Upaya Meningkatkan Daya Saing Destinasi 10 Bali Baru Untuk Indonesia Maju

Upaya Meningkatkan Daya Saing Destinasi 10 Bali Baru Untuk Indonesia Maju salah satunya yaitu dengan Investasi.

Siapa yang tidak tahu tentang Bali? kekayaan alam yang sangat fenomenal kemudian didukung dengan infrastruktur, atraksi, bandara, penginapan, villa dan wahana terbaiknya telah membuat wisatawan turis asing sangat menyukai dan tidak pernah bosan terhadap Bali. Dengan sejuta pesonanya, Bali telah berhasil memberikan banyak kebaikan dalam mengembangkan indonesia seperti telah menyumbang devisa negara yang jumlahnya hingga triliunan rupiah.

Kesuksesan Bali skala nasional dan internasional inilah yang membuat pemerhati bangsa untuk merencanakan program serupa dibidang dunia pariwisata. sehingga lahirlah 10 Bali Baru yang langsung di prakarsai oleh presiden republik indonesia IR. H. Joko widodo.

Tentu dalam memilih destinasi yang akan masuk pada jajaran 10 bali baru harus memiliki kriteria dan survey khusus. semuanya terlibat dengan porsinya masing-masing dan yang paling besar yaitu Kemenpar (kementrian pariwisata) baik dari tingkat pusat hingga daerah.

Sepak terjang Kemenpar di 5 tahun terakhir sejak kepemimpinan Jokowi dan Jusuf kalla telah memberikan prestasi yang sungguh gemilang. terbukti dengan prosentase tiap tahun devisa negara yang dihasilkan dari pariwisata meningkat drastis.

Tentu keberhasilan tersebut juga seraya dapat diharapkan terhadap program destinasi 10 Bali baru ini agar indonesia semakin maju, kuat, hebat dan menjadi macan asia dari sektor kepariwisataan.

10 Bali baru tersebut diantaranya adalah:

  • Danau Toba, Sumatra Utara
  • Tanjung Lesung, Banten
  • Kepulauan Seribu, Jakarta
  • Pantai Tanjung Kelayang, Bangka Belitung
  • Candi Borobudur, Jawa Tengah
  • Gunung Bromo, Jawa Timur
  • Mandalika, Nusa Tenggara Barat
  • Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
  • Wakatobi, Sulawesi Selatan
  • Pulau Morotai, Maluku Utara

Tahukah kamu bahwasanya: Para wisatawan mancanegara (Wisman) itu senang berwisata ke indonesia adalah karena kebudayaannya, kemudian karena kekayaan alamnya. Dan dalam hal serta rencana pemerintah ini menurutku telah berjalan di rambu yang benar. pariwisata juga menyumbang devisa negara terbesar kedua. oleh sebab itu sangat penting sekali untuk mengembangkan proyek 10 bali baru sebagai destinasi populer di indonesia.

Upaya meningkatkan Daya Saing di Destinasi 10 Bali baru

Pelajaran dan keberhasilan bisa diperoleh dengan cara melihat, memahami, memperbaiki masalah dan menjadikan peluang kemudian mencapai tujuan. Dalam mengembangkan 10 Bali baru yang berdaya saing, langkah paling utama adalah melihat dan menganalisis keberhasilan dari Pariwisata di Bali agar setidaknya bisa menerapkannya di destinasi 10 bali baru.

Apa saja yang membuat para Wisatawan domestik hingga mancanegara suka akan Bali?

  1. Kekayaan Alam yang eksotis. Tidak diragukan lagi bahwa bali memiliki kekayaan alam hamparan laut yang sangat indah, luas serta berkarakter.
  2. Bandara. Adanya bandara dapat membuat para wisatawan dengan cepat menuju lokasi tanpa harus banyak waktu yang dibuang.
  3. Atraksi. Di bali juga tersedia banyak atraksi yang dapat menghibur para wisatawan sehingga wisatawan akan betah berlama-lama di bali
  4. Tempat Penginapan. Sebagus apapun objek wisata namun jika jauh dari penginapan rasanya juga ada yang kurang.
  5. Infrastruktur. DI Bali seluruh infrastrukturnya hampir semuanya bagus dan membuat para wisatawan kepincut kagum atas akses yang mudah,
  6. Konektivitas. Dukungan kecepatan internet juga menjadi salah satu pendongkrak para wisatawan suka akan tempat wisata tersebut.

Ini adalah Upaya yang bisa diterapkan dalam pembangunan 10 Bali baru yang berdaya saing diantaranya:

  1. Menonjolkan Kekayaan alamnya atau kekayaan budaya nya. ini adalah cara terbaik dalam menarik wisatawan.
  2. Membangun Bandara jika memang masih belum ada. Pariwisata ini ruang lingkupnya sangat panjang, jadi memang keberadaan bandara memang sangat dibutuhkan.
  3. Atraksi. Jika merupakan kekayaan alam maka menambahkan beberapa atraksi yang unik dan berbeda serta memiliki karakter adalah cara penting dalam menarik wisatawan. dan jika berupa kekayaan budaya, maka bagaimana caranya agar budaya masyarakat dapat membius para wisatawan sehingga tempat tersebut direkomendasikan di masa mendatang.
  4. Keberadaan Hotel. Hotel atau penginapan juga merupakan faktor serius yang wajib ada di sekitaran tempat wisata 10 bali baru.
  5. Infrastruktur dibenahi. Jika memang tempat wisata sangat susah di akses jalannya, maka harus segera untuk membangun infrastruktur tersebut.
  6. Konektivitas. Palapa ring yang merupakan proyek pemerintah yang diresmikan oktober 2019 telah menjadi kunci serius dalam mewujudkan konektivitas internet cepat di seluruh indonesia.
  7. Investasi. Upaya yang bisa dilakukan adalah mendapatkan Investor yang dapat berinvestasi dalam pembangunan destinasi 10 Bali baru.

Selain hal diatas apa ada lagi metode dan cara agar 10 Bali Baru dapat berdaya saing? Menurut saya, Perbaiki SDM (Sumber Daya Manusianya) dan melibatkan Teknologi Digital.

SDM unggul indonesia akan maju. SDM tersebut adalah meliputi:

  • Pemerintah Pusat yang bertugas khusus untuk mengembangkan pariwisata indonesia. Untuk ini memang dibutuhkan orang yang memiliki spirit tinggi dalam memajukan indonesia di mata lokal dan dunia.
  • Pemda (Pemerintah Dinas) Kepariwisataan. Untuk yang mengisi posisi pemerintah daerah pariwisata, harap dengan orang yang telah lulus kriteria dan berkompeten didalamnya.
  • Masyarakat. Untuk masyarakat sendiri harus memiliki kepedulian dan rasa gotong royong dalam mengemban dan mengembangkan destinasi 10 bali baru agar berdaya saing dan banyak diminati para wisatawan.

Sedangkan untuk Peran Digitalisasi yaitu dengan cara memperluas segmen pemasarannya. misalnya dengan menggunakan layanan mesin pencari di internet seperti Google, Yahoo, Bing atau Baidu.

Tetap dibutuhkan orang yang kompeten di dalam nya dalam menggalakkan kampanye di internet untuk memperkenalkan Destinasi 10 Bali Baru di Indonesia. Kemudian melibatkan aktivitas Sosial media (instagram, Facebook, Twitter, Youtube), Melibatkan Radio, Televisi, Billboard di Jalan Raya.

Strategi pemasaran digital tersebut terkenal ampuh dan efisien untuk menarik para wisatawan mancanegara.

Strategi lain yaitu Kemenpar bekerjasama dengan Perusahaan Tiket yang memiliki Jaringan Luas hingga luar negeri. misal dengan memberikan Harga promo Tiket pesawat khusus 10 Bali Baru, Memberikan Cashback saat melakukan transaksi untuk penginapan, atau memberikan Giveaway saat sedang memesan layanan lainnya seperti Atraksi, Tiket masuk (jika memang menggunakan tiket).

Semua hal tersebut di konfigurasikan dengan cara transaksi secara online. Karena bukan hanya orang lokal saja yang menyukai kata dan makna “Simpel, Mudah, Cepat”. Turis asing juga sangat menyukai hal tersebut lho..

Objek wisata yang masuk pada 10 Bali baru tersebut telah lolos analisis yang dilakukan oleh pemangku kepentingan yang terkait dan memiliki pengetahuan lebih untuk mengangkat objek wisata tersebut lebih di prioritaskan.

Tentu tempat tersebut adalah tempat tempat pilihan dengan sejuta pesona keindahan alam atau kekayaan budaya yang tersimpan sebagai pelengkap hiburan serta sebagai pelengkap riset terhadap budaya yang ada di indonesia. hal inilah yang harus dipelajari agar memperoleh peluang dalam pengembangan proyek destinasi 10 Bali baru seperti misalnya dengan Investasi.

Investasi di Destinasi 10 Bali Baru untuk Indonesia Maju

Investasi pariwisata di Indonesia berdampak cukup besar bagi kehidupan perekonomian dalam negeri. Pengembangan sektor pariwisata akan memberi output berupa terbukanya lapangan pekerjaan baru yang dapat menyerap banyak tenaga kerja. Angka pengangguran pun dapat lebih ditekan. Selain itu, masyarakat juga akan mendapatkan peningkatan pendapatan yang berpengaruh pada kesejahteraan hidupnya.

Hal ini juga selaras dengan pengalaman yang saat ini dirasakan oleh teman- temanku yang bekerja di Bali. Temanku sukses besar walaupun hanya berjualan Aksesoris dan pernak pernik.

Aku tidak pernah menyangka, ketika temanku saat hari raya idul fitri ia pulang kampung dengan membawa Mobil ber plat DK. Dengan memiliki 1 istri dan 2 anak, ia berhasil membuat sejahtera keluarganya. dan ini semua adalah efek langsung ketika dunia pariwisata yang berkembang pesat dapat membuat masyarakat semakin berdikari (berdiri di kaki sendiri).

 Namun berbeda hal dengan peningkatan lapangan kerja itu sendiri. Ada orang yang suka berwirausaha yaitu seperti temenku dalam berjualan, namun ada juga yang ingin bekerja di kantoran, instansi dengan gaji pokok per bulan menjadi proyeksinya. untuk peningkatan lapangan pekerjaan sendiri memang menjadi hal yang di impikan oleh mayoritas masyarakat indonesia.

Dan lagi – lagi dengan adanya investasi baik yang dilakukan oleh PMA (Penanam Modal Asing) maupun Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) terhadap sektor pariwisata maka akan mempercepat pula penyerapan tenaga kerja selebar-lebarnya. Dengan begitu indonesia akan menjadi negara yang tingkat penganggurannya pun semakin hari semakin bisa ditekan.

Peluang Investasi di Destinasi 10 Bali Baru

Presiden Republik Indonesia IR. H. Joko widodo menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta pada tahun 2019. hal tersebut yang sedang dikerjakan besar-besaran terutama dari Kemenpar (Kementrian Pariwisata) untuk segera membenahi proyek besar 10 Bali baru ini. misal dengan percepatan, prioritas dll.

Salah satu perusahaan yang telah berinvestasi ke salah satu destinasi 10 Bali baru yaitu perusahaan konstruksi asal perancis yang memiliki nama besar VINCI. berani menggelontorkan dana investasi sebesar Rp. 30 Triliun yang diinvestasikan ke Mandalika. Selain mandalika, Danau toba juga berhasil menggaet Investor Lokal dengan investasi sebesar Rp. 6,1 Triliun.

Dengan menyumbang devisa negara terbesar kedua di indonesia, sektor Pariwisata di gadang – gadang memiliki prospek yang menguntungkan di masa mendatang. oleh sebab itulah Investasi sangat diperlukan dalam menopang pembangunan destinasi 10 bali barul semakin cepat maka semakin terealisir juga seluruh yang menjadikan Daya saing.

 

Tantangan dalam pembangunan 10 Bali Baru

Selain investasi ada tantangan serius dalam pengembangan proyek senilai triliunan rupiah ini. dan faktor paling besar yaitu adanya aktivitas Korupsi di dalamnya. Korupsi memang selalu menjadi momok dan godaan paling besar bagi pejabat pemerintah. hati – hati dan selalu waspada atas masalah yang mendarah daging ini.

Agar pembangunan Destinasi 10 Bali baru dapat segera selesai maka setiap insan yang memikul beban kerja diharapkan dapat bekerja dengan maksimal dan harus selalu mengingat bahwa apa yang dilakukan untuk negeri ini bernilai ibadah. Hubbul wathon minal iman “Cinta tanah air sebagian dari iman”. Dan ketika gugur di medan ini maka insyaallah Khusnul Khotimah.

Harapan setelah Pembangunan Proyek 10 Bali Baru Selesai

Ada banyak harapan – harapan aku yang mungkin akan mewakili mayoritas masyarakat indonesia pada umumnya yaitu:

  1. Pertama, seluruh elemen dari yang tinggi sampai bawah harus senantiasa memanjatkan syukur yang sebesar-besarnya atas terlaksananya proses proyek 10 bali baru. Misal: pejabat daerah di masing masing tempat yang masuk pada 10 bali baru mengajak elemen masyarakat untuk syukuran tanpa harus berlebih-lebihan.
  2. Indonesia tetap memiliki Jati Diri yang tinggi. Walaupun banyak investor asing yang menggelontorkan dananya dalam pembangunan proyek 10 bali baru ini, itu hanya sebatas hubungan kerjasama yang berkesinambungan dalam menjaga hubungan baik antar negara.
  3. Pembukaan Lapangan kerja. Setelah selesai, pasti akan ada lowongan kerja besar-besaran. bagi yang diterima kerja, bekerjalah dengan maksimal dan membuat pekerjaan menjadi sebuah ibadah yang suci.
  4. Pengelolaan 10 Bali Baru. Di setiap tempat pariwisata pengelolaan menjadi hal paling penting. karena dengan pengelolaan yang baik, terstruktur dan transparan akan membuat tempat tersebut mempesona, elok dan terjaga.
  5. Mengedukasi. dengan adanya destinasi 10 Bali baru dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi masyarakat luas akan potensi yang ada di negeri pertiwi ini.

Demikianlah artikel yang berjudul “Peluang Investasi di Destinasi 10 Bali Baru untuk Indonesia Maju” Telah tayang. artikel ini diikutsertakan ajang lomba yang diadakan oleh BKPM. Semoga bermanfaat.