehku. jadi aku bisa tahu betul trafik yang datang dari Fanpages seberapa banyak.

Apakah Selebrity Menggunakan Digital Marketing Seperti Pengalamanku?

Ternyata tidak. Selebrity tidak pasang iklan ke forum, Selebrity tidak main SEO bahkan SEM. yang Selebrity lakukan adalah Pemasaran Digital yang lebih mudah dan lebih simpel lagi dari yang aku lakukan diatas. Selebrity lebih suka dengan: Memberikan Giveaway, Membuat Ajang Lomba Seperti Lomba Foto, VLog, Blog bahkan Lomba Caption. dan Digital Marketing Seperti Ini lah yang saat ini ngetrend dan juga dilakukan bukan hanya dari kalangan selebrity saja melainkan semua kalangan sudah bisa melakukan Digital Marketing simple efisien dan tertarget ini. Oke mari bahas satu persatu Trend Digital Marketing Ala Selebrity yang aku maksudkan:

  1. GIVEAWAY. Ini adalah salah satu teknik Digital Marketing paling umum dilakukan, biasanya Netizen cuma disuruh komen misal “Aku Mau” dan syaratnya dengan Mention 3 orang teman dan Follow Akun sang Selebrity. kemudian disertai Hashtags yang biasanya menggambarkan Brand sang Selebrity tersebut.
  2. CAPTION. Lomba caption adalah melihat seberapa kreatifnya netizen membuat caption terhadap suatu tema yang telah ditentukan oleh Sang selebrity.
  3. FOTO, VLOG dan BLOG. Biasanya untuk lomba ini yang berkaitan dengan sang selebrity tersebut. misal selebrity suka Sunset maka dia akan membuat lomba dengan tema “Sunset”.

Untuk Lomba GiveAway dan Caption biasanya penentuan pemenangnya adalah secara Random. sedangkan untuk Lomba Foto, VLog maupun Blog biasanya ada Juri yang kompeten dalam menentukan pemenangnya.

Begini Perhitungan Jika Menggunakan Digital Marketing Ala Selebrity Tersebut

Menjadi Blogger Aktif dan Influencer telah membuatku tahu teknik Digital Marketing Selebrity yang saat ini lagi trend dan berhasil membuat sang selebrity bertabur follower secara drastis. Coba baca ulang pada bagian GIVEAWAY dan CAPTION. Disana tertera persyaratan mention 3 teman dan wajib Follow akun Sang selebrity disertai Hashtags yang menggambarkan Brand Selebrity tersebut.

  1. Jika Hadiah GIVEAWAY berupa Smartphone senilai 3 Juta. Yang ikutan ada 3.800 Netizen, berarti akan ada 11.400 mention teman. sehingga berpeluang mendapatkan follower baru 7.600 berdasarkan mention tersebut. Super efisien. mangkanya selebrity tidak mau pasang iklan ya karena tekniknya yang luar biasa.
  2. Ini juga berlaku bagi Lomba CAPTION. Selain dapat meningkatkan Followers, lomba caption dapat memasarkan secara unik dan membiarkan mesin seperti netizen ini yang bekerja untuk meraih hadiah dari sang selebrity.

Nah, gimana nih? keren kan teknik tips Digital marketing ala selebrity ini? Kamu mau coba? silahkan praktekkan.. dan bersiaplah menjadi Selebrity.. hehe.. Tapi begini.. itu kan selebrity kan sudah pada terkenal kan ya? jadi pasti akan ada yang bilang “Tentu saja.. kan sudah punya nama”.. dan pasti ada pertanyaan “Gimana kalau membangunnya dari nol?” Oke baik aku akan jawab begini: Jika selebrity menggunakan cara cuma dengan Giveaway, Caption dan Lomba Foto, maka kenapa tidak untuk pemula menggunakan seluruh cara yang aku sebutkan diatas? ya maklum lah.. harus ada semangat tinggi dan keseriusan untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik..

Aku ulangi lagi cara tersebut meliputi:

  1. Membuat Website untuk membangun Brand
  2. Membuat Akun Sosial Media Instagram, Fanpages Facebook
  3. Melakukan Digital Marketing teknik SEO (Search Engine Optimisation)
  4. Melakukan Digital Marketing teknik SEM (Search Engine Marketing). Ex. Beriklan di Google
  5. Mulai Memasarkan Digital dengan Mmebuat thread di Forum Komunitas terbesar indonesia
  6. Mencoba memasarkan dengan Pasang iklan baris yang ada di internet
  7. Aktif dalam memasarkan di MarketPlace (**Jika tujuannya Jualan Online)

Harus punya rasa Percaya diri yang tinggi untuk menjadi sesuatu yang membanggakan dan dimulai dari langkah diatas. Biasanya Netizen itu suka bertanya.. dan biasanya pertanyaannya juga unik seperti ini “Enak ya jadi selebrity di instagram (selebgram), gak punya website tapi sudah sukses punya follower jutaan? Pertanyaan ini biasanya aku komen langsung: Eh.. Jangan Salah.. Justru Selebrity itu harus punya Website agar Profesional. kan tujuannya banyak.. terutama dalam membangun dan berinteraksi melalui managementnya.. iya kan..

Ayo Mulai Dari Sekarang Bidik Brand Kamu Layaknya Selebrity Idolamu

 

Selebrity Professional pasti memiliki Official Website yang ditujukan sebagai informasi, curahan hati, pemberitahuan dan cara menghubungi melalui management nya. Karena Kehadiran dan Keberadaan Official Website Bagi Selebrity adalah bentuk nyata bahwa ia telah siap berada di Industri di Era digital ini. Untuk itu yang perlu kamu butuhkan adalah Domain yang dapat kamu beli di www.domainesia.com/domain – Domain adalah seperti yang kamu lihat saat ini yaitu fendiharis.com (Keren kan.. namaku jadi domain.. ) Selain Domain, kamu juga membutuhkan Web hosting Murah dimana ini sebagai fungsi media penyimpanan foto, video, teks maupun database websitenya.

Ada banyak hal yang dapat kamu peroleh jika kamu memiliki website sendiri. kamu bisa bebas mengekspresikan diri kamu, bisa berkreatifitas tinggi, memiliki dan mewujudkan impian, meluapkan emosi, ladang amal dan dakwah, berbisnis online dan paling penting adalah kamu dapat melakukan teknik Digital Marketing seperti yang aku sebutkan diatas itu.

Ini Alasan Kenapa Harus Memilih Domainesia .. !!

DOMAINESIA aku rekomendasikan karena Supportnya yang Cepat tanggap. aku selalu memandang sebuah perusahaan Jasa Layanan itu Baik dilihat dari Supportnya “paling utama”, karena bagi aku berinteraksi adalah kenyamanan saat bertanya, saat ada masalah dan saat menyelsaikan masalah. mangkanya tidak heran jika DOMAINESIA ini memiliki Review Positif di Google dan testimonialnya juga bagus semua.

Selain Supportnya yang mengesankan, Aku Rekomendasikan DOMAINESIA karena SSD Super Cepat. jadi tidak ada ceritanya kamu nunggu loading lama terhadap website kamu nantinya. DOMAINESIA juga memiliki Fitur Instan Deploy dimana fitur ini di khususkan untuk kamu yang belum fasih dalam membuat website, dengan ini kamu bisa dengan cepat membuat website semudah kamu mengupas kulit kacang.

Bagaimana dengan Keamanan Datanya? Tenang saja.. DOMAINESIA juga menjamin keamanan data dengan Backup harian ke Cloud. kamu bisa tidur nyenyak tanpa harus memikirkan kehilangan data website kamu. & Semua orang dan termasuk aku “itu tidak suka jika dibatasi” kayak pembatas jalan aja.. nah di DOMAINESIA juga menyediakan Unlimited Bandwith (bandwith tanpa batas) jadi kamu bebas memasukkan Foto, Video, Tulisan sebanyak mungkin ke website kamu.

Belum Puas dengan yang aku sebutkan diatas? kamu bisa Claim Garansi Uang Kembali Pada DOMAINESIA Jika belum puas dengan Layanannya. Namun selama ini DOMAINESIA selalu positif dan bisa dilihat dengan Ulasan Review di Google Dibawah ini.

VPS Indonesia

Hosting Terbaik

Bagaimana? Apakah Kamu Sudah Siap Untuk Menjadi Selebrity?

Akhir Kata Dariku ..

Saat kamu telah melakukan semua tips dan teknik baik dari memilih DOMAINESIA untuk membangun website kamu, kemudian kamu telah melakukan teknik Digital Marketing sesuai pengalamanku saat bekerja, ditambah lagi dengan caranya Selebrity / Selebgram yang tekenal dengan Giveaway dan Lomba Caption nya, maka di saat itu kamu akan tersenyum lepas dan mencari aku untuk sekedar ngopi bareng.. hehe.. aku tunggu hal itu..

Fendi Haris

Hanya Untuk-Mu …

Ada Nenek marah-marah ..!
Karena Cucunya mecahin Gelas ..
Dimana tempatnya domain hosting murah ..!
Tentu DOMAINESIA lah yang berkualitas …

Lihat luna maya cantik parasnya ..!
Di dekatin malah lari …
Ayo segera bikin websitenya ..!
dan jadilah ala selebrity …

Disclaimers:

  • Artikel ini diikutsertakan pada Ajang Lomba Blog Domainesia 2019 bertemakan “Digital Marketing Life Hacks”
  • Cerita Diatas bukan cerita Fiktif melainkan Kejadian Sebenarnya dan Pengalaman dari sang penulis yaitu Fendi Haris
  • Foto. Dari Berbagai Sumber (ex. Pixabay)
  • Infografis Banner & Komik: Fendi Haris
  • Artikel ini: lolos plagiarism checker Copyscape