Chatbot Botika Berikan Kontribusi Besar Pada Bisnis Onlineku

oleh 5 Sep 2019

Aku adalah Pebisnis Online yang awalnya sibuk sana sini untuk membalas chat dari pelangganku, namun kini ada Chatbot Botika Berikan Kontribusi Besar Pada Bisnis Onlineku.

Kurang lebih sekitar 4 tahun aku memulai bisnis online di internet. Sebenarnya aku adalah sarjana muda yang alhamdulillah mendapat predikat dan titel S.Pd (Sarjana Pendidikan). Dengan sulitnya mendapatkan pekerjaan ditempatku untuk menjadi Guru honorer pun sangat susah dan tidak mendapatkan tempat. Kemudian aku pun menganggur.

Menganggur itu tidak enak, apalagi saat kena sentil orang tua mengenai pekerjaan. Berawal dari ketidak enakan itu aku memilih hijrah ke jakarta untuk mengadu nasib di ibukota karena di Jakarta ada kakak aku yang mau nampung. hehe..

 

Akupun langsung melamar via online dan selang 2 hari ada yang menghubungiku untuk interview. alhamdulillah akupun bekerja dengan posisi sebagai Web Iklan yang tugasnya adalah Ngiklanin produk yang dijual perusahaan secara online.

Dengan gaji 800 ribu saat itu dan pegang uang hasil kerja pertamaku rasanya seperti tidak menyangka aku bekerja yang beda dari jurusan perkuliahan yang aku tempuh.

Aku sangat bersyukur karena aku bisa belajar banyak ditempat tersebut terutama dalam berjualan online dimana trik yang digunakan juga bervariasi dan inovasi. Dirasa sudah enak dan nyaman, aku ingin mengembangkan diri lagi untuk berdikari (Berdiri di kaki sendiri). Akupun resign dan memutuskan untuk berjualan online sendiri.

Mulai Berbisnis Online

Dengan penuh semangat pada awal tahun 2015 lalu aku memulai berbisnis online. tentu banyak lika liku dan permasalahan yang dihadapi. banyak resikonya juga yaitu tidak mendapat penghasilan setiap bulan seperti biasanya. Tekad yang kuat membuatku optimis dalam berkembang untuk menjadi pengusaha online.

Pada awal awal aku berbisnis online, namanya pengunjung itu sepi karena mungkin masih belum mengetahui keberadaan bisnis online ku. selayaknya bisnis online pada umumnya, memang membutuhkan sebuah alamat untuk meningkatkan branding ke masa depan aku pun rela mengeluarkan uang untuk kebutuhan bisnis online ku seperti: membeli domain dan hosting, kemudian beriklan secara manual di situs iklan baris maupun beriklan di media sosial hingga mesin pencari seperti google.

Beberapa hari ada peningkatan pengunjung dan berjalan sekitar 2 bulanan mulai ada penjualan sedikit demi sedikit. tidak hanya trik diatas, aku juga melebarkan sayap ke marketplace terpopular di indonesia. Berjalannya waktu, produk yang aku jual semakin banyak dikenali orang dan yang tanya tanya pun semakin banyak masuk kepada Smartphone ku terutama yang datang dari Facebook Page.

Menggunakan Facebook Page untuk Berjualan

Facebook pages merupakan salah satu media yang tepat untuk melebarkan sayap bisnis onlineku karena di dalam facebook pages sendiri aku bisa memasarkan produk dan memasang promo promo diskon yang menarik para pelanggan. Trafiict kunjungan yang masuk pun banyak sekali yang datang dari Facebook Pages. akupun sangat senang karena mendapatkan antusias respon calon pembeli yang berkembang signifikan.selain itu juga aku menggunakan Whatsapp untuk berjualan online melalui sosial media.

Integrasikan Whatsapp untuk Jualan Onlineku

Whatsapp bagi aku ini sangat populer sekali, karena dengan Whatsapp kita bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli. mereka bertanya tentang harga, bagaimana foto produknya, dimana lokasinya dan barang ini asli atau palsu? Semuanya masuk ke dalam smartphone ku pagi, siang, malam tanpa henti. dan itu pun semua membuatku harus membalas satu per satu dengan sabar. karena aku berprinsip bahwa Customers adalah bintang dan aku bulannya. ketika bintang dan bulan bersatu maka akan indah sekali. hehe..

Namun semua itu rasanya melelahkan sekali dan adakalanya aku juga sempat stres jika berhadapan dengan pelanggan yang tidak sabaran menunggu antrian dibalas. bahkan ada juga yang keteteran sehingga calon pelanggan pun kecewa hingga memblokir nomorku di whatsapp.. haduhh..

aku pun mencari tahu bagaimana cara efisien dalam menanggulangi permasalahanku ini. hingga aku menemukan sebuah solusi yaitu dengan mengintegrasikan chatbot ke dalam bisnis onlineku.

Mulai Berkenalan dengan yang namanya Chatbot

Aku sempat berpikir, coba aja ada aplikasi yang memang khusus digunakan dalam membuat efisien pekerjaan dalam membalas chat dan itu tidak perlu membuka satu per satu akun seperti Facebook Page dan Whatsapp ini yang melelahkan. pasti itu keren dan bermanfaat sekali bagi sejuta ummat pebisnis online di internet seperti aku ini.

Karena aku tau sendiri, kadang Smartphone ku itu juga bermsalah ketika membuka applikasi yang banyak seperti membuka Facebook Massager, Whatsapp, Line, Instagram, Twitter dan belum lagi Google Maps. Pernah kejadian, Smartphoneku blank dan ngerestart sendiri karena kebanyakan applikasi yang dibuka. (Bikin stres aja..)

Kemudian aku mulai berkenalan dengan Chatbot. baik apa itu chatbot serta bagaimana kegunaan dan manfaatnya.

Kegunaan dan Manfaat Chatbot dalam penerapan bisnis online yaitu

  • Dapat menghubungkan atau mengintegrasikan seluruh akun Sosial media toko online dalam 1 Aplikasi Chatbot. jadi tanpa repot membuka satu per satu seluruh akun toko online di sosial media yang notabene dapat membuang banyak waktu serta lebih parahnya smartphone dapat blank error disebabkan banyak nya aplikasi yang terbuka (seperti yang aku pernah alamin).
  • Dapat membalas pesan otomatis kepada calon pembeli. Chatbot juga memiliki kelebihan dapat membalas secara otomatis pesan chat yang dikirimkan calon pembeli kepada admin bisnis online.
  • Admin bisa memonitor walau tidak online. Admin sibuk dengan hal lain sementara pesan dari pelanggan memburu admin setiap waktu, maka chatbot otomatis membalas dan admin pun bisa memonitor aktivitas pesan saat admin online kembali. sangat efektif sekali.
  • Chatbot juga bisa menampilkan fitur lainnya. Daftar Katalog Produk, Cara Order, FAQ, Biaya Kirim hingga Konfirmasi Pembayaran sekarang juga bisa ditampilkan dengan chatbot.
  • Bisa menampilkan data analisis penggunaan chatbot. Rekap data total pesan, total pelanggan dari berbagai media sosial, total transaksi penjualan serta rekap kepuasan penguna sekarang juga bisa diketahui melalui Aplikasi Chatbot.

Apa itu Chatbot

Chatbot atau Chatterbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks.

Dan secara lebih spesifik lagi Chatbot merupakan sebuah layanan yang terdiri dari specific rules atau dapat juga berisikan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang tersimpan pada sebuah aplikasi chat seperti Whatsapp, LINE, Telegram, dan banyak lainnya yang dapat menampilkan berbagai informasi hanya dengan memasukkan beberapa kata sederhana langsung melalui aplikasi chat atau messanger. Lalu apa kegunaan dan manfaat dari Chatbot itu sendiri ya??

Semua Manfaat dan Kegunaan dari Chatbot itu sendiri bisa kamu peroleh hanya di Chatbot Botika yang telah memberikan Kontribusi Besar pada Bisnis onlineku dan juga Online shopmu wahai para pengusaha online di internet.

Chatbot Botika Berkontribusi Untuk Indonesia Pada Umumnya.

 

Selain berkontribusi besar pada bisnis onlineku ini Aplikasi Chatbot Botika tersebut juga berkontribusi besar pada indonesia secara umum dan general. Mengapa? karena di indonesia itu namanya pebisnis online melalui internet itu jumlahnya jutaan manusia dimana juga berpengaruh terhadap perekonomian indonesia lebih baik dan meminimalisir pengangguran di indonesia. Seperti data barikut dimana tingkat pengangguran di indonesia mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

%

Pekerja Informal Turun 0.95% menjadi 57.27% - Feb 2019

Tingkat Pengangguran Pekerja Informal Menurun di Tahun 2019

Sebanyak 74,08 juta orang atau sekitar 57,27 persen bekerja pada kegiatan informal. Selama setahun terakhir (Februari 2018–Februari 2019), pekerja informal turun sebesar 0,95 persen poin.

Itu artinya Pekerja Informal yaitu seperti Pebisnis Online telah membantu meminimalisir tingkat pengangguran di indonesia. ini adalah langkah cemerlang dimana pemerintah dan masyarakatnya juga saling bersinergi untuk mensukseskan indonesia lebih baik lagi terutama dari segi pengangguran yang banyak melanda negeri indonesia.

 

Menurut aku pemerintah sekarang sangat baik dan telah bekerja optimal dalam mengentaskan dan mengkerdilkan angka pengangguran. yang aku ketahui pemerintah telah menempuh banyak cara seperti mengadakan dan membuka lowongan kerja sesuai dengan rentang pendidikan yang ditempuh. tentu memiliki dampak besar.

Namun kontribusi besar bisa diperoleh dari para penggiat dan pebisnis online yang sukses dengan bisnis online nya. dimana dapata mengentaskan pengangguran dengan merekrut karyawan sebanyak banyaknya. sehingga indonesia pun semakin terpangkas angka penganggurannya.

Angka itu juga diperoleh ketika kita bekerja dengan optimal dan se efisien mungkin. seperti pada kasus berikut: Misal ketika kita menggaji seorang customers service online dengan 3 juta maka berkat kehadiran Chatbot Botika dimana bisa menggantikan posisi Customer service tersebut, anggaran tersebut terpangkas sehingga bisa merekrut 2 orang karyawan dibidang lainnya misalnya Kurir Pengiriman.

Chatbot Botika Berpengaruh Terhadap Perkembangan Informasi dan Teknologi di Indonesia.

Kehadiran Chatbot Botika Solution dengan berbagai macam tantangannya terutama dalam pengembangan bahasa indonesia juga sangat jelas berpengaruh terhadap perkembangan Informasi dan teknologi di indonesia. Bukan hanya produk chatbot namun ada beberapa hal. Apa saja pengaruhnya? Seperti pada sektor bisnis.

Dari Sektor Bisnis

Tentu dari segi bisnis chatbot botika telah memiliki pengaruh kuat. Wujud nyata dari penerapan teknologi informasi pada bidang bisnis terletak pada semakin banyaknya toko online yang menawarkan berbagai macam produk unggulan dan saling bersaing dengan menunjukkan keunggulan pelayanan dan lain sebagainya. Tanpa adanya sistem teknologi informasi, hal tersebut pasti tidak akan bisa terjadi.

Kesimpulan

Dari penulisan artikel ini dapat ditarik kesimpulan yaitu:

  • SDM Indonesia dalam bidang Inteligensi Buatan / AI sangat diperhitungkan karena telah mumpuni kemampuannya
  • Chatbot Botika hadir sebagai pengganti customers service pebisnis online
  • Berkat Chatbot Botika dapat meminimalisir tingkat pengangguran dengan keberhasilan bisnis online dan integrasinya
  • Chatbot Botika adalah sarana media 1 Genggaman dari berbagai macam Sosial media seperti Facebook, Whatsapp bahkan Aplikasi website
  • Chatbot Botika karya anak bangsa yang perlu diapresiasi penuh karena telah berkontribusi besar bagi indonesia.

Demikianlah artikel berjudul Chatbot Botika Berikan Kontribusi Besar Pada Bisnis Onlineku ini telah tayang. artikel ini diikutsertakan ajang lomba blog yang diadakan oleh Botika dengan tema “Kontribusi Chatbot Bahasa Indonesia dalam perkembangan informasi dan teknologi di Indonesia“. Semoga bermanfaat.

Pencarian dari Google:

  • Chatbot Botika,
  • bisnis online,
  • kontribusi chatbot,
  • chatbot indonesia,
  • fitur chatbot

 

 

Referensi / Data Pendukung & Infografis

  • Pengalaman Pribadi sebagai pebisnis online
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Chatterbot
  • http://botika.online/apa-itu-chatbot/
  • http://botika.online/chatbotika-commerce-bantu-admin-online-shop/
  • Gambar Statistik Pengangguran: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/09/tingkat-pengangguran-februari-2019-turun-ke-level-terendah-sejak-krisis-1998
  • https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/05/06/1564/februari-2019–tingkat-pengangguran-terbuka–tpt–sebesar-5-01-persen.html
  • https://pakarkomunikasi.com/perkembangan-teknologi-informasi-di-indonesia
  • http://botika.online/kenal-lebih-dekat-dengan-chatbot-bahasa-indonesia/