Universitas Lambung Mangkurat mencetak Lulusan Terbaik yang Berkualitas

Penulis. Fendi Haris

Universitas Lambung Mangkurat mencetak Lulusan Terbaik yang Berkualitas dan berdaya saing tinggi. didukung dengan sumber daya tenaga yang kompeten dan akreditasi terbaik yaitu Akreditasi A.

Apa yang kamu pikirkan dengan kalimat “Berdaya Saing Tinggi”? Pasti yang ada dalam benak dan pikiranmu adalah memiliki kualitas dan mental terbaik. Apa yang kamu pikirkan selaras dengan apa yang aku pikirkan saat ini. Menurutku Berdaya Saing Tinggi adalah sebuah bentuk usaha atau upaya optimalisasi diri dan pengembangan diri agar siap terhadap berbagai tantangan kehidupan saat ini.

Dan dalam menerapkan Upaya Daya saing tinggi memang harus dengan cara sadar diri, bergotong royong dan terbebas dari hoax yang merupakan wabah penyakit bangsa indonesia pada zaman sekarang. Selain itu memang harus dipersiapkan sejak dini hingga menempuh sebuah Universitas. Di indonesia sendiri telah banyak Universitas ternama dan Populer, namun untuk artikel yang satu ini memang aku merekomendasikan ULM (Universitas Lambung Mangkurat) sebagai jembatan dan media agar berdaya saing tinggi kedepannya.

Universitas Lambung Mangkurat adalah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Universitas ini didirikan pada tanggal 21 September 1958 dan diresmikan pada tanggal 1 November 1960.

Wah cukup lama juga ya? dan tahukah kamu, bahwa Universitas Lambung Mangkurat yang disingkat dengan ULM ini juga merupakan Universitas yang juga berpengalaman dalam mencetak generasi penerus bangsa agar berkembang dan memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Ada banyak hal jika ingin menjadikan sebuah Universitas dapat menjadi rujukan terutama bagi kamu yang saat ini sedang bingung menentukan universitas terbaik. dan inilah yang mendasari aku untuk memberikan edukasi seputar menentukan Universitas terbaik yang ada di indonesia.

Hal pertama jika kamu ingin mengetahui apakah Universitas tersebut bagus, terpercaya serta lulusannya juga profesional yaitu dilihat dari Nilai Akreditasi Universitasnya. Jika Akreditasinya A itu berarti dipastikan sangat bagus kualitasnya. Persis dengan Nilai Akreditasi A yang disematkan pada Universitas Lambung Mangkurat Ini. yang telah diakui sejak 19 Maret 2019 – 19 Maret 2024 atau selengkapnya bisa lihat disini Akreditasi A ULM

Selain itu Juga kamu bisa cek Nilai Akreditasi Prodinya dengan nilai seperti diatas. B itu sudah bagus apalagi A ya lebih bagus lagi dan kredibel. Di Universitas Lambung Mangkurat sendiri memiliki 11 Fakultas yang bisa kamu jadikan Rujukan untuk kamu pilih sesuai dengan minat kamu seperti:

Selain Fakultas tersebut kamu juga harus dapat mengecek berbagai aktivitas untuk mengembangkan diri seperti tersedianya wahana dalam ruang lingkup organisasi kampus. ini sangat penting kamu ketahui, karena sebagian besar pengalaman itu diperoleh dari aktifnya kamu dalam berorganisasi di kampus.

Kemudian kamu juga harus mencari tahu tentang bagaimana keberhasilan alumni dari universitas tersebut agar dapat memotivasi kamu selalu semangat dalam menikmati dan menempuh perkuliahan di kampus. seperi hal nya pada Universitas Lambung Mangkurat ini yang Alumninya telah banyak berhasil dan membuktikan kualitasnya yaitu seperti:

  1. Gusti Muhammad Hatta, Menteri Lingkungan Hidup di Kabinet Indonesia Bersatu II. (Alumni Fakultas Kehutanan)
  2. Rudy Ariffin, Gubernur Kalimantan Selatan periode 2005 – 2010 dan 2010 – sekarang, Bupati Kab. Banjar periode 2000 – 2005. (Alumni FISIP Jurusan Administrasi Negara Angkatan 1980).
  3. Mahyudin, Wakil Ketua MPR
  4. Desmond Junaidi Mahesa, Wakil Ketua Komisi III DPR
  5. Syaifullah Tamliha, Anggota DPR
  6. Aditya Mufti Ariffin, Anggota DPR
  7. H. Gusti Rusdi Effendi AR., Pimpinan Banjarmasin Post Group.
  8. Pangeran Haji Khairul Saleh, Bupati Banjar periode 2005 – 2010 dan periode 2010 – sekarang. (Alumni Fakultas Teknik Angkatan 1989).
  9. Mardani H. Maming, Bupati Tanah Bumbu Periode ini.
  10. Tajuddin Noor Ganie, S.Pd., M.Pd., Sastrawa dan Budayawan Banjar, Penulis dan Penerbit buku-buku puisi, cerpen, dan biografi tokoh. (Alumni Program Pascasarjana PBSID lulusan 2005).
  11. Drs. H. Syamsiar Seman, Sastrawan dan Budayawan Banjar. (Alumni FISIP Angkatan 1987)
  12. Ir. Willy Midel Yoseph, bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah pada periode 2003 – 2008 dan periode 2008 – sekarang. (Alumni Fakultas Kehutanan Program Studi Teknologi Hasil Hutan Angkatan 1985).
  13. Ananda, presenter dan model. (Alumni Fakultas Kedokteran).

Beliau beliau diatas tersebut adalah Alumnus dengan Almamater Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Keberhasilan tersebut tentu membuat bangga semua pihak terutama Universitas dan Kota. Karena tidak mudah untuk mencapai suatu keberhasilan seperti diatas. Butuh Doa, Usaha dan Kualitas Sumber daya manusia nya..

Kamu bisa cek sendiri profilnya, dimana beliau berada di lingkungan yang bernuansa Positif dalam menjalani dan menghadapi tantangan. Beliau telah memiliki Power dan Tahu akan tindakan yang akan dilakukan. jadi tidak heran jika beliau semua bisa berhasil. tentu faktor lingkungan universitas lambung mangkurat juga menjadi prioritas tersendiri setelah keluarga dan masyarakat.

Karena di Universitas Lambung Mangkurat beliau mendapatkan banyak Ilmu dan pengetahuan, adab dan kesopanan, tata krama yang elok sehingga menjadikannya Universitas sebagai Rumah kedua yang siap beliau singgahi dan curhati saat menempuh perkuliahan di ULM. Lingkungan kampus tersebut juga sangat mendukung potensi pengembangan diri melalui pembelajaran serta keorganisasian yang ada di kampus tersebut. Oleh sebab itu mereka telah sukses dalam meraih karir karena mereka semua adalah LULUSAN TERBAIK YANG BERKUALITAS

“Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sebagai universitas yang lahir dari rahim pejuang kemerdekaan mendidik putra-putri bangsa yang berjiwa Pancasila, berakhlak mulia dan berilmu pengetahuan untuk mengisi kemerdekaan dalam wadah NKRI”

Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc

REKTOR ULM

Bagaimana Upaya ULM Agar Mahasiswanya Berdaya Saing?

Untuk membentuk Daya Saing Tinggi, ULM juga terlibat aktif dalam berbagai Upaya seperti gerakan gerakan yang mendukung pemerintah dalam membentuk sumber daya manusia agar percaya diri. dan ULM juga aktif membuka diri selebar-lebarnya pada seluruh elemen masyarakat terutama sang pemangku kepentingan literasi dalam bersama-sama berkolaborasi untuk indonesia maju. Seperti salah satu contoh humas ULM bekerjasama dengan KPK untuk mengedukasi korupsi sektor Sumber Daya Alam (SDA) dan Mendukung Revolusi Hijau.

ULM Bekerjasama Dengan KPK

Korupsi memang menjadi momok yang tidak akan pernah ada habisnya di muka bumi ini. oleh sebab itu kesadaran dari diri sendiri memang sangat diperlukan. namun Korupsi di Sumber Daya Alam juga menjadi perhatian khusus KPK dan ULM dalam mengedukasi khalayak ramai. dengan begitu khalayak juga dapat berdaya saing dalam menjawab tantangan korupsi di tanah air.

ULM Mendukung Revolusi Hijau

Dengan adanya permasalahan yang terjadi akhir ini yaitu gejala asap yang telah merugikan banyak orang yang juga berdampak luas pada perekonomian, kesehatan dan kerugian lainnya maka ULM juga mendukung Revolusi Hijau. semua tentu karena ULM menyadari bahwa Asap menjadi masalah serius yang juga harus di atasi secara bergotong royong.

Lantas, Bagaimana Upaya Mahasiswa itu sendiri agar Berdaya Saing?

Selain Universitas yang mencoba untuk berupaya membuat daya saing tinggi untuk mahasiswanya, namun mahasiswa itu sendiri juga faktor utama dalam mengembangkan dirinya sendiri. dan Berikut adalah Upaya mahasiswa agar berdaya saing, diantaranya adalah:

Kuliah Bukan Asal-asalan dan Ikut-ikutan

Sungguh miris jika ada mahasiswa yang kuliah hanya sebatas kuliah saja dan melakukan aktivitas kuliah hanya ala kadarnya. bahkan perilaku tidak elok sering dilakukan seperti titip absen misalnya, nah itu yang membuat pribadi menjadi lemah dan bahkan dikatakan tidak positif. sehingga kamu wajib untuk menghindari hal tersebut agar kami berdaya saing tinggi kedepannya.

Menjadikan Kuliah Sebagai Ibadah

Untuk berdaya saing mahasiswa memang wajib agar menjadikan perkuliahan sebagai ladang memperoleh pahala atau ibadah. karena salah satu ibadah dengan pahala yang besar adalah menunut ilmu. Karena dengan adanya kesadaran mahasiswa terhadap hal tersebut, maka akan membuat mahasiswa itu berpikiran maju, berperilaku dengan mengunggulkan norma kemanusiaan dan kesopanan.

Aktif di Organisasi Kampus Tanpa harus Mengurangi Porsi Belajar

Organisasi kampus disediakan memang untuk media pengembangan diri seperti minat dan bakat. karena semakin kenal dengan mahasiswa lain maka akan mendapatkan pengalaman baru yang sangat berharga. namun perlu dicatat dan digaris bawahi bahwa jangan sampai perkuliahan terbengkalai karena hal tersebut.

Jika kamu ingin menempuh dan mengemban ilmu dengan pengajar yang kompeten di bidangnya untuk meningkatkan daya saing kamu kedepannya, maka layak untuk menjadikan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini menjadi Pilihanmu. Akreditasi A menjadi Alasan Utama, Lulusan berkualitas juga menyertai dan berbagai macam metode pengembangan diri seperti ketersediaan organisasi kampus serta UPT juga tersedia. jadi Silahkan untuk menentukan Pilihanmu hanya pada ULM (Universitas Lambung Mangkurat)

Fendi Haris

Penulis, fendiharis.com

Infografis

  • Design Poster Original by Fendi Haris
  • Template Filosofi sesuai warna ULM Kuning Keemasan by Fendi Haris
  • Youtube Channel ULM
  • Foto . ulm.ac.id

Demikianlah Artikel tentang Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dimana ULM Berdaya Saing dan ULM Go International Telah Tayang. Sehingga aku ingin kamu mengucapkan Wah Itu ULM Kampus Pilihanku. Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *