Umbul Sidomukti, Tempat Wisata Menarik Hati di Tengah Pandemi!
Penulis. Fendi Haris – Lomba. Pesona Kabupaten Semarang

Kabupaten Semarang. Salah satu kabupaten di pulau jawa yang kini telah berkembang. Gedung pencakar langit pun tak jarang. Dikenal dengan semboyan ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat) yang dapat membuat semua orang menjadi girang. #PesonaKabupatenSemarang

Kegirangan seseorang terhadap kabupaten semarang memang bisa dikatakan amazing. Hal itu dipicu dengan lengkapnya banyak hal seperti tempat destinasi wisata yang jauh dari kata bising. Sebut saja contohnya Objek wisata Kolam renang alam, Pondok panorama dan Pondok kopi di Umbul sidomukti.

Umbul Sidomukti yang menarik hati

Umbul Sidomukti merupakan Destinasi wisata buatan yang ada di kabupaten semarang tepatnya di desa sidomukti bandungan. Keberadaan tempat ini benar-benar dapat menarik hati terutama soal keindahan. Banyak sekali orang-orang yang ingin menikmati keindahan tempat ini terutama saat liburan. Saya pun juga demikian.

Siapa sih yang tidak suka dengan keindahan alam? Apalagi yang hidup kesehariannya hanya disajikan dengan aroma kemacetan dan kebisingan di ibu kota? Saya rasa.. semuanya akan senang. Karena bersama alam lah kita dapat melepaskan penat dan membuat pikiran menjadi tenang.

Objek wisata alam Umbul sidomukti inilah jawabannya. Kita akan dimanjakan dengan sensasi eksotis dari tempat ini. Berada di lereng pegunungan kemudian diapit dengan jurang yang indah dan menawan membuat tempat ini wajib dikunjungi. Dari kejauhan, kota semarang pun bisa kita nikmati. Apalagi saat kondisi new normal yang sebelumnya harus dibatasi.

New Normal Umbul Sidomukti tetap buka dengan Wajib menjalankan Protokol Kesehatan

Saat pandemi virus corona covid 19 melanda negeri ini, semua memperoleh dampaknya. Begitu juga dengan berbagai sektor pariwisata di indonesia. Umbul Sidomukti pun tutup sementara sejak 24 maret 2020, hanya untuk bersama-sama menekan melonjaknya kasus positif virus corona dan perkembangannya.

Memasuki era kebiasaan baru ‘new normal‘ yaitu pada tanggal 25 mei 2020 Destinasi wisata umbul sidomukti kembali dibuka. Tentu seluruh aktivitas dari hulu ke hilir wajib mematuhi protokol kesehatan untuk keselamatan kita bersama. Baik dari seluruh karyawan yang bertugas di umbul sidomukti maupun dengan para wisatawan yang ingin menikmati keindahan.

Para wisatawan tidak perlu panik. Karena karyawan umbul sidomukti selalu memberikan yang terbaik. Kesehatan dan kebersihan selalu diutamakan. Seluruh tempat maupun spot yang ada di Umbul Sidomukti di sterilkan dengan disinfektan. Lantas, apa saja protokol kesehatan yang diterapkan di Umbul Sidomukti ini?

Protokol Kesehatan yang diterapkan di Umbul Sidomukti

Berikut adalah Protokol Kesehatan yang wajib diterapkan oleh destinasi wisata umbul sidomukti selama memasuki masa kebiasaan baru “New Normal”. Saya membaginya dengan 2 kategori yaitu kategori dari umbul sidomukti dan kategori dari wisatawan itu sendiri.

Kategori dari Umbul Sidomukti

Untuk Kategori ini adalah Protokol kesehatan yang wajib dijalani oleh seluruh tim yang terlibat di umbul sidomukti. Baik dari Security, Karyawan, Kasir, Cleaning Service, dan Petugas lainnya. Yang wajib dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Memakai hand sanitizer dengan benar dan tepat. Hal tersebut berguna untuk membunuh seluruh kuman yang bersarang di tangan. Terutama virus corona covid 19 yang tidak kelihatan.
  • Jika dekat dengan sumber air, dapat mencuci tangan dengan sabun secara benar dan tepat. Hal ini juga berguna untuk membersihkan dari kuman dan bakteri.
  • Wajib memakai masker. Pemakaian masker juga berguna untuk melindungi kontak langsung saat berbicara dan juga dapat menghindari dari kuman atau virus yang ditimbulkan saat bersin.
  • Wajib memakai sarung tangan. Ini juga berperan meminimalisir kontak langsung yang terjadi antara tangan dengan benda-benda sekitar yang mungkin terinfeksi virus.
  • Wajb memakai face shield. Menggunakan alat ini juga berguna sebagai perlindungan yang berlipat ganda terhadap lawan bicara kita.
  • Menyemprot disinfektan berbagai area terutama setelah digunakan wisatawan atau tamu. Seperti Kursi, meja, dinding kamar, pintu dan banyak lagi guna mensterilkan permukaan tersebut.
  • Memberikan tanda silang merah terutama pada kursi. Guna menjaga jarak aman atau physycal distancing.
  • Mengecek suhu tubuh seluruh karyawan dan para wisatawan sebelum masuk. Hal ini wajib untuk memastikan semua yang terlibat dalam kondisi sehat jasmani maupun rohaninya.
  • Petugas hotel yang selalu standby untuk membantu proses checkin para tamu. Seperti mengangkat barang-barang menuju tempat penginapan.

Kategori dari wisatawan atau sebagai tamu

Sedangkan untuk kategori wisatawan ini adalah protokol kesehatan yang wajib diterapkan oleh para tamu atau wisatawan. Semuanya wajib patuh jika ingin berkunjung ke umbul sidomukti ini. Berikut adalah protokol kesehatan yang wajib dijalani:

  • Wajib memakai masker. Jika tidak memakai masker maka dilarang untuk masuk ke area umbul sidomukti.
  • Bersedia di cek suhu tubuhnya. Pengecekan ini berguna untuk melihat, apakah wisatawan dalam kondisi sehat atau tidak enak badan. Dan ketika saat di cek ternyata kondisi sedang tidak sehat, maka tidak diperbolehkan untuk masuk ke area umbul sidomukti.
  • Menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan. Hal ini berguna untuk memastikan dan membersihkan kembali tangan dari ancaman berbagai virus yang tidak kasat mata.
  • Menjaga jarak aman minimal 1,5 meter saat transaksi. Wajib dipatuhi untuk kenyamanan seluruh pengunjung dan wisatawan lainnya.
  • Disarankan untuk transaksi non tunai menggunakan scan barcode yang disediakan seperti melalui OVO. Ini juga disarankan karena lebih cepat, lebih aman dan tentunya lebih menjaga diri untuk bersentuhan dengan benda-benda seperti uang tunai yang juga tidak diketahui apakah ada virus di uang tersebut.
  • Bersedia di sterilkan beberapa barang penting seperti KTP. Ini dilakukan supaya benda seperti KTP benar-benar aman dan terbebas dari namanya virus seperti corona covid 19.

Setelah semua pihak telah melaksanakan protokol kesehatan dengan benar, maka wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan sesuai dengan apa yang telah dipesan.

Fasilitas di Umbul Sidomukti

Ngomong-ngomong soal fasilitas, ternyata di umbul sidomukti memiliki banyak sekali aktivitas menarik dan bahkan ada juga yang berguna untuk membuat relax.

Ada outbond training, camping ground, pondok wisata, pondok lesehan, meeting room, lintasan flying fox dengan 2 pilihan track, marine bridge di lembah, rapeling menuruni lembah sisi kolam, ATV, wahana pacu adrenaline, kolam renang alami, jalur tracking, pondok panorama dan pondok kopi. 

Namun saya akan membahas 4 fasilitas yang menurut saya penting sekali untuk diketahui di umbul sidomukti. Diantaranya adalah Wahana Pacu Adrenaline, Kolam renang alam, Pondok Panorama dan Pondok Kopi.

Wahana Pacu Adrenaline

Salah satu tujuan yang benar-benar di incar oleh para wisatawan ketika ke Umbul Sidomukti adalah wahana bermainnya. Terutama wahana yang dapat memicu adrenaline seperti Flying Fox. Karena begitu seru dan tentu mendebarkan.

Di saat pandemi new normal ini, semua peralatan yang dibutuhkan dalam permainan pacu adrenaline juga harus dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan. Yakni diantaranya Petugas memakai sarung tangan, masker dan face shield untuk membersihkan peralatan tersebut.

Seperti pada alat safety yang hendak digunakan harus disemprot menggunakan disinfektan terlebih dahulu. Ada helm keamanan, ikat pinggang dan tali pengaman seat hearnest pada badan yang semuanya harus steril sebelum digunakan. Karena kenyamanan kesehatan wisatawan adalah prioritas utama.

Protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh wisatawan saat ingin mencoba wahana pacu adrenaline tersebut juga cukup ketat. Misalnya saat transaksi yang dianjurkan melalui non tunai, physycal distancing atau antri ketika ingin bermain dan juga memakai hand sanitizer yang disediakan oleh petugas. Dan setelah bermain petugas pun mengarahkan wisatawan untuk mencuci tangan dengan sabun sampai bersih.

Setelah selesai bermain, petugas kembali membersihkan seluruh peralatan yang telah digunakan oleh wisatawan dengan menyemprot disinfektan kembali. Dan itu dilakukan terus menerus selama ada wisatawan yang hendak bermain wahana tersebut

Kolam Renang Alam

Kolam renang alam ini ternyata airnya dari pegunungan langsung. Sungguh memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan kolam-kolam renang yang ada di rumah atau tempat penyewaan yang biasa kita sanjung. Karena kolam renang umbul sidomukti ini berada tepat di lereng gunung.

Jadi kita juga dapat untuk menikmati pemandangan kota semarang secara langsung. Keren banget. Bikin kita ingin selalu deket-deket. Apalagi airnya yang dingin dan seger membuat kita betah berlama-lama.

Kolam renang ini terdiri dari 3 tingkat yang memiliki kedalaman air yang berbeda-beda. Selain itu kolam renang ini ternyata berdinding dan berbatu. Selain keluarga, kolam renang ini cocok sekali untuk para rombongan. Karena airnya langsung dari pegunungan ungaran.

Harganya pun tergolong sangat terjangkau sekali. Cukup merogoh kocek 10 ribu rupiah untuk hari biasa dan 15 ribu rupiah untuk akhir pekan. Gimana? menarik sekali bukan kolam renang di umbul sidomukti ini?

Namun selama New Normal ini, kolam renang alam ini tidak dapat digunakan. Kita hanya bisa berfoto ria karena fungsinya di alihkan untuk tempat spot foto untuk para wisatawan. Dilarang berenang karena untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dan menghindari kerumuman.

Pondok Kopi

Selain kolam renang yang bikin kita happy, ternyata di umbul sidomukti juga tersedia yang namanya Pondok Kopi. Cocok sekali bagi kamu yang suka menikmati seduhan kopi.

Di Pondok Kopi ini kita bisa menikmati pemandangan taman dan alam yang ada di sekitar. Betapa kebayang gimana nikmatnya hidup ini? Bukan hanya itu, Pondok kopi ini ternyata tempatnya bersih sekali. Liburan bersama keluarga pun rasanya bakalan gak rugi.

Bukan hanya untuk keluarga, kamu yang muda-mudi juga sangat cocok untuk menikmati seduhan kopi yang bermacam-macam varian seperti yang paling terkenal yaitu kopi arabika. Biaya masuknya cukup terjangkau yaitu hanya 3 ribu rupiah untuk hari biasa dan 5 ribu rupiah untuk akhir pekan “weekend“.

Selama new normal ini, saat di pondok kopi kita diwajibkan untuk mematuhi semua aturan termasuk duduk di kursi yang tidak ada tanda silang merah guna menjaga jarak aman walau bersama rombongan.

Pondok Panorama

Fasilitas berikutnya yang bisa kita nikmati adalah Pondok Panorama. Sebuah villa atau penginapan yang memiliki keunggulan. Seperti dapat menikmati 5 gunung untuk pemandangannya. Penginapan di Pondok panorama dapat menjadi pilihan selama liburan ke umbul sidomukti ini.

Kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Karena villa pondok panorama memiliki beberapa pilihan. Seperti diantaranya adalah Tipe Small, Medium dan Villa Panggung yang memiliki nuansa yang masih asri dan alam yang terkesan menawan.

Mengenai penginapan tentu masa waktunya juga disesuaikan dengan apa yang telah dipesan. Dan ketika masa waktu telah habis, maka sang wisatawan dapat meninggalkan tempat dengan tetap melakukan protokol kesehatan.

Protokol Kebersihan Untuk Pencegahan COVID 19 di Pondok Panorama Umbul Sidomukti

Setelah wisatawan kembali, Petugas akan membersihkan villa yang telah digunakan tersebut. Dengan memakai APD (Alat Pelindung Diri) lengkap seperti Baju, Sepatu, Masker, Face Shield dan juga sarung tangan. Kemudian dilakukan disinfektasi atau penyemprotan disinfektan. Terutama pada seluruh bagian ruangan. Dari area depan villa, kamar utama, toilet, meja, dinding dan semua perlengkapan.

Setelah disinfektasi selesai maka saatnya untuk melakukan penyapuan maupun pengepelan. Hingga benar-benar seluruh ruangan telah di sterilkan. Dan siap untuk kembali digunakan.

Gimana? Sepertinya menyenangkan sekali ya liburan di Umbul Sidomukti ini? Ya.. Walaupun New Normal tapi rasanya liburan bakal tetap maksimal. Apalagi jika kita semua bersama-sama melakukan protokol kesehatan dengan optimal. Jadi tunggu apalagi? ayo reservasi sekarang juga dan tentukan tanggal.

Kabupaten semarang gitu lho.. benar-benar kabupaten yang kaya akan kekayaan alam.. Seluas mata memandang.. Menikmati keindahan karunia dari Allah SWT selaku tuhan yang maha penyayang..

Sumber Referensi:

Demikianlah postingan yang berjudul “Umbul Sidomukti, Tempat Wisata Menarik Hati di Tengah Pandemi!” ini telah tayang. Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog “Wisata kabupaten semarang di era adaptasi kebiasaan baru“. Semoga bermanfaat.

4 Komentar

  1. Dedew

    Kota semarang gitu lho.. benar-benar kota yang kaya akan kekayaan alam..

    Kabupaten Semarang yaa bukan kota 😀 hehe

    Balas
    • Fendi Haris

      Hehe.. ayo langsung ke umbul sidomukti 🙂

      Balas
  2. rahmiaziza

    Destinasi wisata favorit di kab Semarang nih.

    Balas
    • Fendi Haris

      Mantep kak.. Semarang emang keren punya ya?? 🙂

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *